KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Pertamina Enduro atau Castrol Power 1?

Oli sangatlah berperan penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Saat ini banyak pilihan oli yang menawarkan kualitas terbaik. Seperti contoh Pertamina Enduro dan Castrol Power 1, yang telah hadir cukup lama dalam dunia per-olian.

Namun, dari kedua merk oli Pertamina Enduro dan Castrol Power 1 tersebut mana yang lebih bagus? Untuk membandingkannya kami telah mengulas kedua oli tersebut pada artikel di bawah ini.

Pertamina Enduro

Enduro merupakan salah satu produk oli yang dihasilkan dari Pertamina, dimana oli ini bisa dikatakan sudah cukup umur karena sudah mencapai lebih dari 1/2 abad, pasalnya dahulu Pertamna Lubricants di produksi mulai dari tahun 1957, yang diawali dari beroprasinya unit produksi di Jakarta. Baca juga Pilih Mana: Evalube atau Enduro?

Penghargaan yang didapatkan oleh PT. Pertamina Lubricants, dengan penobatan menghasilkan produk oli yang unggul dengan kualitas tinggi.

Beberapa Jenis Oli Pertamina Enduro

1. Enduro 4T Sport
Untuk mendapatkan performa maksimal motor sport yang sobat miliki, dapat memilih Oli Enduro 4T Sport yang memang di peruntukan khusus motor sport, bahkan motor yang digunakan balapan sekalipun. Nantinya oli tipe ini dapat menjadikan akselerasi dan power dapur pacu lebih maksimum pada motor 4Tak yang menggunakan tipe kopling basah.

2. Enduro 4T Racing
Enduro 4T Racing ini di bandrol dengan harga yang begitu terjangkau bukan berarti tidak bisa memberikan kualitas tinggi, terbukti oli Enduro 4T Racing dengan tingkat kekentalan Sae 10W-40 dapat memberikan yang terbaik bagi sepeda motor 4Tak generasi terbaru, dan tentunya dapat meningkatkan akselerasi.

3. Enduro Matic
Enduro juga tersedia untuk motor matic, yang disebut sebagai Endur Matic dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30, yang merupakan pelumas motor empat langkah matic dengan kualitas di atas rata – rata, yang dilengkapi moly additive guna mengurangi friksi pada kecepatan dan temperatur tinggi.

4. Enduro Gear
Untuk melengkapi kebutuhan motor matic di Indonesia dan dunia, Pertamina Enduro juga menyediakan oli khusus gearbox motor matic, yang pasti dengan bandrol sangat terjangkau. Dan perlu diketahui pula, dalam pembuatannya, oli ini dibentuk dari formulasi antara base oli sintetik dan aditif pilihan.

5. Enduro Matic-G
Oli Enduro Matic-G ini memiliki tingkatan mutu JASO MB, yang mana di ketahui standar tersebut adalah standar jepang untuk sebuah motor 4Tak tipe matic, dengan keunggulan dapat memberikan ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradari akibat radiasi panas dari mesin sehingga nantinya dapat memperpanjang masa pakai pelumas.

Jenis Pertamina Enduro Harga Per Oktober 2019
Enduro 4T SportRp. 165.000
Enduro 4T RacingRp. 43.000
Enduro MaticRp. 37.000
Enduro GearRp. 16.999
Enduro Matic-GRp. 32.000

Kelebihan Pertamina Enduro

  • Tersedia di banyak tempat dan harga terjangkau 
    Untuk mendapatkannya juga tidaklah sulit, karena sudah tersedia sampai dengan pelosok negri, bahkan di pom bensin sobat juga bisa membelinya di situ. Harga oli Enduro dapat di katakan ramah di kantong, jika kalian membeli sesuai dengan kategori motor, harusnya murah, karena mulai dari 30 ribuan untuk motor jenis 4Tak.
  • Kualitas oli yang kental
    Merk oli terbaik yang dijual di Indonesia ini memang dikenal memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang sangat baik. Maka, tidak heran jika Pertamina Enduro ini menjadi salah satu oli motor terbaik yang banyak diminati oleh pecinta otomotif. Dengan kualitas yang baik dan oli yang kental in akan menjaga mesin kendaraan Anda agar tetap kondisi baik dan suara mesin dapat menjadi halus.
  • Banyaknya jenis oli
    Kelebihan lain yang dimiliki oli Enduro ini juga adalah banyaknya jenis oli yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Berbagai jenis oli Enduro ini juga memiliki kualitas terbaik dan harga yang sangat terjangkau. Adanya oli khusus motor sport dan matic juga menjadikan oli ini sangat diminati bagi pengguna kendaraan. Untuk mendapatkan oli Enduro ini terbilang sangat mudah, hampir di setiap toko otomotif Anda bisa mendapatkannya.

Kekurangan Pertamina Enduro

  • Produk banyak tiruan
    Kekurangan dari oli ini yaitu  bahwa dengan keunggulan merknya menjadi oli ini dapat dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga untuk Anda harus lebih berhati-hati jika ingin membeli oli Enduro, jika harga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran pastikan kualitasnya bisa-bisa oli tersebut adalah palsu.
  • Untuk oil mobil yang tidak terkenal
    Jika dibandingkan dengan oli motor Enduro maka oli Enduro untuk mobil memang jarang menjadi pilihan banyak orang, tetapi tidak semua orang ya hanya sebagian saja, karena memang untuk oli Enduro ini terkenal dengan oli untuk kendaraan bermotor. Jika Anda memilih oli kendaraan mobil dengan kualitas yang baik maka Enduro bisa menjadi pilihan tentunya kualitas yang super bagus.
  • Warna oli cepat menghitam
    Walaupun oli Enduro ini memiliki kualitas yang bagus tetapi seperti pada umumnya oli akan cepat menghitam pada hitungan bulan kedua setelah Anda mengganti oli. Tetapi hal tersebut sangat wajar saja, tidak sangat menjadi kekurangan yang penting.
Lihat juga:  Pilih Mana: Toyota Yaris atau Toyota Agya?

Castrol Power 1

Castrol merupakan produsen, penyalur dan pemasar terkemuka di dunia untuk minyak pelumas premium. Castrol menawarkan pelumas untuk penggunaan rumah tangga, komersial dan industri. Untuk pelumas otomotif (termasuk mesin sepeda motor 2-tak dan 4-tak, mesin mobil bensin dan diesel), produk kami meliputi banyak ragam pelumas transmisi manual dan otomatis, pelumas dan wax rantai, pendingin, pelumas suspensi, minyak rem, gemuk, pembersih dan produk-produk perawatan.

Catrol berkantor pusat yang berada di Inggris dan beroperasi langsung di lebih dari 46 negara.

Beberapa Jenis Castrol Power 1

1.  Power 1 RACING 4T 10W-40
Castrol POWER1 Racing 4T dengan Teknologi yang diperoleh dari balapan (Race Derived Technology) memberikan kinerja maksimum untuk berkendara secara ekstrem.

Castrol POWER1 Racing 4T dengan ‘Teknologi yang diperoleh dari balapan (Race Derived Technology) dirancang secara khusus untuk para pengendara sepeda motor yang menyukai pengalaman berkedara pada batas kecepatan maksimum.

2. Power 1 4T 10W-40
Castrol POWER1 4T dengan Power Release Formula memberikan Akselerasi Unggul dengan satu sentuhan pada gas. Untuk sepeda motor 4-tak. Castrol POWER1 4T dengan Power Release Formula dirancang secara khusus untuk para pengendara sepeda motor yang menyukai sensasi berkedara.

Oli mesin 4 tak berkualitas premium ini dapat mengalir dengan cepat dan mengurangi hilangnya tenaga akibat gesekan pada mesin. Kehandalannya telah diuji dan terbukti mampu meningkatkan akselerasi sejak tuas gas diputar.

3. Castrol Power 1 Scooter 4T
Castrol POWER1 Scooter 4T dirancang secara khusus untuk para pemilik skuter yang menyukai sensasi berkedara. Oli mesin matik 4 tak berkualitas premium ini dirancang khusus dengan menggunakan Teknologi Scootek sehingga mengalir dengan cepat dan mengurangi hilangnya tenaga akibat gesekan pada mesin.

Kehandalannya oli ini telah diuji dan terbukti mampu meningkatkan akselerasi sejak tuas gas diputar. Teknologi Scootek dari Castrol terbukti mampu melindungi dari suhu tinggi pada mesin motor matik dan memastikan perlindungan terbaik. Castrol POWER1 Scooter 4-AT dihadirkan untuk performa terbaik.

Jenis Castrol Power 1Harga Per Oktober 2019
Power 1 RACING 4T 10W-40Rp. 140.000
Power 1 4T 10W-40Rp. 42.000
Castrol Power 1 Scooter 4TRp. 50.000

Kelebihan Castrol Power 1

  • Memberikan akselerasi yang begitu cepat
    Castrol  Power 1 memberikan akselerasi yang begitu cepat, bahkan top speed saya juga bertambah karena kinerja mesin yang begitu ringan. Sesui motonya Castrol  Power 1 ” Superior Acceleration”, artinya Castrol Power 1 dirancang khusus bagi anda yang menyukai akan tarikan dan kecepatan dalam berkendara.
  • Membuat tarikan ringan saat berkendara
    Selain itu untuk daya tahan Castrol  Power 1 sudah tentu teruji dengan baik, bahkan saya merasakan semakin lama memakainya semenjak penggantian, akan semakin ringan tarikannya.
  • Memberikan kenyamanan bagi mesin motor
    Castrol  Power 1 mampu mempertahankan kenyamanannya terhadap perlindungan mesin dalam jangka waktu yang lumayan lama atau sekitar 2000 km.

Kekurangan Castrol Power 1

  • Konsistensi olinya sedikit encer
    Kekurangan yang pertama pada oli Castrol Power 1 ini yaitu konsistensi oilnya yang sedikit encer jika dibandingkan dengan Pertamina Enduro yang memiliki konsistensi yang cukup kental.
  • Harga cukup mahal
    Kekurangan lainnya pada Castrol Power 1 ini yaitu harga yang dibandrol relatif mahal dibandingkan dengan Pertamina Enduro. Namun kualitas yang ada cukup sebanding dengan harga yang di tawarkan.
  • Warna oli gampang menghitam
    Beberapa review yang mengatakan bahwa saat mengganti oli Castrol Power 1 ini warna dari oli kuning keemasan, hingga 1 bulan lamanya bahkan kurang dari 1 bulan warna yang terdapat pada oli Castrol ini akan cepat berubah menjadi hitam. Hal ini menandakan bahwa kalian harus segera mengganti oli lagi.

Pilih Mana: Pertamina Enduro atau Castrol Power 1?

Pertamina Enduro Castrol Power 1
Kelebihan- Tersedia di banyak tempat dan harga terjangkau  - Kualitas oli yang kental - Banyaknya jenis oli - Memberikan akselerasi yang begitu cepat - Membuat tarikan ringan saat berkendara - Memberikan kenyamanan bagi mesin motor
Kekurangan- Produk banyak tiruan - Untuk oil mobil yang tidak terkenal  - Warna oli cepat menghitam - Konsistensi olinya sedikit encer  - Harga cukup mahal - Warna oli gampang menghitam

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel di atas mengenai kedua oli Pertamina Enduro dan Castrol Power 1 dapat kita simpulkan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kedua oli tersebut menghadirkan bermacam varian. Karenanya, dapat kalian pilih dari kedua oli tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pertamina Enduro vs Castrol Power 1

VS

Leave a Reply