Elektronik

Pilih Mana: PES 2018 atau FIFA 2018?

Manchester United vs Manchester, Real Madrid vs Barcelona, Rangger vs Celtic merupakan sebagian dari persaingan rival antar klub sepak bola. Sepak bola saat ini tidak hanya dinikmati dengan cara menontonnya saja, namun ada developer yang menghadirkan suasana sepak bola ke dalam bentuk game sebut saja PES 2018 dan FIFA 2018. Kira-kira dari keduanya bagus mana PES 2018 atau FIFA 2018?

PES 2018

Permainannya terlihat begitu memuaskan dan mengesankan berkat dukungan stadion yang megah. Terdapat empat fitur tambahan yang pastinya akan memanjakan para pemain game PES 2018, antara lain adanya fitur game speed dan control, pergerakan permainan yang terasa real time, master league dan kualitas grafis. Baca juga Pilih Mana: PS3 Slim atau Fat?

Kelebihan PES 2018 yang bisa Anda ketahui:

1. Unggul pada fitur online-nya
Keberadaan Random Selection Mode dan 3v3 online co-op menjadi alasan fitur online dari PES 2018 lebih unggul dibanding FIFA 2018.

2. Kecepatan pergerakan permainan
Kecepatan pergerakan pemain di PES 2018 memang terlihat sederhana, namun hal ini menjadi kelebihan penting karena merupakan inovasi terbaru dari PES 2018 untuk menandingi FIFA 2018.

Kekurangan PES 2018 yang bisa Anda ketahui:

Sayangnya, PES 2018 masih memiliki masalah dengan lisensi yang mereka pegang terutama untuk gamer Xbox. Karena Anda hanya dapat menginstal fan-made kit pada platform PC dan Playstation. Jadi, bagi Anda yang memainkan PES 2018 di Xbox, Anda harus puas bermain dengan Manchester Red, bukan Manchester United.

FIFA 2018

Suasana stadion di FIFA 2018 akan terasa lebih megah ketika para pendukung (supporter) mengisi ruangan bermain Anda. Terdapat lima fitur tambahan yang dibuat untuk para gamers FIFA 2018, seperti adanya team style yang menerapkan gaya sesuai tim sebenarnya, player personality yang sesuai aslinya, mekanisme dribbling, Journey mode, dan dilengkapi fitur pemain legendaris FIFA Ultimate Team.

Kelebihan FIFA 2018 yang bisa Anda ketahui:

1. Unggul pada penyajian dan lisensi
FIFA 2018 hampir memiliki lisensi lengkap dari tim dan liga di seluruh dunia, bahkan liga kecilnya. Tidak hanya itu, FIFA juga menghadirkan wajah animasi pemain yang cukup akurat karena telah mengembangkan tampilan antarmuka yang lebih menarik jika dibandingkan dengan antarmuka PES 2018 yang terlihat flat dan tidak banyak berubah.

2. Mode permainan yang menarik
Mode manajer dibuat lebih realistis dengan menambahkan beberapa adegan ketika pemain bernegosiasi dan fitur klausul rilis yang sekarang sudah tersedia. Dikutip dari Detik.com, FIFA 2018 fokus pada serangan yang membuat pertandingan terasa semakin spektakuler.

Kekurangan FIFA 2018 yang bisa Anda ketahui:

Pada mode manager, hal yang mungkin mengganggu adalah “pesan spam” yang akan mengisi inbox Anda, mungkin Anda akan bosan membaca template pesan yang sama setiap waktu.

Pilih Mana: PES 2018 atau FIFA 2018?

PES 2018FIFA 2018
Lisensi klub– Hanya klub tertentu– Memiliki banyak pilihan klub
Antarmuka– Cenderung flat dan sederhana– Lebih menarik karena menghadirkan wajah animasi pemain sebenarnya
Master League– Telah mendukung fitur ini– Belum mendukung fitur ini

Kesimpulan:

Kedua games ini tergolong berkualitas besar yang harus disesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan. Ini karena PES 2018 dan FIFA 18 tidak dapat dimainkan di sembarang perangkat karena keduanya membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi. Dan apabila disimpulkan, kami lebih menyarankan untuk memilih FIFA 2018 yang memiliki inovasi dan lisensi lebih unggul dibanding PES 2018. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PES 2018 vs FIFA 2018

VS

Leave a Reply