AplikasiPhotography

Pilih Mana: Photoshop atau Lightroom?

Jika kalian berada pada dunia fotografi dan berniat untuk mempelajari pengeditan foto pada umumnya akan bingung apakah harus menggunakan Lightroom ataupun Photoshop terlebih dahulu. Sedangkan, mereka yang sudah terbiasa menggunakan Photoshop, Apakah masih butuh menggunakan Lightroom?

Sebelum mengetahuinya lebih lanjut, kami telah mengulas lebih dalam mengenai Photoshop dan Lightroom untuk memberikan referensi yang terbaik untuk kalian, Stay tune!

Photoshop

Photoshop pada awalnya diciptakan sebagai alat untuk mengedit gambar sederhana, yang sejak 1990 telah berkembang menjadi perangkat lunak monster dengan banyak fungsi dan kemampuan untuk mengakomodasi desainer grafis, arsitek, animator, penerbit, fotografer, dan bahkan seniman 3D.

Adobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.

Format File Photoshop mampu untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Baca juga Pilih Mana: Canon EOS 550D atau Canon EOS 1200D?

Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

  • PSB adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
  • PSD (Photoshop Document) adalah format yang digunakan untuk menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, blend mode, mask, opacity, clipping paths, channel warna, channel alpha, dan setting duotone.
  • PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur software PhotshopDeluxe.

Fungsi Adobe Photoshop

Pada dasarnya fungsi utama dari Adobe Photoshop hanyalah untuk aplikasi pengedit foto ataupun gambar dengan tipe raster atau bitmap. Namun sebagai aplikasi pengedit gambar, fungsi Photoshop dapat dijabarkan lebih khusus lagi, yaitu untuk mempercantik gambar, merekayasa gambar, dan membuat desain gambar.

Fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar yaitu dengan cara menghaluskan objek, dimana fungsi ini dilakukan agar gambar tersebut terlihat lebih menarik dan indah. Fungsi Photoshop juga untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya.

Dan fungsi Photoshop untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, brosur, spanduk, dan poster.

Beberapa fungsi adobe photoshop secara teknik:

1. Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
2. Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
3. Memberi atau merubah warna
4. Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar
5. Mempertajam warna dan kualitas gambar
6. Membersihkan atau memperindah gambar
7. Mengaburkan gambar agar terlihat samar-samar
8. Meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih terang.
9. Memotong gambar

Fitur - Fitur PhotoshopKeterangan
Mengatur Ketebalan Drawing PathTip dan trik ini digunakan untuk menambah ketebalan Drawing Path Anda dan mengubah warna untuk melihatnya lebih jelas di gambar yang diedit. Untuk melakukannya, bukalah Pen Tool > Path Options dan pilih opsi yang diinginkan.
Mengedit Wajah Anda dengan LiquifyPilih saja opsi yang diinginkan untuk mengedit mata, hidung, mulut, bibir, atau bagian tubuh lainnya. Bukalah Liquify dengan membuka Filter > Liquify. Anda juga dapat menekan Shift + Ctrl + X untuk membuka Liquify dengan shortcut.
Color Lookup Color Lookup adalah salah satu fitur baru yang ada di Photoshop CC 2018. Fitur ini membantu Anda mengedit gambar dengan cepat dan mudah menggunakan nada warna bawaan dan nada film yang terdapat dalam Photoshop.
Gabungkan Semua Layer Menjadi Sebuah Layer yang BaruUntuk menggabungkan semua layer menjadi satu layer yang baru dengan sekali klik. Untuk menggunakan fitur ini, tekan dan tahan Ctrl + Shift + Alt + E. Kemudian, seret semua layer menjadi satu layer tunggal.

Kelebihan Photoshop

  • Dapat membuat materi Web
    Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover, logo untuk web, background web dan animasi GIF.
  • Ada banyak fitur desain yang bisa digunakan
    Adobe Photoshop secara umum menawarkan berbagai jenis fiturediting yang cocok untuk web atau gawai. Tampilan awalnya relatif lebih mudah untuk dipelajari secara mandiri sehingga orang dengan bebas dapat memulai belajar mengedit fotonya sendiri, walaupun paga masa sebelumnya mungkin akan membingungkan orang lain. Dengan peralatan edit yang sangat banyak tersebut, kamu dapat dengan mudah dan bebas melakukan editing foto sebebas dan sekreatif yang kamu inginkan.
  • Mengedit foto dan gambar dengan baik
     Dengan Photoshop kita dapat merubah gambar kita jelek menjadi bagus ataupun sebaliknya. Dan kita pun juga memberikan effect-effect yang tersedia dalam Adobe Photosop agar variasi perpotongan gambar menjadi semakin halus dan terlihat asri.

Kekurangan Photoshop

  • Harga yang mahal
    Yah sebenarnya ini termasuk sesuatu yang logis untuk terjadi. Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Photosop, tentu harganya juga akan mahal. Namun bagi beberapa orang, harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga dapat menjadi kekurangan tersendiri.
  • Banyaknya layer yang di gunakan
    Terlalu banyak layer maka pengguna pun lebih bingung layer yang akan di gunakan. Karena kita bisa saja tidak sengaja salah menyeleksi layer yang ada karena terlalu banyaknya layer.
  • Buat desain majalah atau browsur kurang baik
    Kurang handal dalam pembuatan majalah atau brosur. Photoshop memang dapat digunakan untuk melakukan desain pada majalah atau brosur, namun dalam pembuatan majalah dan brosur tersebut hasilnya akan realtif kurang bagus karena terlalu banyak tulisan sementara Photosop tidak bisa sempurna dalam pembuatan paragraf karena memang tidak didesain untuk melakukan hal tersebut.

Lightroom

Lightroom merupakan software pengelola image dengan menggunakan data base. Dia secara otomatis membaca metadata file (seperti merk dan model kamera, tanggal dan hari pengambilan gambar, aperture, shutter speed, ISO, white balance, dll).

Nama panjang software ini yaitu “Adobe Photoshop Lightroom”. Sedikit membuat bingung kan? Karena ada kata “Photoshop” di tengahnya. Jangan-jangan ini adalah versi lain dari Photoshop. Itu ada benarnya, karena Lightroom juga bisa dianggap sebagai bagian dari Photoshop dengan fungsi spesifik yang tidak ada di Photoshop.

Ketika Lightroom meng-import image, fitur built-in-nya akan menambahkan informasi di setiap image tersebut, mengijinkan anda untuk memberi tag dengan keyword tertentu, memberi flag dan rating. Jadi nantinya anda akan mudah menemukan gambar karena sudah tergolong-golong. Anda kemudian juga bisa mengedit mereka dengan selektif. Jika mau tinggal pilih gambar-gambar terbaik dan menshare mereka ke Flickr atau Facebook. Photoshop tidak punya fitur seperti ini.

Beberapa Fungsi Lightroom

1. Kaya effect
Yaitu kita dapat menentukan effect yang kita inginkan dengan cara mengatur/preset sendiri.
2. ethered shooting
Jika anda bekerja di Studio photo, maka Photoshop Lightroom sangat wajib dimiliki karena aplikasi ini bisa langsung terhubung dengan kamera dan komputer dengan USB sebagai penghubungnya, Saat anda melakukan pengambilan gambar secara otomatis photo akan tampil dilayar komputer.
 
3. Tethered shooting
Jika anda bekerja di Studio photo, maka Photoshop Lightroom sangat wajib dimiliki karena aplikasi ini bisa langsung terhubung dengan kamera dan komputer dengan USB sebagai penghubungnya, Saat anda melakukan pengambilan gambar secara otomatis photo akan tampil dilayar komputer.
 
4. Non-destruktif editing
Seperti halnya photoshop, aplikasi ini juga mecatat semua histori pengedita, jadi jika kita melakukan kesalahan di step lanjutan maka bisa kembali ke step sebelumnya.
 
5. File manajemen
Seperti halnya ACDsee, Photoshop Lightroom juga digunakan untuk melakukan manajemen file photo, mengelompokan photo sesuai jenis, ukuran, tanggal. dll
Fitur - Fitur LightroomKeterangan
One-step Merge to PanoramaSekarang kamu bisa menciptakan foto panorama HDR. Dengan fitur photo merge, proses penggabungan foto menjadi lebih mudah dan singkat.
Depth range maskingKamu bisa memilih kedalaman gambar yang ada di foreground ataupun di background fotomu.
Integrasi Adobe PortfolioKamu bisa membuat showcase foto-fotomu di web dengan mengirimkan langsung gambar di Lightroom ke Adobe Portfolio.
People viewSekarang kamu bisa mencari foto yang lebih spesifik berdasarkan orang dengan menggunakan teknologi Adobe Sensei. Secara otomatis fotomu akan disortir berdasarkan orang yang di dalamnya.

Kelebihan Lightroom

  • Dapat dihubungkan dengan kamera secara live
    Banyak sekali fotografer profesional yang menyambungkan perangkat kamera mereka pada komputer saat kegiatan pemotretan di studio. Lightroom menjadi software penampil hasil foto yang baru saja diambil dengan cepat. Tentu saja ini sangat membantu agar fotografer maupun client dapat melihat secara langsung dan lebih jelas hasil yang foto tanpa harus melakukan transfer data terlebih dahulu.
  • Editing warna yang lengkap
    Ini juga menjadi salah satu kelebihan Adobe Lightroom karena menawarkan fitur pengaturan HSL (Hue, Saturation dan Luminance). Selain itu tersedia juga fungsi-fungsi untuk mengedit White Balance, Tonal, Lens Correction, Presence dan lain-lain. Bandingkan dengan Photoshop biasa yang harus menggunakan plugin tambahan untuk mendapatkan fitur pengaturan White Balance.
  • Mendukung foto resolusi tinggi
    Kamera DSLR dikenal sebagai kamera yang selalu menghasilkan foto berukuran besar dan resolusi tinggi. Banyak software yang berat untuk memuat foto besar terutama dengan format RAW. Disinilah Lightroom mempunyai kelebihan untuk mengolah foto resolusi tinggi. Selain itu, Lightroom versi terbaru juga mampu mendukung layar komputer beresolusi tinggi seperti Retina Display di Library maupun Develop  Module.

Kekurangan Lightroom

  • Beberapa tools editing kurang lengkap
    Lightroom tidak dimaksudkan untuk full-on raster editor, sebagian besar fungsi editing pada Photoshop tidak dihadirkan disini, dimana tools editing pada Photoshop lebih lengkap.
  • Tidak ada layer pengeditan
    Efek dan modifikasi dapat ditumpukkan pada gambar, namun tidak ada pemisah yang jelas antar segmen gambar atau kemampuan untuk menggunakan mode blending.
  • Hanya untuk mengedit foto
    Lightroom ditujukan sebagai sistem alur kerja dari fotografer, sehingga hanya bisa mengimpor foto dan memodifikasi, tidak bisa ditemukan pembuat gambar vektor yang bisa ditemukan pada Photoshop disini.

Pilih Mana: Photoshop atau Lightroom?

PhotoshopLightroom
Kelebihan- Dapat membuat materi Web - Ada banyak fitur desain yang bisa digunakan - Mengedit foto dan gambar dengan baik - Dapat dihubungkan dengan kamera secara live - Editing warna yang lengkap - Mendukung foto resolusi tinggi
Kekurangan- Harga yang mahal - Banyaknya layer yang di gunakan - Buat desain majalah atau browsur kurang baik - Beberapa tools editing kurang lengkap - Tidak ada layer pengeditan - Hanya untuk mengedit foto

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa, Kalian dapat menggunakan lightroom kalau memilih menggunakan alur kerja yang mulus dan bersih dibandingkan kontrol yang tidak terbatas dalam melakukan editing gambar. Sedangkan untuk Photoshop kalian dapat menggunakan nya jika perlu memiliki kontrol lebih pada gambar kalian. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Photoshop vs Lightroom

VS

Leave a Reply