Pilih Mana: Piano Akustik atau Digital?

Loading...

Piano merupakan salah satu alat musik yang banyak digemari, sebab piano dapat menghasilkan suara yang menyenangkan dan dapat menghibur pendengarnya. Saat ini piano telah memiliki beberapa jenis, dua di antara jenis piano yaitu piano akustik dan piano digital. Manakah piano yang cocok untuk Anda gunakan? Piano akustik atau digital?

Piano akustik merupakan piano yang telah ada sebelum piano digital. Piano akustik ini memberikan suara yang sangat natural dan sangat indah jika didengar. Sedangkan piano digital merupakan piano elektronik yang dikembangkan dari piano akustik. Piano digital ini memiliki banyak tone suara yang dapat disesuaikan dengan banyak selera musik.

Baca juga: Pilih Mana: Oppo A3S atau Oppo F5?

Piano Akustik

Piano akustik merupakan piano yang sumber suara piano tersebut didapatkan tanpa menggunakan aliran listrik. Dengan kata lain, piano jenis ini akan menghasilkan suara ketika ditekan tutsnya tanpa harus terhubung dengan aliran listrik.

Kelebihan Piano Akustik

Berikut beberapa kelebihan piano akustik yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Suara yang Lebih Natural dan Kompleks

Salah satu kelebihan atau keunggulan piano akustik adalah suara yang dihasilkan lebih natural jika dibandingkan dengan suara yang dihasilkan piano digital. Suara natural ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti resonansi, vibrasi, dan faktor lainnya.

Lebih Awet dan Tahan Lama

Kelebihan lain yang dimiliki piano akustik yaitu lebih awet dan tahan lama. Umur piano akustik ini bisa bertahan hingga puluhan jika dirawat dengan baik. Selain itu jika memiliki perawatan yang baik, piano akustik ini juga akan memiliki harga jual yang sangat baik. Jika Anda membutuhkan piano yang lebih awet, sebaiknya Anda memilih piano akustik.

Bagus untuk Pembentukan Jari

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki piano ini adalah sangat bagus untuk pembentukan jari. Hal ini dikarenakan piano akustik memiliki touching yang relatif lebih berat. Dengan touching yang berat ini, jari-jari Anda akan terbentuk jika sering menggunakan piano akustik.

Kekurangan Piano Akustik

Berikut beberapa kekurangan piano akustik yang perlu Anda ketahui:

Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki piano akustik ini adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan piano digital. Untuk mendapatkan piano akustik dengan upright entry level, Anda memerlukan budget yang hampir sama dengan budget yang untuk membeli piano dengan level yang tinggi dan dilengkapi dengan berbagai fitur.

Hanya Menghasilkan Satu Warna Suara yang Sama

Meskipun piano akustik memiliki suara yang natural, namun piano ini hanya menghasilkan satu warna suara yang sama. Orang yang menyukai karakter suara yang berbeda-beda sebaiknya tidak menggunakan jenis piano ini dan lebih memilih untuk menggunakan piano digital yang menyediakan variasi suara yang lebih banyak.

Loading...

Memerlukan Perhatian untuk Dimaintenance

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki piano akustik adalah memerlukan perhatian untuk dimaintenance. Anda perlu melakukan proses tuning paling tidak satu kali dalam 6 bulan. Hal ini diperlukan agar suara yang dihasilkan oleh piano akustik ini tetap tune dan tidak fals. Hal ini tentu berbeda dengan piano digital yang selalu memiliki suara dalam presisi yang prima tanpa harus dimaintenance.

Kelebihan Piano AkustikKekurangan Piano Akustik
- Memiliki suara yang lebih natural dan kompleks - Harga lebih mahal
- Lebih awet dan tahan lama- Hanya menghasilkan satu warna suara yang sama
- Bagus untuk pembentukan jari- Memerlukan perhatian untuk dimaintenance

Piano Digital

Piano digital merupakan piano dengan instrumen papan tuts yang telah dirancang untuk menstimulasi waranada dari piano dengan menggunakan sirkuit analog.

Kelebihan Piano Digital

Berikut beberapa kelebihan piano digital yang perlu Anda ketahui:

Harga Relatif Terjangkau

Salah satu kelebihan piano digital adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan piano akustik. Meskipun harga piano digital ini lebih terjangkau, namun teknologi piano digital berkembang lebih jauh dibandingkan dengan piano akustik.

Memiliki Variasi Warna Suara

Kelebihan lainnya yang dimiliki piano digital adalah memiliki variasi warna suara yang lebih banyak. Piano digital menyediakan berbagai variasi warna suara seperti concert grand, pop grand, bright piano, dan masih banyak lagi yang karakter suaranya berbeda-beda. Tidak hanya itu, pada piano digital juga terdapat fitur untuk melayer suara piano sehingga variasi warna bisa bertambah saat bermain piano. Selain memiliki banyak variasi warna atau tone suara, piano digital juga memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh piano biasa, dikutip dari Wikipedia.org piano digital bisa dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat rekam, memiliki pengatur volume, tusuk kontak untuk pendengar kepala, dan sebagainya.

Suara Selalu Presisi dalam Kondisi Prima

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki piano digital adalah memiliki suara yang selalu presisinya dalam kondisi yang prima. Berbeda dengan piano akustik yang membutuhkan tuning setiap 6 bulan, piano digital tidak memerlukan hal seperti itu. Piano digital selalu memberikan suara yang prima tanpa memerlukan maintenance yang rutin.

Kekurangan Piano Digital

Berikut beberapa kekurangan piano digital yang perlu Anda ketahui:

Lebih Cepat Rusak

Salah satu kekurangan piano digital adalah memiliki umur sparepart lebih singkat jika dibandingkan dengan piano akustik. Hal ini membuat umur pemakaian piano digital menjadi lebih singkat dan lebih cepat rusak. Sebab sparepart piano digital sama seperti barang elektronik lainnya.

Harga Jual akan Turun

Kekurangan lain yang dimiliki piano digital adalah harga jual akan relatif turun sama seperti barang elektronik lainnya. Karena itu, Anda akan banyak rugi jika menjual piano digital setelah membelinya. Sebaiknya Anda menggunakan atau menyimpannya saja.

Cepat Berganti Model

Kekurangan lain yang dimiliki oleh piano elektrik ini adalah model pada piano jenis ini lebih cepat berganti karena mengikuti perkembangan teknologi yang juga sangat cepat berganti. Jika Anda membeli piano dengan model yang digemari, maka pada tahun bahkan bulan yang berbeda akan ada piano dengan model yang lebih baru.

Kelebihan Piano DigitalKekurangan Piano Digital
- Harga relatif terjangkau- Lebih cepat rusak
- Memiliki variasi warna suara- Harga jual akan turun
- Suara selalu presisi dalam kondisi prima- Cepat berganti model

Pilih Mana: Piano Akustik atau Digital?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara piano akustik dan digital. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Piano AkustikPiano Digital
- Harga sedikit lebih terjangkau- Lebih cepat rusak
- Kamera belakang telah dual kamera- Harga jual akan turun
- Suara selalu presisi dalam kondisi prima- Cepat berganti model
- Cek harga piano akustik online termurah, Klik di sini- Cek harga piano digital online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai piano akustik dan piano digital di atas, dapat disimpulkan bahwa piano austik memberikan suara yang lebih natural dan tidak memberikan banyak tone. Piano jenis ini lebih awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Sedangkan piano digital dapat memberikan banyak tone sehingga dapat disesuaikan dengan selera pengguna. Namun sayangnya piano jenis ini lebih cepat rusak dan tidak tahan lama.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Piano Akustik vs Digital

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *