Aplikasi

Pilih Mana: PicsArt atau PicSay?

Saat ini, hobi yang sedang populer dikalangan anak muda ialah fotografi melalui smartphone. Ya, fotografi ponsel menjadi hal yang sangat menarik karena menggabungkan seni fotografi dengan media ponsel. Nah, untuk mendukung hobi tersebut, hadirlah berbagai aplikasi foto editor seperti PicsArt dan PicSay. Diantara keduanya, manakah yang lebih baik? Mari simak ulasannya di bawah ini.

PicsArt

PicsArt adalah aplikasi pengeditan gambar yang memungkinkan pengguna untuk mengambil dan mengedit foto, menggambar dengan layer, dan berbagi gambar lainnya dengan komunitas PicsArt di jaringan lain seperti Facebook dan Instagram. Aplikasi ini telah tersedia di perangkat seluler iOS, Android, dan Windows. Bahkan, PicsArt juga tersedia pada PC yang menjalankan Windows 8.1 atau versi lebih tinggi. Perusahaan telah menerima dana lebih dari $45 juta dari Sequoia Capital, Insight Venture Partners, dan lainnya. Baca juga Pilih Mana: Camera360 atau B612?

Jika mungkin sebagian besar dari kita sudah familiar dengan aplikasi Instagram, yang menjadi nilai plus dari PicsArt Photo Studio adalah fitur-fiturnya sangat banyak dan beragam. Aplikasi PicsArt juga menawarkan kreativitas tak terbatas dalam hal pengeditan foto di kamera ponsel. Mulai dari editing standar seperti cropping, resizing, atau rotate sampai saturation warna, memberikan frame hingga efek manipulasi yang siap mengubah foto Anda menjadi lebih menarik.

Dalam aplikasi berbobot ini, ada beberapa fitur unggulan seperti efek Magic dan drawing. Untuk fitur efek Magic-nya sendiri, PicsArt memberi pilihan efek yang tidak biasa yang bisa diaplikasikan langsung ke foto yang diambil. Diantaranya ada efek seperti lomo, HDR, vintage, sketsa, dan efek komik yang dapat mengubah foto menjadi gambar kartun.

Juga dengan fitur drawing, kita bisa menjadikan smartphone seperti buku gambar portabel. Kita bisa menambahkan teks, garis, texture editing, blur dan variasi gambar lainnya. Begitu pekerjaan selesai, kita bisa mengunggahnya dengan mudah ke berbagai media sosial dan jaringan komunitas PicsArt yang ada di situs resminya. Untuk memilikinya, kita bisa mendownloadnya secara gratis karena aplikasi bersifat freeware.

Fitur Aplikasi Picsart

Terdapat banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto di aplikasi Picsart ini. Dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan, Anda dapat dengan mudah membuat foto sesuai dengan keinginan. Berikut adalah beberapa fitur di Picsart:
– Tool pengeditan foto: Pilih, Pangkas, Montion, Kloning
– Filter dan efek foto yang dapat disesuaikan
– Teks, Sticker dan Hamparan Gambar
– Pembuat kolase
– Kamera foto
– Alat menggambar dan melukis dengan Layer
– Ada banyak kuas canggih
– Ribuan Clipsart gambar seperti Bingkai, Sticker.
– Gif

Picsart juga bisa menjadi solusi terbaik untuk menyalurkan kreativitas Anda dalam menciptakan karya seni dengan foto Anda sendiri yang diedit, lalu bagikan dengan media sosial. Berikut ini beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh PicsArt yang bisa Anda gunakan, diantaranya:
– Memiliki 1000 fitur editing yang menakjubkan dan juga sangat mudah digunakan
– Anda juga bisa remix foto dengan teman
– Grid foto, kolase bentuk bebas yang bisa Anda gunakan nanti
– Memiliki banyak stiker premium premium maupun berbayar
– Anda juga bisa menambahkan teks dengan beberapa font dan efek menarik di dalamnya

PicSay

PicSay adalah salah satu dari banyak aplikasi editor gambar terbaik yang tersedia untuk platform Android. PicSay memiliki ukuran paket yang cukup kecil namun menghadirkan fitur yang sangat melimpah. Ingin tahu? Mari kita mengintip sedikit, fitur apa saja yang membuat PicSay menjadi aplikasi grafis yang disandingkan dengan PicsArt.

Dengan aplikasi PicSay Anda bisa mengambil foto lalu mengeditnya dan menambahkan hal-hal seperti balon, judul dan alat peraga lainnya ke gambar tersebut. Anda juga bisa melakukan hal-hal lain seperti mengubah warna gambar, efek distorsi dan highlight. Anda kemudian dapat membagikan gambar jadi kepada keluarga dan teman dengan menggunakan situs berbagi foto atau email.

Tool atau alat di PicSay yang tersedia sangat menyenangkan untuk dimainkan, Anda dapat menggunakan Balon Kata untuk mengetikkan teks pada gambar. Anda juga memiliki berbagai jenis alat peraga seperti mata googly, tanduk, nuansa dan topi Santa. Ada juga efek yang berbeda apa yang bisa digunakan yang juga digunakan pada Photoshop itu; Distort, Spotlight, Marker, Pixelize, Brightness, Contrast, Temperature, Colourise, Saturation, Hue, Dizziness, Sepia Toning and Invert.

Lihat juga:  Pilih Mana: Google Maps atau Apple Maps?

Seperti yang disebutkan di atas, walaupun PicSay memiliki ukuran paket yang cukup kecil yaitu hanya 1,86MB untuk ukuran installer-nya, PicSay sebenarnya menghadirkan fitur yang tidak bisa diremehkan seperti:

1. Impor dan Ekspor Dengan Transparansi
Dengan fitur impor, Anda dapat mengedit foto dan foto yang tersimpan pada perangkat atau menggunakan gambar yang diambil secara langsung melalui lensa kamera. Selain menggunakan gambar dan foto yang Anda miliki, Anda juga bisa membuat lembar kerja baru dengan warna dasar yang dapat disesuaikan. Anda bahkan bisa membuat lembar kerja dengan nilai transparansi penuh. Fitur transparansi ini sangat berguna untuk memotong bagian tertentu dari gambar dan membuatnya menjadi stiker.

2. Teks dalam gambar
Fitur teks gambar memungkinkan Anda menambahkan tulisan ke gambar atau foto. Fitur teks dalam gambar ini memberikan berbagai hiasan yang bisa langsung digunakan. Bahkan dari dekorasi yang ada, Anda tetap bisa melakukan penyesuaian sesuai dengan yang Anda inginkan.

Untuk tipe karakter, PicSay telah menyediakan beberapa font yang bisa digunakan. PicSay juga dilengkapi font yang terinstal pada sistem dan bahkan PicSay juga menyediakan dua paket font tambahan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk pengguna PicSay Pro. Masih kurang? Jangan takut karena Anda juga dapat menambahkan font pilihan ke folder Font di penyimpanan internal.

3. Menggambar Doodle Dalam Foto dan Gambar
Dengan fitur ini Anda bisa membuat tulisan dan menggambar di lembar kerja secara langsung dengan jari Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghapus bagian yang tidak diinginkan dengan alat penghapus.

4. Stiker
Salah satu fitur yang sangat bagus dalam aplikasi image editor ini adalah, tersedianya stiker. PicSay menyediakan ratusan stiker yang bisa digunakan untuk menghias foto dan foto Anda agar terlihat lebih unik dan menarik. Anda juga bisa menambahkan balon obrolan yang hiasannya bisa disesuaikan sendiri.

5. Berbagai Optimalisasi
Selain menambahkan berbagai elemen pada foto dan gambar, PicSay juga bisa melakukan berbagai modifikasi seperti modifikasi warna, distort, artistik, frame, crop dan laiinnya.

Saat ini, PicSay tersedia dalam dua pilihan. Itu versi Gratis dan Pro. Perbedaan antara keduanya terletak pada fitur yang diusungnya. Versi PicSay Free membatasi fitur hebat dan stiker yang bisa digunakan. Sementara PicSay Pro, tentu saja, semua fitur hebatnya bisa digunakan tanpa batas waktu.

Pilih Mana: PicsArt atau PicSay?

PicsArtPicSay
- Memiliki pengaturan HDR yang sangat menguntungkan untuk foto di tempat yang gelap- PicSay memiliki alat penajaman gambar untuk setiap tepi objek dalam gambar
- Memiliki fitur filter aktif yang dapat langsung diaplikasikan saat mengambil gambar- Stiker, emoji serta teks dapat ditambahkan saat mengedit foto
- PicsArt dapat langsung terhubung dengan beberapa media sosial sehingga memudahkan pengguna dalam berbagi kenangan- PicSay tidak terhubung langsung dengan jejaring sosial lainnya

Kesimpulan

Setelah membaca apa saja penjelasan mengenai PicsArt dan PicSay di atas, sekaligus fitur-fitur yang digunakan di dalamnya, Anda bisa memutuskan sendiri aplikasi editor foto yang mana yang paling bagus. Namun, jika Anda ingin mengedit foto dengan banyak efek, kami merekemondasikan PicsArt yang saat ini menjadi aplikasi favorit banyak orang.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PicsArt vs PicSay

VS

Leave a Reply