Pilih mana: Piring atau Mangkuk

Loading...

Pada dasarnya kita memerlukan piring untuk menaruh nasi beserta lauknya, dan juga kita memerlukan mangkuk untuk wadah sup atau sayur karena permukaannya yang sedikit cekung. Intinya piring dan mangkuk adalah satu-kesatuan peralatan makan yang tentunya berguna untuk kita sehari-hari. Kali ini saya akan membahas mengenai piring dan mangkuk. Disini aja ya..

Piring
Piring adalah wadah untuk meletakkan nasi beserta lauk pauknya yang berbentuk bulat pipih serta sedikit cekung yang digunakan untuk makan. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Gerabah atau Keramik

Pada umumnya, piring dibuat dari keramik ataupun kaca namun tidak sedikit kita temui piring yang dibuat dari plastik.

Kamu bisa dapatkan piring dengan kualitas yang tinggi di Informa, Ace Hardware, IKEA dan sebagainya.

Jenis-jenis piring yang sering digunakan:

Dinner Plate
Dinner plate merupakan tipe piring yang sangat kerap digunakan. Piring ini dipakai buat menyajikan menu utama kala suatu jamuan makan berlangsung. Dinner plate juga masih dibagi jadi 2 tipe: yang berupa datar serta yang cekung.

Dessert Plate
Jika Dinner plate digunakan untuk jamuan makan, maka dessert plate mempunyai guna sebaliknya, ialah buat menyajikan menu penutup.

Soup Plate
Setimpal dengan namanya, piring ini memanglah digunakan sebagai alas kala menghidangkan sup. Piring ini mempunyai wujud lonjong dan ceper agak ke dalam, sampai- sampai dapat digunakan buat menyimpan kuah sup.

Oval Plate
Persis namanya, piring ini memanglah berupa oval (lonjong) walaupun terdapat pula yang berupa datar serta coupe, serta yang paling sering digunakan buat menyajikan sayur-mayur, daging, ataupun ikan.

B & B Plate (Butter and Bread)
Sempat melihat gimana chef di restoran menyajikan roti serta mentega kepada tamu- tamunya? Ya, mereka mengenakan piring spesial bernama B & B plate( Butter and Bread). Sesuai dengan namanya, piring ini memanglah dipakai buat menyajikan roti serta mentega.

Egg Dish
Mangkuk ini namanya egg dish atau egg stand, digunakan untuk menyajikan khusus untuk telur rebus. Umum ditemui di restoran- restoran besar.

Loading...

Cara membersihkan piring agar selalu bersih dan cantik
1. Buang sisa santapan ke tempat sampah serta singkirkan minyak ke penampung terpisah.
2. Tampung 3- 5 liter air di baskom ataupun wastafel.
3. Tuangkan 1 sendok teh sabun mencuci piring cair, semacam Sunlight Jeruk Nipis ke dalam air, kemudian aduk-aduk hingga sedikit berbuih.
4. Pakai spons atau sabut buat cuci piring satu per satu di dalam larutan sabun.
5. Sehabis seluruh piring dicuci, kosongkan baskom ataupun wastafel kemudian isi ulang dengan air bersih buat membasuh perkakas.
6. Tiriskan atau keringkan piring sesuai keadaan tempat mencuci piring kamu.

Mangkuk
Mangkuk merupakan perlengkapan yang berupa separuh bundaran, dibuat dari porselen, batu, plastik, logam, ataupun gelas. Wujudnya yang separuh bundaran dipakai buat meletakkan santapan yang berkuah banyak yang tentunya tidak gampang tumpah.

Terdapat pula mangkuk yang berperan sebagai penghias ruangan, umumnya berbentuk mangkuk yang banyak hiasannya ataupun berbahan logam mulia ataupun batu mulia. Mangkuk pula terdapat beragam ukuran. Buat mangkuk sekali pakai umumnya dipakai olahan dari kertas ataupun styrofoam.

Kamu bisa dapatkan mangkuk dengan kualitas yang baik di Informa, Ace Hardware, IKEA dan sebagainya.

Jenis-jenis mangkuk:

Soup Bowl
Mangkuk bernama soup bowl ini digunakan buat menyajikan sup kental.

Cereal Bowl
Sesuai dengan namanya, piring cekung ini dipakai buat menyajikan bubur ataupun sereal.

Finger Bowl
Mangkuk ini digunakan untuk wadah air buat cuci tangan yang kerap diletakkan di atas meja makan. Ya, namanya finger bowl.

Sugar Bowl
Sesuai dengan namanya mangkuk ini digunakan untuk menaruh gula.

Supreme Bowl
Jika kalian kerap makan di restoran, tentunya tidak asing lagi dengan tipe mangkuk yang satu ini. Ya, supreme bowl merupakan mangkuk spesial yang digunakan buat menyajikan shrimp cocktail ataupun es krim sebagai hidangan penutup.

Butter Bowl
Jika tadi terdapat B & B plate, saat ini terdapat mangkuk spesial yang dipakai buat menyimpan mentega yang diletakkan di atas meja makan. Namanya butter bowl.

Cara membersihkan mangkuk
Cara membersihkan mangkuk tidak berbeda jauh dengan piring:

1. Buang sisa kuah ke selokan atau ke saluran pembuangan lainnya.
2. Tampung 3-5 liter air di baskom ataupun wastafel.
3. Tuangkan 1 sendok teh sabun untuk mencuci mangkuk kamu.
4. Pakai spons atau sabut untuk mencuci mangkuk di dalam larutan sabun, pakai gerakan memutar hingga mengeluarkan busa pada mangkuk kamu.
5. Sehabis seluruh mangkuk dicuci, kosongkan baskom ataupun wastafel kemudian isi ulang dengan air bersih buat membasuh mangkuk.
6. Tiriskan atau keringkan mangkuk sesuai keadaan tempat mencuci mangkuk kamu.

Pilih mana: Piring atau Mangkuk

PiringMangkuk
Kelebihan - Cocok untuk memakan nasi beserta lauknya - Lebih luas dibandingkan dengan mangkuk- Bisa menampung sup atau makanan yang berkuah - Bisa dijadikan sebagai koleksi atau pajangan rumah
Kekurangan- Tidak dapat digunakan untuk menaruh sup atau makanan yang berkuah - Banyak memakan tempat di lemari piring karena permukaanya yang luas - Permukaannya yang tergolong sempit - Tidak cocok untuk makanan tertentu, misalnya nasi beserta lauknya

Kesimpulan:
Tentunya akan sulit jika tidak ada piring dan mangkuk ya guys, yang ada kita akan bingung akan menggunakan wadah apa untuk makan. Rawat sebaik mungkin piring dan mangkuk kamu agar selalu bersih dan cantik. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Piring vs Mangkuk

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *