Pilih mana: Pisau atau Gunting

Loading...

Untuk memotong sesuatu tentu kita memerlukan benda yang tajam, yakni seperti pisau dan gunting. 2 benda ini sangat bermanfaat untuk kegiatan kita sehari-hari. Namun juga harus hati-hati dalam menggunakannya karena dapat berakibat negatif pula seperti luka sayatan di badan kita. Kali ini saya akan membahas mengenai Pisau dan Gunting disini aja ya..

Pisau
Pisau adalah material tajam dengan gagang plastik atau kayu untuk pegangan yang gunanya untuk memotong sesuatu, umumnya digunakan untuk memotong sayuran, memotong daging, memotong buah dan lain-lain. Baca juga artikel sebelumnya Pilih mana: Besi atau Baja

Pisau sendiri memiliki ukurannya masing-masing tergantung dengan kegunaannya, seperti pisau kecil untuk memotong buah, pisau dengan ukuran sedang untuk memotong sayuran, dan pisau dengan ukuran besar untuk memotong daging dan memotong ikan.

Pisau tentunya sangat berguna di dunia kuliner, bahkan beberapa restoran juga memiliki banyak jenis dari pisau dengan kegunaannya masing-masing.

Agar pisau kamu tidak tumpul dan selalu tajam, kamu wajib mengasah pisau kamu secara rutin sebelum memakai untuk memotong sesuatu.

Usahakan beli pisau dengan pegangan yang terbuat dari kayu, selain tidak mudah rusak, kayu juga tidak licin. Ini berguna agar saat kamu menggunakan pisau tidak akan terlepas dari genggaman kamu.

Kamu bisa dapatkan pisau dengan kualitas yang baik di Ace hardware, toko peralatan dapur, mall bahkan online shop pun sudah banyak yang menjual beraneka ragam jenis pisau.

Jenis-jenis pisau:
Pisau Chef / Pisau Serbaguna
Sesuai namanya pisau ini memiliki banyak kegunaan atau biasa dibilang dengan pisau serbaguna, bentuknya besar dan tentunya dari bahan yang kuat dan tahan lama.

Pisau Roti
Pisau ini memiliki bentuk yang bergerigi di bagian bawah. Karena memang dirancang untuk memotong bahan yang sedikit keras khususnya adalah roti. Pisau ini juga masih bisa digunakan untuk memotong sayur, mentimun, terong dan sebagainya.

Cleaver Knife / Pisau Besar
Pisau ini memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan pisau yang lain. Pisau ini juga memiliki ukuran yang besar seperti daging yang tebal. Bahkan daging dengan tulang nya pun bisa dipotong dengan mudah oleh pisau ini. Pisau ini biasa dipakai oleh kebanyakan chef di Cina.

Fillet Knife / Pisau Pemisah
Pisau ini cocok buat kamu yang ingin mengiris daging ikan, pisau ini juga bisa disebut sebagai pisau pemisah, bentuknya lancip, panjang dan sedikit ramping. Tidak hanya ikan, pisau ini juga bisa untuk mengiris daging ikan.

Slicing Knife / Pisau Iris
Pisau ini digunakan khusus untuk mengupas kulit buah-buahan dan sayuran agar tidak terlalu banyak mengambil daging / isinya. Bentuknya sekilas mirip seperti chefs knife atau pisau serbaguna.

Cara mencuci pisau:
1. Cuci pisau dengan menggunakan tangan secara hati-hati, usahakan mencuci di bawah air yang mengalir dari kotoran yang menempel
2. Pakai sabun pencuci kamu lalu segera bilas dengan air yang mengalir
3. Lap menggunakan lap yang bersih
4. Setelah kering taruh pisau kamu ke dalam tempat khusus pisau, kamu bisa mendapatkan tempat pisau ini jika kamu membeli 1 set pisau.

Loading...

Gunting
Gunting sendiri ditemukan kurang lebih 1500 tahun sebelum masehi daerah Mesir yang pada awalnya hanya dua buah benda tajam yang terhubung di ujungnya. Lalu ditemukan lagi pada saat 100 tahun yang lalu pada bangsa romawi dengan gunting yang sudah modern sama seperti sekarang.

Gunting adalah benda yang gunanya memotong sesuatu. Berbeda dengan pisau, gunting memiliki dua buah benda tajam yang jika dijepit akan menghasilkan suatu potongan.

Gunting sendiri juga memiliki bentuk sesuai kegunaan, gunting dengan ukuran kecil biasanya untuk memotong bulu hidung, gunting dengan ukuran sedang biasa digunakan untuk memotong sebuah kertas dan gunting dengan ukuran yang besar biasa digunakan untuk memotong rumput.

Gunting juga sangat bermanfaat didunia salon atau barber shop, di dunia jahit menjahit, didunia kedokteran, untuk pedagang kaki lima dan lain sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan gunting dengan kualitas yang baik di mall, warung terdekat kamu, toko bangunan, toko alat tulis bahkan online shop sekarang sudah banyak yang menjual gunting.

Jenis dari gunting:
Gunting Kain
Sesuai namanya gunting ini dibuat untuk memotong kain, tergantung dengan ukuran kain tersebut semakin tebal kain maka semakin besar pula gunting yang dibutuhkan untuk memotongnya. Gunting ini sangat bermanfaat di dunia jahit menjahit.

Gunting Kertas
Gunting ini biasa ditemukan dimana-mana, selain kertas gunting ini juga memiliki kegunaan seperti memotong kain. Ukuran dari gunting ini juga relatif pas saat kita genggam.

Gunting Kecil
Gunting ini biasa digunakan untuk memotong bulu hidung kita yang panjang, gunting ini ukurannya kecil sehingga pas saat dimasukkan ke lubang hidung.Gunting Rumput
Sesuai namanya gunting ini digunakan untuk memotong rumput, ukuran dari gunting ini relatif besar dan juga berat. Gunting ini bisa memotong rumput dengan skala yang besar sehingga mempercepat pekerjaan kamu.

Gunting Bedah
Gunting ini bisa kita temukan saat dokter sedang membedah organ / sedang mengoperasi, pisau ini tentunya berbeda dengan gunting pada umumnya. Gunting ini harus steril sebab jika yang digunakan mengandung kuman maka tidak bagus pula hasil dari operasinya.

Gunting Barber Shop
Gunting ini umumnya sama seperti gunting biasa, namun gunting barber / salon terdapat gunting yang bagian pinggirnya bergerigi. Ini dimaksudkan agar potongan rambut yang dihasilkan lebih rapi dan mengembang.

Jika gunting kamu terkena air atau memang sedang kamu cuci, usahakan langsung dilap karena jika tidak gunting kamu akan berkarat dan juga tidak tajam lagi untuk memotong sesuatu.

Cara mengasah Gunting:
1. Siapkan selembar amplas dengan ukuran yang lumayan lebar
2. Potong amplas tersebut dengan gerakan yang sama sebanyak 15-20 kali
3. Bersihkan gunting tersebut dengan air dan langsung lap agar tidak berkarat
4. Jika kamu tidak memiliki amplas, kamu juga bisa memakai lembaran aluminium dan lakukan pemotongan
5. Kamu juga bisa menggunakan amplas seperti gunting, caranya gesek secara perlahan gunting kamu agar senantiasa tajam saat digunakan

Pilih mana: Pisau atau Gunting

PisauGunting
Kelebihan - Cocok digunakan didunia kuliner - Memiliki bermacam-macam jenis - Bisa memotong makanan yang tentunya tidak dapat dilakukan oleh gunting- Bisa dibawa kemana-mana - Bisa juga digunakan untuk memotong kuku - Lebih multifungsi
Kekurangan- Harganya relatif mahal - Pemakaiannya juga harus hati-hati- Tidak cocok digunakan didapur (memotong daging, ikan) - Susah diasah / Mudah tumpul

Kesimpulan:
Pisau dan gunting sama-sama memiliki manfaatnya tersendiri, tergantung dengan kita menempatkannya dimana. Gunakan pisau dan gunting dengan hati-hati dan hindari benda tajam kepada balita karena dapat berakibat negatif. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pisau vs Gunting

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *