Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Pizza Hut atau Paparons?

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenali pizza. Makanan yang berasal dari Italia ini mampu memberikan daya tarik sendiri bagi masyarakat Indonesia. Banyak merek pizza yang terkenal di Indonesia, dua di antaranya yaitu Pizza Hut dan Paparons Pizza. Dari dua merek tersebut, manakah yang lebih Anda sukai? Pizza Hut atau Paparons?

Pizza Hut dan Paparons merupakan restoran yang sama-sama memiliki menu utama pizza sebagai andalan. Pizza Hut masuk ke Indonesia terlebih dahulu, Pizza Hut berbasis di Amerika dan membuka banyak cabang termasuk di Indonesia. Sedangkan Paparons Pizza baru muncul stelah tahun 2002, pemilik Paparons Pizza merupakan warga lokal sehingga menu yang ditawarkan memberikan ciri khas lokal.

Pizza Hut

Pizza Hut merupakan restoran pizza pertama di Indonesia. Pizza Hut merupakan restoran pizza yang berbasis di Amerika. Pizza Hut masuk ke Indonesia dan berdiri pada tahun 1984 dengan menu utama pizza. Baca juga Pilih Mana: Pizza Hut vs Domino?

Kelebihan Pizza Hut

Berikut beberapa kelebihan Pizza Hut yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Pelayanan Delivery yang Baik

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Pizza Hut adalah memiliki layanan delivery yang sangat baik. Proses pengiriman sangat cepat, serta banyak wilayah yang dapat dijangkau dengan baik oleh Pizza Hut. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pemesanan delivery dengan mudah tanpa harus datang ke gerai pizza, Pizza Hut telah membantu memudahkan Anda.

  • Memiliki Roti yang Lebih Tebal

Kelebihan lain Pizza Hut dibandingkan dengan Paparons Pizza adalah ketebalan roti. Roti yang dimiliki oleh Pizza Hut lebih tebal jika dibandingkan dengan roti yang dimiliki Pizza Hut. Namun sebenarnya hal ini tergantung dari selera masing-masing, apakah lebih menyukai roti yang tebal atau roti yang lebih chruncy.

  • Memiliki Suasana Makan yang Nyaman

Saat Anda makan di Pizza Hut, Anda akan merasakan suasana yang nyaman saat makan. Desain ruangan dan fasilitas yang diberikan bisa dikatakan sangat baik. Dengan demikian, Anda dapat makan pizza dengan nyaman dan tenang.

  • Memiliki Banyak Varian Non Pizza

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Pizza Hut adalah memiliki banyak varian non pizza. Jadi bagi Ada yang kurang menyukai menu pizza, Anda dapat memilih banyak pilihan makanan yang dapat Anda pesan.

Kekurangan Pizza Hut

Berikut beberapa kekurangan Pizza Hut yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Keju yang Sedikit

Dibandingkan dengan Paparons Pizza, keju yang diberikan oleh Pizza Hut terbilang relatif lebih sedikit. Jadi jika Anda adalah penggila keju pada pizza, maka Pizza Hut bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Pizza Hut tidak memberikan keju secara maksimal pada pizzanya.

  • Tidak Memiliki Menu Khas Lokal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Pizza Hut adalah tidak memiliki menu khas lokal. Pizza Hut memang mengubah rasa pizzanya lebih lokal agar dapat diterima ole lidah Indonesia, namun Pizza Hut tidak memiliki menu yang sangat lokal seperti yang yang dimiliki Paparons Pizza dengan menunya chicken terong sambal ijo. Hal ini bisa jadi dikarenakan karena pengaruh pemilik pizza tersebut.

  • Jarang Memberikan Diskon

Diskon merupakan hal yang sangat digemari oleh konsumen. Paparons Pizza kerap memberikan diskon atau promo kepada pelanggan, misalnya promo hari Selasa Anda dapat membeli 1 pizza dan gratis 1 pizza. Hal ini sangat jarang dilakukan Pizza Hut untuk menarik pelanggan. Hal ini bisa jadi dikarenakan Pizza Hut telah menguasai pasar sehingga tidak khawatir terhadap jumlah pelanggan dan calon pelanggan.

Kelebihan Pizza HutKekurangan Pizza Hut
- Memiliki pelayanan delivery yang baik- Memiliki keju yang sedikit
- Memiliki roti yang lebih tebal- Tidak memiliki menu khas lokal
- Memiliki banyak varian non pizza- Jarang memberikan diskon

Paparons Pizza

Paparons merupakan restoran dalam waralaba yang menu utamanya adalah Pizza. Paparons Pizza didirikan pada tahun 2002, saat ini Paparon Pizza telah memiliki lebih 43 gerai di Indonesia. Pemilik Paparons Pizza merupakan Ron Mullers yang merupakan warga negara asli Indonesia. Meskipun masih baru dibandingkan Pizza Hut, namun Paparons Pizza juga siap bersaing dengan merek pizza lainnya. Dikutip dari IDNTimes.com Paparons Pizza masuk ke dalam 5 pizza terbaik di Indonesia.

Kelebihan Paparons Pizza

Berikut beberapa kelebihan paparons Pizza yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Keju yang Banyak

Salah satu keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh Paparons Pizza adalah memberikan keju yang relatif banyak pada pizza yang disuguhkan. Keju yang diberikan tidak hanya pada pada dasarnya saja. Namun keju yang diberikan pada topping nya keju tersebut penuh dan seimbang dengan komposisi topping. Paparons Pizza sangat royal terhadap penggunaan keju. Keju yang digunakanpun merupakan keju yang memiliki kualitas terjamin, yaitu keju Fonterra yang berasal dari sapi di New Zealand yang dipelihara tanpa kandang sehingga kualitas susunya baik dan segar.

  • Memiliki Tempat Makan yang Cozy

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Pizza Paparons adalah memiliki ruangan yang nyaman untuk makan. Ruangan pun di desain semenarik dan secozy mungkin sehingga pelanggan akan nyaman saat makan pizza di Paparons. Dengan demikian, Anda dapat menikmati pizza di Paparons dengan suasana dan kenyamanan yang pas.

  • Bisa Memilih Topping Sesuai Keinginan

Saat Anda membeli pizza di Paparons, Anda dapat memilih topping pizza ssuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan pelayanan seperti ini, Anda dapat makan pizza benar-benar sesuai dengan apa yang Anda inginkan karena Anda dapat memilih topping apapun sesuai selera Anda masing-masing.

  • Memiliki Pilihan Menu dengan Cita Rasa Lokal

Banyak pizza yang memang mengubah cita rasa pizza original dengan cara memasukkan cita rasa lokal agar bisa diterima oleh lidah lokal dengan mudah. Begitu pula yang dilakukan oleh Paparons Pizza, restoran pizza yang dimiliki oleh orang asli Indonesia ini menyediakan menu yang sangat khas dan menjaga cita rasa lokal. Salah satu menu tersebut yaitu chicken terong sambal ijo. Bagi Anda memiliki lidah yang sangat Indonesia dan menyukai makanan pedas, maka menu ini sangat layak Anda coba. Anda dapat merasakan nikmatnya ayam, terong serta sambal ijo namun dalam bentuk pizza yang dibalur dengan keju. Ini merupakan menu yang perlu Anda coba.

Kekurangan Paparons Pizza

Berikut beberapa kekurangan Paparons Pizza yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Roti yang Kurang Tebal

Salah satu kekurangan Paparons Pizza adalah memiliki roti yang kurang tebal. Dibandingkan dengan Pizza Hut, roti yang dimiliki oleh Pizza Hut jauh lebih tebal. Namun bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan ketebalan roti, hal ini tidak menjadi masalah. Paparons Pizza memiliki tekstur roti yang lebih chruncy bukan yang tebal seperti Pizza Hut. Jadi, hal ini tergantung dari selera masing-masing juga.

  • Pelayanan Delivery yang Kurang Maksimal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Paparons Pizza adalah fasilitas delivery yang dimiliki masih belum maksimal. Untuk pelayanan delivery masih diungguli Pizza Hut. Hal ini dikarenakan Paparons Pizza hanya menyediakan fasilitas delivery untuk wilayah tertentu. Dengan demikian, jika Anda berada pada wilayah yang tidak bisa dijangkau Paparons Pizza, Anda tidak dapat melakukan delivery.

  • Cabang dan Jaringan yang Masih Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Paparons Pizza adalah cabang dan jaringan yang dimiliki masih terbatas. Jika dibandingkan dengan Pizza Hut, jelas Pizza Hut tetap mengungguli hal ini. Pizza Hut telah memiliki cabang dan tersebar hingga ke bebagai wilayah, sedangkan Paparons Pizza hanya tersebar pada wilayah tertentu saja.

Kelebihan Paparons PizzaKekurangan Paparons Pizza
- Memiliki keju yang banyak- Memiliki roti yang kurang tebal
- Memiliki tempat makan yang cozy- Pelayanan delivery yang kurang maksimal
- Memiliki pilihan menu dengan cita rasa lokal- Cabang dan jaringan yang masih terbatas

Pilih Mana: Pizza Hut atau Paparons?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Pizza Hut dan Paparons. Perbedaan antara keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Pizza HutPaparons Pizza
- Mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 1984- Mulai beroperasi di Indonesia pada tahun 2002
- Pemilik berbasis di Amerika- Milik warga lokal
- Memiliki pelayanan delivery yang baik- Belum memiliki pelayanan delivery yang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Pizza Hut dan Paparons Pizza di atas, dapat diketahui kekurangan dan kelebihan masing-masing pizza ini. Pizza Hut memiliki rasa yang baik, pelayanan makan di tempat dan delivery yang baik serta telah memiliki cabang yang luas. Sedangkan Paparons Pizza unggul dalam hal cita rasa lokal, hal ini dikarenakan pendiri Paparons merupakan orang asli Indonesia. Namun, hingga saat ini penguasaan pasar pizza tetap dipegang oleh Pizza Hut.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pizza Hut vs Paparons

VS

Leave a Reply