Home

Pilih Mana: Plafon Gypsum atau GRC?

Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan saat membangun sebuah rumah. Salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan adalah plafon. Saat ini telah banyak ragam plafon yang ditawarkan di pasaran, dua di antaranya yaitu plafon gypsum dan GRC. Manakah plafon yang cocok untuk hunian Anda? Plafon gypsum atau GRC?

Plafon gypsum dan plafon GRC merupakan dua jenis plafon yang sangat laku di pasaran. Plafon gypsum memiliki harga yang relatif murah dan mudah dalam hal pemasangan. Sedangkan plafon GRC merupakan plafon yang kuat, kokoh, dan tahan terhadap air sehingga banyak pula diminati. Kedua jenis plafon tersebut akan lebih lanjut kita bahas pada artikel di bawah ini ya!

Plafon Gypsum

Plafon gypsum merupakan jenis plafon yang saat ini sangat banyak digunakan untuk menjadi plafon rumah. Plafon jenis ini banyak digunakan sebab mudah dalam hal pemasangan dan memiliki harga yang relatif murah.  Plafon gypsum menjadi favorit banyak orang.

Karena plafon gypsum memiliki variasi yang sangat banyak, terlebih untuk aksesori di bagian sudut, tengah, dan lisnya. Gypsum juga mempunyai warna dan ukuran yang berbeda-beda, hal ini bisa mempermudah dalam memilih plafon gypsum yang cocok untuk kebutuhanmu.

Gypsum yang  tersedia di pasaran umumnya dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm.

Produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus dengan tingkat ketebalan yang bervariasi antara 9 mm hingga 15 mm dengan ketebalan ideal 9 mm. Proses pemilihan plafon gypsum pun menuntut kamu untuk lebih teliti. Sangat disarankan untuk meminta bantuan ahli di bidang plafon gypsum sebelum memasangnya. Baca juga Cat Besi Paling Bagus

Jenis-Jenis Plafon Gypsum

  1. TopLine merupakan papan gipsum berlapis kertas berwarna putih untuk memberikan kesan permukaan yang halus sehingga dapat menjaga estetika tanpa melupakan fungsinya. Gipsum jenis ini tidak mudah terbakar dan mampu menghambat panas.
  2. BaseLine adalah papan gipsum standar dengan lapisan kertas putih yang dapat digunakan untuk partisi dinding dan plafon. Sama dengan TopLine, gipsum jenis ini juga memberikan estetika dengan penghambat panas dan tahan api.
  3. AquaLine merupakan papan gipsum yang telah dilengkapi cairan silikon terpolimerasi sehingga mampu mengurangi penyerapan pada papan.
  4. FireLine, papan gipsum dibuat dengan bahan khusus guna meningkatkan kohesivitas pada suhu tinggi sehingga memberikan hasil maksimal ketika dihadapkan dengan api.
  5. DuraLine, papan gipsum Gyproc yang memiliki daya tahan terhadap benturan dan ideal untuk rumah dan bangunan komersial yang membutuhkan dinding kuat.

Kelebihan Plafon Gypsum

Berikut beberapa kelebihan plafon gypsum yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki kemudahan dalam pemasangan
    Salah satu keunggulan plafon gypsum yang membuat plafon ini banyak disukai adalah memiliki kemudahan dalam pemasangannya. Plafon gypsum lebih mudah dipasang jika dibandingkan dengan plafon GRC. Selain itu, plafon juga lebih rapi daripada plafon GRC sebab plafon gypsum lebih mudah untuk dibentuk sehingga memiliki tekstur yang baik. Dikutip dari Okezone.com  plafon gypsum memberikan hasil akhir yang lebih rata dan smooth.
  • Memiliki sifat tahan api
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh plafon gypsum adalah memiliki sifat on-combustible atau memiliki sifat tahan terhadap api. Dengan sifat yang dimilikinya ini, saat terjadi kebakaran api tidak akan menyebar dengan mudah. Ini merupakan hal yang patut untuk dipertimbangkan.
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh plafon gypsum adalah memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan plafon GRC. Jika Anda membutuhkan plafon dengan budget yang terbatas, Anda bisa menjadikan plafon gypsum sebagai alternatif.

Kekurangan Plafon Gypsum

Berikut beberapa kekurangan plafon gypsum yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih mudah rusak
    Salah satu kekurangan plafon gypsum adalah tidak tahan terhadap air. Untuk masalah ketahanan, plafon GRC lebih tahan terhadap air daripada plafon gypsum dengan kelas yang standar. Hal inilah yang membuat plafon gypsum standar menjadi lebih cepat rusak dan tidak bertahan lama. Namun, plafon gypsum menyediakan janis plafon yang tahan terhadap air untuk Anda gunakan.
  • Plafon gypsum anti air relatif lebih mahal
    Plafon gypsum menyediakan plafon yang tahan terhadap air. Plafon gypsum jenis ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada plafon gypsum yang biasa atau yang standar. Namun, gypsum jenis ini memiliki harga yang relatif lebih mahal.
  • Terlihat buram dan berjamur
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki plafon gypsum adalah plafon akan terlihat lebih buram dan berjamur apabila berada di tempat yang lembap dan basah. Karena hal ini, Anda perlu memastikan bahwa genteng Anda tidak memiliki kebocoran yang dapat membuat plafon gypsum menjadi rusak.
Kelebihan Plafon Gypsum Kekurangan Plafon Gypsum
- Memiliki kemudahan dalam pemasangan - Lebih mudah rusak
- Memiliki sifat tahan api - Plafon gypsum anti air relatif lebih mahal
- Memiliki harga yang lebih terjangkau - Terlihat buram dan berjamur

Plafon GRC

Fiber glass reinforced concrete atau GFRC adalah jenis beton yang diperkuat serat. Produk ini juga dikenal sebagai beton bertulang glassfibre atau GRC dalam bahasa pasar internasional. GRC adalah beton serat kaca yang digunakan dalam panel-panel pada fasad bangunan dan sebagai beton pracetak. GRC merupakan material komposit yang terdiri pasir halus, semen, polimer akrilik, air, agregat, serta kaca serat tahan alkali.

Plafon GRC adalah ketahanannya terhadap air dan suhu lembab.

GRC terdiri dari serat kaca tahan alkali berkekuatan tinggi yang dimasukan dalam campuran beton. Plafon GRC merupakan plafon yang menggunakan papan semen fiber glass yang kuat. Papan semen yang digunakan untuk plafon GRC ini membuat plafon menjadi tahan terhadap air. Selain itu, plafon GRC juga merupakan jenis plafon yang kuat. Kamu bisa membeli plafon dengan kualitas yang baik di IKEA.

Jenis-jenis Plafon GRC

  1. GRC Royal Board
    GRC Royal Board ringan dan tidak mudah lapuk adalah GRC board. GRC board tahan terhadap jamur dan rayap jadi kebanyakan orang lebih memilih grc board supaya bangunannya lebih berkualitas. Grc board juga mudah dalam perawatannya.
  2. GRC Silica Board
    Merupakan salah satu material bagunan yang biasa digunakan untuk menggantikan fungsi dari Triplek/ Plywood.
  3. GRC Board
    Salah satu bahan yang populer digunakan untuk industri konstruksi, dan menjadi pilihan pertama bagi banyak arsitek, Lebih tahan ketika menghadapi beragam kondisi cuaca, baik hujan, panas.
  4. Plafon GRC Versaboard
    Dapat menjadi solusi ideal dan ekonomis serta sebagai alternatif pengganti triplek.
Lihat juga:  10 Selai Roti Terbaik 2020

Kelebihan Plafon GRC

Berikut beberapa kelebihan plafon GRC yang perlu Anda ketahui:

  • Kuat dan Tahan Bocor
    Salah satu kelebihan plafon GRC sehingga banyak disukai adalah lebih kuat dan tahan terhadap bocor. Plafon GRC tidak mudah rapuh dan tidak akan menghasilkan rembesan ketika terjadi kebocoran pada atap dan lain sebagainya. Plafon ini juga relatif aman digunakan pada tempat lembab karena tidak akan lembap dan berjamur.
  • Masa Pakai Lebih Panjang
    Karena lebih kuat dan lebih tahan terhadap air, umur pakai plafon GRC lebih panjang dibandingkan dengan plafon gypsum. Masa pakai yang panjang ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda sebab Anda tidak akan terlalu sering memperbaiki ataupun mengganti plafon ini dalam waktu yang singkat.
  • Memiliki Perawatan yang Mudah
    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki plafon GRC adalah mudah dalam hal perawatan. Hal ini dikarenakan plafon GRC tidak mudah menyerap noda sehingga lebih mudah untuk dirawat dan dibersihkan.

Kekurangan Plafon GRC

Berikut beberapa kekurangan plafon GRC yang perlu Anda ketahui:

  • Harga relatif lebih mahal
    Salah satu kekurangan plafon GRC adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan plafon gypsum. Jika Anda memiliki budget yang terbatas untuk mendapatkan plafon, maka plafon GRC bukan merupakan pilihan yang tepat. Namun harga plafon yang mahal ini sebenarnya sesuai dengan kualitas yang diberikan. Jika dihitung ulang dan ditotal, budget yang akan Anda keluarkan untuk perbaikan atau penggantian plafon gypsum sebenarnya lebih besar.
  • Pemasangan membutuhkan waktu yang lama
    Kekurangan lainnya yang dimiliki plafon GRC adalah membutuhkan waktu yang lama untuk pemasangannya. Plafon GRC dibuat dari campuran serat dan semen dengan ukuran yang tebal. Karena hal ini lah waktu pembuatan atau pemasangan plafon GRC lebih lama daripada plafon gypsum.
  • Membutuhkan ketelitian saat pemasangan
    Kekurangan plafon GRC selanjutnya adalah membutuhkan ketelitian saat proses pemasangan. Hal ini sebenarnya diperlukan untuk semua jenis plafon. Ketelitian saat pemasangan plafon perlu dilakukan agar memberikan hasil akhir yang sesuai dan kuat.
Kelebihan Plafon GRC Kekurangan Plafon GRC
- Kuat dan tahan bocor - Harga relatif lebih mahal
- Masa pakai lebih panjang - Pemasangan membutuhkan waktu yang lama
- Memiliki perawatan yang mudah - Membutuhkan ketelitian saat pemasangan

Tips Merawat Plafon

  1. Kenali jenis plafon rumah
    Langkah pertama yang dilakukan ketika hendak membersihkan plafon rumah adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis atau material plafon yang digunakan di rumah. Apakah kayu, gypsum, triplek dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa setiap jenis material plafon terkadang memiliki perawatan yang berbeda.
  2. Memulai dengan kotoran ringan
    Tidak hanya terdapat jenis plafon, namun juga terdapat jenis-jenis kotoran mulai dari kotoran yang ringan dibersihkan dan kotoran yang sukar dibersihkan. Selalu memulai pekerjaan membersihkan dengan kotoran-kotoran yang ringan dan mudah dihilangkan seperti debu yang menempel atau pun sarang laba-laba.
  3. Menggunakan alat pembersih
    Untuk membersihkan plafon yang jaraknya sekitar 2,5 meter hingga 3 meter dari lantai, Anda akan membutuhkan bantuan alat pembersih tersebut. Alat itu bahkan dapat dirangkai sendiri dan caranya pun tidak terlalu sulit. Anda akan membutuhkan gagang sapu yang banyak ditemukan dipasaran.
  4. Menggunakan alat tambahan
    Membersihkan langit-langit rumah dengan menggunakan gagang sapu tersebut tidaklah efektif. Apalagi jika ternyata plafon sudah berjamur atau pun terkena kotoran hewan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan alat-alat seperti kape scrap dan amplas untuk membersihkannya.
  5. Mengecat ulang plafon
    Sudah di bersihkan namun noda kotoran masih belum hilang, Jika sudah begini maka satu-satunya jalan keluar yang Anda miliki adalah dengan mengecat ulang plafon rumah. Sangat menyangkan tentunya karena akan mengeluarkan beberapa uang untuk membeli cat kembali. Pastikan warna cat sesuai dengan warna cat rumah elegan yang sebelumnya digunakan.
Ciri-ciri
Plafon gypsum - Permukaan gipsum rata dan tidak bergelombang - Kerapatan gypsum tinggi (tidak banyak pori-porinya) - Kertas terpotong rapi dan jika di paku atau di sekrup kertas tidak robek - Berstandar internasional yaitu ASTM (American Society For Testing and Materials)
Plafon GRC - Produk sangat kuat - Daya tahan produk yang sangat tahan terhadap udara lembab - Kerapihan produk - Saat dipasang produk akan sangat kuat menempel - Daya tahan pemasangan yang lama

Pilih Mana: Plafon Gypsum atau GRC?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara plafon gypsum dan plafon GRC. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis plafon tersebut:

Plafon Gypsum Plafon GRC
- Pemasangan lebih mudah dan cepat - Pemasangan lebih sulit dan lama
- Harga lebih terjangkau - Harga relatif mahal
- Tidak tahan terhadap air dan mudah rusak - Tahan air dan tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai plafon gypsum dan GRC di atas, dapat disimpulkan bahwa plafon GRC memiliki kualitas yang lebih kokoh dan lebih kuat daripada plafon gypsum. Plafon GRC juga lebih tahan lama dan awet. Meskipun harga plafon GRC relatif lebih mahal, namun plafon GRC lebih tahan lama. Jadi, sebenarnya harga plafon GRC ini sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Plafon Gypsum vs GRC

VS

Leave a Reply