Home

Pilih Mana: Plafon Triplek atau GRC?

Plafon atau yang lebih dikenal dengan istilah langit-langit adalah pembatas antara atap dengan ruang yang ada di bawahnya. Selain digunakan sebagai penutup bagian atas ruangan agar terlihat rapi, plafon juga bermanfaat untuk keindahan interior bangunan. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak berbagai jenis plafon diantaranya Plafon Triplek dan GRC.

Apa saja perbedaan dari Plafon Triplek dan GRC? Lebih mudah perawatan Plafon Triplek atau GRC? Lebih murah Plafon Triplek atau GRC? Semuanya akan terjawab pada artikel di bawah ini. Yuk langsung saja disimak!

Plafon Triplek

Plafon jenis ini merupakan pilihan plafon yang terfavorit digunakan sebelum orang mengenal gypsum. Bahan utama untuk membuat plafon ini adalah kayu digunakan sebagai rangka dan triplek 6 mm untuk plafonnya.  Baca juga Pilih Mana: Plafon Gypsum atau GRC?

Plafon tipe ini dapat melindungi bagian dalam rumah karena terbentuk menggunakan kaso 4/6 atau 5/7, dan ukuran rangka kayu sebesar 60 cm x 60 cm.

Cara Merawat Plafon Triplek:

1. Bersihkan Secara Rutin
Meskipun luas bidang plafon sama seperti lantai, tetapi plafon membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Posisinya yang berada di atas membuat permukaannya tidak mudah kotor. Hanya partikel-partikel debu yang beterbangan lalu menumpuk di permukaan plafon yang dapat mengotori plafon triplek ini.

Kalian tidak boleh membiarkan tumpukan debu ini karena dapat berubah menjadi noda membandel berwarna hitam. Bersihkan plafon memakai sapu khusus minimal setiap sebulan sekali. Untuk menjaga keawetannya dan juga tampilannya agar tidak kotor.

2. Mengoleskan Lapisan Finishing yang Tepat
Triplek mempunyai pori-pori yang ukurannya cukup besar. kalian dapat merasakannya dengan meraba permukaan triplek yang terasa kasar. Hal ini mengakibatkan partikel-partikel debu mudah sekali menempel di permukaan triplek.

Untuk mencegah masalah triplek cepat kotor ada baiknya kalian memberikan finishing terlebih dahulu dengan mengaplikasikan dempul dan pelitur. Buatlah tekstur triplek menjadi lebih halus agar debu tidak mudah menempel dan jika menempel akan mudah dibersihkan.

3. Segera Perbaiki Atap yang Bocor
Musuh utama triplek dan kayu olahan lainnya adalah air. Triplek sekuat apapun akan menjadi rusak dan hancur jika terkena air dalam jangka waktu yang lama. Jika atap di rumah Anda bocor, air hujan akan membasahi plafon.

Hal ini mengakibatkan plafon tersebut berubah warna menjadi kecokelat-cokelatan, permukaannya bergelombang, dan akhirnya rusak. Jadi segera perbaiki secepatnya kebocoran yang ada pada atap rumah.

4. Jaga Suhu Udara di Dalam Ruangan
Ruangan yang hendak dipasangi atap dari triplek harus mempunyai sirkulasi udara yang baik. Paling tidak ruangan tersebut dilengkapi dengan jendela.

Sirkulasi udara yang lancar membuat tingkat kelembaban udara di dalam ruangan tetap terkendali.

Kondisi ruangan tersebut tidak terlalu lembab. Aspek kelembaban udara merupakan masalah serius bagi plafon triplek. Bukan tidak mungkin permukaan triplek menjadi bergelombang dan menggelembung akibat tingkat kelembaban udara yang terlalu tinggi.

Jenis-Jenis Plafon Triplek Keterangan
Partikel boardKayu dengan bahan yang terendah kelasnya. Partikel board betul-betul rentan air, karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sampai-sampai memiliki pori-pori yg lebih besar.
MultiplekKayu dengan bahan ini condong lebih kokoh bila dibanding dengan macam kayu bahan yang lain. Olahan dasar plywood merupakan kulit kayu yang berlapis-lapis dan di press.
Teablock Teablock berarti kayu jatI. Kayu jati yang diartikan merupakan berbentuk lembaran. Berukuran panjang dan lebar semacam blockboard serta multipleks, teakwood umumnya buat menyelimuti kedua olahan tersebut.
BlockboardPada umumnya terdiri dari 3 susunan kayu. Terdiri dari satu lapis lembaran kayu yang dilapis 2 lembar kayu yang lebih tipis.

Kelebihan Plafon Triplek

  • Harganya murah
    Plafon ini memiliki harga yang cukup bersahabat di kantong dibandingkan dengan plafon gypsum atau GRC. Pilihan yang tepat untuk desain rumah indah yang ekonomis.
  • Bertekstur halus
    Pori-pori pada teriplek yang digunakan untuk langit-langit rumah sangat rapat sehingga terlihat halus, mulus, dan lebih rapi; membuatnya lebih mudah di cat dan didekorasi sesuai dengan keinginan.
  • Gampang ditemukan dimana-mana
    Langit-langit atau plafon triplek sangat terkenal dan banyak di cari penggunaannya di kalangan masyarakat luas, dan bisa kamu temukan di toko material terdekat. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk mencari atau membuatnya terlebih dahulu.

Kekurangan Plafon Triplek

  • Debu cepat menempel
    Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa triplek mempunyai pori-pori yang besar sehingga debu gampang menmpel, oleh sebab itu di sarankan untuk membersihkan plafon triplek dengan rutin selain untuk menjaga keawetannya itu juga bertujuan agar tampilannya tetap bersih.
  • Tidak tahan api
    Karena terbuat dari material kayu, plafon triplek mudah terbakar sehingga penempatannya tidak disarankan terlalu dekat dengan sumber api.
  • Akan lembab apabila terekspos air terus-menerus
    Walaupun tahan air, plafon triplek yang umurnya sudah tua tidak akan tahan air dan mudah keropos.

GRC

GRC terdiri dari serat kaca tahan alkali berkekuatan tinggi yang dimasukan dalam campuran beton. Plafon GRC merupakan plafon yang menggunakan papan semen fiber glass yang kuat. Papan semen yang digunakan untuk plafon GRC ini membuat plafon menjadi tahan terhadap air. Selain itu, plafon GRC juga merupakan jenis plafon yang kuat dibandingkan dengan plafon triplek. Kamu dapat melihat plafon dengan kualitas terbaik di IKEA.

Plafon GRC tidak mengandung bahan asbes. Ini membuat plafon GRC tidak akan mengganggu kesehatan.

Plafon GRC cenderung lebih tahan air. Kamu bisa memanfaatkan plafon GRC untuk dipasang sebagai langit- langit ruangan yang basah atau berisiko memiliki kelembapan yang tinggi. Misalnya saja kamu bisa menggunakan plafon GRC untuk langit-langit dapur yang setiap harinya mungkin akan terkena uap panas.

Cara Merawat Plafon GRC:

1. Memulai dengan Membersihkan Kotoran Ringan
Terdapat jenis-jenis kotoran mulai dari kotoran yang ringan dibersihkan dan kotoran yang sukar dibersihkan. Selalu memulai pekerjaan membersihkan dengan kotoran-kotoran yang ringan dan mudah dihilangkan seperti debu yang menempel atau pun sarang laba-laba.

2. Menggunakan alat pembersih
Untuk membersihkan plafon yang jaraknya sekitar 2,5 meter hingga 3 meter dari lantai, kalian akan membutuhkan bantuan alat pembersih khusus plafon tersebut. Basahi alat tersebut dengan air atau sedikit sabun untuk menghilangi noda pada plafon GRC.

3. Mengecat Ulang GRC
Sudah di gosok menggunakan kape scrap dan amplas, namun noda kotoran masih belum hilang, Jika sudah begini maka satu-satunya jalan keluar yaitu dengan mengecat ulang plafon GRC, Sangat menyangkan tentunya karena kalian akan mengeluarkan beberapa uang untuk membeli cat kembali. Pastikan warna cat sesuai dengan warna cat rumah elegan yang sebelumnya digunakan. Lakukan tahap-tahap pengecatan plafon dengan hati-hati agar hasil lebih maksimal.

Jenis-Jenis Plafon GRCKeterangan
GRC Royal BoardGRC Royal Board ringan dan tidak mudah lapuk adalah GRC board. GRC board tahan terhadap jamur dan rayap jadi kebanyakan orang lebih memilih grc board supaya bangunannya lebih berkualitas.
GRC Silica BoardMerupakan salah satu material bagunan yang biasa digunakan untuk menggantikan fungsi dari Triplek/ Plywood.
GRC BoardSalah satu bahan yang populer digunakan untuk industri konstruksi, dan menjadi pilihan pertama bagi banyak arsitek, Lebih tahan ketika menghadapi beragam kondisi cuaca, baik hujan, panas.
Plafon GRC Versaboard Dapat menjadi solusi ideal dan ekonomis serta sebagai alternatif pengganti triplek.

Kelebihan GRC

  • Tahan air dan api
    Kelebihan dari plafon GRC adalah ketahanannya terhadap air. Berbeda dengan plafon gypsum yang mudah rusak jika terkena air, plafon GRC tahan terhadap air sehingga tidak mudah bocor. Selain itu, plafon GRC memiliki ketahanan terhadap api yang lebih baik daripada plafon tripleks. Karenanya, plafon GRC cenderung tidak mudah terbakar.
  • Lebih tahan lama
    Karena lebih kuat dan lebih tahan terhadap air, umur pakai plafon GRC lebih panjang dibandingkan dengan plafon gypsum. Masa pakai yang panjang ini menjadi keuntungan sendiri bagi Anda sebab Anda tidak akan terlalu sering memperbaiki ataupun mengganti plafon ini dalam waktu yang singkat.
  • Dapat dibentuk sesuai keinginan
    Tidak seperti plafon tripleks yang lebih kaku dan hanya bisa dimanfaatkan pada desain plafon tertentu saja, plafon GRC gampang dibentuk karena karateristik bahannya yang luwes dan bisa mengikuti bentuk-bentuk melengkung tertentu. Karena adanya campuran glassfiber, plafon GRC jadi tidak getas. Ini menjadikan kalian dapat lebih leluasamembentuk plafon GRC yang sesuai dengan desain yang diinginkan.

Kekurangan GRC

  • Membutuhkan ketelitian saat pemasangan
    Kekurangan plafon GRC selanjutnya adalah membutuhkan ketelitian saat proses pemasangan. Hal ini sebenarnya diperlukan untuk semua jenis plafon. Ketelitian saat pemasangan plafon perlu dilakukan agar memberikan hasil akhir yang sesuai dan kuat.
  • Harga cukup mahal 
    Salah satu kekurangan plafon GRC yaitu memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan plafon triplek. Tetapi harga plafon yang mahal ini sebenarnya sesuai dengan kualitas yang diberikan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kalian memilih plafon GRC ini.
  • Pemasangan membutuhkan waktu yang lama
    Kekurangan lainnya yang dimiliki plafon GRC yaitu  membutuhkan waktu yang lama untuk pemasangannya karena seperti yang diketahui atas bahwa pelafon GRC harus butuh ketelitian saat pemasangan yang membuat pemasangannya memakan waktu yang cukup banyak.

Pilih Mana: Plafon Triplek atau GRC?

Plafon TriplekGRC
Kelebihan- Harganya murah - Bertekstur halus - Gampang ditemukan dimana-mana - Tahan air dan api - Lebih tahan lama - Dapat dibentuk sesuai keinginan
Kekurangan- Debu cepat menempel  - Tidak tahan api - Akan lembab apabila terekspos air terus-menerus - Membutuhkan ketelitian saat pemasangan - Harga cukup mahal  - Pemasangan membutuhkan waktu yang lama

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas sudah kita bahas mengenai plafon Triplek maupun GRC, kedua plafon pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dapat kita ambil kesimpulan jika kalian mencari plafon dengan harga yang murah dan pemasangannya tidak ribet, plafon Triplek dapat menjadi pilihan yang tepat, Namun, jika kalian mempunyai budget lebih untuk plafon tidak ada salahnya kalian mencoba menggunkan plafon GRC karena plafon ini dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kalian dan juga plafon ini terbilang cukup awet lho!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Plafon Triplek vs GRC

VS

Leave a Reply