Pilih mana: Plafon Triplek atau Plafon Gypsum

Loading...

Memilih plafon tentunya wajib dipikirkan matang-matang karena dapat berdampak dengan nuansa yang akan diberikan pada suatu ruangan. Seperti pemilihan Plafon Triplek atau Plafon Gypsum yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini saya akan membahas mengenai Plafon Triplek dan Plafon Gypsum. Stay tune ya..

Plafon Triplek
Dalam dunia desain interior, model plafon triplek memiliki peran yang sangat penting. Tidak hanya bertujuan supaya langit-langit rumah nampak lebih apik serta enak ditatap, pemasangan plafon pula mempunyai banyak guna lain yang enggak kalah berartinya. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Plafon Gypsum atau GRC

Kelebihan plafon triplek diantaranya:
– Menghindari air hujan masuk ke dalam rumah
– Menghindari tumbangnya kotoran dari atap
– Meminimalisir suara berisik yang ditimbulkan air hujan
– Mempermudah pemasangan lampu serta hiasan di atap
– Melindungi supaya temperatur ruangan enggak panas dikala masa kemarau, serta enggak dingin kala masa hujan datang.

Setelah mengerti betapa pentingnya memasang plafon, umumnya permasalahan berikutnya merupakan kebimbangan memilah plafon yang sangat pas buat ruangan kamu.
Kamu bisa dapatkan plafon dengan kualitas yang bagus di IKEA.

Agar bisa menemukan model plafon yang sesuai dengan keinginan, kamu wajib mengenali kebutuhan kamu dengan pasti. Alasannya, tiap-tiap plafon mempunyai kelebihan serta kekurangan dari segi harga, kemudahan pemasangan, serta keawetannya.

Nah, bila kamu lagi mencari tipe plafon yang biayanya terjangkau tetapi senantiasa mempunyai banyak kelebihan, maka kamu wajib mempertimbangkan memakai plafon triplek.

Tipe plafon ini terbuat dari triplek yang dibangun dari kayu solid. Sebagian kayu yang kerap dipakai di antara lain kayu sengon, kayu sungkai, serta kayu pinus. Kayu-kayu tersebut terbuat menjadi lembaran-lembaran tipis dengan sistem menyusun serat-serat kayu serta merekatkannya. Lembaran-lembaran triplek umumnya terbuat dalam ketebalan serta ukuran yang bermacam- macam.

Plafon triplek mempunyai kelebihan yakni terletak dari biayanya yang lumayan terjangkau. Dibanding dengan plafon olahan lain semacam plafon gypsum, triplek pasti sangat murah.

Alasan kedua memilih plafon triplek sebab dia terkategori lebih gampang dalam pemasangan dibanding dengan plafon olahan lain. Dengan demikian, proses pemasangan juga enggak membutuhkan banyak tambahan biaya.
Untuk kekurangan model plafon triplek yakni olahan yang kurang awet. Olahan triplek gampang sekali hadapi pelapukan sebab termakan oleh rayap serta apabila mengalami bocor air menjadikan plafon triplek mudah jebol.

Salah satu solusi supaya lebih awet yakni dengan memastikan kelembaban ruangan dengan baik. Sebab bila sangat lembab, triplek akan cepat sekali hadapi pelapukan.

Kamu dapat membuat ventilasi khusus supaya triplek senantiasa kering. Atau kamu bisa dengan memoles susunan cat anti bocor di saat sebelum memasang plafon ini.


Macam-macam plafon triplek:
Partikel board
Yakni kayu dengan bahan yang terendah kelasnya. Partikel board betul-betul rentan air, karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sampai-sampai memiliki pori-pori yg lebih besar. Partikel ini betul-betul riskan terkena air karena jika terkena air hingga meresap kayu akan mengembang serta rusak dan tidak kokoh membendung muatan.

Multiplek
Kayu dengan bahan ini condong lebih kokoh bila dibanding dengan macam kayu bahan yang lain. Olahan dasar plywood merupakan kulit kayu yang berlapis-lapis dan di press. Tekstur susunan kayunya lebih rapat, sampai-sampai mempunyai kekuatan yang lebih bagus dan energi tahan terhadap air condong lebih kokoh. Dengan penangangan yang bagus, multiplek mampu bertahan sampai 10 tahun.

Teablock
Teablock berarti kayu jati. Tetapi dalam ulasan ini kayu jati yang diartikan merupakan berbentuk lembaran. Berukuran panjang dan lebar semacam blockboard serta multipleks, teakwood umumnya buat menyelimuti kedua olahan tersebut. Guna dari teakwood yakni memberikan warna pada blockboard ataupun multipleks. Umumnya Teablock dilapiskan pada blockboard yang hendak memakai finishing melamin, sampai-sampai serat kayu jatinya nampak. Harganya pun lumayan terjangkau sampai-sampai banyak dianjurkan buat dipakai oleh mayoritas pengrajin.

Blockboard
Pada umumnya terdiri dari 3 susunan kayu. Terdiri dari satu lapis lembaran kayu yang dilapis 2 lembar kayu yang lebih tipis. Lazimnya susunan luar blockboard mempunyai tebal antara 0,5- 2 mm. Susunan blockboard mempunyai serat yang bervariasi, mulai dari serat kayu umum (umum dikenal dengan tripleks), serat jati (bermacam bentuk serat pula), berlapis melaminto (susunan putih licin yang umum diaplikasikan buat papan tulis yang memakai perlengkapan spidol), serta serat-serat lain dengan beragam warna/ motif.

Loading...

Cara merawat agar plafon triplek agar tetap bagus dan terawat:
Memakai perlengkapan pembersih
Buat mensterilkan langit-langit yang jaraknya sekitar 2,5 m sampai 3 m dari lantai, kamu memerlukan perlengkapan pembersih. Perlengkapan itu mampu dirangkai sendiri serta triknya juga enggak susah. Kamu memerlukan gagang sapu yang banyak ditemui dipasaran. Tidak hanya itu, siapkan pula lap dan seutas tali rafia serta sebagian karet. Lalu ikat sedemikian rupa.

Memakai perlengkapan tambahan
Mensterilkan langit-langit rumah dengan memakai gagang sapu tersebut bukanlah efisien. Terlebih bila nyatanya langit-langit telah berjamur ataupun juga terserang kotoran hewan. Buat itu, kamu mampu memakai alat-alat semacam kape scrap serta amplas buat membersihkannya. Ingatlah buat senantiasa berwaspada kala bakal melenyapkan kotoran tersebut dengan amplas. Jangan menyikat dengan keras biar susunan langit-langit enggak tergores serta rusak.

Mewarnai ulang plafon
Jika kamu sudah membersihkan tetapi masih tidak bersih, kamu bisa mewarnai ulang plafon kamu. Kamu bisa mendapatkan warna yang lebih cerah daripada tampilan plafon yang sebelumnya.

Plafon Gypsum
Plafon gypsum mempunyai variasi yang amat banyak, terlebih buat aksesoris di bagian sudut, tengah, serta lisnya. Gypsum pula memiliki corak serta ukuran yang berbeda-beda, perihal ini dapat memudahkan dalam memilah plafon gypsum yang sesuai buat kebutuhanmu.

Gypsum yang ada di pasaran biasanya dalam wujud lembaran dengan dimensi 120 x 240 centimeter. Namun, terdapat pula produsen yang memproduksi dalam ukuran dengan tingkatan ketebalan yang bermacam-macam antara 9 milimeter sampai 15 milimeter dengan ketebalan sempurna 9 milimeter.

Proses pemilihan langit-langit gypsum juga menuntut kalian buat lebih cermat. Amat dianjurkan buat memohon dorongan pakar di bidang langit- langit gypsum saat sebelum memasangnya.

Dikala ini rumah modern pada biasanya memasang langit-langit yang dibuat dari papan gypsum. Perihal ini sebab nilai estetika yang dihasilkan amat baik, langit- langit nampak apik, rata serta lembut seperti terlihat tidak ada sambungan sama sekali.

Gypsum pula amat gampang buat dibangun jadi berbagai jenis plafon, dari yang konvensional hingga berwujud katedral. Tidak hanya itu, langit-langit gypsum dapat jadi penanda yang baik apakah atap rumahmu bocor ataupun enggak.

Jenis-jenis plafon gypsum

1. Plafon dasar Konvensial
Jenis plafon ini merupakan yang sangat sering dipakai. Plafon datar konvensional terdiri atas lembaran material plafon yang dipasang mendatar pas di bawah rangka atap. Sistem memasang model plafon datar konvensional terbilang sangat gampang dibanding jenis plafon yang lain. Plafon datar konvensional telah mampu penuhi fungsi- fungsi dasar plafon.

2. Plafon datar Transparan
Jenis plafon ini umumnya dipakai pada satu ruangan tertentu aja pada rumah yang terencana didesain sebagai ruangan semi terbuka. Plafon datar transparan membikin cahaya matahari bebas masuk dalam ruangan. Jenis plafon ini pula membagikan kesan stylish serta modern pada ruangan.

3. Plafon Gantung
Plafon gantung terdiri dari rangka besi serta panel plafon berbobot ringan. Jenis plafon ini biasanya merupakan plafon baru yang dipasang di bawah plafon lama. Kelebihan model plafon ini merupakan mampu menyembunyikan plafon lama yang umumnya sudah hadapi penyusutan mutu.

4. Plafon Jenis Baki (Tray Ceiling)
Bisa dikatakan model plafon ini kebalikan dari model gantung sebab model plafon semacam ini bagian tengahnya terbuat terangkat seolah-olah nampak tersembunyi. Bagian plafon yang terangkat ataupun lebih besar berupa segi 4 ataupun segi banyak tergantung konsep ruangan yang diusung.

5. Kreasi Grid serta Atap terekspos
Bila kamu menginginkan suatu yang unik, kreatif serta enggak membosankan, bisa jadi model plafon semacam ini yang kamu cari. Plafon berupa grid merupakan kreasi plafon yang dilengkapi dengan raster zona jadi sesuatu pola. Tidak hanya mampu menghasilkan kesan yang enggak membosankan, wisatawan hunian kamu tentu tertarik memandang plafon rumah. Sampai-sampai penggalan ini mampu jadi suatu yang terekspos yang mampu ditonjolkan dari hunian kamu.

Cara merawat agar plafon gypsum kamu:

Gunakan Pembersih
Sama seperti plafon triplek, gunakan pembersih untuk menggapai plafon gypsum kamu, dengan memakai sapu yang panjang atau alat lainnya dengan lap dan sebagainya.

Cat ulang
Cat ulang plafon gypsum kamu jika sudah dalam keadaan yang tidak memungkinkan lagi untuk dibersihkan, tentunya dengan cat dengan warna yang sesuai dengan ruangan di sekitarnya.

Pilih mana: Plafon Triplek atau Plafon Gypsum

Plafon TriplekPlafon Gysum
Kelebihan - Mencegah air hujan masuk ke dalam rumah - Mencegah jatuhnya kotoran dari atap - Meminimalisasi suara berisik yang ditimbulkan air hujan- Tampilan yang menarik dan bersih - Memiliki banyak aksesoris dan motif - Dapat dibuat bertingkat
Kekurangan- Cepat rusak bila terkena air terus menerus - Tidak tahan api - Plafon gypsum tidak tahan terhadap air - Harus memiliki penyokong yang kuat

Kesimpulan:
Tentunya Plafon Triplek dan Plafon Gypsum memiliki keunikan tersendiri, plafon triplek tentunya memiliki harga yang lebih murah ketimbang plafon gypsum. Sesuaikan kebutuhan plafon kamu dengan nuansa ruangan disekitarnya ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Plafon Triplek vs Plafon Gypsum

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *