AplikasiTechnology

Pilih mana: Play Store vs App Store?

Bagi Anda yang sangat suka mengunduh film, video atau aplikasi game dan lainnya. Tentu Anda sangat mengenal Play Store dan App Store. Nah apalagi bagi Anda salah satu pengguna iOS dan Android. Hal ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Tahukah Anda jika tempat resmi mengunduh aplikasi untuk Android dan iOS tidak sama. Jika Android memiliki Play Store, maka iOS juga memiliki App store yang memiliki tujuan sama yaitu sebagai tempat untuk mengunduh aplikasi bagi jenis sistem operasi yang bersangkutan.

Nah, selain itu keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, loh. Ingin tahu lebih jelas apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Berikut ulasannya telah kami rangkum untuk Anda!

Play Store vs App Store

Play Store

Play Store adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menemukan games, buku, film, dan musik, serta aplikasi lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Android. Bagi Anda pengguna Android tentu sudah sangat mengenal aplikasi tempat unduhan ini bukan?

Playstore juga merupakan tempat dimana kita dapat mendapatkan berbagai jenis aplikasi tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Serta banyaknya aplikasi yang ditawarkan juga secara tidak langsung menunjukkan fleksibilitas dalam hal kompatibel tidaknya aplikasi tersebut terhadap kebanyakan smartphone.

Play store telah memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada 2016 loh dan telah mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada 2017. Nah, kira-kira apa lagi ya kelebihan dari play store ini.

Berikut penjelasannya:

Kelebihan Play Store

Berikut ini Kelebihan Play Store:

  • Tersedia banyak aplikasi
    Kelebihan yang ada pada aplikasi ini yaitu sangat kontipabel pada semua perangkat Android. Banyak sekali aplikasi-aplikasi menarik yang disediakan di Play Store dan menariknya lagi aplikasi ini sangat mendukung segala jenis Hp yang berbasis Android.
  • Banyak game yang menarik
    Kelebihan lainnya selain bisa mendukung segala jenis Android, aplikasi ini juga terdapat banyak game yang bisa Anda download. Game yang tersedia juga banyak yang menarik, disertakan fitur terbaik. Bagi pengguna HP Android, Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab di Play store ini banyak tersedia berbagai game yang bisa Anda nikmati.
  • Sangat mudah diakses
    Nah, bagi Anda yang takut akan masalah internet yang lambat, kini tidak perlu takut lagi karena untuk membuka Play Store ini tidak akan lama dan tidak memakan banyak kuota internet. Jadi, kuota internet Anda akan aman dan tidak akan terkuras habis, kok.

Baca juga: Pilih mana: WhatsApp vs LINE?

Kekurangan Play Store

Berikut ini Kekurangan Play Store:

  • Ukuran penyimpanan yang besar
    Kekurangan dari aplikasi unduhan ini yaitu terletak pada penyimpanannya yang cenderung besar. Hal ini akan sangat tidak nyaman saat digunakan karena ketika ingin mengupdate aplikasi Anda harus mempersiapkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Sungguh sangat merepotkan.
  • Tidak memiliki Sistem Redeem & Gifting
    Kelebihan lainnya yaitu sampai saat ini play store tidak mendukung sistem redeem dan gifting sehingga tidak selalu bisa membagikan game untuk iOS setiap minggunya karena tidak ada mekanisme yang memungkinkan untuk memberikan Anda pilihan game lainnya lewat play store.
  • Sulit untuk menemukan game tertentu
    Pada playstore mungkin akan sulit untuk menemukan kategori game yang ingin kita temukan. Karena kategorisasinya yang tidak terorganisir dan rapi. Hal ini menjadi kesulitan bagi beberapa pengguna.

Play Store vs App Store

Cara Mengunduh Play Store di Android

  1. Buka dan jalankan browser, lalu kunjungi website APK Pure
  2. Ketikan “Google Play Store” pada kolom pencarian dan Enter
  3. Klik link download app Play Store. Lalu klik Unduh APK, untuk mulai mengunduh aplikasi Play Store
    Nantinya akan dialihkan ke laman download, tunggu beberapa saat maka secara otomatis akan download apk Google Play Store.
  4. Selain bisa download aplikasi play store terbaru, Anda juga bisa mendownload versi lama. Jika masih bingung, Anda bisa membaca FAQ APK Pure untuk mengetahui varian yang cocok untuk perangkat Anda.
    Jangan takut salah menginstal APK yang tidak kompatibel dengan HP Android Anda, karena pada saat proses instalasi/ pemasangan aplikasi akan gagal secara otomatis.
Lihat juga:  Pilih Mana: Shopify atau WooCommerce?

App Store

Apple Store adalah jaringan toko eceran yang dimiliki dan dioperasikan oleh Apple Inc. Toko ini bergerak di bidang komputer dan elektronik konsumen. Per Juli 2011, Apple telah membuka lebih dari 330 toko di seluruh dunia.

Jika membahas Apple tentu Anda sangat mengenal App Store. Nah, App Store juga merupakan tempat untuk Anda yang ingin mendownload game dan aplikasi lainnya. Namun bedanya, App Store hanya ada di sistem iOS jadi jika tidak mendukung sistem ini maka Anda tidak bisa menggunakannya. 

Kelebihan App Store

Berikut ini Kelebihan App Store:

  • Aman dari virus
    Kelebihan dari App Store ini salah satunya ada di sistem keamanan OS nya yang lebih terstruktur. Semua aplikasi yang dibuat untuk iPhone atau iPad harus melewati proses pengujian yang ketat terlebih dahulu. Memang, sempat ada laporan tentang terinfeksinya aplikasi oleh virus. Namun, Apple sudah memperbaikinya dan menjamin bahwa App Store kini sudah bersih dari virus.
  • Desain lebih menarik
    Tampilan iOS didesain khusus oleh perancang asal Inggris, Jony Ive. Tampilannya yang catchy dan penuh warna dipadukan dengan desain yang minimalis pada ikon dan menu pada perangkat iPhone atau iPad. Jadi, sangat memanjakan mata Anda.
  • Sangat mudah digunakan
    Kelebihan satu ini sangat penting bagi pemula yang baru menggunakan App Store untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan. Karena yang sudah mencicipi iOS saja merasa sistem operasi milik Apple ini lebih mudah digunakan. Apa lagi untuk Anda pemula sekalipun sangat mudah untuk membuka Aplikasi ini, yaitu hanya cukup dengan mengklik ikon menu dan melihat fiturnya.

Play Store vs App Store

Kekurangan App Store

Berikut ini Kekurangan App Store:

  • Kurangnya varian aplikasi
    Dibanding dengan aplikasi lain, App Store sangat kurang dalam pembaruan berbagai varian aplikasi lain. Ini yang membuatnya jauh tertinggal dari yang lain. Pengguna pun jadi lebih tertarik dengan aplikasi unduhan lain yang menawarkan berbagai aplikasi-aplikasi yang up to date.
  • Memiliki fitur yang sedikit
    Kekurangan lainnya yaitu sedikitnya fitur-fitur yang dihadirkan oleh App Store. Kelengkapannya tidak sebanyak aplikasi unduhan lainnya.
  • Memiliki ulasan aplikasi yang baik
    App Store memang memiliki fungsi ulasan di tiap laman aplikasinya. Tapi, bicara soal eksposur pengguna yang mengulas aplikasi terkait, App Store masih kalah tanding. Aplikasi ini tidak cukup terhubung dengan sekian banyak jaringan media sosial lainnya seperti YouTube dan lain sebagainya.

Cara Mengunduh App Store di Android

  1. Buka app App Store, lalu ketuk Hari Ini di bagian bawah layar.
  2. Ketuk tombol masuk atau foto Anda di bagian atas layar. Masuk dengan ID Apple yang sama yang semula digunakan untuk membeli item. Ketuk Dibeli.
  3. Jika Anda menggunakan Keluarga Berbagi, ketuk Pembelian Saya atau pilih nama anggota keluarga untuk melihat konten yang telah mereka beli.
  4. Ketuk “Tidak di [perangkat] ini”. Cari app yang ingin diunduh, lalu ketuk tombol unduh

Pilih mana: Play Store vs App Store?

Keterangan Play Store App Store
Kelebihan-Tersedia banyak aplikasi -Banyak game yang menarik -Sangat mudah diakses-Aman dari virus -Desain lebih menarik -Sangat mudah digunakan
Kekurangan-Ukuran penyimpanan yang besar -Tidak memiliki Sistem Redeem & Gifting -Sulit untuk menemukan game tertentu-Kurangnya varian aplikasi -Memiliki fitur yang sedikit -Memiliki ulasan aplikasi yang baik

Kesimpulan

Nah itulah pembandingan mengenai Play Store vs App Store yang bisa kami ulas untuk Anda. Gunakan sesuai dengan perangkat yang  Anda gunakan ya. Keduanya memiliki keunggulan yang sama kok yaitu tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi, game dan sebagainya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Play Store vs App Store

VS

 

Leave a Reply