Elektronik

Pilih Mana: PlayStation 4 atau 4 Pro?

Konsol game merupakan sebuah perangkat yang dapat mendukung gamer dalam memainkan game video. Terdapat banyak jenis konsol game yang beredar di pasaran, dua di antara konsol game yang banyak digunakan saat ini adalah PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro. Dari dua ragam konsol game tersebut, manakah yang paling sesuai dan cocok untuk Anda gunakan? PlayStation 4 atau PlayStation 4 Pro?

PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro merupakan dua konsol game yang dikeluarkan oleh Sony. PlayStation 4 telah ada lebih dulu dan selanjutnya baru disusul PlayStation 4 Pro. PlayStation 4 merupakan konsol game yang cukup baik untuk mendukung berbagai aktivitas gaming. Namun, PlayStation 4 selanjutnya dikembangkan dan munculah PlayStation 4 Pro yang dikhususkan untuk gaming yang memiliki monitor 4K dan sangat tergantung dengan PSVR.

PlayStation 4

PlayStation 4 merupakan penerus dari PlayStation 3. PlayStation 4 dirilis pada 15 November 2013 di Amerika Utara dan rilis di Indonesia pada 19 Februari 2014. Konsol game ini merupakan besutan dari Sony Computer Entertainment. Penjelasan mengenai PlayStation 4 telah kami bahas sebelumnya pada PlayStation 4 vs Xbox One.

Kelebihan PlayStation 4

Berikut beberapa kelebihan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan PlayStation 4 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan PlayStation 4 Pro. Jika Anda memiliki anggaran ekstra ketat dan ingin PlayStation 4 semurah mungkin, maka sebenarnya rilis asli itu mungkin merupakan pilihan terbaik. Anda dapat menemukannya cukup murah jika Anda ingin mendapatkan yang digunakan. Meskipun murah, PlayStation 4 juga memiliki kinerja yang cukup baik.

  • Memiliki Gamepad yang Halus

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PlayStation 4 adalah memiliki gampepad yang halus. The DualShock 4 mungkin bersifat evolusioner bukan revolusioner, seperti yang kami katakan, hal ini menggabungkan sebuah array dari pembaruan yang secara individu sederhana namun secara kolektif memuaskan yang terasa seperti pembaruan paling cerdas untuk gamepad dalam beberapa tahun. Jika Anda penggemar gamepads, ini adalah pilihan yang sangat tepat.

  • Memiliki Ukuran yang Tidak Terlalu Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 adalah memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan PlayStation 4 Pro. Dengan ukuran yang lebih ringan ini, Anda dapat menggunakannya lebih nyaman dan lebih baik lagi.

Kekurangan PlayStation 4

Berikut beberapa kekurangan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Grafis yang Kurang Baik

Salah satu kekurangan PlayStation 4 dibandingkan dengan PlayStation 4 Pro adalah grafis yang ditampilkan masih lebih rendah dari PlayStation 4 Pro. PlayStation 4 biasa sebenarnya telah mendukung PSVR, namun grafik yang ditampilkan masih kurang baik dan yang lebih mendukung untuk aktivitas ini adalah PlayStation 4 Pro.

  • Kurang Cocok untuk Monitor 4K

Jika Anda memiliki monitor 4K atau memiliki rencana dalam waktu dekat untuk memiliki monitor 4K maka PlayStation 4 biasa bukanlah pilihan yang tepat. Tapi jika Anda hanya memiliki layar 1080p dan tidak berniat meningkatkan ke 4K, maka PlayStation 4 biasa merupakan pilihan yang paling sesuai.

  • Memiliki Prosesor yang Lebih Lambat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 adalah memiliki prosesor yang masih lambat dan kurang kencang. PlayStation 4 biasa hanya bisa mencapai kecepatan hingga 1,6 Ghz. Hal ini tentu berbeda dengan PlayStation 4 Pro yang kecepatannya bisa mencapai 2,1 GHz.

Kelebihan PlayStation 4Kekurangan PlayStation 4
- Harga lebih terjangkau- Memiliki grafis yang kurang baik
- Memiliki gamepad yang halus - Kurang cocok untuk monitor 4K
- Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar- Memiliki prosesor yang lebih lambat

PlayStation 4 Pro

PlayStation 4 Pro merupakan saudara atau masih bagian dari PlayStation 4 yang memiliki performa lebih baik atau lebih mumpuni daripada pendahulunya. PlayStation memiliki bentuk yang lebih besar, lebih berat dan lebih lebar. Untuk mengetahui harga PlayStation 4 Pro, Anda dapat melihatnya di Merdeka.com.

Kelebihan PlayStation 4 Pro

Berikut beberapa kelebihan PlayStation 4 Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Grafis yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan PlayStation 4 Pro adalah memiliki grafis yang telah ditingkatkan sehingga lebih baik daripada PlayStation 4 biasa. Setiap PlayStation 4 sebenarnya telah mendukung PSVR, namun keuntungan yang diberikan oleh PlayStation 4 Pro adalah memberikan tampilan grafis yang sedikit lebih baik.

  • Cocok untuk Monitor 4K TV atau 4K

Ini adalah salah satu hal yang cukup jelas. Tentu saja, jika Anda memiliki monitor 4K TV atau 4K, maka Pro adalah pilihan yang jelas. Jadi, jika Anda memiliki layar yang sesuai atau Anda memiliki rencana untuk memiliki layar atau monitor 4K sebaiknya Anda menggunakan Pro. Tapi jika Anda hanya memiliki layar 1080p dan tidak berniat meningkatkan ke 4K, maka PlayStation 4 Pro bukan pilihan cocok untuk Anda.

  • Memiliki Prosesor yang Lebih Kencang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 Pro adalah memiliki prosesor yang lebih baik daripada PlayStation 4 biasa. PlayStation 4 Pro telah disematkan prosesor octa core buatan AMD yang lebih kencang daripada PlayStation 4 sebelumnya. Kecepatan yang dapat dicapai yakni hingga 2,1 GHz, dibanding dua generasi sebelumnya yang berada di angka 1,6 GHz.

Kekurangan PlayStation 4 Pro

Berikut beberapa kekurangan PlayStation 4 Pro yang perlu Anda Ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Salah satu kekurangan PlayStation 4 Pro adalah memiliki harga yang lebih mahal daripada PlayStation 4 biasa. Jika Anda tidak memiliki rencana untuk meningkatkan ke monitor 4K dan Anda juga memiliki anggaran terbatas, maka Anda sebaiknya tidak memilih PlayStation 4 Pro sebab harga yang ditawarkan memang cukup mahal.

  • Memiliki Body yang Lebih Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh PlayStation 4 Pro adalah memiliki body yang lebih besar daripada PlayStation pendahulunya. Ukuran yang lebih besar ini membuatnya menjadi lebih berat dan kurang nyaman saat digunakan. Namun, ukuran yang lebih besar ini dikarenakan banyak penambahan komponen atau perangkat sehingga menjadi lebih besar.

  • Prosesor Bukan Solusi Jangka Panjang

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 Pro adalah prosesor yang digunakan bukanlah solusi untuk jangka panjang. Secara keseluruhan PlayStation 4 Pro ini masih jauh tertinggal dibandingkan dengan prosesor Intel i5 kelas bawah. Prosesor yang digunakannya ini tidak mampu memperpanjang usia PlayStation 4 Pro.

Kelebihan PlayStation 4 ProKekurangan PlayStation 4 Pro
- Memiliki grafis yang lebih baik- Harga relatif mahal
- Cocok untuk monitor 4K atau TV 4K - Memiliki body yang lebih besar
- Memiliki prosesor yang lebih kencang- Prosesor bukan solusi jangka panjang

Pilih Mana: PlayStation 4 atau PlayStation 4 Pro?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua konsol game tersebut:

PlayStation 4PlayStation 4 Pro
- Memiliki harga yang relatif terjangkaul- Memiliki harga yang relatif mahal
- Memiliki ukuran yang lebih tipis- Memiliki ukuran yang lebih tebal
- Memiliki prosesor yang lebih lambat- Memiliki prosesor yang lebih kencang

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai PlayStation 4 dan PlayStation 4 Pro di atas, dapat disimpulkan bahwa PlayStation 4 Pro memiliki performa yang lebih baik dan lebih mumpuni dibandingkan dengan PlayStation 4 biasa. Hal ini akan lebih menarik lagi apabila Anda memiliki monitor 4K.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PlayStation 4 vs PlayStation 4 Pro

VS

Leave a Reply