Elektronik

Pilih Mana: PlayStation 4 atau PC Gaming?

Saat ini, untuk memainkan game terbaru Anda memiliki banyak pilihan platform gaming. Secara garis besar, platform gaming yang dapat Anda gunakan yaitu game konsol dan PC gaming. Salah satu game konsol yang saat ini banyak digunakan dan digemari adalah PlayStation 4. Manakah platform gaming yang paling baik untuk Anda gunakan? PlayStation 4 atau PC Gaming?

PlayStation 4 dan PC gaming sebenarnya dapat mendukung Anda dalam memainkan permainan. PlayStation 4 banyak menjadi pilihan dikarenakan dianggap lebih mudah digunakan dan tidak memerlukan upgrade terus menerus. Sedangkan PC gaming banyak digunakan karena mudah dalam melakukan upgrade dan disetting secara maksimal.

Play Station 4

PlayStation 4 merupakan PlayStation penerus atau yang dikembangkan dari PlayStation 3. Ini merupakan salah satu konsol game atau konsol permainan yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Baca juga Pilih Mana: PlayStation 4 vs Xbox One?

Kelebihan PlayStation 4

Berikut beberapa kelebihan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau daripada Upgrade PC High End

Salah satu kelebihan PlayStation 4 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Anda membangun PC yang mampu untuk memainkan game terkini dengan grafis level high. Untuk dapat bermain game dengan level grafis high, Anda perlu mengeluarkan dana kurang lebih Rp. 4 juta. Sedangkan Anda dapat mendapatkan PlayStation 4 hanya dengan menambahkan Rp. 1 juta dengan umur yang lebih tahan lama.

  • Lebih Tahan Lama Tanpa Harus Rutin Upgrade

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PlayStation adalah memiliki masa umur yang lebih panjang dan lebih lama tanpa perlu melakukan upgrade sama sekali. Sedangkan PC gaming akan sering dilakukan upgrade untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Demikian bagian-bagian PC ini akan mudah lepas dan tergantikan.

  • Minim Masalah Cheater di Game Multiplayer

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 adalah memiliki kondisi yang dijamin terbebas dari cheater. Hal ini tentu berbeda dengan PC gaming yang memungkinkan para gamer yang tidak memiliki sifat kompetitif yang baik untuk menggunakan program cheat untuk mendapatkan keuntungan di game multiplayer kompetitif yang seharusnya berimbang.

Kekurangan PlayStation 4

Berikut beberapa kelebihan PlayStation 4 yang perlu Anda ketahui:

  • Sulit untuk Melakukan Upgrade

Salah satu kekurangan PlayStation 4 adalah lebih sulit untuk diupgrade, untuk melakukan upgrade Anda perlu melakukan upgrade secara keseluruhan. Sedangkan jika Anda menggunakan PC gaming Anda dapat melakukan upgrade untuk komponen tertentu saja.

  • Multiplyer Online Berbayar

Kelebihan lainnya yang perlu Anda ketahui adalah Anda perlu membayar untuk berlangganan dalam bermain multiplayer online dengan melakukan pembayaran. Anda tidak dapat bermain multiplayer online secara gratis meski Anda telah memiliki layanannya.

  • Harga Game Relatif Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh PlayStation 4 ini adalah Anda harus membeli sebuah game dengan harga yang bisa dikatakan cukup mahal yakni sekitar Rp. 500 ribu hingga satu juta untuk game atau permainan baru. Sedangkan jika Anda menggunakan PC gaming, Anda bisa mendapatkan game secara gratis dengan cara bajakan.

Kelebihan PlayStation 4Kekurangan PlayStation 4
- Lebih tahan lama tanpa harus rutin upgrade- Sulit untuk melakukan upgrade
- Harga lebih terjangkau daripada upgrade PC high end- Multiplayer online berbayar
- Minim masalah cheater di game multiplayer- Harga game relatif mahal

PC Gaming

PC gaming merupakan sebuah PC atau komputer yang dibuat atau dijadikan sebagai media untuk melakukan permainan dengan komputer pribadi. Permainan ini tidak dilakukan dengan menggunakan konsol permainan ataupun mesin lainnya.

Kelebihan PC Gaming

Berikut beberapa kelebihan PC gaming yang perlu Anda ketahui:

  • Multiplayer Online Gratis

Salah satu kelebihan PC gaming adalah Anda dapat bermain multiplayer online secara gratis selama Anda terhubung dengan internet. Anda hanya perlu memerhatikan kelancaran koneksi internet agar dapat bermain tanpa terjadi lag. Sedangkan PlayStation 4 membutuhkan biaya langganan untuk bisa bermain multiplayer online.

  • Mudah untuk Melakukan Upgrade

Kelebihan lain yang dimiliki PC gaming adalah Anda dapat melakukan upgrade dengan mudah dan untuk bagian tertentu saja. Sedangkan jika Anda menggunakan PlayStation, Anda perlu melakukan upgrade secara keseluruhan misalnya dari PlayStation 4 ke PlayStation 4 Pro. Anda tidak bisa melakukan upgrade setengah-setengah.

  • Mendukung Konfigurasi Game pada Setting Maksimal

Salah satu kelebihan PC gaming adalah bisa mendapatkan tampilan yang paling maksimal dari game tersebut selama perangkat yang Anda gunakan masih mampu. Bahkan jika tampilan yang Anda dapatkan masih kurang, Anda bisa melakukan modifikasi agar tampilan menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan PC Gaming

Berikut beberapa kekurangan PC gaming yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal untuk Upgrade PC High End

Salah satu kekurangan PC gaming adalah membutuhkan biaya atau budget yang jika dihitung lebih besar untuk melakukan upgrade komponen. Budget atau biaya yang diperlukan untuk upgrade komponen ini bisa dikatakan cukup besar sebab dengan budget yang sama atau dengan tambahan budget yang hanya sedikit Anda telah bisa mendapatkan PlayStation 4. Selain memiliki harga yang terbilang mahal, dikutip dari Techinasia.com bahwa PC memakan banyak sekali daya listrik, yakni sekitar 550 watt pada full load.

  • Kurang Praktis dan Lebih Merepotkan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh PC gaming adalah penggunaannya yang kurang praktis yang kurang mudah jika dibandingkan dengan PlayStation 4. Urusan teknis pada PC gaming merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dan cukup merepotkan. Anda diharuskan untuk mengerti, minimal masalah spesifikasi agar Anda bisa membangun sebuah rig yang bisa diandalkan untuk menjalankan game-game terbaru.

  • Banyak Masalah Cheater di Game Multiplayer

Kekurangan lain yang dimiliki oleh PC gaming adalah banyaknya masalah cheater di game multiplayer. Karena masalah ini, pengalaman multiplayer seseorang yang jujur dapat berantakan gara-gara masalah cheater ini.

Kelebihan PC GamingKekurangan PC Gaming
- Multiplayer online gratis- Harga lebih mahal untuk upgrade PC high end
- Mudah untuk melakukan upgrade - Kurang praktis dan lebih merepotkan
- Mendukung konfigurasi game pada setting maksimal- Banyak masalah cheater di game multiplayer

Pilih Mana: PlayStation 4 atau PC Gaming?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara PlayStation 4 dan PC gaming. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua AC tersebut:

PlayStation 4 PC Gaming
- Multiplayer online gratis - Harga lebih mahal untuk upgrade PC high end
- Mudah untuk melakukan upgrade - Kurang praktis dan lebih merepotkan
- Mendukung konfigurasi game pada setting maksimal- Banyak masalah cheater di game multiplayer
- Cek harga PlayStation 4 online termurah, Klik di sini- Cek harga PC gaming online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai PlayStation 4 dan PC gaming dapat disimpulkan bahwa PlayStation 4 telah memberikan kepraktisan tanpa perlu melakukan upgrade terus menerus. Selain itu, PlayStation 4 juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada Anda harus melakukan upgrade high end pada PC Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal lainnya sebelum memutuskan untuk menggunakan PlayStation 4 atau PC gaming.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PlayStation 4 vs PC Gaming

VS

Leave a Reply