GadgetsSmartphoneTechnology

Pilih Mana: POCO X3 Pro atau Redmi Note 10S?

POCO dan Xiaomi adalah dua merek terkenal yang sering bersaing baik dalam produk smartphone berkualitas. Mengusung harga terjangkau, keduanya kerap kali merebut hati pasar terutama Indonesia. Namun bagaimana jika kita membandingkan ponsel yang dimiliki kedua produk ini?

Mana yang lebih unggul? Simak ulasan di bawah ini!

POCO X3 Pro

POCO X3 Pro merupakan ponsel yang ditawarkan dengan harga terjangkau untuk ukuran spesifikasinya. Handphone ini diperkenalkan perdana di China dan tidak lama kemudian melanjutkan ekspansinya ke India.
Melalui kanal media sosial resminya, POCO Indonesia sudah mengumumkan bahwa perangkat ini juga diboyong pada tanggal 20 April 2021 lalu dengan proses peluncuran disiarkan secara daring supaya para penggemar dan calon peminat dapat menyaksikannya.

SPESIFIKASI:

  • Layar IPS LCD 6.67 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 860
  • RAM 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB
  • Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
  • Baterai Li-Po 5160 mAh

Kelebihan POCO X3 PRO

1. Durabilitas Mumpuni
Mengapa ponsel ini memiliki durabilitas mumpuni? Alasannya adalah, karena Poco X3 Pro mewarisi sertifikasi ketahanan debu dan percikan air IP53. Angka 5 berarti ponsel ini tetap bisa kemasukan sedikit debu. Namun, debu yang masuk tidak mengganggu kinerja si ponsel.

2. Tampilan Layar Smooth
POCO X3 Pro memiliki tampilan layar sangat smooth. Serta bisa dibilang salah satu ponsel dengan layar IPS terbaik di kelas harganya. Layar Poco X3 Pro ini beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Selain itu kontras warna layar ini mencapai 1400:1. Sedangkan akurasi warnanya mendekati sempurna dalam ruang warna sRGB, pada setelan temperatur warna standar.

3. Performa Terbaik Dikelasnya
Dengan menggunakan chipset Snapdragon 860, membuat POCO X3 Pro ini terbaik dikelasnya. Snapdragon 860 mampu membuat POCO X3 Pro ‘mengangkangi’ seluruh ponsel kelas menengah yang ada di dunia.

4. Kamera Luar Biasa
POCO X3 Pro memang tidak dirancang untuk bisa menghasilkan foto yang luar biasa. Sekali lagi, fokus ponsel ini adalah performa yang kencang. Karena itu, POCO melakukan sedikit downgrade untuk X3 Pro.
Hal itu terlihat dari kamera utamanya yang kini dibekali resolusi 48 MP, bukaan f/1.8 (sensor Sony IMX582). Selain itu resolusi kamera ultrawide yang dipakai adalah 8 MP (f/2.2), turun 5 MP dari pendahulunya X3 NFC.

5. Kapasitas Baterai Besar
Dengan baterai berkapasitas 5160 mAh sudah cukup membuat POCO X3 Pro menyala seharian, dalam pemakaian berat sekalipun. Untuk sekali cas, POCO X3 Pro mampu digunakan hingga 32 jam 44 menit untuk menelepon (dalam jaringan 3G).

6. Speaker, Port, dan Konektivitas
Speaker yang dimiliki Poco X3 Pro adalah stereo. Satu speaker berada di bawah, sedangkan speaker yang lain menyatu dengan earpiece di atas. Keluaran suara dari speaker ponsel ini cukup keras. Kelantangannya mencapai -26,1 LUFS (Loudness Unit Full Scale), masuk rentang bagus. Hanya saja yang kurang dari si speaker hanyalah masalah bass.

Kekurangan POCO X3 PRO

1. Bentuk Besar dan Berat
POCO X3 Pro bukanlah ponsel yang compact. Berkaca pada dimensinya, yakni 165,3 x 76,8 x 9,4 mm, membuat HP satu ini terasa tebal. Ponsel ini jelas akan membuat tangan Anda langsung penuh.

2. Respons Piksel Layar Stutter
Saat di uji, ada sedikit masalah ketika POCO X3 Pro disetel pada mode laju penyegaran 120 Hz. Masalah itu adalah patah-patah (stutter) ketika pengguna menyapu layar dari atas ke bawah untuk mengecek notifikasi. Ini dikarenakan kualitas layar yang dipakai belum terbaik.

3. Notifikasi Delay
Salah satu penyebab POCO X3 Pro bisa bagus adalah manajemen daya yang dilakukan oleh antarmuka MIUI 12. MIUI 12, yang berbasis Android 11, menyetel seluruh aplikasi dalam mode hemat daya secara default.
Namun, setelan hemat daya ini menciptakan kendala pada notifikasi yang datang. WhatsApp bisa mengalami keterlambatan pengiriman notifikasi sampai satu jam. Beberapa aplikasi juga mengalami delay pengiriman notifikasi.

Beli POCO X3 Pro online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

REDMI NOTE 10S

Redmi Note 10S akhirnya resmi diperkenalkan di Indonesia. Menjadi versi menengah di seri Redmi Note 10, smartphone ini dijual dengan harga mulai dari Rp 2,8 jutaan saja. Harga yang menarik memang, tapi sebelum Anda memutuskan untuk membeli Redmi Note 10S, ada baiknya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari ponsel terbaru ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Redmi Note 7 Pro?

SPESIFIKASI:

  • Rilis Mei 2021
  • Network 2G, 3G, 4G
  • OS Android 11
  • Chipset MediaTek Helio G95
  • CPU Octa-core
  • GPU Mali G76
  • RAM 6 GB LPDDR4X
  • Memori 64 GB/128 GB
  • Dimensi 160.46×74.5×8.3 mm / 178 gram
  • Layar AMOLED 6,43 inci Full HD+, Gorilla Glass 3
  • Kamera Utama 64 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP depth + 2 MP makro
  • Kamera Depan 13 MP
  • Baterai 5.000 mAh, Fast charging 33W
  • Warna Ocean Blue, Pebble White, Onyx Gray

Kelebihan Redmi Note 10S

1. Bodi Ringan
Redmi Note 10S merupakan salah satu ponsel dengan bodi yang tipis dan ringan. Smartphone ini juga punya desain yang kompak dan mudah digenggam dengan satu tangan.

2. Desain Eye-catching
Kelebihan Redmi Note 10S lainnya adalah desain dan warna yang eye-catching. Smartphone ini tersedia dalam warna Ocean Blue, Onyx Gray, dan Pebble White.

3. Layar Super AMOLED
Redmi Note 10S hadir dengan spesifikasi layar yang berkualitas. Menggunakan layar Super AMOLED yang membentang dengan ukuran 6,43 inci. Resolusinya Full HD+ mendukung refresh rate 60Hz, serta touch sampling rate 120Hz.

Layar Super AMOLED ponsel ini dilengkapi dengan sejumlah fitur agar membuat mata pengguna lebih nyaman menatap layar, seperti 360° Light Sensor untuk menyesuaikan intensitas cahaya layar dan sertifikasi low blue light dari SGS.

4. Speaker Stereo
HP terbaru Xiaomi ini sudah memiliki speaker stereo dengan kualitas suara yang lebih baik.
Speaker utama berada di bagian bawah, sementara speaker sekunder terdapat pada bagian earpiece. Ditambah, Redmi Note 10S pun masih memiliki jack audio 3,5mm yang juga mendukung fitur HiRes Direct untuk meningkatkan kualitas audionya.

5. Performa Mumpuni
Redmi Note 10S telah menggunakan prosesor MediaTek Helio G95 yang terbilang bertenaga di kelas menengah. Kebutuhan pengolahan grafisnya mengandalkan kinerja dari GPU Mali G76-MC4.
Prosesor MediaTek Helio G95 memang memiliki beberapa hal mirip dengan prosesor Snapdragon 678 pada Redmi Note 10, seperti struktur CPU yang serupa dengan inti yang sama.

6. Baterai Jumbo
Keunggulan Redmi Note 10S berikutnya adalah baterai yang jumbo. Smartphone ini ditopang oleh baterai 5.000 mAh dengan kemampuan fast charging 33W.

7. Kamera 64MP
Ponsel pintar ini memang memiliki kamera utama dengan kualitas yang bagus. Terdapat kamera utama dengan sensor 64MP yang dikombinasikan dengan kamera ultra wide 8MP, depth sensor 2MP, dan kamera makro 2MP.

Kekurangan Redmi Note 10S

1. Bodi Plastik
Kekurangan Redmi Note 10S yang pertama sebenarnya minor. Sesuai harganya yang murah, ponsel ini punya bodi belakang dan frame yang terbuat dari plastik. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Ada dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna dari penggunaan bodi plastik, yakni ponsel yang nyaman digenggam.

2. Layar Masih 60Hz & Gorilla Glass 3
Layar Redmi Note 10S ini masih 60Hz, cukup disayangkan memang. Padahal, ada beberapa ponsel dengan rentang harga yang sama sudah mengusung layar 90Hz meski jenis panelnya IPS LCD.

3. MIUI 12.5 Punya Banyak Bloatware
Terakhir, kekurangan dari ponsel ini adalah pada masalah bloatware. MIUI 12.5 memiliki banyak bloatware atau aplikasi bawaan dari Google, Xiaomi, hingga aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi ini tidak bisa dihapus, terkhusus untuk aplikasi buatan Google.

Beli Redmi Note 10S online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: POCO X3 Pro atau Redmi Note 10S?

Keterangan POCO X3 ProRedmi Note 10S
Kelebihan - Durabilitas Mumpuni - Tampilan Layar Smooth - Performa Terbaik Dikelasnya - Kamera Luar Biasa - Kapasitas Baterai Besar - Speaker, Port, dan Konektivitas- Bodi Ringan - Desain Eye-catching - Layar Super AMOLED - Speaker Stereo - Performa Mumpuni - Baterai Jumbo - Kamera 64MP
Kekurangan - Bentuk Besar dan Berat - Respons Piksel Layar Stutter - Notifikasi Delay- Bodi Plastik - Layar Masih 60Hz & Gorilla Glass 3 - MIUI 12.5 Punya Banyak Bloatware
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua ponsel pintar dengan spesifikasi gahar dan harga yang cukup menguras kantong ini sama-sama memiliki spesifikasi yang unggul dan memiliki kekurangannya masing-masing. Kembali kepada Anda, lebih memilih yang mana sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

POCO X3 Pro atau Redmi Note 10S

VS