Kesehatan

Pilih Mana: Polysilane vs Mylanta

Sakit maag atau terjadinya sakit asam lambung yang berlebihan dapat membuat Anda merasakan mual yang sangat tidak nyaman. Jika hal ini sudah terjadi tentunya Anda akan mencari obat sebagai solusinya. Banyaknya obat untuk maag atau asam lambung kedua diantaranya adalah Polysilane dan Mylanta.

Polysilane dan Mylanta obat untuk asam lambung yang sudah sangat dipercaya bagi banyak orang khususnya untuk orang yang punya riwayat penyakit maag. Keduanya memiliki manfaat yang cukup bagus dan juga memiliki kekurangan tersendiri.

Agar dapat mengetahuinya lebih jelas, Anda dapat membaca artikel kami kali ini.

Polysilane vs Mylanta

Polysilane

Polysilane merupakan obat untuk mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 2 belas jari, dengan gejala-gejala seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung dan perasaan penuh pada lambung.

Polysilane mempunyai kandungan utama aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida. Kedua bahan aktif ini bertugas sebagai antasida, yaitu untuk menetralisir asam lambung. Tidak hanya mengandung antasida.

Obat ini juga mengandung bahan simethicone, dan termasuk kalangan obat bebas terbatas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Jika Anda mempunyai gejala asam lambung bisa jadi obat ini pilihan yang tepat. Baca juga Pilih Mana: Thermolyte Plus vs Maximus

Kelebihan Polysilane

  • Mengatasi asam lambung
    Kelebihan yang utama dari Polysilane ini adalah, Polysilane ini bermanfaat untuk mengatasi asam lambung. Jika asam lambung Anda menjadi atau sedang meningkat maka mengkonsumsi Polysilane dapat menjadi pilihan yang cukup tepat untuk Anda. Apalagi, jika Anda yang mengalami maag yang berlebihan sehingga terjadi mual nah, coba deh konsumsi Polysilane ini.
  • Membantu meringankan perut kembung
    Selain mengatasi asam lambung yang sedang naik, kelebihan lainnya dari Polysilane ini dapat membantu meringankan perut kembung. Jadi, obat ini tidak hanya mengatasi masalah gejala-gejala seperti maag, mual. Untuk Anda yang terganggu masalah pencernaan juga bagus untuk mencoba mengkonsumsi obat Polysilane ini.
  • Memiliki berbagai jenis bentuk obatnya
    Jika kebanyakan obat lainnya yang hanya mengeluarkan obat seperti misal tablet saja dan tidak ada sirupnya. Lain halnya dengan obat dari Polysilane ini. Obat ini tersedia berbagai bentuk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kecocokan atau kesukaan Anda saja. Mulai dari Polysilane tablet, Polysilane sirup dan juga terdapat obat Polysilane untuk junior.

Kekurangan Polysilane

  • Dapat terjadi diare
    Kekurangan yang pertama dari obat Polysilane ini adalah, Polysilane ini dapat menjadikan pencernaan agak sedikit terganggu. Seperti diare, karena adanya kandungan magnesium hal ini terjadi karena adanya kandungan obat yang membuat pencernaan menjadi lancar. Jika hal ini terjadi, membuat pencernaan lancar yang berlebihan sehingga menyebabkan diare, sakit perut yang berlebihan.
  • Terjadinya gejala sembelit
    Selain diare karena pencernaan yang berlebihan. Kekurangan lainnya adalah malah dapat menjadi sembelit atau juga gejala sembelit. Sembelit tersebut disebabkan karena adanya kandungan Aluminium dalam Polysilane. Kedua zat ini pada dasarnya bisa saling melengkapi untuk mencegah kedua efek samping tersebut.
  • Dapat membuat nafsu makan berkurang
    Selain dapat membuat diare dan dan gejala sembelit yang terjadi. Kekurangan yang terakhir dari Polysilane ini adalah bahwa Polysilane ini dapat membuat nafsu makan Anda menjadi berkurang. Hal ini karena perut masih merasakan rasa dari obat atau bahkan kandungan yang ada pada Polysilane ini. Jika Anda mengalami gejala ini, segera hentikan penggunaan obat.

Polysilane vs Mylanta

Aturan Penggunaan Polysilane

  • Gunakanlah obat ini sekitar 30 menit atau 1 jam sehabis makan, sebelum tidur atau sesuai kebutuhan (terutama saat gejala balut serta perih timbul).
  • Selalu perhatikan imbauan dokter ataupun petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengkonsumsinya.
Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan 2 kali sehari berarti per 12 jam, 3 kali satu hari berarti per 8 jam. Oleh karena itu, buat mempermudah upayakan buat mengkonsumsinya pada jam yang sama tiap hari.
  • Bila terdapat takaran yang terlewat akibat lupa, hingga sedemikian itu ingat direkomendasikan untuk segera meminumnya apabila takaran berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih.
  • Tidak bisa menggandakan dosis Polysilane pada aturan minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Mylanta

Mylanta merupakan obat maag yang memiliki kombinasi aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang bekerja menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin sehingga rasa nyeri ulu hati akibat iritasi oleh asam lambung serta pepsin menurun.

Obat yang dibuat oleh PT. Jhonson & Jhonson Indonesia ini merupakan jenis obat bebas yang konsumsinya tanpa perlu resep dokter. Tetapi penggunaannya tetap harus sesuai dosis yang dianjurkan pada kemasannya.

Perhatikan penggunaan terus menerus lebih dari 2 minggu dari obat ini harus Anda perhatikan, jangan sampai Anda mengkonsumsinya berlebihan dan juga membuat Anda ketergantungan pada obat untuk maag atau asam lambung ini.

Kelebihan Mylanta

  • Membantu meringankan gejala kelebihan asam lambung
    Kelebihan dari Mylanta ini sama halnya dengan Polysilane yang memiliki manfaat untuk mengatasi gejala asam lambung yang berlebihan, hal ini terjadi karena biasanya Anda ada riwayat sakit maag. Jika sudah hal ini terjadi juga perut Anda akan merasakan mual, Mylanta bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda konsumsi.
  • Terdapat berbagai jenis obat
    Selain memiliki kelebihan untuk meringankan gejala kelebihan asam lambung yang disebabkan oleh adanya penyakit maag. Terdapatnya berbagai jenis obat dari Mylanta ini juga menjadi kelebihan dari obat ini. Jika Anda lebih suka dengan obat yang jenis sirup maka Anda bisa pilih Mylanta yang sirup, ada juga yang Mylanta tablet kok. Sesuaikan dengan selera Anda saja ya.
  • Kemasan praktis dan ekonomis
    Untuk Anda yang memang mempunyai penyakit riwayat asam lambung atau maag yang berlebihan akan membuat Anda menyediakan obat maag yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Mylanta ini kemasannya sangat praktis dan mudah untuk dibawa kemana-mana baik itu tablet atau juga yang sirup. Harganya juga cukup ekonomis kok.

Kekurangan Mylanta

  • Dapat membuat alergi
    Kekurangan yang pertama dari Mylanta ini adala alergi akan terjadi pada Anda yang tidak cocok mengkonsumsi obat Mylanta, sehingga beberapa tempat tubuh Anda menjadi gatal bahkan menimbulkan kemerahan. Jika sudah hal ini terjadi berhentikan penggunaan atau mengkonsumsi obat ini.
  • Dapat menimbulkan rasa mual
    Selain dapat membuat alergi yang terjadi pada tubuh, Mylanta juga dapat membuat rasa mual menjadi muncul bahkan rasa mual ini terjadi dapat membuat Anda ingin muntah. Hal ini terjadi karena adanya kandungan yang ada pada obat Mylanta ini.
  • Menimbulkan gejala sembelit
    Dan kekurangan yang terakhir dari Mylanta ini, sama halnya dengan dengan Polysilane yang dapat membuat pencernaan menjadi terganggu. Seperti terjadinya sembelit atau susah untuk membuang air besar, kekurangan ini dapat membuat Anda tidak begitu aman dan nyaman. Jadi, pastikan memang ada sudah tahu mengenai efek samping dari obat dari Mylanta ini.

Polysilane vs Mylanta

Aturan Penggunaan Mylanta

  • Gunakanlah obat ini 1 jam saat sebelum atau 2 jam setelah makan dan sebelum tidur dan jangan lupa kocok dulu sebelum diminum.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan saat sebelum mulai mengkonsumsinya.
Tidak direkomendasikan menggunakan obat ini lebih dari 2 minggu berturut-turut kecuali disarankan oleh dokter.
  • Bila terdapat dosis yang terlewat akibat lupa, hingga begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih.
  • Tidak bisa menggandakan dosis Mylanta ini pada aturan minum selanjutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.
KeteranganPolysilane Mylanta
Jenis Obat Antasida Antasida
Kategori Obat bebas Obat bebas
KegunaanMengurangi berbagai gejala akibat kelebihan kadar asam lambung seperti maag dan nyeri ulu hatiMenurunkan kadar asam lambung dan memperlancar buang air besar (bersifat laksatif)
KonsumenDewasa dan anak-anak Dewasa dan anak-anak
KehamilanKategori N (boleh)Kategori A (aman)

Pilih Mana: Polysilane vs Mylanta

Polysilane Mylanta
Kelebihan- Mengatasi asam lambung - Membantu meringankan perut kembung - Memiliki berbagai jenis bentuk obatnya - Membantu meringankan gejala kelebihan asam lambung - Terdapat berbagai jenis obat - Kemasan praktis dan ekonomis
Kekurangan- Dapat terjadi diare - Terjadinya gejala sembelit - Dapat membuat nafsu makan berkurang - Dapat membuat alergi - Dapat menimbulkan rasa mual - Menimbulkan gejala sembelit

Kesimpulan

Polysilane dan Mylanta obat untuk maag yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia sehingga untuk mendapatkannya cukup sangat mudah, di apotek pasti banyak menjual kedua obat ini. Pilih sesuai dengan tingkat kecocokan Anda saja, karena memang untuk pemilihan obat maag sebenarnya cocok atau tidak cocok dengan penggunanya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Polysilane vs Mylanta

VS

Leave a Reply