Fashion

Pilih Mana: Pomade atau Gel Rambut?

Perawatan rambut adalah suatu hal yang biasanya sangat menjadi hal penting untuk semua orang karena dengan rambut yang rapi akan membuat penampilan kamu semakin menarik, baik laki-laki maupun perempuan. Karena banyak orang berkata bahwa rambut adalah mahkota untuk diri sendiri. Mengenai perawatan rambut, disini saya akan menjelaskan Pomade dan Gel rambut untuk laki-laki, agar rambut kamu tetap terlihat rapi dan berkilau. Baca penjelasannya di bawah ini untuk mengetahui lebih detail mengenai Pomade dan Gel.

Sebelum membahas mengenai minyak rambut jenis Pomade dan Gel untuk laki-laki, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips memilih minyak rambut. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai tips memilih minyak rambut.

Tips Memilih Minyak Rambut

  • Tentukan Panjang Rambut dan Gaya Rambut Terlebih Dahulu
    Nah di sini penting untuk kamu mencari minyak rambut adalah menentukan panjang pendeknya rambut kamu, jika rambut kamu panjang tentu anda memerlukan minyak rambut yang dapat memberi tekstur dan ketegasan dan keluwesan pada rambut kamu.

    Sedangkan jika pendek rambut kamu mungkin memerlukan tatanan rambut yang berdiri dan kuat seharian, sementara untuk rambut medium biasanya kamu dapat memulai gaya rambut dengan kesan memiliki volume rambut yang lebih tebal. Baca juga Pilih Mana: Hair Dryer Panasonic atau Philips?

  • Tentukan Kilauan Pada Jenis Minyak Rambut
    Untuk shine atau kilauan minyak rambut itu sendiri, kamu jika ingin rambut terlihat natural (tanpa kilau) maka dapat memilih produk yang mempunyai low shine dan sebaliknya jika kamu ingin mempunyai gaya rambut yang basah sepanjang hari kamu sebaiknya memilih minyak rambut yang high shine atau kilauan yang lebih tahan lama.
  • Tentukan Produk
    Saat menentukan produk minyak Rambut, kamu harus mengetahui sebenarnya produk tersebut mengklaim yang baik untuk rambut panjang atau pendek. Atau seperti penjelasan di atas untuk pemilihan kilauan padan jenis minyak rambut itu sendiri.
  • Aroma Minyak Rambut
    Untuk memilih minyak rambut, pemilihan minyak rambut yang dengan aroma dari teksturnya sebenarnya itu adalah masalah personal saja. Biasanya saat kamu ingin membeli minyak rambut di supermarket misalnya terdapat produk untuk dicoba terlebih dahulu atau tester, dari sana kamu akan mengetahui aroma dari minyak rambut tersebut.
  • Perhatikan Efeknya
    Saat pemilihan minyak rambut sebaiknya kamu membeli kemasan yang kecil terlebih dahulu, sehingga saat terjadi efek yang tidak diinginkan seperti muncul ketombe atau jerawat di bagian kepala kamu, kamu dapat stop penggunaan minyak rambut tersebut. Di bawah ini saya akan menjelaskan mengenai minyak rambut jenis Pomade dan Gel.

Pomade

Pomade merupakan salah satu produk penata rambut lebih cenderung kepada laki-laki yang sangat dikenali, karena produk penata rambut ini sudah dikenali dari zaman dahulu seperti tahun 1900-an. Pomade berbahan dasar minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance.

Pomade ini membuat rambut kelihatan mengkilap, licin, rapi, lebat, dan tampak basah alami, produk ini khas digunakan laki-laki sejak zaman dahulu dan hingga saat ini, pomade khas untuk gaya rambut yang rapi dan tersisir. Pomade merupakan produk yang mungkin sulit untuk dihilangkan dari rambut kepala dan perlu menggunakan air dan shampoo untuk menghilangkanya dari rambut.

Cara Menggunakan Pomade

Gunakan pomade saat rambut dalam keadaan kering, tetapi tidak masalah jika kamu ingin mengaplikasikan pomade pada rambut lembab. Tetapi, agar pomade dapat melekat sempurna pada rambut sebaiknya menunggu hingga rambut kamu benar-benar kering ambil pomade dengan jari telunjuk, kemudian gosokkan di kedua telapak tangan kamu usapkan tangan yang sudah diolesi pomade tersebut ke rambut.

Tipe Minyak Rambut Pomade dan Gel

Tipe
Pomade- Pomade oil based atau berbahan dasar minyak - Pomade water based atau pomade berbentuk cair - Pomade mix based atau pomade yang bentuk gel besifat minyak dalam air
Gel- Gel yang ringan dan berbusa - Gel dengan daya tahan menengah - Gel dengan daya tahan kuat

Usahakan untuk mengoles dengan alur dari depan ke belakang ambil sisir khusus pomade, kemudian segera tata rambut sesuai dengan keinginan kamu menggunakan sisir tersebut apabila rambut masih tampak kering, sebaiknya tambahkan sedikit olesan pomade.

Akan tetapi, perlu kamu perhatikan untuk tidak menggunakan pomade terlalu banyak agar rambut tidak sulit dibersihkan jika kamu sudah selesai bergaya dengan tatanan rambut pomade, segera bersihkan rambut dengan keras menggunakan shampoo.

Tipe Pomade

  • Pomade oil based, tipe pomade ini merupakan gel rambut yang terbuat menggunakan bahan dasar minyak. Penggunaan pomade ini sangat sesuai untuk rambut yang sangat sulit untuk diatur namun karena berbahan dasar minyak pomade ini sangat lengket di tangan dan rambut.
  • Pomade water based, tipe pomade ini merupakan pomade yang berbentuk cair dan mempunyai sifat tidak lengket tetapi daya tahannya tidak lama dalam menahan bentuk gaya pada rambut. Gel tipe ini sering digunakan sebagai cara menata rambut laki-laki.
  • Pomade mix based, tipe pomade ini merupakan bentuk gel yang bersifat minyak dalam air. Gel rambut berjenis ini mempunyai daya tahan penataaan yang sangat singkat tetapi karena berbasis air dapat dengan mudah dibersihkan dan tidak terlalu lengket pada tangan. Kamu dapat membeli Pomade dengan berbagai tipe di online shop yang kamu sukai atau supermarket di bagian kosmetiknya seperti di Carrefour .

Gel Rambut

Hair Gel merupakan produk penata rambut laki-laki yang lebih kasar, kaku dan keras dibanding pomade, karena produk ini membuat rambut tampak keras, berminyak, dan mengkilap.

Penggunaan Gel berlebihan dapat membuat rambut berminyak daripada pomade, dan untuk membuat rambut tetap teratur dan mengkilap lebih direkomendasikan dengan pomade karena pomade tidak memiliki alkohol.

Sedangkan gel lebih cenderung menggunakan alkohol. Namun gel tidak susah untuk dihilangkan dari rambut dan cukup menggunakan air untuk dihilangkanya. Gel juga ketahannya tidak begitu lama dibanding dengan Pomade.

Cara Menggunakan Gel Rambut

Cara menggunakan Gel rambut dengan benar terutama sudah pasti kamu sudah mandi dengan keramas rambut kamu menggunakan shampoo jenis apapun yang biasanya kamu gunakan. Setelah itu keringkan rambut kamu, karena bahan dasar dari Gel rambut berbahan, minyak, tidak akan menyatu dengan rambut kamu jika rambut kamu masih basah.

Kemudian ketika rambut kamu sudah kering atau setengah kering, kamu bisa gunakan Gel rambut sesuai sifat dari Gel rambut itu sendiri, aplikasikan Gel rambut ke tangan kamu lalu kamu ratakan Gel tersebut ke rambut kamu, bentuklah tipe rambut seperti apa yang kamu inginkan. Sebaiknya untuk menjaga kondisi rambut kamu tetap sehat, jangan terlalu sering menggunakan Gel rambut ya.

Tipe Gel Rambut

  • Gel yang ringan dan berbusa, tipe gel rambut yang digunakan untuk penataan rambut dengan gaya yang ceria dan sedikit berantakan. penggunaan gel ini membuat rambut tidak akan terlalu kaku dan masih terlihat lentur.
  • Gel dengan daya tahan menengah, gel rambut ini cocok digunakan untuk membuat gaya rambut dengan tegak-tegak atau duri-duri tajam mengkilap dan daya tahan yang menengah sehingga rambut akan tetap terlihat kaku namun dapat dengan mudah kembali seperti semula apabila dibersihkan.
  • Gel dengan daya tahan kuat, tipe gel ini akan mengandung banyak minyak yang menyebabkan rambut menjadi sangat kaku dengan daya tahan yang sangat lama mirip seperti lem. Penggunaan gel ini bisa menjadikan rambut rapi sangat lama.

Pilih Mana: Pomade atau Gel Rambut?

Pomade Gel Rambut
Kelebihan- Pomade dapat membuat tampilan rambut kamu menjadi lebih rapi - Pomade adalah jenis minyak rambut yang terbilang sangat tahan lama - Tipe pomade ada tiga yang bisa kamu sesuaikan dengan selera gaya kamu- Membuat rambut kamu lebih rapi - Dengan minyak rambut jenis gel dapat membentuk rambut kamu lebih mudah sesuai dengan gaya tampilan kamu - Terdapat tipe gel rambut yang bisa kamu sesuaikan dengan selera gaya kamu
Kekurangan- Karena pomade sifatnya tahan lama akan membuat rambut kamu sulit untuk dibersihkan - Pomade tipe oil based biasanya akan menimbulkan jerawat sekitar dahi kamu karena terkena pomade- Untuk ketahanan gel rambut memang tidak bertahan lama dibandingkan dengan pomade - Membuat rambut kamu lebih berminyak dibandingkan penggunaan pomade

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bahwa Pomade dan Gel memiliki fungsi yang baik untuk menata rambut kamu untuk kalangan laki-laki. Pomade dan Gel rambut juga memiliki sifat sendiri untuk dapat kamu ketahui penggunaanya. Tetapi untuk ketahan dari Pomade dan Gel rambut, lebih unggul Pomade dibandingkan Gel.

Jadi untuk memilih dari kedua ini bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu saja atau bisa kamu sesuaikan dengan acara atau kegiatan yang kamu lakukan. Jika kegiatan yang memerlukan waktu seharian Pomade bisa menjadi pilihan untuk kamu. Kalau hanya sekedar kegiatan memerlukan waktu tidak begitu lama, Gel rambut bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pomade vs Gel Rambut

VS

 

 

Leave a Reply