Pilih Mana: Pomade atau Gel?

Loading...

Rambut tidak hanya menjadi mahkota bagi wanita, tetapi jua bagi pria. Karena itulah pria juga harus merawat rambutnya dengan baik, banyak produk yang dapat digunakan untuk merawat rambut pria. Dua di antaranya yaitu pomade dan gel. Jika Anda membutuhkan produk untuk merawat rambut Anda, manakah yang akan Anda pilih? Pomade atau gel?

Pomade dan gel memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu untuk merawat rambut Anda. Pomade terbuat dari bahan-bahan alami sehingga dapat menjaga dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Sedangkan gel memiliki daya tahan yang relatif lebih singkat sebab mudah luntur jika terkena air.

Pomade

Pomade merupakan produk penata rambut yang baru saja muncul dan saat ini sedang digemari oleh banyak pria. Pomade banyak digemari sebab memiliki daya tahan yang lebih lama daripada produk penata rambut sebelumnya. Penjelasan mengenai pomade telah kami bahas sebelumnya dalam Pomade vs Hairspray.

Kelebihan Pomade

Berikut beberapa kelebihan pomade yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah untuk Membentuk Rambut

Baik pomade maupun gel sebenarnya memiliki fungsi yang relatif sama yaitu berfungsi untuk membentuk rambut Anda. Bentuk rambut yang diinginkan kadang tidak sesuai dengan keadaan rambut asli, sehingga untuk memaksimalkan bentuk rambut Anda dapat menggunakan gel rambut ini.

  • Membuat Rambut Menjadi Klimis

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pomade adalah dapat membuat rambut Anda tampak lebih klimis. Tampilan yang klimis ini akan diperlukan orang pada acara-acara tertentu. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penampilan yang menarik dan rapi pada acara-acara tertentu.

  • Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki pomade adalah kerapian dan pomade pada rambut dapat bertahan lebih lama. Saat terkena air biasa, rambut Anda masih dapat dengan mudah dirapikan dan pomade tidaklah luntur. Dibandingkan dengan gel, pomade memiliki ketahanan yang lebih lama.

Kekurangan Pomade

Berikut beberapa kekurangan pomade yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyebabkan Ketombe

Salah satu kekurangan menggunakan pomade adalah dapat menyebabkan munculnya ketombe. Hal ini dikarenakan jumlah minyak yang banyak pada kepala dapat menyumbat dan menutupi pori-pori kulit kepala. Sebaiknya Anda langsung membersihkan rambut ketika selesai beraktivitas. Jangan biarkan pomade mengendap di kepala terlalu lama.

  • Dapat Menyebabkan Jerawat

Beberapa keluhan orang yang menggunakan pomade adalah muncul jerawat pada kepala ataupun dahi. Munculnya jerawat ini dapat diakibatkan karena kulit kepala tidak cocok terhadap pomade. Pomade mengandung bahan oil dan petrolatum sehingga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Jerawat biasanya akan tumbuh di area yang sering tersentuh pomade seperti kulit kepala, dahi, dan sebagainya. Jika Anda merasakan dampak ini, sebaiknya Anda menggunakan pomade yang berbahan dasar air. Dengan demikian, kemungkinan-kemungkinan permasalahan pada rambut dan kulit kepala tadi tidak akan terjadi. Hal ini tidak hanya terjadi untuk penggunaan pomade saja, tetapi juga muncul pada penggunaan perawatan rambut lain seperti gel.

Loading...
  • Memiliki Kandungan Bahan Sintetis

Kekurangan lainnya menggunakan pomade adalah pomade mengandung parfum agar memiliki bau yang wangi. Dalam pembuatannya, parfum menggunakan 3000 bahan yang sebagian besar adalah sintetis. Beberapa di antara bahan tersebut dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Tidak hanya itu, bahan-bahan tersebut juga dapat mengakibatkan terjadinya kerontokan pada rambut. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan dengan seksama komposisi atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pomade.

Kelebihan Pomade Kekurangan Pomade
- Mudah untuk membentuk rambut - Dapat menyebabkan ketombe
- Membuat rambut menjadi klimis - Dapat menyebabkan jerawat
- Awet dan tahan lama - Memiliki kandungan bahan sintetis

Gel

Gel merupakan produk untuk menata rambut yang telah ada lebih dahulu sebelum adanya pomade. Dahulu gel inilah yang menjadi andalan pria untuk membuat berbagai gaya rambut karena gel dapat membuat rambut menjadi kaku dan keras sehingga dapat dibentuk sesuai selera.

Kelebihan Gel

Berikut beberapa kelebihan gel yang perlu Anda ketahui:

  • Membuat Rambut Terlihat Basah dan Berkilau

Salah satu kelebihan penggunaan gel pada rambut adalah memberikan kesan agar rambut terlihat basah dan berkilau. Dengan kesan yang diberikan ini, rambut yang berkilau akan membuat tampilan Anda menjadi lebih segar dan menarik.

  • Membentuk Gaya Rambut Lebih Mudah

Karena memiliki kandungan air yang banyak, Anda dapat dengan mudah untuk membentuk gaya rabut sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Namun, Anda harus membasahi rambut terlebih dahulu agar proses membentuk gaya rambut menjadi lebih mudah.

  • Membuat Rambut Lebih Rapi

Kelebihan penggunaan gel selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi rapi. Jadi, jika Anda memiliki rambut yang kurang rapi dan acak-acakan, Anda dapat merapikannya dengan sedikit membasahi rambut dan menggunakan gel.

Kekurangan Gel

Berikut beberapa kekurangan gel yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Dapat Bertahan Lama

Salah satu kekurangan gel adalah tidak dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan penggunaan pomade. Gel cenderung lebih mudah luntur saat terkena air. Hal ini berbeda dengan pomade yang bisa bertahan lama di rambut. Selain itu, dikutip dari Kompas.com penggunaan gel dalam jangka waktu lama dapat membuat rambut rapuh, lebih mudah rusak dan pecah

  • Hanya Digunakan untuk Rambut yang Basah

Kekurangan selanjutnya penggunaan gel ini hanya mudah diaplikasikan saat rambut masih basah dan belum kering. Saat rambut Anda telah kering, gel akan menggumpal di rambut dan akan lebih sulit untuk di atur. Karena itu, sebelum memakai gel Anda sebaiknya membasahkan rambut terlebih dahulu.

  • Kaku dan Susah Diatur Saat Rambut Kering

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki gel adalah rambut Anda akan sulit diatur ketika rambut telah mengering. Saat Anda menggunakan gel kemudian rambut Anda berantakan dan telah mengering, rambut akan menjadi lebih kaku dan keras sehingga lebih sulit untuk dirapikan.

Kelebihan Gel Kekurangan Gel
- Membuat rambut terlihat basah dan berkilau - Tidak dapat bertahan lama
- Membentuk gaya rambut lebih mudah - Hanya digunakan untuk rambut yang basah
- Membuat rambut lebih rapi - Kaku dan susah diatur saat rambut kering

Pilih Mana: Pomade atau Gel?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara pomade dan gel. Perbedaan antara keduanya tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Pomade Gel
- Dapat membentuk rambut yang basah dan kering - Hanya dapat membentuk rambut saat basah
- Lebih tahan lama - Kurang tahan lama
- Harus dibersihkan menggunakan sampo - Dapat dengan dibersihkan dengan air saja
- Cek harga pomade online termurah, Klik di sini- Cek harga gel online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai pomade dan gel, dapat disimpulkan bahwa keduanya dapat membantu Anda untuk membentuk rambut agar lebih rapi dan berbentuk. Anda juga perlu menyesuaikan dengan tujuan dan kenyamanan Anda sebelum memilih pomade atau gel.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pomade vs Gel

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *