Lainnya

Pilih Mana: Pomade atau Hairspray?

Tidak hanya wajah, rambut juga merupakan bagian yang dapat mendukung penampilan. Sebagian besar orang menyukai rambut yang rapi dan teratur. Selain itu, banyak pula yang suka untuk membentuk rambut sesuai dengan gaya yang diinginkan. Untuk bisa membentuk rambut sesuai keinginan dan mendapatkan hasil yang tahan lama, Anda bisa menggunakan pomade atau hairspray.

Pomade merupakan minyak rambut yang dibuat untuk mempermudah para lelaki membentuk rambut dengan mudah sesuai keinginan. Bahan dasar pembuatan pomade ini terdiri dari minyak dan air. Selain pomade, hairspray juga merupakan produk yang dapat membantu merapikan rambut tidak hanya bagi pria saja, tetapi juga dapat digunakan oleh wanita. Hairspray memberikan hasil akhir yang kering dan tidak berminyak. Baca juga Pilih Mana: Fitness atau Yoga?

Pomade

Pomade merupakan salah satu produk penata rambut yang saat ini banyak digunakan oleh para pria. Terdapat beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pomade, di antaranya yaitu minyak, air, dan campuran keduanya. Dengan menggunakan pomade, rambut Anda akan tampak mengkilap, licin, rapi, dan basah alami.

Kelebihan Pomade

Berikut beberapa kelebihan pomade yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah untuk Membentuk Rambut

Salah satu kelebihan pomade adalah Anda dapat dengan mudah untuk membentuk rambut Anda. dengan demikian, jika Anda memiliki rambut yang susah di atur Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan pomade. Rambut yang susah diatur dapat dengan mudah Anda atasi.

  • Membuat Rambut Menjadi Klimis

Pada acara-acara tertentu, kadang Anda membutuhkan penampilan yang rapi dengan rambut yang klimis. Anda dapat memaksimalkan penampilan dengan menggunakan pomade. Rambut Anda akan tampak lebih teratur, rapi jika menggunakan pomade. Anda dapat memakainya pada acara-acara formal atau resmi, bahkan pada hari-hari biasa.

  • Awet dan Tahan Lama

Rambut yang Anda bentuk dengan menggunakan pomade dapat bertahan lebih lama. Jika Anda tidak membersihkan pomade dari kepada Anda, pomade bahkan dapat mempertahankan gaya rambut Anda selama tiga hari. Anda hanya perlu merapikan kembali rambut menggunakan sisir.

Kekurangan Pomade

Berikut beberapa kekurangan pomade yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyebabkan Ketombe

Salah satu kekurangan menggunakan pomade adalah dapat menyebabkan munculnya ketombe. Hal ini dikarenakan jumlah minyak yang banyak pada kepala dapat menyumbat dan menutupi pori-pori kulit kepala. Sebaiknya Anda langsung membersihkan rambut ketika selesai beraktivitas. Jangan biarkan pomade mengendap di kepala terlalu lama.

  • Dapat Menyebabkan Jerawat

Beberapa keluhan orang yang menggunakan pomade adalah muncul jerawat pada kepala ataupun dahi. Munculnya jerawat ini dapat diakibatkan karena kulit kepala tidak cocok terhadap pomade. Pomade mengandung bahan oil dan petrolatum sehingga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Jerawat biasanya akan tumbuh di area yang sering tersentuh pomade seperti kulit kepala, dahi, dan sebagainya. Jika Anda merasakan dampak ini, sebaiknya Anda menggunakan pomade yang berbahan dasar air. Dengan demikian, kemungkinan-kemungkinan permasalahan pada rambut dan kulit kepala tadi tidak akan terjadi.

  • Memiliki Kandungan Bahan Sintetis

Kekurangan lainnya menggunakan pomade adalah pomade mengandung parfum agar memiliki bau yang wangi. Dalam pembuatannya, parfum menggunakan 3000 bahan yang sebagian besar adalah sintetis. Beberapa di antara bahan tersebut dapat menyebabkan kepala menjadi pusing. Tidak hanya itu, bahan-bahan tersebut juga dapat mengakibatkan terjadinya kerontokan pada rambut. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan dengan seksama komposisi atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pomade.

Kelebihan PomadeKekurangan Pomade
- Mudah untuk membentuk rambut - Dapat menyebabkan ketombe
- Membuat rambut menjadi klimis- Dapat menyebabkan munculnya jerawat
- Awet dan tahan lama- Memiliki kandungan bahan sintetis

Hairspray

Hairspray merupakan produk yang digunakan untuk merapikan atau membentuk rambut laki-laki maupun wanita. Pengguna hairspray biasanya merupakan orang-orang yang tidak menyukai tampilan rambut yang berminyak. Hairspray dapat diterapkan baik dalam rambut basah atau kering untuk membantu menahan bentuk suatu rambut dalam tampilan tertentu.

Kelebihan Hairspray

Berikut beberapa kelebihan hairspray yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Membuat Rambut Berminyak

Kelebihan menggunakan hairspray dibandingkan dengan minyak rambut atau gel adalah tidak berminyak. Terdapat beberapa orang yang tidak menyukai rambut yang berminyak. Bagi orang yang ingin memiliki rambut rapi dan dibentuk tanpa berminyak dapat menggunakan hairspray sebagai solusinya.

  • Mempermudah Membentuk Gaya Rambut

Anda dapat dengan mudah membentuk gaya rambut dengan menggunakan hairspray. Rambut yang susah untuk diatur dan sulit untuk dirapikan dapat Anda bentuk menggunakan hairspray.

  • Mempertahankan Tatanan Rambut Lebih Lama

Sama seperti pomade, hairspray dapat membuat tatanan rambut tahan lebih lama. Anda dapat menjadikan hairspray sebagai alternatif untuk merapikan dan mempertahankan tatanan rambut. Kebanyakan hairspray digunakan oleh para kaum wanita, tapi banyak pula pria lebih memilih hairspray daripada pomade.

Lihat juga:  10 Multimeter Digital Terbaik 2020

Kekurangan Hairspray

Berikut beberapa kekurangan hairspray yang perlu Anda ketahui:

  • Membuat Rambut Kering dan Kaku

Hairspray memang dapat merapikan dan membentuk tatanan rambut dengan mudah. Namun, rambut yang ditata menggunakan hairspray akan menghasilkan rambut yang kering dan kaku. Hasil seperti ini akan membuat tampilan Anda kurang natural, rambut Anda tampak lebih kaku dan keras. Hairspray ini lebih cocok untuk digunakan pada acara-acara tertentu saja dan kurang cocok untuk digunakan setiap hari.

  • Dapat Merusak Rambut dan Mengganggu Kesehatan

Hairspray mengandung bahan kimia yang dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak. Penggunaan hairspray yang terlalu sering juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah, kesulitan bernapas, koma, serta iritasi kulit, mata dan paru-paru. Jika Anda menghirup gas hairspray secara berkala dapat meningkatkan risiko penyakit bronchitis akibat dari bahan-bahan kimia yang dikandung oleh hairspray. Banyak dampak buruk lainnya akibat penggunaan hairspray, dikutip dari CNNIndonesia.com penggunaan hairspray pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi terlahir cacat.

  • Rentan Terhadap Kulit Sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu untuk menggunakan hairspray. Jarak yang terlalu dekat pada saat menggunakan hairspray dapat menyebabkan kulit yang sensitif terasa terbakar.

  • Hairspray Mudah Terbakar

Anda sangat perlu berhati-hati salam menggunakan hairspray. Hairspray mengandung propelan yang menyebabkan hairspray mudah terbakar. Anda perlu memperhatikan dengan baik agar tidak menggunakan hairspray di dekat sumber api termasuk rokok.

  • Merusak Lapisan Ozon

Hairspray tidak hanya memberikan dampak yang buruk bagi rambut dan kesehatan. Penggunaan hairspray juga memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan. Gas yang terkandung di dalam hairspray dapat merusak lapisan ozon bumi kita. Selain itu, di dalam hairspray juga terdapat senyawa organik volatil, senyawa ini bersifat seperti metana atau CFC (Cloro Fluoro Carbon) yang tidak lain merupakan gas yang menjadi faktor utama terjadinya pemanasan global. Bahkan para Ilmuwan telah menyarankan untuk meninggalkan penggunaan hairspray dan menggantinya dengan produk lain yang lebih ramah lingkungan.

Kelebihan Hairspray Kekurangan Hairspray
- Tidak membuat rambut berminyak- Dapat merusak rambut dan mengganggu kesehatan
- Mempermudah membentuk gaya rambut- Rentan terhadap kulit sensitif
- Mempertahankan tatanan rambut lebih lama- Merusak lapisan ozon

Pilih Mana: Pomade atau Hairspray?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara pomade dan hairspray. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Pomade Hairspray
- Membuat rambut menjadi klimis dan berminyak- Membuat rambut menjadi rapi kaku
- Digunakan oleh laki-laki- Dapat digunakan laki-laki dan perempuan
- Tidak terlalu berbahaya digunakan- Memiliki dampak yang lebih berbahaya jika digunakan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya pomade lebih aman untuk digunakan. Penggunaan hairspray tidak hanya memberikan dampak yang buruk bagi kulit kepala dan rambut, tetapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pomade vs Hairspray

VS

Leave a Reply