Home

Pilih Mana: Pompa Air Sanyo atau Pompa Air Shimizu?

Penggunaan mesin pompa air sangat diandalkan di rumah tinggal, perkantoran, dan sebagainya. Fungsinya sangat membantu kamu dalam mendapatkan air bersih, untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian.

Mesin tersebut akan menyerap dan mendorong air, kemudian disalurkan pada pipa menuju kran atau tempat penampungan air. Banyak merek dari pompa air yang dapat kamu miliki seperti Sanyo dan Shimizu.

Apakah kamu sudah menggunakan pompa air dari kedua tersebut? Kali ini saya akan menjelaskan mengenai kedua merek pompa air tersebut guys agar kamu dapat mengetahui lebih jelas langsung baca artikel di bawah ini.

Pompa Air Sanyo

Pompa air Sanyo merupakan pompa air terkenal di Indonesia sudah berpuluh-puluh tahun lamanya, pompa air ini memberikan manfaat pada masyarakat penggunanya. Pompa air Sanyo mampu bertahan hingga lebih dari 25 tahun lamanya guys.

Kualitas pompa air ini sudah terjamin dan teruji kualitasnya. Banyak sekali blogger yang memuji kualitas dari pompa air Sanyo ini guys. Baca juga Pilih Mana: Mesin Cuci Sanken atau Mesin Cuci Sharp?

Rekomendasi Pompa Air Sanyo

Pompa Air Sanyo PWH 236 C

Produk satu ini dapat dikatakan merupakan produk andalan untuk pompa, yaitu pompa air Sanyo tipe dangkal PWH 236 C. Sesuai dengan namanya, pompa ini dikhususkan untuk sumur dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 9 meter.

Pompa ini membutuhkan daya listrik 125 watt, dan sanggup mendorong air hingga 30 meter. Pompa ini juga sanggup menyedot air 50 liter per menit. Pompa dari Sanyo ini dijual seharga sekitar Rp. 740. 000 (per Agustus 2019).

Pompa Air Sanyo PH 236 AC

Rekomendasi yang kedua adalah pompa air Sanyo PH 236 AC atau pompa sumur dangkal yang membutuhkan kapasitas listrik 200 watt dengan daya sedot kuat. Pompa ini mempunyai daya hisap 9 meter dan daya dorong maksimal 30 meter.

Tidak hanya untuk menyedot air di sumur juga bisa jadi pompa pendorong jika tekanan air di rumah Kamu kurang. Pompa air Sanyo PH 236 AC atau pompa sumur dangkal dijual seharga sekitar Rp. 880.000 (per Agustus 2019).

Kelebihan Pompa Air Sanyo

  • Memiliki Durasi Tahan Lama
    Untuk masalah durasi atau ketahanan, pompa air Sanyo berkualitas ini memang sangat awet dan sulit sekali untuk mengalami kerusakan. Bagian body sendiri banyak berbahan dasar alumunium yang dapat mengurangi panas mesin sehingga untuk penggunaan lama mesin tidak terlalu cepat panas dan tergolong dingin.
  • Bentuk Tidak Terlalu Besar
    Hal lain yang menjadi banyak pertimbangan untuk memilih pompa air Sanyo berkualitas adalah ukurannya yang terbilang kecil. Jadi untuk masalah tempat, pompa air dari brand ini akan mudah untuk ditaruh dimanapun. Dan garansi dari Sanyo ini sekitar 3 tahun.
  • Tank Tahan Karat
    Tidak hanya untuk bodi bagian luarnya saja, pompa merek ini juga memberikan kelebihan lain dari sisi dalam. Bagian dalamnya pompa air dilapisi dengan lapisan anti karat. Jadi tidak hanya berdaya tahan mumpuni, kualitas air juga akan tetap baik dan jernih tidak tercampur dengan bekas korosi.

Kekurangan Pompa Air Sanyo

  • Harga Termasuk Mahal
    Kebanyakan dari tipe atau jenis produk pompa air dari Sanyo ini memang memiliki harga yang cukup mahal ya guys, tetapi dengan begitu kualitasnya memang sesuai dengan harga yang dijual.
  • Memiliki Daya Hisap Kecil
    Beberapa tipe dari produk pompa air Sanyo ini memiliki daya hisap yang kecil, banyak dari penggunanya yang mengeluh akan hal tersebut.
  • Daya Dorong Kurang Maksimal
    Banyak dari tipe produk pompa air Sanyo ini memiliki daya dorong air yang kurang maksimal, tetapi memang tidak semua tipe ya guys.
Spesifikasi Pompa Air Sanyo
Asal NegaraJepang
Tahun BerdiriBerdiri tahun 1947
Lama Garansi ProdukGaransi produk 3 tahun
Daya Dorong Maksimal Daya dorong maksimal 21 meter

Pompa Air Shimizu

Pompa air Shimizu merupakan pompa air paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Mempunyai lebih dari 20 jenis pompa air tentu membuat perusahaan Shimizu menguasai pasar pompa air tanah air sehingga pompa ir ini banyak menjadi pilihan untuk masyarakat Indonesia.

Hampir disetiap toko pompa air kecil atau besar pasti menyediakan persediaan pompa air ini. Masyarakat juga lebih mempercayai Shimizu sebagai pompa air di rumah mereka dan banyak orang mengklaim bahwa pompa air Shimizu hasilnya selalu memuaskan karena juga mempunyai 20m jenis pompa air dibanding Sanyo.

Rekomendasi Pompa Air Shimizu

Pompa Air Shimizu PS 226 BIT

Shimizu juga mempunyai tipe pompa sumur dangkal yang non otomatis yaitu pompa air sumur dangkal Shimizu PS-226 BIT (Non Otomatis). Pompa ini memiliki kapasitas listrik 200 watt. Suaranya juga halus dan daya tahan mesinnya juga terjamin baik. Pompa tipe ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp. 900. 000 (per Agustus 2019).

Pompa Air Shimizu PS 135 E

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari- hari, Kamu cukup menggunakan pompa air dengan daya hisap 9 meter. Tidak hanya lebih hemat penggunaan listrik, pompa air Shimizu tipe dangkal ini PS 135 E ini terkenal kualitasnya yang handal sehingga lebih awet dan tahan lama.

Shimizu PS 135 E ini konsumsi daya listriknya 125 watt (running) dan 300 watt (start). Tidak hanya itu, pompa air ini juga dilengkapi dengan thermal protector dan tangki dan juga produknya yang bergaransi 1 tahun. Harga sekitar Rp. 600. 000 (per Agustus 2019).

Kelebihan Pompa Air Shimizu

  • Memiliki Daya Hisap yang Besar
    Banyak yang merasakan bahwa pada pompa air Shimizu ini memiliki daya hisap yang cukup besar, hal ini banyak menjadi pertimbangan orang saat akan membeli pompa air dan juga pompa air Shimizu tahan lama dan awet.
  • Desain yang Bagus
    Pada desain pompa air Shimizu ini biasanya banyak tipe yang mengeluarkan desain unik dan enak dilihat. Dan juga desain pompa air Shimizu ini menjadikan kualitas pompa air yang memiliki performa yang baik.
  • Harga Termasuk Terjangkau
    Banyak tipe dari pompa air dari Shimizu ini memiliki harga yang termasuk terjangkau, banyak masyarakat kelas menengah hingga kelas atas memilih pompa air dari merek atau brand Shimizu ini dan memang kebanyakan orang Indonesia menggunakan pompa air Shimizu.

Kekurangan Pompa Air Shimizu

  • Tidak Terdapat Klep Penahan Air
    Terdapat beberapa jenis pompa air penahan air yang tidak terdapat klep air, hal ini akan membuat kamu perlu memasang tusen klep (foot valve) pada ujung pipa hisapnya yang terendam di dalam sumur jika ingin difungsikan untuk menghisap.
  • Kecepatan Penyedotan Air Kurang Stabil
    Beberapa jenis dari pada pompa air ini mempunyai penyedotan air yang kurang stabil, hal ini banyak menjadi keluhan untuk penggunanya.
  • Garansi Relatif Cepat
    Saat kamu membeli pompa air dari Shimizu ini kebanyakan kamu akan mendapatkan garansi hanya dengan waktu yang relatif singkat sekitar 1 tahun. Sedangkan kebanyakan pompa air brand lain memiliki garansi hingga 3 tahun.
Spesifikasi Pompa Air Shimizu
Asal NegaraIndonesia
Tahun BerdiriBerdiri tahun 1990
Lama Garansi ProdukGaransi produk hanya 12 bulan
Daya Dorong Maksimal Daya dorong maksimal 33 meter

Tips Memilih Pompa Air

  • Kamu harus mengetahui terlebih dahulu kedalaman air dari permukaan air.
  • Kemudian kamu perlu memilih jenis pompa air yang kamu butuhkan.
  • Kamu perlu mengetahui spesifikasi pompa air, kamu bisa membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap pompa.
  • Kamu juga perlu mempertimbangkan daya listrik dari pompa air yang kamu butuhkan.
  • Dan juga suara dari pompa air tersebut untuk suara mesin pompa air walaupun pompa baru kadang ada yang bersuara kasar, mintalah ganti dengan mesin pompa yang lainnya, mungkin pompa terlalu lama sehingga laher mesin pengering tidak ada pelumas, bisa juga pemasangan laker agak miring.

Tips Memasang Pompa Air

  • Tempatkan mesin pompa air sedekat mungkin dengan sumber air atau sumur, dengan memperkecil atau memperpendek jarak pipa hisap, fungsinya akan menambah daya semburan pipa dorong. Jika hal ini bukan memungkinkan karena pertimbangan ruangan, jarak maksimal pipa dari sumur pompa dibatasi sesuai tinggi hisapnya.
  • Mesin pompa air haruslah terhindar dari hujan, panas sinar matahari atau dengan genangan air.
    Tempatkan pompa ditempat yang mudah untuk diperiksa jika sewaktu-waktu apabila mengalami permasalahan atau kerusakan.
  • Mengurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa agar mencegah kebuntuan.
  • Pasang pipa dari mesin pompa secara vertikal ke atau di dalam sumur dengan jarak ujung pipa atau foot klep dasar sumur minimal jarak 30 cm, dan ujung pipa harus terendam didalam air.
  • Pompa otomatis yang dipasang untuk menyalurkan air ke tower air dengan sumber air tanah dari dalam sumur atau di kolam penampung di bawah.
  • Tidak boleh ada kebocoran pada instalasi pipa, baik pipa untuk hisap maupun pipa keluar.
  • Untuk pemasangan, penyambungan, dan saat perekatan menggunakan lem pada pipa harus dilakukan dengan benar, terutama untuk pipa hisap yang mengakibatkan debit air bercampur udara, sehingga akan memancing terus setiap kali menghidupkan pompa air tersebut atau bahkan air tidak dapat mengalir sama sekali.
  • Sedangkan untuk pipa dorong resiko paling jelek terjadinya kelembaban pada dinding atau ruangan tetapi air tetap jalur dengan aliran juga akan mengecil.
  • Pipa hisap pada semestinya harus dipasang horizontal atau miring untuk mencegah udara terperangkap di dalam pipa. Keadaan seperti ini akan sangat mengurangi debit air yang keluar.

Pilih Mana: Pompa Air Sanyo atau Pompa Air Shimizu?

Pompa Air SanyoPompa Air Shimizu
Kelebihan - Daya tahan produk sangat lama dan awet - Bentuk atau desain dari pompa air Sanyo tidak terlalu besar - Tank pada produk termasuk tahan karat dan juga garansi lama sekitar 3 tahun- Memiliki daya hisap yang besar - Harga rata-rata jenis produk pompa air Shimizu terjangkau - Desain pompa air Shimizu rata-rata elegan enak dilihat dan juga Shimizu ini produk dari Indonesia
Kekurangan- Kebanyakan jenis pompa air Sanyo memiliki harga yang mahal - Daya hisap rata-rata dari pompa air Sanyo cukup kecil - Daya dorong yang kurang maksimal- Sayangnya kebanyakan produkl dari pompa air Shimizu tidak terdapat klep penahan air - Garansi dari produk pompa air Shimizu relatif cepat sekitar 1 tahun saja - Kecepatan penytedotan air kurang maksimal

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai pompa air Sanyo dan pompa air Shimizu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti rekomendasi yang dijelaskan di atas dari sisi harga juga sebenarnya tidak berbeda terlalu jauh.

Tetapi disini saya akan merekomendasikan kamu untuk memilih pompa air Shimizu karena selain merek ini berasal dari Indonesia  produk ini juga sudah menjadi pilihan masyarakat Indonesia guys. Bagaimana dengan kamu? Tentukan pilihan kamu guys. semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pompa Air Sanyo vs Pompa Air Shimizu

VS

Leave a Reply