Home

Pilih Mana: Pompa Air Sanyo atau Shimizu?

Air merupakan sumber yang paling penting untuk bisa bertahan hidup. Selain untuk minum, air diperlukan untuk banyak kebutuhan lainnya. Saat ini masih banyak orang yang memanfaatkan sumur untuk mendapatkan sumber air yang baik. Untuk dapat mengambil air ini, Anda memerlukan peralatan yang mendukung yaitu mesin pompa air. Dua merek pompa air yang terbilang sangat baik untuk menjadi pilihan yaitu Sanyo dan Shimizu. Dari dua merek pompa air tersebut, manakah pompa air yang akan Anda pakai? Pompa air Sanyo atau Shimizu?

 

Sanyo merupakan merek Jepang yang didirikan pada 1947 oleh Tashio Iue. Sanyo tidak hanya memproduksi pompa air tetapi juga elektronik lain seperti mesin cuci, radio, dan sebagainya. Sedangkan Shimizu didirikan pada tahun 1990. Tempat berdiri pertamanya yaitu di daerah Cikupa. Selanjutnya, pada tahun 2002 Shimizu mulai menempati pabrik baru dengan lahan seluas 1,5 hektar di Balaraja, Tangerang. Di bawah ini akan di bahas perbedaan antara pompa air Sanyo P-H137AC dengan pompa air Shimizu PN-125 BIT yang sama-sama merupakan pompa sumur dangkal. Baca juga Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Pompa Air Sanyo

Sanyo merupakan salah satu merek pompa air yang sudah lama sekali muncul di Indonesia. Bahkan, nama Sanyo nyaris menjadi kata yang mewakili sebagai pompa air listrik. Dikutip dari Tirto.id banyak orang yang menyebut pompa air sebagai Sanyo karena Sanyo telah lama dan sejak dulu dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Kelebihan Pompa Air Sanyo

Berikut beberapa kelebihan pompa air Sanyo dengan tipe P-H137AC yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Garansi Hingga 3 Tahun

Salah satu kelebihan pompa air Sanyo P-H137AC adalah memiliki garansi hingga 3 tahun. Dengan adanya garansi yang dimiliki ini, berarti perusahaan pompa air dapat bertanggung jawab atas produknya. Lamanya garansi ini juga menandakan bahwa pompa air tersebut memiliki kualitas yang baik. Jika Anda memiliki kendala dengan pompa air dalam jangka kurang dari 3 tahun, Anda bisa mendapatkan pompa air yang baru.

  • Cepat dalam Menyedot Air

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pompa air Sanyo dengan tipe P-H137AC ini adalah memiliki kecepatan dan stabil dalam menyedot air. Mesin ini bisa menghasilkan air sebanyak 32 liter per menitnya. Sedangkan mesin pompa air Shimizu menghasilkan debit air tergantung dari headnya.

  • Daya Listrik yang Digunakan Tidak Terlalu Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki pompa air Sanyo P-H137AC adalah tidak boros dalam mengonsumsi daya listrik. Pompa air ini akan memakai listrik dengan daya 125 watt. Angka ini bukanlah angka yang terlalu besar.

Kekurangan Pompa Air Sanyo

Berikut beberapa kekurangan pompa air Sanyo dengan tipe P-H137AC yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Daya Hisap yang Lebih Kecil

Jika pompa air Sanyo P-H137AC dibandingkan dengan pompa air Shimizu PN-125 BIT, pompa air Sanyo memiliki daya hisap yang lebih kecil. Daya hisap pompa air Sanyo hanya bisa sampai 9 meter sedangkan pompa air Shimizu bisa menghisap hingga 11 meter.

  • Memiliki Daya Dorong yang Kurang Maksimal

Daya dorong yang dimiliki pompa air Sanyo P-H137AC juga lebih kecil dibandingkan pompa air Shimizu PN-125 BIT. Daya dorong yang dimiliki pompa air Sanyo P-H137AC hanya maksimal 21 meter sedangkan pompa air Shimizu memiliki daya dorong hingga 33 meter.

  • Memiliki Harga yang Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh pompa air Sanyo P-H137AC ini adalah hanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal jika dibandingkan pompa air Shimizu PN-125 BIT. Harga juga menjadi hal yang dipertimbangkan pelanggan dalam memilih dan membeli barang-barang, termasuk pompa air.

Kelebihan Pompa Air SanyoKekurangan Pompa Air Sanyo
- Memiliki garansi hingga 3 tahun - Memiliki daya hisap yang lebih kecil
- Cepat dalam menyedot air - Memiliki daya dorong yang kurang maksimal
- Daya listrik yang digunakan tidak terlalu besar- Memiliki harga yang relatif lebih mahal

Pompa Air Shimizu

Shimizu merupakan mereka pomp air yang juga memiliki kualitas yang sangat baik. Shimizu telah meraih sertifikat Standard Nasional Indonesia (SNI). Dan Shimizu merupakan produk pompa air pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat tersebut. Telah banyak negara yang telah diekspor pompa air Shimizu, diantaranya Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Myanmar.

Kelebihan Pompa Air Shimizu

Berikut beberapa kelebihan pompa air Shimizu dengan tipe PN-125 BIT yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Daya Hisap yang Lebih Besar

Salah satu kelebihan pompa air Shimizu PN-125 BIT adalah memiliki daya hisap yang lebih besar daripada pompa air Sanyo P-H137AC. Pompa air sumur dangkal biasanya hanya memiliki daya hisap hingga 9 meter, termasuk pompa air Sanyo. Sedangkan pompa air Shimizu PN-125 BIT memiliki daya hisap untuk sumur dangkal hingga 11 meter.

  • Memiliki Daya Dorong yang Lebih Maksimal

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki pompa air Shimizu PN-125 BIT untuk jenis sumur dangkal adalah memiliki daya dorong yang lebih maksimal dibandingkan pompa air Sanyo P-H137AC. Daya dorong yang dimiliki pompa air Sanyo P-H137AC hanya maksimal 21 meter sedangkan pompa air Shimizu PN-125 BIT memiliki daya dorong hingga 33 meter.

  • Harga Relatif Lebih Murah

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pompa air Shimizu PN-125 BIT adalah memiliki harga yang relatif lebih murah daripada pompa air sanyo P-H137AC. Harga yang dibanderol untuk pompa air Shimizu PN-125 BIT adalah sekitar Rp. 537 ribuan hingga Rp. 550 ribuan sedangkan harga pompa air Sanyo P-H137AC dibanderol dengan harga sekitar Rp. 595 ribuan hingga Rp. 600 ribuan.

  • Cocok untuk Rumah Bertingkat Dua

Daya dorong dan daya hisap pompa air Shimizu PN-125 BIT yang kuat memungkinkan Anda untuk memakai pompa ini meski memiliki rumah bertingkat dua. Pompa air ini tetap bisa menyalurkan air ke rumah Anda.

Kekurangan Pompa Air Shimizu

Berikut beberapa kekurangan pompa air Shimizu dengan tipe PN-125 BIT yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Garansi yang Relatif Lebih Singkat

Salah satu kekurangan pompa air Shimizu PN-125 BIT adalah memiliki garansi yang jauh lebih singkat daripada pompa air Sanyo P-H137AC. Pompa air Shimizu PN-125 BIT hanya memiliki garansi selama 12 bulan. Sedangkan pompa air Sanyo P-H137AC dapat memberikan garansi selama 3 tahun. Hal ini juga menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih mesin pompa air.

  • Kecepatan Menyedot Air Kurang Stabil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh pompa air Shimizu dengan tipe PN-125 BIT ini adalah memiliki kecepatan yang kurang stabil dalam menyedot air. Pompa air ini menghasilkan debit air tergantung dari headnya. Mesin ini bisa menghasilkan air sebanyak 36 liter per menitnya jika dengan head 5 (m). Namun, akan memberikan kapasitas 10 liter per menitnya jika dengan head 21 (m).

  • Tidak Memiliki Klep Penahan Air

Pompa air Shimizu PN-125 BIT tidak memiliki klep penahan air. Pompa air ini lebih di fungsikan sebagai pompa dorong yang dapat di kombinasi dengan otomatis (pressure switch) pada saat pengoperasiannya. Anda perlu memasang tusen klep (foot valve) pada ujung pipa hisapnya yang terendam di dalam sumur jika ingin difungsikan untuk menghisap.

Kelebihan Pompa Air ShimizuKekurangan Pompa Air Shimizu
- Memiliki daya hisap yang lebih besar- Memiliki garansi yang relatif lebih singkat
- Memiliki daya dorong yang lebih maksimal- Kecepatan menyedot air kurang stabil
- Harga relatif lebih murah- Tidak memiliki klep penahan air

Pilih Mana: Pompa Air Sanyo atau Shimizu?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara pompa air Sanyo dan Shimizu. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek pompa air tersebut:

Pompa Air SanyoPompa Air Shimizu
- Diproduksi oleh perusahaan Jepang pada 1947- Diproduksi oleh perusahaan lokal pada 1990
- Garansi hingga 3 tahun- Garansi hingga 12 bulan
- Memiliki daya dorong hingga 21 meter- Memiliki daya dorong hingga 33 meter

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai pompa air Sanyo dan Shimizu di atas, dapat disimpulkan bahwa pompa air Shimizu dengan tipe PN-125 BIT lebih baik daripada pompa air Sanyo dengan tipe P-H137AC. Harga yang ditawarkan oleh pompa air Shimizu juga relatif lebih terjangkau, meski dengan kualitas yang sangat baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pompa Air Sanyo vs Shimizu

VS

Leave a Reply