Parenting

Pilih Mana: Popok atau Pampers?

Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda telah memiliki bayi. Salah satunya adalah kenyamanan bayi dalam menggunakan popok. Jika di zaman dulu para ibu hanya menggunakan popok kain maka di zaman sekarang telah ada alternatif lain, yaitu popok sekali pakai atau pampers. Jika Anda harus memilih, manakah jenis popok yang akan Anda gunakan untuk si kecil. Popok atau Pampers?

Popok kain hingga ini masih memiliki banyak pengguna. Bahkan, popok kain telah diproduksi lebih baik lagi dengan menggunakan bahan yang lebih nyaman dan aman. Meskipun begitu, pampers juga memiliki pengguna yang banyak karena kepraktisan yang ditawarkan. Pampers memang memberikan kemudahan bagi orang yang memiliki waktu yang sibuk.

Popok

Popok atau popok kain telah lama hadir sebelum adanya pampers. Popok masih banyak digunakan oleh para ibu karena dipercaya lebih aman untuk kulit bayi. Popok kain ini pula yang selanjutnya dikembangkan menjadi pampers yang lebih praktis. Popok biasanya masih digunakan oleh para ibu yang memiliki waktu luang untuk buah hatinya. Sehingga tidak menjadi masalah jika sedikit direpotkan tentang perkara popok. Baca juga: Botol Kaca vs Kantong ASI.

Kelebihan Popok

Berikut beberapa kelebihan popok yang perlu Anda ketahui:

  • Relatif Lebih Hemat

Kelebihan dari popok kain tentunya lebih hemat, karena orang tua hanya perlu membeli beberapa popok kain dan menggunakannya berulang kali. Bahkan, kadang kala bisa diwariskan kepada generasi berikutnya. Ada pula beberapa keluarga yang memberikannya kepada calon ibu lain yang akan memiliki momongan.

  • Ramah Lingkungan

Kelebihan lain yang dimiliki popok kain adalah ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan limbah dari pembuangan popok. Popok ini bahkan bisa dialih fungsikan saat sudah mulai usang dan robek. Bisa dijadikan lap atau sebagainya.

  • Kandungan Bahan Kimia Kecil

Popok kain memiliki risiko kandungan bahan kimia yang kecil, bahkan tidak mengandung bahan kimia. Hal ini dikarenakan pada saat produksi popok kain tidak melalui proses bleaching.

  • Lebih Nyaman untuk Digunakan Bayi

Popok kain bagus digunakan untuk newborn baby karena bahannya yang nyaman. Hal ini membuat kulit bayi akan tetap lembut dan terhindar dari ruam popok maupun alergi yang bisa ditimbulkan dari penggunaan pampers. Tapi, Anda harus rajin mengganti popoknya.

Kekurangan Popok

Berikut beberapa kekurangan popok yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Hemat Waktu dan Merepotkan

Popok yang telah dikotori oleh bayi harus diganti secepatnya, hal ini perlu untuk memberikan kenyamanan kepada bayi. Sering mengganti popok ini mengakibatkan popok yang kotor semakin menumpuk. Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk membersihkan popok-popok tersebut. Popok yang kotor juga harus dibersihkan secepatnya agar tetap steril.

  • Tidak Praktis untuk Digunakan Saat Berpergian

Menggunakan popok kain merupakan cara yang tidak praktis untuk digunakan saat berpergian. Popok kain tentunya tidak memiliki daya serap yang tinggi sehingga saat si kecil buang air kecil atau buang air besar, Anda harus langsung menggantinya agar si kecil tetap merasa nyaman. Terkadang pula bekas pipis si kecil bisa meleber ke mana-mana bahkan membasahi pakaian kita saat menggendongnya.

Kelebihan PopokKekurangan Popok
- Biaya yang dikeluarkan relatif lebih hemat-Tidak hemat waktu dan merepotkan
- Ramah lingkungan- Tidak praktis untuk digunakan saat berpergian
- Kandungan bahan kimia kecil atau bahkan tidak mengandung bahan kimia- Dapat menyebabkan iritasi kulit bayi
  • Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit Bayi

Popok kain memiliki daya serap yang tidak terlalu tinggi. Jika Anda tidak membersihkan kulit bayi dengan baik, maka kulit bayi akan tetap lembap dan dapat mengakibatkan terjadi iritasi atau ruam merah pada kulit bayi.

Pampers

Pampers merupakan popok pengganti popok kain yang lebih praktis. Banyak orang yang menyukai pampers karena tidak merepotkan. Setelah dipakai pampers tidak perlu dicuci dan segera dibuang. Kebanyakan ibu yang menjadi wanita karir lebih memilih pampers daripada popok kain. Pampers memang menjadi solusi bagi orang-orang yang sangat membutuhkan kepraktisan.

Kelebihan Pampers

Berikut beberapa kelebihan pampers yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Praktis untuk Digunakan

Menggunakan pampers merupakan cara yang lebih praktis daripada menggunakan popok kain. Anda tidak perlu repot untuk mengecek pampers berulang kali. Anda juga tidak perlu direpotkan untuk mencuci dan membersihkan pampers seperti apa yang Anda lakukan jika menggunakan popok kain. Setelah dipakai pampers dapat langsung dibuang.

  • Dapat Membantu Jika Digunakan Saat Berpergian

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pampers adalah Anda dapat berpergian dengan aman dan nyaman. Jika si kecil buang air ketika Anda sedang berada di mobil atau di perjalanan, maka Anda dapat membersihkan dengan mudah atau menunda sebentar untuk membersihkannya. Dengan demikian Anda tidak perlu pusing dan repot seperti popok kain yang harus secepatnya dibersihkan.

  • Memiliki Permukaan yang Lebih Cepat Kering

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pampers adalah memiliki permukaan yang lebih cepat kering. Hal ini tentu akan membuat bayi merasa lebih nyaman karena tidak terganggu oleh rasa basah atau lembap. Jadi meskipun bayi baru sudah mengeluarkan kotoran, bayi tetap masih bisa melakukan aktivitas dengan nyaman.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bebelac atau Bebelove?

Kekurangan Pampers

Berikut beberapa kekurangan pampers yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Harga pampers relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan popok kain. Selain itu, pampers juga hanya digunakan satu kali dan langsung dibuang ketika kotor. Karena itu, biaya yang dibutuhkan akan lebih besar jika Anda menggunakan pampers untuk si kecil.

  • Dapat Menyebabkan Iritasi

Pampers memang memiliki permukaan yang cepat kering. Namun jika Anda terlalu lama membiarkan pampers yang telah kotor digunakan oleh bayi, maka akan mengakibatkan terjadi iritasi pada kulit bayi. Karena itu, Anda harus memerhatikan hal ini dan jangan membiarkan kotoran menumpuk terlalu lama. Karena hal ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kulit bayi. Dikutip dari Alodokter.com untuk mengurangi iritasi pada anak Anda dapat melonggarkan pinggang pampers, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pampers, dan bersihkan kulit bayi dengan tisu bersih.

  • Tidak Ramah Lingkungan

Pampers yang dibuang setelah sekali pakai dapat membuat limbah semakin banyak. Karena itulah, pampers merupakan produk yang tidak ramah terhadap lingkungan. Sampah yang dihasilkan oleh pampers ini juga termasuk jenis sampah yang susah lebur.

  • Mengandung Bahan Kimia yang Berbahaya

Kekurangan lain dari pampers ini adalah terdapat beberapa bahan pembuatan pampers yang berbahaya untuk kesehatan bayi. Di antaranya yaitu sodium polyacrylat yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan mata. Ada pula dioxin yang sering dihubungkan dengan penyebab penyakit kanker. Selain itu, jika digunakan untuk jangka panjang, pampers dapat menyebabkan temperature buah zakar si kecil lebih tinggi daripada anak yang tidak menggunakan pampers.

Kelebihan PampersKekurangan Pampers
- Lebih praktis untuk digunakan- Harga relatif lebih mahal
- Dapat membantu jika digunakan saat berpergian- Dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi
- Memiliki permukaan yang lebih cepat kering- Mengandung bahan kimia yang berbahaya

Pilih Mana: Popok atau Pampers?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara popok dan pampers. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan antara popok dan pampers tersebut pada tabel berikut ini:

PopokPampers
- Dapat digunakan berkali-kali- Hanya digunakan untuk sekali pakai
- Produksi tidak melalui proses bleaching- Saat produksi melalui proses bleaching
- Kurang praktis digunakan- Lebih praktis digunakan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai masing-masing kelebihan dan kekurangan antara popok dan pampers tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya popok lebih aman daripada pampers. Jadi jika Anda sangat mengutamakan keamanan si kecil, Anda bisa menggunakan popok. Meskipun begitu, Anda juga tidak bisa lepas dari penggunaan pampers. Pampers memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada Anda saat akan melakukan perjalanan jauh atau menghadiri acara tertentu. Solusinya, Anda bisa menggunakan pampers pada waktu-waktu tertentu saja. Anda juga perlu memerhatikan dan jangan membiarkan kotoran didiamkan terlalu lama pada pampers yang dipakai oleh si kecil.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Popok vs Pampers

VS

Leave a Reply