ElektronikGadgets

Pilih Mana: Power Bank Samsung atau Power Bank Xiaomi?

Power bank merupakan perangkat yang cukup penting untuk kehidupan kita sehari-hari, dimana dengan perangkat ini kita bisa mengisi ulang daya smartphone, tablet dan perangkat lain dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Saat ini banyak merek power bank yang memiliki kualitas dan fitur yang menarik seperti halnya Power Bank Samsung dan Power Bank Xiaomi.

Banyak anak sekolah, kuliahan bahkan yang sudah berkeluarga pun menggunakan power bank merek Samsung dan Xiaomi. Ini dikarenakan kualitas yang cukup mumpuni dengan harga yang ekonomis dari kedua power bank tersebut. Mau tahu mengenai detail dan varian dari Power Bank Samsung dan Power Bank Xiaomi? Tidak hanya itu, saya juga akan membahas bagaimana tips untuk memilih power bank yang baik. Semua itu akan dirangkum dalam pembahasan kali ini. So jangan kemana-mana ya.

Power Bank Samsung

Siapa yang tidak tahu dengan merek brand Samsung. Suatu merek gadget yang amat populer itu nyatanya juga memproduksi sebuah power bank dengan kualitas yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Power bank samsung memperoleh review positif dari banyak konsumennya. Desainnya yang super slim dengan kapasitas baterai yang cukup besar membuat power bank samsung ini banyak dibeli dipasaran.

Power Bank Samsung pula memiliki banyak varian yang bisa kamu jadikan sebagai perangkat untuk mengisi ulang gadget kamu kala kehabisan baterai. Harga yang ditawarkan dari Samsung pun cukup ekonomis, jadi cocok banget untuk kamu yang masih sekolah atau yang sudah berkeluarga sekalipun. Baca juga Pilih Mana: Power Bank Robot atau Power Bank Vivan?

Kelebihan Power Bank Samsung

  • Harga ekonomis Warna yang diberikan cerah dan variatif
  • Memiliki desain yang elegan dan modern
  • Samsung merupakan brand besar dan terpercaya
  • Memiliki banyak varian sesuai dengan kebutuhan perangkat
  • Memiliki material bahan yang bagus

Rekomendasi Power Bank Samsung

Samsung Power Bank Real Capacity 5.200 mAh
Samsung Power Bank Real Capacity merupakan salah satu merek Power Bank terbaik yang pantas dipertimbangkan. Sebabnya, power bank ini mempunyai desain yang tipis dan elegan sehingga gampang dibawa kemana saja.

Tidak hanya itu, power bank ini dilengkapi dengan komponen terbaik sehingga aliran daya listrik ke gadget kamu lebih stabil. Perihal ini akan melindungi perangkat gadget dari kerusakan karena pengisian daya seperti yang banyak terjadi pada power bank yang lain. Power bank ini mempunyai kapasitas 5.200 mAh sehingga bisa dipakai 1-2 kali pengisian baterai smartphone kamu.

Samsung Fast Charging Battery Pack 10.000 mAh (Type C)
Samsung Battery Pack yang baru hadir dengan sokongan Samsung AFC (15W) dan Quick Charge 2.0 yang memungkinkan mengisi ulang perangkat dengan cepat kala sedang bepergian.

Lalu ada juga fungsi OCP, dengan ini kamu bisa memuat daya dengan aman tanpa mesti khawatir mengenai tingkat arus berlebihan yang menyebabkan rusaknya perangkat kamu. Dengan kapasitas muatan 10.000 mAh Samsung Battery Pack ini memberikan banyak kelebihan.

Samsung Power Bank GBL-02 20.000 mAh
Power bank ini cukup banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Dengan kapasitas 20.000 mAh kamu bisa mengisi ulang banyak perangkat kamu, ditambah dengan 3 port USB sehingga bisa digunakan 3 perangkat sekaligus.

Selain itu power bank ini memiliki fitur senter LED Flash yang bisa kamu gunakan dalam keadaan genting. Power bank ini juga memiliki 3 varian warna yakni hitam, putih dan gold.

Samsung Power Bank 58.000 mAH
Dari 2 power bank samsung yang sudah saya bahas sebelumnya, power bank ini memiliki kapasitas yang paling besar. Power bank ini sanggup mengisi ulang perangkat kamu 4 sampai 5 kali isi tergantung dengan pemakaian gadget selama di charge.

Sama seperti Samsung Power Bank GBL-02 20.000 mAh, power bank ini memiliki fitur senter LED Flash yang bisa digunakan untuk saat genting. Power bank ini juga memiliki output 4 buah yang bisa kamu gunakan semuanya untuk mengisi ulang daya perangkat kamu.

SpesifikasiPower Bank Samsung
Asal Daegu, Korea Selatan
Harga Rp 270.000 - Rp 1.125.000,- (per Agustus 2019)
Fitur unggulanFast charging

Power Bank Xiaomi

Di era modern saat ini, mayoritas masyarakat tidak bisa lepas dari pemakaian smartphone. Ponsel pintar ini memang makin multifungsi sehingga bukan cuma dipakai untuk menelpon, namun juga berfungsi untuk memudahkan berbagai pekerjaan.

Sayangnya, smartphone mempunyai baterai berkapasitas terbatas sehingga tidak selalu dapat dipakai dalam waktu yang lama. Kinerja smartphone yang banyak, seperti halnya membuka berbagai aplikasi yang menyebabkan habisnya baterai smartphone.

Xiaomi pun menyadari celah itu dengan memperkenalkan berbagai produk power bank. Kedatangan produk itu sangat dibutuhkan untuk berjaga-jaga supaya baterai ponsel kamu tidak habis selama beraktivitas.

Oleh sebab itu, Xiaomi memperkenalkan powerbank dengan besaran kapasitas baterai yang berbeda-beda dengan teknologi terbaik supaya smartphone kamu senantiasa menyala lebih lama.

Kelebihan Power Bank Xiaomi

  • Memiliki bodi yang slim dan mudah digenggam
  • Baterai awet tahan lama
  • Memiliki banyak varian sesuai dengan kebutuhan perangkat
  • Harga yang kompetitif
  • Material bahan yang berkualitas

Rekomendasi Power Bank Xiaomi

Xiaomi Power Bank Pro 2 10.000 mAh
Power bank keluaran Xiaomi ini mempunyai beragam fitur unggulan. Di antara lain yaitu adanya mekanisme resistansi temperatur yang bisa memastikan baterai Li-ion selalu beroperasi pada temperatur yang aman.

Power bank ini pula dilengkapi dengan fitur perlindungan dari tegangan dan arus output berlebih dengan sistem otomatis mati jika tegangan atau arus yang dialirkan melampaui batas maksimal.

Power bank Xiaomi Mi Pro 2 bisa memuat baterai gadget lain dengan cepat walaupun power bank ini sendiri sedang dalam kondisi diisi baterainya. Tidak hanya itu, power bank ini pula sanggup mengatur output daya secara otomatis.

Power Bank Xiaomi 20.000 mAh
Xiaomi menghadirkan ukuran yang lebih kecil dan tebal pada power bank Xiaomi 20.000 mAh generasi ke-2 ini. Ukuran perangkat yang satu ini yaitu 133,5 x 67,6 x 23,9 milimeter. Konsep bodinya lebih membulat sehingga lebih nyaman saat digenggam.

Buat mempermudah kalian dalam memuat banyak perangkat, Xiaomi menghadirkan dual port USB. Kapasitas baterai besar 20.000 mAh yang tertanam membuat kalian dapat memuat daya perangkat berulang kali.

Agar power bank lebih awet digunakan, Xiaomi memakai baterai tipe baru pada produk Xiaomi 20.000 mAh generasi ke-2 ini, yakni dengan menanamkan baterai jenis High Density Lithium Polymer. Bukan cuma itu saja, Xiaomi pula telah menambahkan teknologi quick charge 3.0 supaya pengisian baterai ke smartphone lebih cepat.

Power Bank Xiaomi ZMI MF855
Power bank ini menyediakan daya sebesar 10.000 mAh yang dapat dipakai untuk mengisi daya smartphone maupun tablet, kapanpun dan dimanapun berada. Tidak hanya itu, ada pula slot SIM card yang dapat dipakai dengan operator 4G di indonesia.

Tidak hanya dapat dipakai sebagai power bank, perangkat yang satu ini juga merupakan 4G WIFI router. Xiaomi memang cukup cerdas membaca tren pasar dengan mengkombinasikan fungsi power bank dan modem dalam satu perangkat.

Bentuk power bank ini pula lumayan ringkas dan kecil sehingga dapat dibawa bepergian dengan gampang. Saat ini, kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan baterai ponsel dan sinyal kala memakai power bank Xiaomi ini.

SpesifikasiPower Bank Xiaomi
Asal Beijing, China
Harga Rp 165.000 - Rp 2.000.000,- (per Agustus 2019)
Fitur unggulanKontrol temperatur

Tips Memilih Power Bank

Agar kamu tidak salah memilih power bank yang hendak kamu beli, kamu harus memperhatikan hal-hal penting dibawah ini agar kualitas dan kinerja dari power bank kamu senantiasa bagus dan tahan lama.

  • Samakan arus daya power bank dengan handphone
    Umumnya, fitur fast-charging membutuhkan arus sebesar 2 ampere (A). Akan lebih bagus bila power bank yang kamu beli mempunyai output sebesar 2A. Penyamaan arus dilakukan untuk memelihara umur baterai dari suatu handphone.
  • Pilih power bank dari merek terkenal
    Power bank bisa ditemui dengan mudah di pasaran. Tetapi, pastikan membeli merek yang sudah populer dan terjamin. Sebab suatu produk yang branded umumnya mempunyai prosedur serta standar yang ketat sebelum menjualnya ke pasaran. Perihal ini dilakukan untuk menjamin kualitas dari power bank tersebut.
  • Utamakan baterai Li-Polymer
    Kebanyakan baterai yang digunakan dipasaran yaitu baterai Lithium Ion (Li-Ion), walaupun harganya relatif lebih ekonomis dibandingkan baterai Li-Polymer (Li-Po), baterai Li-Ion acapkali tidak stabil, menyebabkan baterai Li-Ion lebih cepat panas dan gampang bermasalah, bahkan bisa saja meledak.

  • Pilih kapasitas sesuai kebutuhan
    Yakinkan power bank yang akan kamu beli mempunyai kapasitas 2 kali lebih banyak dari kapasitas baterai handphone yang kalian punya. Karena, baterai cadangan ini hanya akan mentransfer daya sebesar 70-80% dari total daya yang dimilikinya.
  • Pastikan power bank bersertifikasi CE dan FCC
    Sertifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission) diperlukan untuk menjamin kualitas dari suatu produk elektronik yang sudah melewati uji standarisasi.
  • Pastikan power bank bergaransi resmi
    Suatu powerbank yang bagus akan mempunyai garansi resmi langsung dari produsen. Umumnya, suatu garansi mempunyai rentang waktu minimal 6 bulan sampai 1 tahun. Bila suatu powerbank tidak mempunyai garansi atau cuma mempunyai garansi kurang dari 6 bulan, kamu sebaiknya mencari merek powerbank yang lain.

Pilih Mana: Power Bank Samsung atau Power Bank Xiaomi?

Power Bank Samsung Power Bank Xiaomi
Kelebihan- Memiliki fitur fast charging - Desain yang modern dan elegan - Material yang dipakai bagus dan kokoh- Memiliki banyak varian - Harga ekonomis - Baterai awet tahan lama
Kekurangan- Banyak dijadikan barang palsu - Harga cukup tinggi- Membuat gadget cepat panas - Cepat rusak

Kesimpulan

Power Bank Samsung dan Power Bank Xiaomi tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun jika kalian menginginkan power bank dengan harga yang ekonomis maka saya merekomendasikan Power Bank Xiaomi, karena memiliki range harga yang cukup dikantong pelajar, mahasiswa dan sebagainya. Namun jika kalian menginginkan kualitas dan fitur yang mumpuni maka Power Bank Samsung menjadi jawaban yang pas. Semua itu tergantung sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Gunakan power bank kamu seoptimal mungkin agar tidak terjadi kerusakan pada perangkat kesayangan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Power Bank Samsung vs Power Bank Xiaomi

VS

Leave a Reply