ParentingSusu Formula

Pilih Mana: Pregestimil atau Pepti Junior?

Asupan susu formula menjadi sangat penting agar anak tumbuh kembang secara maksimal bukan rahasia umum lagi jika susu formula dibuat dengan susu sapi. Tetapi masalahnya jika anak mengalami alergi akan susu sapi, akan membuat Anda bingung benar? Tetapi tenang kedua dari banyaknya susu khusus anak alergi susu sapi adalah Pregestimil dan Pepti Junior.

Pregestimil dan Pepti Junior pilihan susu formula untuk anak yang alergi akan susu sapi. Dari keduanya manakah yang lebih baik? Artikel kami kali ini akan memberikan penjelasan untuk susu keduanya agar Anda dapat memilih.

Pregestimil

Anak Anda mengalami perut kembung, susah tidur, dan menangis terus lebih dari 3 jam dalam sehari? Bisa jadi dia mengalami alergi protein susu sapi. Untuk itu, berikan pada anak Enfamil Pregestimil. Baca juga Pilih Mana: Frisolac atau S-26?

Enfamil Pregestimil adalah susu formula bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0-12 bulan. Khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi dan lemak rantai panjang.

Susu ini banyak mengandung kandungan yang cukup baik untuk melengkapi kebutuhan anak Anda tumbuh kembang dengan secara maksimal. Harga yang dijual susu ini juga cukup mahal, tetapi memang susu ini sangat naik untuk mengganti alergi susu sapi.

Kelebihan Pregestimil

  • Mencerdaskan otak anak
    Memiliki kandungan yang sangat cukup baik untuk anak yaitu dengan adanya kandungan sumber protein hipoalergenik, 55% lemak minyak trigliserida rantai menengah (MCT), DHA dan ARA, yang berfungsi meningkatkan perkembangan otak dan matanya.
  • Dapat menjadi pilihan saat anak alergi susu sapi
    Susu ini memang sudah dikenal dibuat untuk anak yang memiliki alergi susu sapi, Pregestimil adalah susu formula bayi hipoalergenik untuk bayi usia 0-12 bulan. Khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein susu sapi, intoleransi laktosa dan ketidakmampuan mencerna protein susu sapi.
  • Dapat membuat anak tumbuh kembang secara maksimal
    Banyaknya klaim dari susu Pregestimil ini bahwa susu ini dapat membantu tumbuh kembang anak secara maksimal, dan banyaknya review juga mengatakan akan hal tersebut. Jika anak Anda mengkonsumsi susu ini untuk dijadikan pengganti susu anak alergi susu sapi maka anak akan berkembang secara maksimal dengan baik.

Kekurangan Pregestimil

  • Harga yang cukup mahal
    Susu ini memang memiliki segudang kelebihan yang cukup baik untuk anak Anda, tetapi dengan demikian susu ini juga memiliki kekurangan yang ada. Salah satunya adalah susu ini memiliki harga yang dijual cukup mahal. Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 365.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gram.
  • Hanya untuk usia anak 0-12 bulan
    Kekurangan yang lainnya pada susu Pregestimil juga adalah susu ini hanya memproduksi susu untuk usia anak 0-12 bulan. Untuk usia di atas 0-12 bulan sepertinya susu ini belum memproduksinya.

  • Sulit untuk didapatkan
    Jika Anda memiliki anak yang alergi akan susu sapi maka akan memberikan susu formula anak yang cocok untuk Anak. Pregestimil ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikonsumsi anak. Tetapi sayangnya untuk mendapatkan susu ini Anda harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk mencari susu ini, sebagian besar susu ini sulit untuk didapatkan di toko kecil sehingga Anda harus mencarinya di supermarket atau swalayan.

Pepti Junior

Susu Pepti Junior diproduksi oleh perusahaan Nutricia Indonesia, perusahaan ini mengeluarkan susu Nutribaby biasa dan juga Nutribaby Royal. Nah, untuk Pepti Junior adalah dari Nutribaby Royal. Keduanya sebenarnya tidak begitu berbeda jauh hanya saja kandungan lebih dibedakan sendiri.

Nutribaby Royal Pepti Junior susu yang khusus untuk anak yang alergi susu sapi. Jadi, jika anak Anda memiliki atau memang memiliki alergi susu sapi maka Pepti Junior bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk Anda.

Nutribaby Royal Pepti Junior adalah susu formula bayi untuk keperluan medis khusus untuk usia 0-12 bulan, untuk sindrom malabsorbsi dan alergi protein susu sapi. selain itu untuk saat ini susu Pepti Junior belum mengeluarkan susu alergi susu sapi untuk usia anak di atas 0-12 bulan.

Kelebihan Pepti Junior

  • Cocok untuk anak yang alergi susu sapi
    Seperti memang fungsinya Nutribaby Royal Pepti Junior susu yang khusus untuk anak yang alergi susu sapi. Jadi, jika anak Anda memiliki alergi susu sapi maka susu Nutribaby Royal Pepti Junior bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Memiliki kandungan yang cukup
    Memiliki kandungan yang cukup baik untuk tetap menjaga anak agar tetap tumbuh kembang anak menjadi maksimal seperti protein terhidrolisa ekstensif, bebas Laktosa, MCT (Trigliserida Rantai Sedang) dan juga memiliki kandungan DHA, LA yang dapat membuat kecerdasan otak semakin meningkat.
  • Terkenal di pasaran
    Susu Pepti Junior sudah cukup terkenal di pasaran. Sehingga untuk membelinya sudah cukup mudah Anda dapatkan di berbagai toko baik minimarket maupun supermarket. Jadi kemungkinan untuk Anda yang ingin membeli susu ini bisa sangat cepat untuk mendapatkannya.
Lihat juga:  Pilih Mana: Enfagrow atau Friso?

Kekurangan Pepti Junior

  • Harga yang relatif mahal
    Meski susu Pepti Junior ini memiliki banyak kelebihan, susu Pepti Junior ini juga memiliki kekurangan yaitu harga yang relatif mahal. Mungkin hal ini memang susu Pepti Junior ini dikhususkan untuk anak yang alergi susu sapi sekitar Rp. 300.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gram.

  • Hanya tersedia untuk usia anak 0-12 bulan
    Kekurangan lainnya dari susu Nutribaby Royal Pepti Junior ini yaitu hanya tersedia untuk usia anak 0-12 bulan saja. Untuk usia di atas 0-12 bulan belum mengeluarkan produknya. Jadi jika anak anda di atas 1 tahun dan alergi susu sapi maka susu ini belum pilihan terbaik untuk anak Anda.
  • Aroma suka tertinggal di botol susu anak
    Kekurangan susu Pepti Junior ini juga banyaknya review bahwa aroma susu ini suka tertinggal di botol susu anak. Sehingga Anda harus mencuci botol susu harus bersih agar aromanya tidak tertinggal.
KeteranganPregestimil Pepti Junior
BrandPregestimil Pepti Junior
PerusahaanPT. Mead Johnson PT. Nutricia Indonesia
DikhususkanDikhususkan untuk anak alergi susu sapiDikhususkan untuk anak alergi susu sapi
KandunganProtein hipoalergenik, 55% lemak minyak trigliserida rantai menengah (MCT), DHA dan ARAProtein terhidrolisa ekstensif, bebas Laktosa, MCT (Trigliserida Rantai Sedang)
HargaRp. 365.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gramRp. 300.000 per Oktober 2019 untuk ukuran 400 gram

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Alergi Susu Sapi

1. Hindari Pemberian ASI dan Susu Formula Bersamaan
Keperluan susu bayi penting untuk dipenuhi. Secara alami, para ibu mampu memberi ASI bagi anaknya. Namun ketika ASI tidak bisa keluar dengan lancar, susu formula dapat menjadi alternatif gizi bagi anak. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda tidak mencampur antara ASI dengan susu formula.

Alasannya adalah bila susu formula dicampur dengan ASl, kedua kandungan susu ini sudah jelas berbeda dan justru akan membuat anak tidak mendapatkan kandungan nutrisi maksimal.

Sebaiknya berikan ASI sendiri dan jika pemberian ASI dianggap kurang baru bisa ditambahkan oleh susu formula. Mencampur ASI dengan susu formula akan mengubah komposisi ASI yang berefek pada ginjal bayi yang harus bekerja lebih keras dikarenakan mikronutrien pada susu formula yang memiliki konsistensi lebih pekat dibanding ASI.

2. Ganti Susu Formula Dengan Merk Lain
Jika anak terpantau tidak cocok dengan susu formula merk manapun, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi maupun dokter untuk menggantinya dengan susu lain.

Anda bisa mencoba mengganti susu formula biasa dengan susu formula jenis hypoallergenic, yakni susu formula berbasis asam amino khusus yang bisa dibeli dengan resep dari dokter.

3. Perhatikan Apakah Anak Alergis Susu Sapi atau Laktiosa
Jika anak alergi susu sapi, cara paling sederhana adalah dengan menghindari produk dengan kandungan laktosa secara total. Hindari semua produk makanan maupun minuman yang mengandung laktosa. 

Pastikan Anda mengecek semua label makanan atau susu yang Anda beli dan cek apakah produk tersebut mengandung laktosa atau tidak. Namun ternyata ada sedikit perbedaan antara alergi susu sapi dengan intoleran laktosa. 

4. Pastikan Kebutuhan Gizi
Jika memang si buah hati terpaksa harus menjauhi produk berlaktosa, maka Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan gizi, kalsium, dan nutrisi lainnya terpenuhi dengan optimal.

Lengkapi kebutuhan makanan dan minuman anakmu dengan sumber kalsium seperti sayuran hijau, jus buah, tahu, brokoli, salmon, dan jeruk. Jangan lupa juga untuk menyertakan asupan vitamin A, vitamin D, riboflavin, dan fosfor.

5. Berkonsultasi Dengan Ahli Gizi
Anda bisa tetap memberikan susu untuk anak dengan produk bebas laktosa. Namun, pastikan bahwa sebelumnya Anda berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter anak secara berkala untuk menentukan susu formula yang tepat.

Pilih Mana: Pregestimil atau Pepti Junior?

Pregestimil Pepti Junior
Kelebihan- Mencerdaskan otak anak - Dapat menjadi pilihan saat anak alergi susu sapi - Dapat membuat anak tumbuh kembang secara maksimal - Cocok untuk anak yang alergi susu sapi - Memiliki kandungan yang cukup - Terkenal di pasaran
Kekurangan- Harga yang cukup mahal - Hanya untuk usia anak 0-12 bulan - Sulit untuk didapatkan - Harga yang relatif mahal - Hanya tersedia untuk usia anak 0-12 bulan - Aroma suka tertinggal di botol susu anak

Kesimpulan

Pregestimil dan Pepti Junior susu pilihan susu formula yang tepat untuk anak yang alergi akan susu sapi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi kali ini kami lebih merekomendasikan untuk Anda memilih susu Pepti Junior selain harga yang lebih murah sedikit dibandingkan dengan Pregestimil susu Pepti Junior juga lebih mudah untuk Anda dapatkan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pregestimil vs Pepti Junior

VS

Leave a Reply