Pilih Mana: Primer atau Foundation?

Loading...

Siapa yang tidak mengenal Primer atau Foundation? Ya, kedua produk ini adalah alas yang digunakan terlebih dahulu sebelum menggunakan bedak dan make up lainnya. Primer dan Foundation mempunyai jenisnya sendiri sesuai dengan tipe jenis kulit kalian. Disini saya akan menjelaskan pengertian Primer, Foundation, Jenis dari keduanya, dan bisa kamu dapatkan dimana. Dibaca ya.

Primer

Primer merupakan salah satu produk yang sering‘ diabaikan’ oleh para perempuan. Kehadirannya memang tidak sangat diperlukan dan harus, tetapi pemakaian primer pada kulit wajah bisa menimbulkan perbandingan besar untuk totalitas tampilan makeup kamu dan memunculkan perbandingan pada seberapa lama makeup kamu mampu‘ bertahan’ pada wajah dalam kondisi prima. Kehadiran primer seperti layaknya lapisan tipis atau base coat. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Deodorant atau Parfum ?

Tetapi, ada bermacam jenis primer yang ada, yang tidak hanya sekedar mengisi pori- pori, melainkan pula mempunyai sebagian manfaat lain seperti meratakan corak maupun memberikan efek kulit bercahaya. Berikut beberapa jenis Primer.

Jenis-Jenis Primer

Blurring / Pore-Minimizing
Jika Kamu bermasalah dengan tekstur wajah yang kurang merata, baik karena pori- pori besar ataupun kerutan, menggunakan primer berjenis blurring atau pore- minimizing bisa menjadi solusi. Primer jenis ini mempunyai formula yang akan mengisi pori- pori ataupun kerutan sehingga akan tersamarkan serta membuat wajah tampak lebih halus.

Biasanya, primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer ataupun silicone yang bisa mengisi celah ataupun kerak- kerak, termasuk kerut pada kulit serta membuat lapisan segel di berdasarkan kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang halus, lembut, velvety, serta flawless.

Color-Correcting
Nah, pilihan jenis primer berikutnya merupakan Color- Correcting. Sesuai namanya, mungkin kamu telah dapat menduga kegunaan dari primer ini, yaitu meratakan warna kulit kamu. Color- correcting bertugas atas konsep roda warna, di mana masing- masing warna akan menghapuskan warna yang berlawanan.

Misalnya, warna hijau akan menyembunyikan warna kemerahan akibat jerawat ataupun warna pink akan mencerahkan zona bawah mata yang hitam. Jenis primer ini sesuai buat kamu yang mempunyai permasalahan warna complexion yang tidak merata sehingga kamu bisa mengurangi penggunaan foundation ataupun concealer yang sangat tebal dengan bantuan primer ini.

Mattifying
Dengan bantuan primer berjenis mattifying, dipastikan foundation Kamu akan lebih awet. Primer jenis ini diformulasikan agar bisa menyembunyikan tampilan pori- pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Jika kamu mempunyai jenis kulit kombinasi, kamu bisa menggunakan mattifying primer hanya pada bagian wajah yang sering berminyak seperti T- Zone.

Loading...

Hydrating
Kulit yang kering merupakan salah satu yang utama hasil foundation tampak tidak merata, apalagi patchy atau flaky. Oleh karena itu, jika kamu mempunyai jenis kulit kering, kamu bisa mencoba jenis primer Hydrating yang memang dikhususkan untuk kulit kering.

Harga Primer

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli primer, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga primer berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.50.000an hingga Rp.100.000an.

Foundation

Produk ini hadir dalam berbagai jenis variasi, warna dan konsistensi atau kepadatan. Umumnya kamu mengaplikasikan foundation sehabis kamu menggunakan primer serta mengaplikasikannya kemudian. Bila foundation kamu terasa lebih pekat serta berat ketika diaplikasikan, terdapat kemungkinan kamu menggunakan foundation dengan tingkat kepadatan yang salah.

Untuk mengenali apakah kamu menggunakan warna yang tepat, kenakanlah sedikit pada pipi serta pergelangan tangan bagian dalam dan harusnya warnanya berwarna serupa dengan kulit. Berikut beberapa jenis Foundation.

Jenis-Jenis Foundation

Foundation cair
Jenis ini sangat umum, serta mudah diaplikasikan sesuai intensitas yang diinginkan. Teksturnya pula sangat friendly dengan beraneka ragam jenis kulit, tinggal pilih hasil akhir, coverage dan formula yang sesuai untuk jenis kulitmu.

Cushion foundation
Termotivasi dari produk kecantikan Korea, saat ini banyak produk cushion foundation yang dapat diperoleh. Umumnya cushion foundation ini dilengkapi dengan skincare, atas tekstur light serta hasil akhir glowing. Plus, kemasannya yang praktis membuatnya recommended untuk jadi to- go- makeup- mu.

Foundation powder
Jenis foundation ini sempat hits beberapa waktu lalu. Bentuknya serbuk persis bubuk, dengan aplikator brush di kemasannya. Foundation jenis ini menjanjikan hasil akhir yang halus. Kamu dapat langsung menerapkannya setelah gunakan pelembab, atau terapkan sebagai setting powder setelah mengaplikasikan foundation cair untuk coverage yang lebih tinggi.

Foundation Stick
Seperti namanya, foundation ini berbentuk stik. Coveragenya juga lumayan tinggi mengingat bentuknya yang padat. Sistem pemakaiannya agak sulit karena memerlukan ketelatenan dalam membaur foundation merata ke semua wajah setelah dioleskan. Sesuai jika sedang mau tampak full makeup, kurang sesuai untuk daily makeup.

Harga Foundation

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli foundation, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga foundation berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.50.000an hingga Rp.800.000an loh.

Pilih Mana: Primer atau Foundation?

PrimerFoundation
Kelebihan - Membuat wajah lebih halus - Mampu mengisi pori-pori wajah - Membuat make up lebih tahan lama- Memiliki coverage yang lebih tinggi - Banyak varian warna - Awet dan tahan lama
Kekurangan- Beberapa produk membuat wajah berminyak - Yang tidak cocok menggunakan primer bisa membuat wajah berjerawat - Lebih sedikit mengandung SPF - Mudah menampilkan hasil yang cakey

Kesimpulan:

Primer dan Foundation adalah salah satu make up yang sangat bagus untuk mengurangi kekurangan di wajah. Kedua make up ini dapat membuat riasan make up lebih tahan lama, kedua make up ini juga biasa digunakan sebelum menggunakan make up lainnya seperti bedak, blush on dan lain sebagainya, dan memiliki kelebihan juga kekurangannya sendiri. Gunakan kedua make up ini sesuai dengan jenis kulit kamu saja ya, karena Primer dan Foundation memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Primer vs Foundation

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *