Pilih Mana: Primer atau Moisturizer?

Loading...

Make up adalah hal wajib yang dilakukan para wanita untuk menambah kecantikan dengan penampilannya. Dengan semakin berkembangnya zaman banyak sekali brand yang bermunculan dengan manfaat yang bagus untuk kulit wajah, seperti Primer dan Moisturizer kedua produk make up tersebut dapat membuat kulit tampak halus sebelum menggunakan make up lainnya. Disini saya akan menjelaskan definisi dari Primer dan Moisturizer dan juga jenis dari Primer dan Moisturizer.

Primer

Primer merupakan salah satu produk yang sering‘ diabaikan’ oleh para perempuan. Kehadirannya memang tidak sangat diperlukan dan harus, tetapi pemakaian primer pada kulit wajah bisa menimbulkan perbandingan besar untuk totalitas tampilan makeup kamu dan memunculkan perbandingan pada seberapa lama makeup kamu mampu‘ bertahan’ pada wajah dalam kondisi prima. Kehadiran primer seperti layaknya lapisan tipis atau base coat. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Primer atau Foundation?

Tetapi, ada bermacam jenis primer yang ada, yang tidak hanya sekedar mengisi pori- pori, melainkan pula mempunyai sebagian manfaat lain seperti meratakan corak maupun memberikan efek kulit bercahaya. Berikut beberapa jenis Primer.

Jenis-Jenis Primer

Blurring / Pore-Minimizing
Jika Kamu bermasalah dengan tekstur wajah yang kurang merata, baik karena pori- pori besar ataupun kerutan, menggunakan primer berjenis blurring atau pore- minimizing bisa menjadi solusi. Primer jenis ini mempunyai formula yang akan mengisi pori- pori ataupun kerutan sehingga akan tersamarkan serta membuat wajah tampak lebih halus.

Biasanya, primer dengan jenis ini akan berbahan dasar polymer ataupun silicone yang bisa mengisi celah ataupun kerak- kerak, termasuk kerut pada kulit serta membuat lapisan segel di berdasarkan kulit sehingga menghasilkan tampilan kulit yang halus, lembut, velvety, serta flawless.

Color-Correcting
Nah, pilihan jenis primer berikutnya merupakan Color- Correcting. Sesuai namanya, mungkin kamu telah dapat menduga kegunaan dari primer ini, yaitu meratakan warna kulit kamu. Color- correcting bertugas atas konsep roda warna, di mana masing- masing warna akan menghapuskan warna yang berlawanan.

Misalnya, warna hijau akan menyembunyikan warna kemerahan akibat jerawat ataupun warna pink akan mencerahkan zona bawah mata yang hitam. Jenis primer ini sesuai buat kamu yang mempunyai permasalahan warna complexion yang tidak merata sehingga kamu bisa mengurangi penggunaan foundation ataupun concealer yang sangat tebal dengan bantuan primer ini.

Mattifying
Dengan bantuan primer berjenis mattifying, dipastikan foundation Kamu akan lebih awet. Primer jenis ini diformulasikan agar bisa menyembunyikan tampilan pori- pori, sekaligus membantu menahan minyak pada wajah. Jika kamu mempunyai jenis kulit kombinasi, kamu bisa menggunakan mattifying primer hanya pada bagian wajah yang sering berminyak seperti T- Zone.

Harga Primer

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli primer, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga primer berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.50.000an hingga Rp.100.000an.

Loading...

Moisturizer

Pelembab atau moisturizer merupakan produk perawatan kulit yang bekerja untuk melindungi kelembaban kulit. Moisturizer tidak hanya diperlukan oleh pemilik kulit kering, tetapi juga untuk seluruh jenis kulit.

Banyak orang yang salah paham dan beranggapan kalau pelembab bisa menimbulkan kulit berminyak jadi semakin berminyak. Hal itu tentunya salah, pelembab tersedia dalam berbagai macam jenis dan bentuk serta dapat dipilih setimpal dengan kebutuhan kulit kamu. Berikut beberapa jenis Moisturizer.

Jenis-Jenis Moisturizer

Humektan
Pelembab atau Moisturizer dengan humektan bertugas dengan sistem menarik air ke sel- sel kulit supaya kulit senantiasa terhidrasi. Beberapa jenis humektan adalah seperti glycerin, AHA( Alpha Hydroxy Acid), hyaluronic acids, urea, serta sorbitol. Pelembab dengan humektan sangat sesuai digunakan untuk kulit kering dan tebal dan pada daerah yang sangat lembab.

Tidak hanya untuk kulit kering, moisturizer dengan humektan juga merupakan moisturizer untuk kulit berminyak, acne prone, dan kulit kombinasi. Moisturizer ini biasanya water- based sehingga sesuai untuk seluruh jenis kulit.

 

Emolien
Emolien atau emollient adalah zat yang bertugas mengisi bagian- bagian sel kulit yang kosong karena kehilangan lipid pelembabnya. Setelah ruang kosong tersebut diisi, kulit juga terhidrasi dengan baik serta menjadi lebih halus. Terdapat moisturizer dengan emollient yang water- based, tetapi lebih banyak yang oil- based ataupun berbasis minyak.

Emollient merupakan moisturizer yang sangat sesuai untuk digunakan oleh pemilik kulit yang keringnya cukup serius serta sangat membutuhkan kelembaban. Bahan utama moisturizer dengan emollient adalah seperti collagen, colloidal oatmeal, elastin, shea butter, stearic acid.

Occlusive
Jenis moisturizer yang ketiga merupakan occlusive yang bertugas mengunci kelembaban kulit. Moisturizer occlusive bekerja dengan sistem melapisi kulit untuk menghindari terjadinya penguapan. Bahan untuk moisturizer occlusive adalah seperti petrolatum, wax, lanolin, mineral oil, silicone.

Occlusive mempunyai perlindungan yang besar sehingga ampuh untuk menanggulangi sebagian permasalahan kulit semacam alergi atau kulit kering hingga mengelupas, tetapi moisturizer jenis ini tidak dianjurkan untuk penggunaan sehari- hari, paling utama untuk wajah.

Setiap jenis moisturizer mempunyai kelebihan serta kekurangan masing- masing. Tidak jarang kita akan menemukan 2 jenis moisturizer dalam satu produk. Hal ini terjadi karena memang untuk memperoleh moisturizer yang baik, diperlukan kombinasi bahan- bahan yang berasal dari jenis moisturizer yang berbeda.

Harga Moisturizer

Untuk kamu yang ingin mendapatkan atau membeli moisturizer, kamu bisa membeli di online shop yang kamu sukai dan brand yang kamu sukai. Atau kamu bisa langsung ke drugstore seperti Guardian. Harga moisturizer berbeda-beda sesuai brand. Mulai dari sekitar Rp.20.000an hingga Rp.100.000an.

Pilih Mana: Primer atau Moisturizer?

PrimerMoisturizer
Kelebihan - Membuat wajah lebih halus - Mampu mengisi pori-pori wajah - Membuat make up lebih tahan lama- Menutrisi kulit wajah - Melembabkan kulit wajah - Menghaluskan kulit wajah
Kekurangan- Beberapa produk membuat wajah berminyak - Yang tidak cocok menggunakan primer bisa membuat wajah berjerawat - Salah penggunaan tidak sesuai jenis kulit dapat membuat wajah berminyak - Dapat membuat wajah bruntusan

Kesimpulan:

Primer dan Moisturizer adalah produk make up atau base make up sebelum menggunakan rangkaian produk make up lainnya. Keduanya memiliki masing-masing manfaat untuk wajah, biasanya cara penggunaanya menggunakan Primer terlebih dahulu kemudian menggunakan Moisturizer atau pelembab wajah. jangan salah penggunaan ya, gunakan Primer atau Moisturizer sesuai dengan jenis kulit kamu agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Primer vs Moisturizer

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *