Elektronik

Pilih Mana: Printer Inkjet atau Laser?

Printer merupakan salah satu alat elektronik yang memiliki peran sangat penting dalam menunjang berbagai aktivitas. Printer dapat digunakan untuk mencetak berbagai file, mulai dari file untuk bisnis, untuk sekolah, hingga file pribadi. Terdapat beberapa jenis printer yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu printer inkjet dan printer laser. Manakah jenis printer yang paling sesuai untuk Anda gunakan? Printer inkjet atau printer laser?

Printer inkjet dan printer laser merupakan mesin atau alat cetak yang memiliki fungsi dasar untuk mencetak. Printer inkjet merupakan printer yang paling sering Anda jumpai, misalnya di tempat cetak dan sebagainya biasanya menggunakan printer inkjet. Printer inkjet memiliki harga yang relatif terjangkau. Sedangkan printer laser masih lebih sedikit digunakan sebab memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan printer jet. Baca juga Pilih Mana: Buku atau E-Book?

Printer Inkjet

Printer inkjet merupakan mesin cetak elektronik yang menggunakan tinta cair untuk mencetak. Teknologi yang digunakan pada printer inkjet adalah terknologi dor on demand. Teknologi ini berfungsi dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil pada kertas.

Kelebihan Printer Inkjet

Berikut beberapa kelebihan printer inkjet yang perlu Anda ketahui:

Harga Relatif Terjangkau
Salah satu kelebihan printer inkjet adalah memiliki harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan printer laser. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih printer inkjet daripada printer laser.

Cocok Digunakan untuk Cetak Tulisan dengan Jumlah yang Banyak
Kelebihan lain yang dimiliki oleh printer inkjet adalah cocok untuk Anda gunakan untuk mencetak banyak dokumen. Printer inkjet ini juga lebih cocok untuk mencetak dokumen sederhana karena lebih dapat menghemat biaya.

Kualitas Cetak Foto Lebih Baik
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki printer inkjet adalah dapat memberikan hasil cetak foto dengan kualitas yang lebih baik. Warna dan gambar dapat terlihat lebih jelas dan lebih terang. Karena itulah jika Anda memiliki banyak aktivitas untuk mencetak gambar, maka sebaiknya Anda menggunakan printer laser.

Kekurangan Printer Inkjet

Berikut beberapa kekurangan printer inkjet yang perlu Anda ketahui:

Cartridge Tinta Mudah Rusak
Salah satu kekurangan inkjet adalah memiliki catridge dengan ukuran yang kecil. Catridge ini juga sangat mudah rusak dan harus diganti jika rusak. Hal ini tentu berbeda dengan printer laser yang tidak menggunakan laser di dalamnya.

Kualitas Hasil Cetak Lebih Rendah
Kekurangan lain yang dimiliki printer inkjet adalah memiliki kualitas hasil cetak yang lebih rendah jika dibandingkan dengan printer laser. Printer inkjet lebih cocok untuk digunakan mencetak file atau dokumen biasa, sedangkan untuk mencetak dokumen bisnis yang membutuhkan kualitas teks dan warna yang lebih terang sebaiknya lebih memilih printer laser.

Lebih Lambat Saat Mencetak
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki printer inkjet adalah lebih lambat saat mencetak. Printer inkjet yang paling cepat sekalipun belum bisa menandingi kecepatan printer laser yang paling lambat. Jika dilihat dari kecepatannya, printer laser memang lebih unggul daripada printer inkjet.

Kelebihan Printer InkjetKekurangan Printer Inkjet
- Harga relatif terjangkau - Cartridge tinta mudah rusak
- Cocok digunakan untuk cetak tulisan dengan jumlah yang banyak- Kualitas hasil cetak lebih rendah
- Kualitas cetak foto lebih baik- Lebih lambat saat mencetak

Printer Laser

Printer laser merupakan mesin atau alat cetak elektronik yang metode pencetakannya menggunakan tinta bubuk atau biasa disebut dengan toner dengan memanfaatkan teknologi infra merah. Mesin cetak laser memberikan hasil cetakan yang lebih bagus dan lebih cepat.

Kelebihan Printer Laser

Berikut beberapa kelebihan printer laser yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Hasil Cetak yang Lebih Baik
Salah satu kelebihan printer laser adalah memberikan hasil cetak yang lebih baik daripada printer inkjet. Jika Anda perlu untuk mencetak dokumen penting seperti dokumen untuk bisnis yang memerlukan kualitas yang baik, maka sebaiknya Anda menggunakan printer laser.

Warna yang dihasilkan oleh printer laser juga lebih baik dan stabil. Dikutip dari Kompas.com semua printer laser warna dilengkapi dengan fitur kalibrasi untuk mengecek konsistensi warna. Karena itulah warna yang dihasilkan lebih stabil dan baik.

Kebutuhan Terhadap Tinta Lebih Kecil
Kelebihan lain yang dimiliki printer laser adalah hanya membutuhkan tinta lebih sedikit jika dibandingkan dengan printer inkjet. Printer inkjet lebih cepat dan lebih boros dalam menghabiskan tinta printer.

Dapat Mencetak Berbagai Ukuran Kertas
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki printer laser adalah dapat mencetak berbagai macam ukuran kertas. Dengan kemampuan yang dimiliki ini, Anda bisa dengan mudah untuk mencetak berbagai macam keperluan yang membutuhkan cetakan dengan beragam jenis ukuran kertas.

Kekurangan Printer Laser

Berikut beberapa kekurangan printer laser yang perlu Anda ketahui:

Harga Relatif Lebih Mahal
Salah satu kekurangan printer laser adalah memiliki harga yang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan printer inkjet. Inilah yang menjadi penyebab masih banyak orang yang belum menggunakan printer laser. Namun harga yang diberikan oleh printer laser ini sesuai dengan kualitas dan fungsi yang diberikan.

Kurang Cocok untuk Cetak Foto
Kekurangan lain yang dimiliki oleh printer laser adalah kurang cocok untuk melakukan cetak foto. hal ini dikarenakan adanya kemungkinan cetak warna yang kurang pas atau tidak pas pada printer LED. Hal ini akan membuat gambar yang dicetak menjadi kurang jelas dan tampak buram.

Mengonsumsi Daya Listrik lebih Besar
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh printer laser adalah mengonsumsi daya listrik lebih banyak jika dibandingkan dengan printer inkjet. Jika Anda mencari printer yang hemat dalam mengonsumsi daya listrik, maka printer laser bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Anda sebaiknya menggunakan printer inkjet.

Kelebihan Printer LaserKekurangan Printer Laser
- Memiliki hasil cetak yang lebih baik- Harga relatif lebih mahal
- Kebutuhan terhadap tinta lebih kecil- Kurang cocok untuk cetak foto
- Dapat mencetak berbagai ukuran kertas- Mengonsumsi daya listrik lebih besar

Pilih Mana: Printer Inkjet atau Laser?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara printer inkjet dan printer laser. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis printer tersebut:

Printer InkjetPrinter Laser
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Hasil cetak masih kurang baik daripada printer laser - Memiliki hasil cetak yang lebih baik
- Kualitas cetak foto lebih baik- Kualitas cetak cetak foto kurang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai printer inkjet dan printer laser tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil cetakan dengan menggunakan printer laser lebih baik daripada printer inkjet. Printer laser juga lebih cepat mencetak daripada printer inkjet. Namun, printer laser ini memiliki harga yang lebih mahal daripada printer inkjet. Anda dapat memilih jenis printer sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki aktivitas yang sering mencetak dokumen bisnis yang harus rapi, sebaiknya Anda menggunakan printer laser. Tapi jika Anda hanya memerlukan hasil cetakan yang sederhana, Anda dapat menggunakan printer inkjet.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Printer Inkjet vs Laser

VS

Leave a Reply