GamePerangkat Keras

Pilih mana: Ps Vita vs Psp?

Bagi para pecinta games tentu tidak asing lagi dengan konsol game, bukan? Ada berbagai macam merk yang menjual konsol game. Dengan varian harga yang bermacam-macam. Contohnya Ps Vita dan PSP. Kedua konsol game ini daihadirkan oleh perusahaan elektronik yang sama loh. Yang produknya tidak perlu diragukan lagi.

Nah, Mana yang lebih Anda sukai di antara keduanya? Tentunya, kedua produk ini mendapatkan tempat istimewa masing-masing di hati para pecinta gamers. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri,loh.

Penasaran dengan detail dari kedua konsol game ini? Apa kekurangannya? Dan apa kelebihannya? Kalau begitu, stay tune terus di Selera.id, agar bisa Anda jadikan perbandingan dalam memilihnya kelak.

Ps Vita vs Psp

Ps Vita

Ps Vita adalah konsol permainan video game yang diluncurkan oleh Sony Computer Entertainment. Ps Vita sudah sejak lama diluncurkan. Kemunculannya sejak tahun 2011. Setelah meraih kesuksesan oleh PlayStation portable generasi pertama. Ps vita memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Konektivitas menjadi andalan Sony pada Ps vita. Konsol game ini memiliki spesifikasi 2 stik analog, 6 axis motion sensor dan memiliki 2 kamera di depan serta belakang. Sekarang, Ps vita tidak hanya menggunakan wifi tetapi juga didukung oleh 3G yang akan membuat penggunanya dapat bermain online, berbagi video dan gambar serta mengakses internet dimanapun dan kapanpun.

Baca artikel lainnya: Pilih Mana: Nintendo Switch atau PS4?

Kelebihan Ps Vita

Berikut ini Kelebihan Ps Vita:

  • Memiliki dual kamera
    Ps vita dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang berkualitas tinggi. Fasilitas yang ditawarkan cukup bagus seperti pengalaman saat membidik objek, mengabadikan, mengkolaborasikan yang tertangkap kamera sebagai latar belakang visual yang akan dimainkan.
  • Kualitas gambar yang baik
    Kelebihan selanjutnya yaitu Tampilan oled screen pada konsol game ini diklaim memiliki kualitas gambar dan detail terbaik. Ps vita memiliki 16 juta warna serta resolusi tinggi 960×544 pixel.
  • Memiliki fitur yang canggih
    Kelebihan yang terakhir adalah berbagai fitur canggih yang dihadirkan ps vita membuat Anda tidak bosan saat memainkannya serta dapat membantu Anda terhubung lebih dekat sesama pengguna.

Ps Vita vs Psp

Kekurangan Ps Vita

Berikut ini Kekurangan Ps Vita:

  • Harganya yang relatif mahal
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Ps vita ialah harganya yang relatif mahal dibanding smartphone sekarang. Ps vita bisa didapatkan dimana saat ini harga smartphone yang ditawarkan jauh dari ps vita mampu menghadirkan games yang sudah tidak diragukan lagi. Ps vita juga memiliki memori dengan harga jual yang cukup mahal.
  • Minimnya opsi games
    Karena kurangnya games ekslusif yang ada pada ps vita membuat performanya menurun. Dimana kebanyakan games yang ditawarkan ps vita merupakan game-game turunan dari PS3 dan PS4, sehingga kehadirannya kurang diminati.
  • Jaringan Internet yang kurang maksimal
    Kekurangan lainnya adalah akses jaringan internetnya yang masih didukung dengan jaringan 3G. Jaringan 3G memiliki sinyal yang tidak stabil dan lemah, juga sering terputusyang sehingga tidak nyaman ketika sedang memainkan game. Terlebih bila sedang memainkan game saat online serta berbagi video.
KeteranganPs VitaPsp
Fitur-Fitur Touch screen -Fitur Cross play -Fitur six-axis motion sensor -Fitur GPS-Fitur video dan music player -Fitur foto Digital -Fitur GPS
HargaKisaran Harga Rp2.000.00-Rp6.000.000 Kisaran Harga Rp1.000.000-Rp4.000.000

Psp

Psp bisa disebut konsol permainan genggam yang dibuat dan dipasarkan oleh Sony. Awal kemunculan konsol game ini tahun 2004. Sebuah konsol game dimana kualitas grafisnya hamper setara dengan konsol game genggam seperti XBOX dan Ps2.

PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunakan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanan, meninggalkan kartrid ROM konvensional. UMD memiliki ukuran fisik yang lebih kecil daripada CD biasa dengan kapasitas yang jauh lebih besar, mencapai 1,8 GB.

Selain itu, PSP juga mendukung memory stick (Duo dan Pro Duo), jaringan LAN nirkabel, baterai yang dapat diisi ulang, LCD layar lebar, serta stik analog panel datar yang dapat didorong keluar.

Lihat juga:  9 Merk VGA Terbaik 2020

Psp seperti semacam perangkat hiburan yang berfungsi untuk memainkan permainan video, memutar film dan musik serta menampilkan foto digital. Fitur jaringan PSP ini mendukung konektivitas konsol dengan PlayStation 3, konsol PSP lain, dan Internet. Baca artikel lainnya 11 Gamepad Smartphone Terbaik 2020

Ps Vita vs Psp

Kelebihan Psp

Berikut ini Kelebihan Psp:

  • Memiliki berbagai varian games
    Kelebihan dari konsol game ini terdapat banyak pilihan games. Jadi, Anda tidak perlu takut bosan untuk memainkannya. Karena Anda bisa memilih games yang lain dari beberapa varian games yang dihadirkan. Dan lagi Anda bisa bermain games lainnya karena adanya fitur jaringan internet.
  • Memiliki kualitas yang baik
    Selain, didukung dengan berbagai konektivitas. Konsol game ini juga memiliki tombol kendali yang nyaman, sangat cocok untuk main game open world serta bentuk designnya yang menarik.
  • Harganya yang terjangkau
    Anda bisa menemukan konsol game ini di toko elektronik dengan harga yang cukup terjangkau. Tak heran konsol game ini begitu diminati. Meskipun dengan harga terjangkau, kualitasnya tetap yang terbaik.

Kekurangan Psp

Berikut ini Kekurangan Psp:

  • Kurangnya fitur-fitur canggih
    Kekurangan dari Psp yang pertama adalah kurang tersedianya berbagai fitur canggih seperti konsol game lainnya. Inilah yang membuat Psp mulai berkurang peminatnya.
  • Bentuknya yang cukup besar
    Kekurangan lainnya yang ada di konsol game ini adalah bentuknya yang cenderung besar untuk sebuah game konsol genggam sungguh merepotkan serta hanya memiliki 1 buah stik analog. Yang sedikit susah untuk dimainkan.
  • Resiko pemalsuan
    Karena Pps menjadi idaman para gamers saat ini, tentunya sudah banyak juga oknum yang membuat replika palsu Pps dengan kualitas yang dibawahnya dengan harga yang lebih murah.Oleh karena itu,  Anda harus lebih berhati-hati dan teliti dalam memilih Pps andalan Anda.

Tips Memilih Konsol Game Genggam yang Tepat

  • Pertama cari terlebih dahulu model-modelnya
    Anda bisa melihat varian model yang dihadirkan oleh berbagai macam produk psp di internet. Karena ada baiknya sebelum membeli Anda mengetahui model mana yang Anda sukai. Agar nyaman saat memainkannya.
  • Kedua pilihlah daya tahan baterai yang tahan lama
    Tentu baterai adalah hal penting bukan? Karena saat bermain nanti pasti Anda menginginkan daya tahan baterai yang awet agar tidak terdistract saat bermain.
  • Ketiga cek kondisi Produk
    Anda jangan mudah percaya dengan produk yang hanya terlihat dari luarnya saja. Cek kembali kondisi produk yang Akan Anda pilih agagr tidak tertipu.

Pilih mana: Ps Vita vs Psp?

KeteranganPs VitaPsp
Kelebihan-Memiliki dual kamera -Kualitas gambar yang baik -Memiliki fitur yang canggih-Memiliki berbagai varian games -Memiliki kualitas yang baik -Harganya yang terjangkau
Kekurangan-Harganya yang relatif mahal -Minimnya opsi games -Jaringan Internet yang kurang maksimal-Kurangnya fitur-fitur canggih -Bentuknya yang cukup besar -Resiko pemalsuan

Kesimpulan

Setelah membahas Ps Vita dan Psp tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua perangkat keras ini memiliki fitur dan kelebihan yang menyenangkan untuk para penggunanya apalagi untuk para pencinta games. Bagi Anda  yang menginginkan kemudahan dalam bermain game dimanapun, maka Ps Vita bisa menjadi jawabannya.

Namun jika Anda menginginkan detail gambar yang bagus serta kualitas yang tinggi dalam bermain game yang lebih bervariasi maka Psp solusinya. Janga lupa untuk mengecek kembali produk yang akan Anda beli dan pilihlah sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan ya!

Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ps Vita vs Psp

VS

 

Leave a Reply