Elektronik

Pilih Mana: PS3 Slim atau Fat?

Sony terus melakukan perbaikan dan pengembangan pada Play Station miliknya. Tidak terkecuali dengan perangkat PS3, ada 3 tipe berbeda yang telah dirilis yakni PS3 Fat, PS3 Slim dan PS3 Super Slim. Dan katanya, PS3 Fat memiliki banyak kekurangan sehingga orang lebih memilih versi yang lebih baru yakni PS3 Slim. Sehingga kami pun mencoba membandingkan keduanya, bagus mana PS3 Slim atau Fat?

PS3 Slim

PlayStation 3 atau lebih disingkat sebagai PS3 adalah game konsol generasi ketiga, sebagai pembaruan dari PlayStation dan PlayStation 2. PS3 Slim sendiri merupakan “upgrade” dari PS3 biasa yang sering disebut PS3 Fat. PlayStation 3 dirilis tahun 2016 di Jepang, Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan pada tahun 2007 PS3 dirilis di Eropa dan Australasia, dan wilayah PAL lainnya. PlayStation 3 secara resmi diperkenalkan ke dunia pada 16 Mei 2005 di E3. Baca juga Pilih Mana: PES 2018 atau FIFA 2018?

Kelebihan PS3 Slim yang bisa Anda ketahui:

1. Desainnya menarik
Kelebihan dari PS3 Slim dapat Anda lihat dari segi desain yang dihadirkan Sony. Desain yang dimiliki oleh PS3 Slim itu sendiri sangatlah menarik dan elegan. Sehingga tidak heran jika PS3 Slim saat ini menjadi pilihan terbaik bagi para pencinta gamers.

2. Ringan dan ramping
Selain memiliki desain yang menarik dan elegan, kelebihan lain dari PS3 Slim yang kami kutip dari Kaskus.co.id, yakni ringan dan ramping. PS3 Slim memang terlihat lebih ramping dan lebih ringan. Karena PS3 Slim memiliki bobot 36% lebih ringan dari PS3 Fat yaitu 3,2 Kg.

Kekurangan PS3 Slim yang bisa Anda ketahui:

Hardware pada PS3 Slim lebih diperbarui dari pada PS3 Fat sehingga memungkinkan pemuatan data akan lebih cepat. Akan tetapi dengan berbagai pembaruan yang ada pada PS3 Slim tidak heran jikalau PS3 ini dipatok dengan harga yang lebih mahal dari pada PS3 Fat.

PS3 Fat

Kelebihan PS3 Fat yang bisa Anda ketahui:

Kelebihan PS3 yang pertama ialah harganya murah. Harga PS3 Fat memang sangat murah ketimbang PS3 Slim. Sehingga PS3 Fat ini bisa menjadi salah satu alternatif pengguna yang ingin memiliki PS3 namun tidak ingin menguras tabungan terlalu dalam.

Kekurangan PS3 Fat yang bisa Anda ketahui:

1. Rentan ylod
PS3 Fat mengonsumsi daya lebih besar, sehingga rentan terhadap ylod (yellow light of death). Kasus ylod memiliki karakteristik ketika PS3 dihidupkan, lampu power yang tadinya hijau berubah menjadi kuning, kemudian merah kedip-kedip. Hal ini disebabkan oleh panas berlebih pada prosesor dan GPU PS3.

2. Kapasitas harddisk kecil
PS3 Slim memiliki kapasitas harddisk yang lebih besar dibandingkan dengan PS3 Fat. PS3 Slim memiliki kapasitas harddisk mencapai 120 GB sementara PS3 Fat hanya memiliki kapasitas 80 GB. Sehingga pengguna PS3 Fat sangat sedikit untuk bisa menyimpan game yang diinginkannya.

Pilih Mana: PS3 Slim atau Fat?

PS3 SlimPS3 Fat
Konsumsi daya– Lebih hemat– Rentan ylod
Kapasitas harddisk– Lebih besar– Lebih kecil
Sistem– Menggunakan sistem wireless– Masih menggunakan kabel

Kesimpulan

Menurut kesimpulan kami, PS3 Slim lebih baik dalam menghadapi ylod dibandingkan dengan PS3 Fat. Tetapi jika dikatakan PS3 slim not ylod atau bahkan anti ylod harus ditinjau ulang, karena faktor-faktor yang menyebabkan ylod itu banyak. Namun yang pasti, desain, bobot dan pembaruan yang dihadirkan PS3 Slim jauh lebih baik dibandingkan PS3 Fat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PS3 Slim vs Fat

VS

Leave a Reply