Aplikasi

Pilih Mana: PUBG atau Fortnite?

Bagi orang-orang yang menyukai game, mereka tidak akan selalu meluangkan waktunya untuk bermain game. Apalagi saat ini telah banyak game yang bermunculan dan berkualitas. Dua jenis game yang saat ini sedang banyak dimainkan yaitu PUBG dan Fortnite. Manakah yang lebih baik di antara kedua game ini? PUBG atau Fortnite?

PUBG dan Fornite merupakan dua game yang saat ini sangat banyak diminati. PUBG dan Fortnite memiliki cara permainan yang hampir sama. Namun kedua game ini memiliki banyak pula perbedaan seperti besarnya lokasi permainan, senjata yang digunakan, hingga tampilan visualnya. Baca juga Pilih Mana: Clash Royale atau COC?

PUBG

PUBG merupakan PlayerUnknown’s BattleGrounds merupakan permainan atau game perang yang memiliki aliran first person shooter. Aliran ini merupakan aliran yang menuntut semua pemain yang ada harus saling membunuh dan hanya tersisa satu pemain saja.

Kelebihan PUBG

Berikut beberapa kelebihan PUBG yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Map Lebih Luas

Salah satu kelebihan map adalah memiliki dua pilihan map. Selain memiliki dua pilihan, map pada PUBG lebih luas jika dibandingkan dengan map pada Fortnite. Dengan memiliki map yang lebih luas, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda saat bermain di PUBG. Map erangel yang penuh dengan rumput akan membuat Anda merasa lebih aman untuk bersembunyi dari musuh.

  • Memiliki Versi Mobile yang Lebih Unggul

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PUBG adalah memiliki versi mobile yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Fortnite. PubG versi mobile telah dirilis lebih dulu dan dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS. Sedangkan Fornite versi mobile hanya bisa diakses oleh pengguna iOS saja.

  • Memiliki Senjata dan Item yang Beragam

Kelebihan lain yang dimiliki oleh PUBG adalah memiliki senjata dan item yang lebih beragam jika dibandingkan dengan Fortnite. Selain beragam, jumlah senjata di PUBG juga lebih banyak daripada Fortnite. Banyaknya jumlah dan ragam senjata ini dapat Anda pakai sesuai dengan kebutuhan perang Anda.

Kekurangan PUBG

Berikut beberapa kekurangan PUBG yang perlu Anda ketahui:

  • Perlu Membayar untuk Unduh Game dan Buat Akun

Salah satu kekurangan PUBG adalah mewajibkan Anda membayar untuk bisa mengunduh dan membuat akun. Hal ini tentu berbeda dengan Fortnite yang gratis untuk diakses dan diunduh. Untuk mendapatkan game dan akun PUBG Anda perlu membayar sekitar Rp199.999.

  • Hanya Memberikan Slot untuk 2 Senjata

Kekurangan lain yang dimiliki PUBG adalah hanya menyediakan slot untuk 2 senjata saja. Tapi meskipun hanya menyediakan slot untuk 2 senjata saja, pada PUBG Anda akan menemukan armor, helm, sepatu, celana, baju, dan lainnya.

  • Lebih Sulit Mendeteksi Musuh

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh PUBG adalah lebih sulit dalam mendeteksi dan menemukan musuh. Hal ini dikarenakan PUBG memiliki tampilan visual yang sangat realistis sehingga lebih sulit dalam mendeteksi dan menemukan musuh.

Kelebihan PUBGKekurangan PUBG
- Memiliki map lebih luas- Perlu membayar untuk unduh game dan buat akun
- Memiliki versi mobile yang lebih unggul- Hanya memberikan slot untuk 2 senjata
- Memiliki senjata dan item yang beragam- Lebih sulit mendeteksi musuh

Fortnite

Fortnite merupakan game yang memiliki dua mode game. Dua mode game tersebut yaitu mode Battle Royale dan Save The World. Untuk mengakses game ini Anda tidak memerlukan biaya untuk mengakses game jenis ini.

Kelebihan Fortnite

Berikut beberapa kelebihan fortnite yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Mendeteksi Musuh

Salah satu kelebihan Fortnite adalah lebih disukai karena lebih mudah dalam mendeteksi musuh. Hal ini dikarenakan Fortnite memiliki tampilan visual komikal dan warna-warni. Tampilan visual yang seperti ini membuat Anda lebih mudah mendeteksi musuh jika dibandingkan dengan PUBG yang memiliki tampilan visual grafis yang lebih realistis sehingga lebih sulit mendeteksi musuh.

  • Memiliki Sistem Item dan Looting yang Lebih Sederhana

Kelebihan lain yang dimiliki Fortnite adalah memiliki sistem item dan looting yang lebih sederhana. Dengan sistem item dan looting yang sederhana ini, Anda akan gampang mengerti meskipun sebelumnya Anda belum pernah memainkan permainan yang menggunakan senjata api, sehingga Fortnite ini juga cocok bagi pemain pemula.

  • Dapat Membawa Lebih Banyak Senjata

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Fortnite adalah menyediakan slot senjata yang lebih banyak daripada PUBG. Fortnite memiliki keunggulan memiliki slot lima senjata atau item konsumsi lainnya. Sedangkan PUBG hanya membolehkan pemain untuk menggunakan dua senjata saja. Selain kelebihan tersebut, dikutip dari IDNTimes.com Fortnite akan lebih sering memberikan update terbaru sehingga Anda akan melihat banyak tambahan, mulai dari item atau fitur menu yang lebih cepat untuk Fortnite.

Lihat juga:  Pilih Mana: UC Browser atau UC Turbo?

Kekurangan Fortnite

Berikut beberapa kekurangan fortnite yang perlu Anda ketahui:

  • Versi Mobile yang Masih Terbatas

Salah satu kekurangan Fortnite jika dibandingkan dengan PUBG adalah memiliki aplikasi versi mobile yang masih terbatas. Fortnite hana bisa diakses oleh pengguna iOS saja, sedangkan pengguna Anroid belum bisa menikmati permainan Fortnite melalui aplikasi dari ponsel.

  • Map Lebih Kecil Sehingga Game Lebih Cepat Selesai

Kekurangan lain yang dimilik Fortnite adalah memiliki map yang lebih kecil jika dibandingkan dengan map yang ada pada PUBG. Karena memiliki map yang lebih kecil, Anda akan lebih cepat dan lebih sering bertemu dengan musuh. Hal ini disebabkan wilayah permainan yang terbatas, selain itu game juga akan lebih cepat selesai pula.

  • Memiliki Senjata dan Item yang Terbatas

Kekurangan lain yang dimiliki Fortnite adalah memiliki senjata yang jumlahnya dan ragamnya lebih terbatas jika dibandingkan dengan senjata pada PUBG. Karena itu, Anda hanya dapat menggunakan jenis senjata yang sama untuk kepentingan yang berbeda. Namun, hal ini membuat pengguna yang tidak mengerti teknik senjata lebih mudah dalam menggunakannya.

Kelebihan FortniteKekurangan Fortnite
- Lebih mudah mendeteksi musuh- Versi mobile yang masih terbatas
- Memiliki sistem item dan looting yang lebih sederhana- Map lebih kecil sehingga game lebih cepat selesai
- Dapat membawa lebih banyak senjata- Memiliki senjata dan item yang terbatas

Pilih Mana: PUBG atau Fortnite?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara PUBG dan Fortnite. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

PUBGFortnite
- Perlu membayar untuk mengunduh dan membuat akun- Tidak perlu membayar untuk mengunduh dan membuat akun
- Memiliki aplikasi mobile yang dapat diakses pengguna Android dan iOS- Aplikasi mobile hanya dapat diakses pengguna iOS
- Memiliki tampilan visual yang lebih realistis- Memiliki gaya visual yang komikal dan warna warni

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai PUBG dan Fortnite di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan game yang memiliki cara kerja yang hampir sama. Jika Anda menyukai game dengan gambar yang lebih memiliki visual lebih realistis dan permainan yang lebih detail, maka Anda bisa memilih PUBG. Tapi jika Anda lebih menyukai game yang tidak terlalu serius dan lebih casual, maka Anda dapat menggunakan Fortnite yang lebih mudah dimainkan dan cocok untuk pemula.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

PUBG vs Fortnite

VS

Leave a Reply