Lainnya

Pilih Mana: Pulpen atau Pensil?

Alat tulis adalah sebuah benda yang sudah dijual dan dipasarkan sejak dahulu, karena alat tulis adalah sebuah benda yang sangat diperlukan untuk semua kalangan mulai dari pelajar, orang kantoran, orang jualan dan lain sebagainya seperti alat tulis Pulpen dan Pensil. Walaupun zaman semakin modern yang biasanya sudah menggunakan laptop untuk mengerjakan suatu pekerjaan tetapi Pulpen dan Pensil masih sangat dibutuhkan. Disini saya akan menjelaskan mengenai Pulpen dan Pensil.

Pulpen

Walaupun banyak pekerjaan yang dapat diketik langsung di laptop ataupun komputer, tetapi terdapat sebagian pekerjaan yang tidak dapat diganti serta wajib dilakukan dengan secarik kertas dan bolpoin. Sehingga, akan sangat bijak bagi kamu untuk mempunyai bolpoin serta buku catatan yang dapat kamu gunakan dimana saja dan kapan saja. Baca juga Pilih Mana: Kertas HVS atau Kertas Folio?

Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari- hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang bisa dihapus, sudah banyak beredar di pasaran. Produknya juga beraneka ragam mulai dari yang biasa hingga mewah.

Pulpen yang dipasarkan juga banyak jenis- jenisnya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pulpen juga mudah ditemukan di toko buku dan alat tulis lainnya seperti Gramedia.

Jenis-Jenis Pulpen

Bolpoin
Salah satu tipe pulpen yang sangat umum digunakan adalah bolpoin. Pulpen yang bermata bulat (tumpul) ini dilengkapi dengan tinta pekat dalam tabung. Ujung bolpoin yang sangat biasa yaitu dekat 1,0 mm, ujung halus kurang lebih 0,7 mm.


Tinta yang digunakan dalam bolpoin berbasis minyak. Bolpoin sangat baik untuk digunakan dalam aktivitas kegiatan sehari- hari, khususnya untuk seniman serta perancang industri. Pulpen itu dapat digunakan untuk membuat berbagai shading.

Pulpen Rollerball
Tinta Rollerball umumnya berbasis air. Tinta mengalir dengan cepat serta halus dan menghasilkan garis hitam yang baik. Tinta mengalir lebih cepat dan jenuh pada kertas dibanding tinta bolpoin ukuran ujung pulpen rollerball merupakan antara 0,5 mm sampai 0,7 mm. Ujung pulpen rollerball yang lebih halus dengan bola yang lebih kecil sehingga mengurangi ukuran garis yang ditulis.

Pulpen Tinta Gel
Tinta gel merupakan tinta berpigmen tersuspensi dalam air. Tintanya pekat, buram serta cenderung menggelembung di permukaan sebelum meresap masuk masuk serta menghasilkan garis yang lebih tajam. Tidak hanya itu, cara pengeringan juga lebih lambat. Pulpen tinta gel menggunakan sistem pengiriman gaya yang serupa seperti bolpoin. Ukuran ujung pada pulpen tinta gel umumnya berkisar antara 0,5 mm serta 0,7 mm.

Tips Memilih Pulpen

Pilih jenis tinta sesuai dengan tujuan penulisan
Pilih ketebalan pulpen sesuai kebutuhan penulisan
Perhatikan cara mengeluarkan mata pena berdasarkan tujuan dan frekuensi penggunaan
Pilihlah pulpen dengan fungsi tambahan yang mudah digunakan

Pensil

Pensil merupakan salah satu alat tulis yang sudah sangat biasa. Kamu juga pasti sempat menggunakannya semenjak Sekolah Dasar. Bisa jadi saat ini juga kamu masih sering menggunakannya untuk melakukan tes dengan Lembar Jawab Komputer( LJK). Kamu yang kuliah di bidang seni rupa atau teknik juga masih sering menggunakannya untuk melukis.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yuasa atau GS?


Pensil di era modern terbuat dengan menghancurkan grafit asli serta tanah liat menjadi bentuk bubuk. Kombinasi ini kemudian diberi air, dianginkan, dan setelah itu dibakar selama 3 hari. Setelah itu isi pensil yang sudah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus. Pensil juga mudah ditemukan di toko buku dan alat tulis lainnya seperti Gramedia.

Jenis-Jenis Pensil

Pensil Mekanik
Pensil ini merupakan pensil tanpa raut. Kemasannya mirip ballpoint serta dapat diisi ulang. Alat ini sering digunakan untuk kebutuhan sketching awal maupun arsiran pada bagian detail seperti membuat arsiran rambut agar terkesan semi realis. Ukurannya hanya ada ukuran H dan 2B.

Pensil Conte
Pensil ini dibuat dari bubuk arang yang diolah serta dikemas serupa dengan pensil grapith, namun agak lebih besar rupa bulatan kayu nya. Biasanya alat ini digunakan oleh para seniman pensil. Metode melukis menggunakan alat ini juga banyak macamnya. Tidak hanya itu juga terdapat tambahan kuas atau kapas sebagai aksesoris atau pendukung dalam tahap teknik arsirannya.

Pensil Carchoal
Pensil ini tidak jauh beda dengan pensil conte. Hanya saja tekstur arsiran yang diperoleh terkesan lebih kasar. Memaksimalkannya juga sama dengan pensil conte yaitu dengan menambahkan kapas atau kuas.

Tips Memilih Pensil

Pilih pensil yang memiliki bentuk simetris
Pilih isi pensil yang warnanya hitam pekat
Pilih panjang dan diameter yang sewajarnya
Pilih batang kayu yang kokoh dan bagus

Pilih Mana: Pulpen atau Pensil?

Detergent CairDetergent Bubuk
Kelebihan - Cepat larut - Tidak membuat tangan panas - Lebih hemat- Serba guna - Lebih murah - Lebih banyak
Kekurangan- Lebih mahal - Susak ditakar- Warna jadi cepat pudar - Kasar dan panas

Kesimpulan

Alat tulis seperti Pulpen dan Pensil adalah alat tulis yang sangat dibutuhkan baik bagi pelajar, seseorang yang bekerja dan lainnya. Karena keduanya adalah alat tulis untuk mencatat suatu keperluan, bahkan Pensil sejak dahulu adalah alat tulis yang dibutuhkan anak pelajar untuk ujian nasional. Pulpen dan Pensil juga memiliki jenisnya jadi untuk kamu dapat disesuaikan saja dengan keperluan kamu, kamu juga bisa memilih Pulpen dan Pensil sesuai tipsnya karena Pulpen dan Pensil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pulpen dan Pensil juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Pulpen vs Pensil

VS

Leave a Reply