Pilih Mana: Quad Core atau Octa Core?

Loading...

Perkembangan prosesor dari waktu ke waktu semakin menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Jika sebelumnya hanya ada Single Core dan Dual Core, kini prosesor pun semakin berkembang dengan adanya Quad Core dan Octa Core. Bagi yang awam dengan nama prosesor ini pastinya akan sulit untuk membedakan mana yang lebih baik. Maka dari itu pada kesempatan hari ini kami akan membahas bagus mana Quad Core vs Octa Core?

Quad Core

Dikutip dari JalanTikus.com, Quad Core mempunyai empat inti sehingga kinerjanya akan cepat dan ringan saat digunakan untuk memproses data. Baca juga Pilih Mana: 360 Security atau 360 Security Lite?

Kelebihan Quad Core yang bisa Anda ketahui:

1. Mampu memproses 4 tugas sekaligus
Kelebihan Quad Core yang pertama ialah mampu memproses 4 tugas sekaligus. Empat inti pada Quad Core sudah lebih dari cukup untuk membuat sebuah smartphone menjadi lebih cepat dan ringan saat memproses data.

2. Lebih stabil dalam melakukan multitasking
Kelebihan Quad Core selanjutnya ialah lebih stabil dalam melakukan multitasking. Quad Core mampu menjaga setiap proses yang berjalan tetap stabil dan tidak mengalami crash (menutup dengan sendirinya).

Kekurangan Quad Core yang bisa Anda ketahui:

1. Ketersedian dukungan software
Tidak semua software mampu bekerja dengan optimal dengan Quad Core. Oleh karena itu setiap vendor software perlu melakukan algoritma pemrograman khusus untuk bisa memanfaatkan kemampuan multitasking pada prosesor Quad Core.

Loading...

2. Boros pemakaian baterai
Quad Core bisa dikatakan boros pemakaian baterai dikarenakan kemampuan pengolahan data prosesor ini cukup rapat sehingga membuat kebutuhan daya semakin besar dan kerja power supply pun semakin tinggi. Alhasil membuat baterai lebih boros sekaligus umur pakai baterai pun menjadi lebih pendek.

Octa Core

Octa Core mempunyai 8 inti dalam satu prosesor. Ini berarti Octa Core dapat memproses 8 tugas sekaligus dengan mudah dan sangat cepat.

Kelebihan Octa Core yang bisa Anda ketahui:

1. Sangat cocok untuk gaming
Octa Core yang memiliki 8 inti mampu membuat aktivitas para gamers semakin nyaman dan betah berlama-lama bermain gaming. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak vendor merek smartphone maupun laptop yang perangkatnya lebih ditujukan untuk gaming memilih menggunakan Octa Core.

2. Kinerja yang lebih cepat
Octa Core dipercaya memiliki kinerja yang lebih cepat bahkan sangat cepat dari kinerja Quad Core. Octa Core ini memproses delapan pekerjaan sekaligus sementara Quad Core masih memproses pada empat pekerjaan yang juga dijalankan sekaligus.

Kekurangan Octa Core yang bisa Anda ketahui:

1. Cepat panas
Kekurangan pertama yang dimiliki Octa Core ialah membuat perangkat cepat panas. Ini bukan tanpa sebab, panas ini kemungkinan dikarenakan kinerja yang dihadirkan Octa Core sangat cepat dan bekerja lebih besar untuk menjalankan kebutuhan pengguna perangkat yang menggunakan Octa Core.

2. Sangat boros daya
Prosesor Octa Core mempunyai banyak inti sehingga daya baterainya pun harus ditingkatkan. Seperti misalnya aplikasi yang pada umumnya hanya membutuhkan Single Core dan Dual Core saja, maka pada Octa Core terkadang akan mengaktifkan semua core-nya untuk memprosesnya sehingga berdampak pada daya baterai yang cepat habis (boros).

Pilih Mana: Quad Core atau Octa Core?

Quad CoreOcta Core
Pengguna – Cenderung pengunaan multitasking– Dominan pengguna gaming
Pengertian– Empat inti dalam satu prosesor– Delapan inti dalam satu prosesor
Ketahanan– Cenderung boros– Sangat boros

Kesimpulan:

Seperti yang kami uraikan di atas, semua tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda memakainya hanya untuk penggunaan multitasking, seperti mengedit foto, video dan melakukan rendering, maka Quad Core. Sementara Octa Core lebih ditujukan pada pengguna yang menjalankan beberapa tugas berat, misalnya gaming. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Quad Core vs Octa Core

VS

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *