Pilih Mana: Rangka Baja atau Beton?

Loading...

Pemilihan material tepat untuk bagian atap rumah merupakan hal yang sangat penting. Karena atap bangunanlah yang akan memberikan perlindungan kepada penghuninya. Dua material untuk atap yang dapat dijadikan pilihan di antaranya yaitu rangka baja dan beton. Manakah yang paling baik untuk bangunan Anda? Rangka baja atau beton?

Rangka baja saat ini banyak digunakan karena proses pemasangan yang sangat mudah dan tidaklah rumit. Sedangkan beton atau dak beton saat ini juga banyak digunakan karena memiliki fungsi yang banyak serta lebih kokoh dan lebih kuat menjadi pelindung sebuah bangunan.

Rangka Baja

Rangka baja merupakan rangka atap yang terbuat dari bahan baja ringan. Rangka baja ini dibutuhkan sebagai rangka sebelum memasangkan atap pada sebuah bangunan. Saat ini rangka baja banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki harga yang terjangkau.

Kelebihan Rangka Baja

Berikut beberapa kelebihan rangka baja yang perlu Anda ketahui:

  • Anti Karat dan Lumut

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh rangka baja adalah tahan terhadap karat dan lumut. Dengan kelebihan yang dimiliki ini, Anda tidak perlu mengkhawatirkan terjadinya karat pada rangka baja. Rangka baja juga tidak akan terkena lumut sehingga estetika dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama.

  • Dapat Dibuat dengan Berbagai Bentuk

Kelebihan lain yang dimiliki rangka baja ini adalah dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk, warna serta ukuran. Artinya, rangka baja lebih variatif dan tidak terlalu monoton. Anda dapat membuatnya sesuai dengan ukuran, bentuk dan warna yang Anda inginkan.

  • Relatif Aman Jika Terjadi Bencana

Kelebihan lain yang dimiliki oleh rangka baja adalah memiliki bobot yang ringan. Dengan bobot yang ringan ini, Anda akan tidak akan tertimpa beban yang berat jika terjadi bencana seperti gempa dan hal lainnya. Dengan bobot yang tidak terlalu berat ini, Anda tidak akan terlalu dibahayakan saat berada di bawahnya. Selain itu, dikutip dari Kumparan.com bobot konstruksi baja yang ringan ini mempermudah proses transportasi dan pemasangan saat membangun rumah atau bangunan.

  • Harga Relatif Terjangkau

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki rangka baja adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga atau biaya yang akan Anda keluarkan untuk pembuatan beton. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, maka rangka baja ini cocok untuk menjadi alternatif.

Kekurangan Rangka Baja

Berikut beberapa kekurangan rangka baja yang perlu Anda ketahui:

  • Rawan Terjadi Kerusakan dan Kebocoran

Salah satu kekurangan rangka baja adalah rawan terhadap kerusakan dan kebocoran. Dilihat dari segi kekuatan, rangka baja memang tidak lebih kuat jika dibandingkan dengan beton yang cenderung kuat dan susah rusak.

Loading...
  • Tidak Mampu Menahan Suhu Luar Bangunan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh rangka baja adalah tidak mampu menahan suhu luar bangunan. Hal ini berbeda dengan beton yang lebih tebal dan lebih kuat sehingga tidak akan menyerap dan membuat suhu ruangan menyerap panas dari luar.

  • Tidak Mampu Menahan Beban Berat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki rangka baja adalah tidak mampu menahan beban yang berat. Hal ini dikarenakan rangka baja tidak memiliki kekuatan seperti beton yang dapat menahan bebat yang cukup berat.

Kelebihan Rangka Baja Kekurangan Rangka Baja
- Anti karat dan lumut - Rawan terjadi kerusakan dan kebocoran
- Relatif aman jika terjadi bencana - Tidak mampu menahan suhu luar bangunan
- Harga relatif terjangkau - Tidak mampu menahan beban berat

Beton

Beton atau dak beton merupakan salah satu alternatif yang digunakan sebagai atap sebuah bangunan. Dengan menggunakan dak beton, Anda tidak memerlukan material lain untuk membuat atap bangunan Anda. Penjelasan mengenai beton pernah kami bahas pada artikel Atap Genteng vs Dak Beton.

Kelebihan Beton

Berikut beberapa kelebihan beton yang perlu Anda ketahui:

  • Mampu Menahan Beban Berat

Salah satu kelebihan beton jika dibandingkan rangka baja adalah dapat memikul ataupun menahan beban yang berat di atasnya. Dengan kemampuan ini, beton dapat memiliki banyak fungsi karena Anda dapat meletakkan beberapa barang di atasnya tanpa mengkhawatirkan kekuatan beton.

  • Jarang Terjadi Kebocoran

Kelebihan lain yang dimiliki beton adalah minim terjadi kebocoran. Dengan pengerjaan yang tepat dan baik, beton bisa dipastikan tidak akan bocor. Rumah Anda akan lebih nyaman dan aman karena terhindar dari kebocoran saat hujan.

  • Mampu Meredam Suhu dari Luar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh beton adalah dapat meredam dan tidak menyerap panas dari luar. Dengan demikian, Anda yang berada di dalam ruangan tidak akan merasakan panasnya matahari dari luar, sebab beton mampu meredam panas dengan baik dan menghasilkan suhu yang tidak panas.

Kekurangan Beton

Berikut beberapa kekurangan beton yang perlu Anda ketahui:

  • Rentan Terhadap Serangan Lumut

Salah satu kekurangan beton adalah mudah terserang lumut. Hal ini dikarenakan beton akan menjadi lembap pada keadaan tertentu, dengan demikian beton akan menghasilkan lumut. Anda perlu memeriksa dan melakukan perawatan untuk membuat beton bersih dari lumut.

  • Cukup Berbahaya Jika Terjadi Bencana

Beton memiliki bobot yang besar dan relatif berat. Dengan ukuran dan bobot yang dimiliki ini beton akan memberikan dampak yang berbahaya jika terjadi bencana dan terjadi kerusakan pada beton yang berkemungkinan menimpa orang yang berada di dalam ruangan.

  • Biaya Pembuatan dan Perawatan Relatif Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki beton adalah membutuhkan biaya pembuatan yang lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pembuatan rangka baja. Saat terjadi kerusakan, biaya perbaikan beton ini juga cukup mahal. Karena itu, Anda memang perlu menyiapkan budget yang cukup besar untuk pembuatan serta perawatan beton.

Kelebihan Beton Kekurangan Beton
- Mampu menahan beban berat - Rentan terhadap serangan lumut
- Jarang terjadi kebocoran - Cukup berbahaya jika terjadi bencana
- Mampu meredam suhu dari luar - Biaya pembuatan dan perawatan relatif mahal

Pilih Mana: Rangka Baja atau Beton?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara rangka baja dan beton. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Rangka Baja Beton
- Memiliki bobot yang lebih berat - Memiliki bobot yang lebih ringan
- Pemasangan lebih mudah - Pemasangan lebih rumit
- Harga relatif terjangkau - Harga lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai rengka baja dan beton di atas, dapat disimpulkan bahwa beton memiliki kekuatan yang lebih baik daripada rangka baja. Namun, beton membutuhkan biaya yang lebih besar daripada rangka baja, Anda juga perlu merawat beton dengan baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rangka Baja vs Beton

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *