Elektronik

Pilih Mana: Realme 3 atau Oppo A5S?

Realme dan Oppo menjadi salah satu produsen handphone besar yang saat ini berlomba untuk memberikan performa dan spesifikasi yang terbaik untuk produknya. Saat ini juga banyak orang yang membutuhkan smartphone yang canggih dengan harga yang ekonomis. Realme 3 dan Oppo A5S menjadi smartphone yang menjawab persoalan itu. Bagaimana detail dari kedua smartphone tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Realme 3 dan Oppo A5S. Stay tune ya guys.

Realme

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat berbagai macam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, namun dengan harga yang dapat dikatakan ekonomis.

Apalagi Realme juga memperkenalkan smartphone buatannya di Indonesia dengan harga yang lebih ekonomis dibanding dengan Xiaomi. Bahkan mempunyai detail hardware yang lebih tinggi lagi.

Awal mulanya Realme sendiri muncul pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dikembangkan oleh OPPO. Selanjutnya, Realme juga jadi sub-brand dari OPPO yang amat laris di sebagian negara.

Bahkan pada saat Realme 1 dirilis di India mendapatkan sambutan yang amat baik, bahkan sanggup menyaingi Xiaomi. Selanjutnya, Realme secara resmi berdiri sendiri pada 4 Mei 2018 yang tentunya berpisah dengan OPPO. Baca juga Pilih Mana: Nokia 2.2 atau Realme c2?

Realme 3

Dapur pacunya, Realme 3 ditopang MediaTek Helio P60 dengan metode FinFET 12nm terbaru TSMC yang lebih hemat daya. Helio P60 mengadopsi struktur 8- inti serta dilengkapi dengan 4 inti Cortex-A53 serta 4 inti Cortex-A73, dengan clock speed sampai 2.0GHz.

P60 tampil dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang meliputi prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic. dipadukan NeuroPilot dan penjadwal multi-thread baru yang pandai menciptakan kemampuan yang 2 kali lebih efisien dalam konsumsi daya dibanding GPU.

Prosesor yang dipakai chipset ini yaitu Octa-core. GPU nya memakai Mali-G72. Penyimpanannya ditopang RAM 4GB, ROM 64GB dan MicroSD sampai 256GB.

Fitur Realme 3

Realme 3 menyediakan beraneka ragam fitur harapan seperti game space, face unlock, fingerprint, riding mode serta fitur menarik lainnya. Sensor sidik jari Realme 3 sanggup membuka smartphone dengan sangat cepat dibawah 1 detik. Face unlock Realme 3 pula sanggup membuka smartphone dengan amat cepat dibawah 1 detik.

Riding mode memungkinkan Kamu menerima serta menolak panggilan kala lagi berkendara. Sepanjang perjalanan, seluruh notifikasi bisa dibisukan dan penelepon yang diizinkan bisa diatur. Kamu bisa menolak panggilan lain yang tidak diinginkan dan secara otomatis menjawab dengan SMS.

Kamera Realme 3

Realme 3 disematkan kamera utama ganda beresolusi 13MP dan 2MP. Lensa utamanya beresolusi 13MP dengan aperture f/1.8. Sedangkan lensa sekundernya beresolusi 2MP dibantu depth sensor.

Menu kamera utama ataupun selfie Realme 3 lumayan simpel. Kamera utama serta selfie Realme 3 telah dibantu teknologi AI.

Kamera utama Realme 3 mengangkat fitur anyar seperti Mode Chroma Boost serta Bentuk Nightscape. Tersaji mode photo, portrait, pano dan expert. berbagai macam filter menarik juga disuguhkan di menu kamera utama maupun selfie.

Kamu bisa mengambil gambar memakai mode photo dengan 1x zoom serta 2x zoom. Perolehan fotonya lumayan tajam dan detail memakai mode 1x zoom.

Baterai Realme 3

Dayanya, Realme 3 dibenamkan baterai berkapasitas lumayan besar yaitu 4.230mAh. Kapasitas baterai itu membagikan daya tahan lebih lama pada Realme 3.

Dalam kondisi standby, Realme 3 sanggup bertahan sampai seharian penuh alias 24 jam. Saat dipakai buat browsing internet, smartphone ini bertahan sampai 21 jam.

Mode Screen Battery Optimization pada Realme 3 membuat lebih irit daya. Penyeimbang serta Mode Efisiensi Energi Tinggi yang bisa diseleksi pengguna buat memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Lihat juga:  Pilih Mana: SanDisk atau Kingston?

Harga Realme 3

Varian 4/64 dilepas dengan harga Rp 2.399.000. Sedangkan varian 3/32 dijual dengan harga Rp 1.799.000. Realme 3 tersedia dalam varian warna Black, Dynamic Black serta Radiant Blue.

Oppo

Pada bulan April tahun 2013 OPPO buat pertama kalinya memijakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum produknya dipasarkan ke Indonesia, OPPO terlebih dulu melebarkan sayapnya ke sebagian negara seperti, Thailand, Vietnam, Rusia, Amerika dan Qatar. Sejak saat itu OPPO lalu melangsungkan promosi memperkenalkan kualitas brand nya lewat iklan Media Cetak, TV, Internet dan lain-lain.

Oppo A5S

OPPO A5s sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio P35 Octa-core, RAM 2 GB, serta storage internal 32 GB yang bisa ditambahkan microSD sampai 256 GB. Dengan gabungan hardware ini, pihak OPPO mengklaim kalau A5s sanggup berjalan dengan mudah dalam pemakaian normal.

Dalam percobaan AnTuTu, OPPO A5s sukses memperoleh angka 84.547 poin. Sebaliknya pada percobaan Geekbench, fitur ini memperoleh angka 911 poin buat percobaan Single-core dan 3.892 poin buat pengetesan Multi-core. Dapat dikatakan, performa smartphone ini sanggup bersaing di kelas entry-level.

Fitur Oppo A5S

OPPO A5s pula menghadirkan fitur Face Unlock yang memungkinkan konsumennya bisa membuka kunci menggunakan wajah. Seperti smartphone yang lain, OPPO A5s cuma memperbolehkan satu wajah didaftarkan pada fitur yang satu ini.

OPPO A5s juga sudah dibekali dengan fitur Game Space yang bakal menggolongkan permainan dalam satu folder. Bila game diakses lewat Game Space maka akan terdapat peningkatan performa yang dapat dinikmati.

Pada smartphone ini ada pula fitur Clone Apps yang memungkinkan aplikasi digandakan alhasil memungkinkan penggunanya bisa memasukkan 2 akun game ataupun media sosial dalam satu smartphone.

Kamera Oppo A5S

Smartphone ini dengan 2 kamera belakangnya yang memiliki gabungan kamera primer 13 MP serta kamera sekunder 2 MP diklaim OPPO sanggup menciptakan foto dengan baik dalam situasi cahaya cukup ataupun terang.

Tetapi mutu kameranya menurun kala mengambil gambar dalam situasi sedikit cahaya atau malam hari. Untuk itu, sebaiknya pihak OPPO melakukan peningkatan kemampuan kamera di malam hari pada pembaharuan sistem operasi berikutnya.

Sedangkan fitur yang muncul pada aplikasi kamera bawaannya juga cukup sedikit cuma ada Panorama, Photo, Video, Portrait, dan HDR. Buat kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP yang sudah lumayan bagus dalam menghasilkan foto selfie ataupun wefie.

Baterai Oppo A5S

Perangkat yang satu ini sudah dibekali dengan baterai 4.230 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, OPPO A5s diklaim sanggup bertahan selama 13,5 jam kala pemakainya menonton film atau 17 jam dalam konsumsi wajar.

Harga Oppo A5S

Menurut data yang diperoleh, smartphone ini bakal dilepas kepasaran dengan harga sebesar Rp 1.999.000,-. Di Indonesia Oppo A5s bakal dipasarkan dalam 2 opsi warna, yaitu Hitam dan Putih.

Pilih Mana: Realme 3 atau Oppo A5S?

Realme 3Oppo A5S
Kelebihan - Dapur pacu mumpuni - Baterai besar 4230mAh hemat daya - Sudah menggunakan operasi Android Pie- Harga ekonomis - Dapur pacu mumpuni - Terdapat fitur Game Space
Kekurangan - Bodi berbahan plastik - Tidak ada fitur fast charging- Tidak ada fitur fast charging - Sistem operasi masih menggunakan oreo

Kesimpulan

Realme 3 dan Oppo A5S menjadi smartphone yang saat ini cukup banyak diganderungi oleh anak muda. Selain harganya yang ekonomis, spesifikasi dari kedua smartphone ini juga sudah cukup mumpuni. Namun jika kamu seorang gamers, maka saya rekomendasikan Oppo A5S karena memiliki fitur Game Space yang sangat menguntungkan buat kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 3 vs Oppo A5S

VS

Leave a Reply