Elektronik

Pilih Mana: Realme 3 atau Redmi 7?

Realme dan Redmi menjadi salah satu produsen smartphone yang cukup banyak diganderungi oleh orang-orang terutama oleh para milenial. Selain spesifikasi mesin yang mumpuni, kedua smartphone ini juga diketahui memiliki harga yang cukup ekonomis. Seperti halnya Realme 3 dan Redmi 7 yang sekarang cukup terkenal dikalangan anak muda. Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? So kali ini saya akan membahas mengenai Realme 3 dan Redmi 7. Disini aja guys.

Realme

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat berbagai macam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, tetapi dengan harga yang dapat dikatakan ekonomis.

Terlebih lagi Realme juga memperkenalkan smartphone buatannya di Indonesia dengan harga yang lebih murah dibanding dengan Xiaomi. Bahkan mempunyai detail hardware yang lebih tinggi lagi.

Awal mulanya Realme sendiri hadir pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dikembangkan oleh OPPO. Berikutnya, Realme juga menjadi sub-brand dari OPPO yang amat laris di beberapa negara. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A70 atau Oppo F11 Pro?

Realme 3

Realme 3 mempunyai bobot 175g serta dimensi 156.1 x 75.6 x 8.3 mm. Kala kita menggenggam Realme 3 cukup nyaman serta tidak terlalu berat. Sudut lengkung ataupun kurva menambah kenyamanan Realme 3 saat digenggam.

Buat bagian dapur pacunya, Realme 3 memakai chipset Helio P60 dengan proses FinFET 12nm terbaru TSMC. Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti serta dilengkapi dengan 4 inti Cortex-A53 serta 4 inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 sampai 2.0GHz.

Realme 3 dilengkapi dengan kartu grafis Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz/900MHz buat menjamin kinerja yang lancar.

Buat kapasitas penyimpanan, terdapat 3 versi yang ditawarkan ke pelanggan. Pertama, yang paling rendah yaitu jenis 3GB RAM+32GB ROM. Berikutnya yang kedua 3GB RAM+64GB ROM. Serta yang paling tinggi hadir dengan RAM 4GB dan 64GB ROM. Handphone ini mensupport tambahan microSD sampai 256GB.

Kamera Realme 3

Kamera belakang mempunyai konfigurasi lensa 13MP+ 2MP, dengan dimensi piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12um. Kombinasi aperture f/1.8 serta lensa 5P yang besar membagikan hasil bagus pada resolusi, cakupan warna, presentasi warna, serta bermacam komponen penyusun gambar yang lainnya. Sebaliknya buat yang suka selfie, ada kamera depan 13MP densan lensa 5P, aperture f/ 2.0 serta ukuran sensor 1/3 inci.

Baterai Realme 3

Dayanya, Realme 3 dibenamkan baterai berkapasitas lumayan besar yaitu 4.230mAh. Kapasitas baterai itu memberikan energi tahan lebih lama pada Realme 3.

Realme 3 mempunyai Mode Screen Battery Optimization pada Realme 3 membuat lebih hemat daya. Keseimbangan serta Mode Efisiensi Energi Tinggi yang bisa dipilih pemakai buat memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Harga Realme 3

Versi 4/64 dilepas seharga Rp 2.399.000. Sebaliknya versi 3/32 dijual seharga Rp 1.799.000. Realme 3 terhidang dalam versi corak Black, Dynamic Black serta Radiant Blue. Terdapat 2 bentuk yang diusung Realme 3 ialah RAM 3GB dengan ROM 32GB dan RAM 4GB dengan ROM 64GB.

Redmi

Terdapat berita mengagetkan dari Xiaomi. Vendor Tiongkok itu, mengumumkan jika Redmi saat ini tidak lagi jadi bagian dari Xiaomi. Seperti diketahui, Redmi merupakan lini smartphone terjangkau Xiaomi yang mempunyai pangsa pasar besar di Indonesia. Pemberitahuan ini diinformasikan Xiaomi melalui laman resminya. Dengan begitu, Redmi saat ini dijadikan sebagai sub-brand layaknya Pocophone.

Lihat juga:  Pilih Mana: Headphone Audio Technica vs Sony

Tidak hanya pemberitahuan sub-brand, informasinya smartphone perdana Redmi pula bakal diumumkan. Dilansir Gizmochina pada Jumat (4/1/2019), Xiaomi pula telah unggah teaser smartphone bertuliskan “Redmi” serta angka “4800” di bawahnya.

Redmi 7

Redmi 7 turut mengadopsi wajah dari smartphone dikala ini yakni memperkenalkan noth ataupun poni dengan bentuk water drop. Layarnya memakai panel IPS mengusung dimensi 6,26 inci serta aspek perbandingan 19: 9 berlapis Corning Glass 5, Redmi 7 mempunyai resolusi HD+(720 x 1520p).

Redmi 7 mempunyai detail yang tidak dapat dikatakan entry level, mungkin lebih persisnya yaitu middle-low. Smartphone ini memakai Qualcomm Snapdragon 632 dengan GPU Adreno 506. Kapasitas RAM 3GB serta memori internal 32GB yang dapat ditambah MicroSD sampai 512GB

Kamera Redmi 7

Redmi 7 mempunyai kamera belakang ganda dengan kombinasi resolusi 12MP dan 2MP dengan support fitur AI. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8MP. Melihat detail kameranya memang wajar bila Redmi 7 diucap entry level.

Kemampuan kamera belakang serta depannya lumayan memuaskan dalam situasi pencahayaan yang cukup. Tingkatan ketajamannya masih bagus. Berpindah ke pengambilan foto dengan situasi pencahayaan indoor kualitasnya masih cukup tajam tetapi di area yang gelap timbul titik noise.

Mutu video kurang dapat diharapkan dalam situasi malam dan sedikit pencahayaan. Ada sebagian fitur mulai dari Short Video seperti Instagram Stories, Time-Lapse, dan Slow-Mo.

Baterai Redmi 7

Memandang chipset yang terletak di kelas menengah nyatanya jadi daya tarik. Biayanya yang ekonomis dipasangkan chipset bukan kelas entry level. Apalagi kapasitas baterai yang ditanamkan sebesar 4.000 mAh.

Redmi 7 memanglah lebih optimal buat kebutuhan fungsional dan lain-lain. Buat kebutuhan bermain game, perangkat ini tidak begitu sanggup buat dipacu semaksimal mungkin.

Harga Redmi 7

Untuk versi RAM 3GB memori internal 32GB Harganya Rp 1.899.000. Berbeda dari versi RAM 2GB dan memori internal 16GB yang dijual Rp 1.599.000. Redmi 7 hadir dalam sebagian pilihan warna yang berbeda yaitu Black, Gradient Blue, Gradient Red/ Purple.

Pilih Mana: Realme 3 atau Redmi 7?

Realme 3 Redmi 7
Kelebihan - Dapur pacu yang mumpuni - Kualitas kamera yang cukup baik - Baterai tahan lama- Desain modern - Sudah mengusung pelindung Gorilla Glass 5 - Kualitas kamera cukup baik
Kekurangan- Bodi berbahan plastik - Belum ada fitur fast charging- Bodi berbahan plastik - Bodi rentan terhadap goresan

Kesimpulan

Smartphone dengan detail yang baik dan harga yang murah tentu sudah termasuk ke dalam detail dari Realme 3 dan Redmi 7 yang barusan kita bahas. Namun jika kalian menginginkan spesifikasi yang lebih mumpuni, maka kami merekomendasikan Realme 3 untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 3 vs Redmi 7

VS

Leave a Reply