Elektronik

Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Samsung A50?

Smartphone saat ini sudah memiliki spesifikasi dan performa yang canggih dengan harga yang cukup ekonomis. Realme 3 Pro dan Samsung A50 menjadi salah satu varian smartphone saat ini yang cukup digemari oleh orang-orang khususnya anak muda. Dengan spesifikasi yang baik maka akan berguna untuk menemani aktivitas kita sehari-hari. Penasaran dengan detail dari kedua smartphone ini? Kali ini saya akan bahas mengenai Realme 3 Pro dan Samsung A50. Stay tune guys.

Realme

Saat ini nama Realme semakin populer di Indonesia berkat beragam smartphone terbarunya di Indonesia yang mempunyai detail hardware tinggi, tetapi dengan harga yang bisa dikatakan ekonomis.

Apalagi Realme juga memperkenalkan smartphone buatannya di Indonesia dengan harga yang lebih ekonomis dibanding dengan Xiaomi. Bahkan mempunyai detail hardware yang lebih tinggi lagi.

Awal mulanya Realme sendiri muncul pada tahun 2010 dengan nama OPPO Real. Tentu saja produknya dibesarkan oleh OPPO. Berikutnya, Realme juga menjadi sub-brand dari OPPO yang amat laris di sebagian negara.

Apalagi pada saat Realme 1 diluncurkan di India memperoleh sambutan yang amat baik, bahkan sanggup menyaingi Xiaomi. Selanjutnya, Realme secara sah berdiri sendiri pada 4 Mei 2018 yang tentunya berpisah dengan OPPO. Baca juga Pilih Mana: Vivo V15 Pro atau Vivo V15?

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro mempunyai dimensi 156.8 x 74. 2 x 8.3 mm serta berat 172g yang pada saat digenggam lumayan nyaman dan enteng. Kala dimasukan ke kantong juga lumayan pas. Ini pula ditopang material polycarbonate yang dipakai Realme 3 Pro.

Layar seluas 6, 3 inci terbentang di bagian depan handphone ini. Di atas layar ada notch sebagai wadah kamera selfie 25MP dan speaker receiver. Pada bagian belakang terpampang kamera utama ganda beresolusi 16MP serta 5MP, LED Flash, sesnsor fingerprint dan logo Realme.

Realme 3 Pro diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 710 dengan prosesor Octa-core serta GPU Adreno 616. Penyimpanannya ditopang RAM 6GB dengan memori internal 128 GB serta memori eksternal sampai 256 GB.

Fitur Realme 3 Pro

Realme 3 Pro menyuguhkan beraneka ragam fitur andalan seperti game space, face unlock, fingerprint serta fitur menarik lainnya. Sensor sidik jari Realme 3 sanggup membuka smartphone dengan amat cepat dibawah 1 detik.

Face unlock Realme 3 pula sanggup membuka smartphone dengan amat cepat dibawah 1 detik. Sensor face unlock juga bisa membuka smartphone kala kita memakai aksesoris seperti kacamata dan juga di tempat yang gelap.

Kamera Realme 3 Pro

Soal foto dan video, Realme 3 Pro disematkan kamera utama ganda beresolusi 16MP dan 5MP. Lensa utamanya memakai sensor IMX519 dengan resolusi 16MP. Sedangkan lensa keduanya beresolusi 5MP dibantu depth sensor.

Menu kamera utama maupun selfie Realme 3 Pro lumayan simpel. Tersedia mode photo, portrait, pano serta expert. Beragam filter menarik pula disuguhkan di menu kamera utama maupun selfie.

Mode Chroma Boost, Mode Nightscape dan teknologi AI pada kamera utama dan selfie seperti yang disematkan pada kamera handphone Realme yang lain kembali muncul di Realme 3 Pro. Kamera utama serta selfie Realme 3 Pro telah dibantu teknologi AI. Sokongan teknologi AI, membuat Realme 3 Pro sanggup mengidentifikasi objek seperti tumbuhan, makanan dan yang lain.

Baterai Realme 3 Pro

Dayanya Realme 3 Pro ditopang baterai berkapasitas 4045 mAh yang dibantu fitur VOOC 3.0 baru dengan daya pengisian 20W (5V4A). Dengan fitur VOOC 3.0, proses isi daya Realme 3 Pro lumayan cepat cuma membutuhkan durasi 80 menit dalam kondisi dibawah 20% sampai 100%. Cuma dalam 30 menit handphone ini bisa terisi sampai 50%.

Sokongan fitur Screen Battery Optimization Mode bisa mengirit daya Realme 3 Pro. Screen Battery Optimization Mode menyediakan Mode Seimbang serta Mode Efisiensi Energi Tinggi buat memperpanjang waktu pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

Harga Realme 3 Pro

Realme 3 Pro versi (4/64) dijual seharga Rp 2.999.000. Sebaliknya varian Realme 3 Pro (6/128) dipasarkan seharga Rp 3.699.000. Di Indonesia, Realme 3 Pro tersedia dalam varian warna Nitro Blue dan Lightning Purple.

Samsung

Siapa yang tidak mengenal Samsung? Perusahaan itu saat ini merupakan produsen smartphone terbesar di dunia. Walaupun begitu, siapa yang berpikir bila seluruhnya berasal dari usaha berdagang buah, sayur serta ikan kering yang dirintis oleh pendirinya, Lee Byung-Chul di Taegu, timur laut Korea.

Sekarang, kesuksesan Samsung tidak lagi terbantahkan. Nyaris semua aspek teknologi sudah dijajal buat meningkatkan perusahaan itu. Apalagi smartphone andalan Samsung, yakni Galaxy S4 pernah jadi perangkat terpopuler tahun 2013.

Samsung A50

Samsung Galaxy A50 disenjatai dengan chipset Exynos 9610 (10 nanometer), dan grafis chip Mali-G72 MP3. Chip itu dilengkapi bagian penglihatan dan pemrosesan gambar berdasarkan mesin jaringan saraf. Exynos 9610 ialah prosesor yang menunjukkan modem LTE serta konektivitas nirkabel yang beraneka ragam buat pengalaman seluler yang lebih cepat dan mudah.

Chip itu didampingi dengan kapasitas RAM 4 GB serta memori internal 64 GB, Galaxy A50 pula memperkenalkan kapasitas RAM 6 GB/128 GB. Exynos 9610 pula memungkinkan Galaxy A50 membagikan pengalaman gaming tanpa hambatan, seperti 3D gaming, dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan mudah.

Fitur Samsung A50

Fitur yang terdapat pada Galaxy A50 termasuk mode One UI Night, Always On Display, Secure Folder, Dual Messenger, mode One-handed, Game Launcher, Blue light Filter, dan navigation bar gestures.

Kamera Samsung A50

Dari sisi kamera, Galaxy A50 memakai gabungan kamera utama 25MP, kamera ultra- wide 8MP, serta kamera Depth 5MP. Buat kamera depannya, Galaxy A50 memakai kamera 25MP.

Kamera ultra wide di Galaxy A50 dipakai buat mengambil foto dengan sudut yang lebih luas dibandingkan kamera biasa sedangkan kamera Depth dipakai buat membuat efek bokeh.

Kamera utamanya kabarnya bisa menangkap gambar dengan lebih jernih kala malam hari. Tetapi sepanjang percobaan, masih kurang puas dengan hasil kamera Galaxy A50 di malam hari terlebih bila sedikit pencahayaan. Buat di suasana terang, hasil kameranya sudah ok.

Baterai Samsung A50

Baterai yang disematkan dalam Galaxy A50 cukup besar yakni 4.000 mAh yang bisa dipakai buat beraktifitas seharian tanpa perlu mengecas baterai. Daya tahan baterainya di aplikasi pengetesan PC Mark menghasilkan skor 11 jam 8 menit. Buat pengisian daya baterainya dari 15% ke 100% membutuhkan durasi 2 jam 15 menit.

Harga Samsung A50

Dengan harga paling murah 4,1 juta rupiah buat varian RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64 GB, apakah Galaxy A50 handphone kelas menengah Samsung terbaik dengan harga terjangkau saat ini. Galaxy A50 bakal ada dalam 4 opsi warna, yaitu warna black, white, blue dan coral.

Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Samsung A50?

Realme 3 Pro Samsung A50
Kelebihan - Harga ekonomis - Desain modern - Sudah dilengkapi dengan fitur flash charge- Dilengkapi 3 kamera utama - Kapasitas baterai besar - RAM dan Storage kemarin
Kekurangan - Masih memakai mico USB - Belum memiliki lensa wide- Bodi plastik - Belum terdapat NFC

Kesimpulan

Seperti yang sudah diulas diatas, maka spesifikasi dari Realme 3 Pro dan Samsung A50 tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun jika kalian menginginkan fitur dan performa yang lebih mumpuni, maka saya rekomendasikan untuk memiliki Samsung A50 untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 3 Pro vs Samsung A50

VS

Leave a Reply