ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Realme 5 atau Realme 5 Pro?

Realme semakin hari semakin menunjukan taringnya dalam spesifikasi smartphone yang dirilisnya. Banyak produknya yang digemari oleh banyak orang khususnya anak muda karena memiliki kapasitas baterai yang cukup besar sehingga memungkinkan untuk bermain game mobile, seperti Realme 5 dan Realme 5 Pro.

Realme 5 dan Realme 5 Pro juga menyematkan beberapa fitur yang membuat para pemakainya betah menggunakan smartphone tersebut. Harga yang disematkan pun cukup ekonomis sehingga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Lalu sebenarnya apa yang membedakan antara Realme 5 dan Realme 5 Pro? Temukan jawabannya pada artikel ini agar bisa kamu jadikan referensi dalam memilih smartphone andalan kamu. Disini aja guys!

Realme 5

Realme 5 mempunyai dimensi 6,47 x 2,98 x 0,37 inci dengan bobot 198 gr. Realme 5 dipacu prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE Quad-core dengan clock speed sampai 2.0 Ghz.

Dikombinasikan dengan RAM 3 GB dan ROM 64 GB kecepatan gawai ini tidak mengecewakan. Sedangkan untuk pengujian teknisnya, aplikasi benchmark AnTuTu memberikan skor hampir 140 ribu untuk Realme 5. Baca juga Pilih Mana: Oppo A1K atau Realme C2?

Kamera Realme 5

Realme 5 dipersenjatai 4 kamera belakang dengan komposisi 12 MP (kamera utama), 8 MP (wide angle), 2 MP (macro), dan 2 MP (portrait mode/ bokeh).

Kamera utama yang beresolusi 12 MP dengan aperture besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25μm yang mengamankan cahaya yang cukup dan membuat gambar Kamu lebih jernih juga lebih cerah.

Kamera kedua merupakan lensa wide angle dengan resolusi 8 MP punya aperture ultra-lebar f/2.25 yang mampu menangkap objek sampai 119 derajat.

Lanjut ke kamera ketiga, yakni kamera portrait beresolusi 2MP dengan f/2.4 bukaan lensa. Kamera utama dibantu oleh fitur lensa yang mendeteksi warna hitam dan putih, menyajikan eksposur lebih tinggi, dan meningkatkan kontras pada gambar.

Kamera terakhir yaitu kamera makro dimana Realme menyematkan lensa beresolusi sama dengan kamera portrait namun mempunyai fungsi yang berbeda.

Baterai Realme 5

Realme 5 ditenagai dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang didukung dengan pengisian 10W. Dikala pengisian baterai, handphone ini bisa terisi penuh dengan waktu kurang dari 2 jam.

Sedangkan daya tahan baterai ketika dipakai untuk aktivitas harian, mulai dari mengetik, chat, telepon, menonton video, sampai bermain game bisa menggapai 8 jam.

Fitur Realme 5

AI Freeze
Memungkinkan sistem untuk memperkirakan, dan menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai oleh konsumen dalam jangka waktu yang lama, sehingga baterai bisa bertahan lebih lama.

CABC
Fitur CABC secara dinamis akan menyesuaikan rasio kontras layar sehingga meningkatkan masa pakai baterai sampai 10%.

Harga Realme 5

Varian paling bawah, dengan RAM 3 GB/ROM 32 GB dijual seharga Rp 2 juta. Kemudian RAM 3 GB/ROM 64 GB dihargai Rp 2,2 juta. Dan yang paling mahal dengan RAM 4 GB/ROM 128 GB dijual Rp 2,7 juta. Varian warna dari Realme 5 yakni Crystal Blue dan Crystal Purple.

Kelebihan Realme 5

  • Baterai besar
    Dengan baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh tersebut, realme 5 diklaim bisa dipakai untuk bermain PUBG Mobile selama 8,5 Jam sampai memutar YouTube selama 19,1 jam.
  • Mengusung Snapdragon 665
    Snapdragon 665 menawarkan kinerja yang mumpuni, yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi sampai bermain game berat sekalipun–meskipun sebagian game tidak akan mencapai settingan maksimal.
  • RAM mumpuni
    Realme 5 juga telah didukung dengan Ram dengan kapasitas maksimum sampai 4 GB, dengan opsi penyimpanan internal yang variatif, dari mulai 32 GB, 64 GB sampai 128 GB.

Kekurangan Realme 5

  • Tidak ada fitur fast charger
    Absennya pengisian cepat khas VOOC Flash Charge dalam paket penjualannya menjadi kekurangan yang perlu dipikirkan. Yang mana dalam hal ini, realme 5 cuma dilengkapi dengan pengisian daya 10 Watt.
  • Layar masih HD+
    Layarnya yang masih HD+ juga dapat jadi catatan tersendiri, sebab sebagian smartphone yang hadir dengan resolusi Full HD+ yang menawarkan tampilan yang lebih tajam.
  • Masih memakai port Micro-USB
    Dan yang terakhir cukup disayangkan, walaupun sudah mempunyai jeroan yang cukup pas, realme 5 masih memakai port Micro-USB sebagai port untuk transfer data maupun port untuk pengisian dayanya.
Spesifikasi Realme 5Keterangan
Resolusi layar 6.5 inches, IPS LCD Resolusi 720 x 1600
OSAndroid 9 Pie
Prosesor Snapdragon 665, Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), Adreno 610
Dimensi164.4 x 75.6 x 9.3 mm
Berat198 gram
Kamera 12 MP, f/1.8, (wide) 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) 2 MP, f/2.4, kamera macro 2 MP, f/2.4, depth sensor
Baterai 5000 mAh

Realme 5 Pro

Realme 5 Pro memiliki dimensi 157 x 74,2 x 8,9 mm dan bobot 184 gr saja, smartphone ini juga kuat saat digenggam dan enteng untuk dibawa kemana-mana.

Untuk dapur pacu, detail realme 5 Pro diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE dengan prosesor Octa-core dan GPU Adreno 616 yang digabungkan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang masih bisa ditingkatkan dengan slot microSD sampai 256 GB.

Smartphone berjuluk Quad Camera SpeedMaster ini masih melintas dengan sistem operasi Android 9 Pie yang dibalut ColorOS 6. ColorOS 6.0 mengusung desain stock Android yang menyajikan tampilan antarmuka yang cukup sederhana.

Kamera Realme 5 Pro

Dari empat kamera belakang yang diusung smartphone ini, kamera utamanya beresolusi 48 MP dengan f/1,8 dan memakai sensor Sony IMX 586. Soal performa, sensor ini sudah lama dikenal mampu menghasilkan foto yang tajam.

Untuk kamera kedua, smartphone ini memakai lensa ultra-wide-angle beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2 yang mampu menangkap objek luas sampai 119 derajat

Kamera ketiganya memakai lensa makro beresolusi 2 MP dengan bukaan lensa f/2.4. Fungsinya sudah jelas, untuk menangkap detail objek dari jarak dekat, yakni 4 cm.

Sedangkan kamera terakhir yang beresolusi 2 MP berfungsi untuk menciptakan depth effect alias bokeh yang tergolong rapi dan tidak berlebihan.

Baterai Realme 5 Pro

Realme 5 Pro dibekali baterai berkapasitas 4035 mAh yang telah dilengkapi fitur VOOC Flash Charge 3.0. Teknologi ini dapat mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat, sekaligus mempertahankan pengisian daya tinggi sepanjang pemakaian.

Fitur Realme 5 Pro

Real Sound Technology
Fitur Real Sound Technology membuat audio yang dikeluarkan perangkat saat menonton video jadi lebih nyaring, jernih, serta jelas.

Face Unlock
Sanggup mengidentifikasi wajah pengguna lebih akurat, dan juga pemindai sidik jari yang mampu membuka kunci smartphone kurang dari 1 detik.

Game Space
Fitur game space dan Hyperboost 2.0 yang sanggup mendongkrak performa smartphone untuk aktivitas gaming.

Harga Realme 5 Pro

Realme 5 Pro dijual mulai dari harga Rp2,999 juta untuk versi RAM 4GB penyimpanan 128GB. Sedangkan harga Realme 5 Pro dijual dengan harga Rp3,7 juta untuk versi RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Varian warna dari Realme 5 Pro adalah Crystal Geen dan Sparkling Blue.

Kelebihan Realme 5 Pro

  • Memiliki fitur Fast Charging
    Realme 5 Pro dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 Watt yang bisa mengisi baterai sampai penuh secara cepat. Teknologi yang tersemat pada charger Realme 5 Pro ini amat membantu kamu yang memang cuma mempunyai sedikit waktu untuk melakukan charging ponsel.
  • Memiliki USB Type C
    Sebagai smartphone dikisaran Rp 3 jutaan, Realme 5 Pro sudah cukup baik dengan mendukung USB Type C.
  • Dapur pacu mumpuni
    Realme 5 Pro juga bisa disebut unggul dalam chipset yang di punyanya. Realme 5 Pro ditenagai oleh Snapdragon 712 AIE yang membawa peningkatan kerja 10% dan grafis 35% dibanding dengan Snapdragon 710 sebelumnya.

Kekurangan Realme 5 Pro

  • Layar kurang memadai
    Panel layar yang diusung oleh Realme 5 Pro masih IPS 6,3 inci, meskipun sudah Full HD+ namun rasanya untuk smartphone seharga Rp3 jutaan pada umumnya sudah memiliki panel layar AMOLED.
  • Perlindungan layar masih standar
    Soal perlindungan, Realme 5 Pro cuma memakai Corning Gorilla Glass 3+. Sangat disayangkan, mengenang seri Realme X sebelumnya dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.
  • Mempunyai poni pada layar
    Mempunyai resolusi layar sebesar 1080×2340 piksel, Realme 5 Pro tampil dengan poni pada layarnya. Berbeda dengan saudaranya, Realme 5, tampil dengan notch layar lebih minimalis dibanding dengan Realme 5 Pro.
Spesifikasi Realme 5 ProKeterangan
Resolusi layar 6,3 inci, IPS LCD, Resolusi 1080 x 2340
OSAndroid 9 Pie
Prosesor Snapdragon 712 Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), Adreno 616
Dimensi157 x 74.2 x 8.9 mm
Berat184 gram
Kamera 48 MP, f/1.8, (wide) 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide) 2 MP, f/2.4, kamera macro 2 MP, f/2.4, depth sensor
Baterai 4035 mAh

Pilih Mana: Realme 5 atau Realme 5 Pro?

Realme 5Realme 5 Pro
Kelebihan- Baterai besar - Mengusung Snapdragon 665 - RAM mumpuni - Memiliki fitur Fast Charging - Memiliki USB Type C - Dapur pacu mumpuni
Kekurangan- Tidak ada fitur fast charger - Layar masih HD+ - Masih memakai port Micro-USB - Layar kurang memadai - Perlindungan layar masih standar - Mempunyai poni pada layar

Kesimpulan

Realme 5 dan Realme 5 Pro pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama-sama mumpuni, namun ada beberapa segmen yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu yang mana pilihan smartphone Realme kamu? Tentukan pilihan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 vs Realme 5 Pro

VS

Leave a Reply