Smartphone

Pilih Mana: Realme 5 atau Samsung Galaxy A20?

Persaingan smartphone pada harga sekitar Rp 2 jutaan saat ini paling panas saat ini. Dapat terlihat pada persaingan antara Realme 5 dan Samsung Galaxy A20 ini.

Keduanya smartphone ini membuat persaingan baru di kelas Rp 2 jutaan cukup sengit. Ada brand Samsung sebagai pemain lama dengan Realme si pendatang baru pada pasar smartphone.

Namun, diantara keduanya mana yang lebih unggul? Untuk mencari tahu jawabannya kami telah mengulas lebih dalam mengenai Realme 5 dan Samsung Galaxy A20 pada artikel di bawah ini. Yuk langsung saja disimak!

Realme 5

Smartphone baru Realme 5 hadir di kelas Rp 2 jutaan, pasar yang paling panas untuk saat ini. Terlebih banyaknya brand yang meramaikan kelas ini. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Realme X?

Realme hadir dengan tiga varian: RAM 3 GB + 32 GB, RAM 3 GB + 64 GB.

Realme memang menawarkan empat kamera di smartphone murah ini. Namun hasil pengujian kamu, daya tarik Realme 5 bukan cuma di jumlah kameranya. Realme 5 hadir dengan spesifikasi yang cukup tinggi di harga ini, juga dengan beragam fitur menarik yang ada di dalamnya.

Realme 5 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665, baterai 5.000 mAh, layar lega, dan tidak ketinggalan desain body belakang yang mewah.

Realme 5 sendiri hadir dalam dua pilihan warna, Crystal Blur (biru kristal) dan Crystal Purple (ungu kristal) dengan corak seperti batu kristal.

Kelebihan Realme 5

  • Memiliki desain yang memukau 
    Realme 5 memiliki bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. smartphone ini memiliki desain dan rancang bangun yang bagus. Desainnya malah terbilang oke untuk HP sekelasnya. Hal ini terlihat dari pola desain HP ini yang kini terlihat pola kristal, bukan diamond cut seperti yang ada di Realme 3.
  • Dilengkapi dengan empat kamera belakang
    Kamera Realme 5 dibekali empat kamera belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 yang sudah mendukung PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Kamera ketiga adalah kamera makro 2 MP. Dan kamera keempat adalah kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh.
  • Performa prosesor yang tangguh
    Realme 5 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 665, yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 ini memiliki delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, dilengkapi dengan GPU Adreno 610.

Kekurangan Realme 5

  • Tidak mendukung fast charging
    Walaupun dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, Realme 5 tidak dibarengi dengan teknologi pengisian cepat alias fast charging. Hal ini berdampak pada waktu yang cukup lama pada pengisian daya smartphone ini. Untuk mengisi daya smartphone ini sampai penuh butuh waktu 150 menit atau sekitar 2 jam 30 menit.
  • Tidak menggunakan USB type-C
    Kekurangan yang lainnya dari Realme 5 yaitu masih tidak didukungnya USB Type-C. Yap, HP ini masih memakai port microUSB dan bukan USB Type-C. Jika HP ini memakai USB Type-C tentu bakal jadi kelebihan tersendiri yang membuat HP ini jadi punya nilai lebih.
  • Kamera low-light tidak memuaskan
    Meskipun secara keseluruhan hasil tangkapan kamera smartphone ini tergolong bagus, tetapi ada satu kekurangan dari sektor kamera Realme 5 ini. Kekurangan tersebut adalah kurang maksimalnya hasil tangkapan kamera untuk kondisi low-light.

Samsung Galaxy A20

Smartphone Samsung Galaxy A20 ini memiliki performa yang cukup tangguh yang hampir sama dengan seri sebelumnya, tetapi ada beberapa poin peningkatan yang cukup signifikan, terutama pada layar dan kamera. Dari segi harga, smartphone ini dijual dengan harga masih cukup ramah di kantong. Bahkan, Samsung Galaxy A20 ini dapat menjadi salah satu pilihan hp terbaik di harga 2 jutaan.

Samsung Galaxy A20 dilengkapi dengan processor octa core Exynos 7884.  Kapasitas RAM lebih besar sehingga memudahkan kamu untuk bekerja secara multitasking. Kapasitas memori internalnya juga cukup besar yaitu 32 GB dan bisa diperluas dengan MicroSD hingga 512 GB.

Smartphine Samsung Galaxy A20 ini dibekali dua buah kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 13MP dan 5MP. Kamera utama beresolusi 13MP punya bukaan lensa lebih lebar sehingga memudahkan kalian untuk  memotret di kondisi pencahayaan redup.

Kelebihan Samsung Galaxy A20

  • Memiliki layar super AMOLED
    Kelebihan pertama yang membuat Galaxy A20 ini terlihat premium yaitu dari segi layarnya yang sudah menggunakan Super AMOLED dengan resolusi HD+ (720 x 1560) dan body belakangnya yang terbuat dari bahan glasstic 3D yang terlihat mewah.
  • Penggunaan baterai yang cukup hemat
    Dari segi pemakaian energi smartphone ini juga relatif lebih hemat, untuk pemakaian standar seperti chatting WhatsApp dan browsing baterainya dapat bertahan lebih dari 24 jam. Bahkan jika sedang mengaktifkan mode Power Saving yang merupakan fitur bawaan dari One UI hp ini mampu bertahan hingga 2 hari untuk pemakaian standar.
  • Dilengkapi kamera ultrawide
    Pada bagian belakangsmartphone ini kalian  akan menemukan kamera dengan teknologi dual kamera. Kamera utamanya beresolusi 13 MP dan kamera kedua beresolusi 5 MP yang juga berfungsi sebagai sensor ultrawide. Kamera belakang hp Samsung Galaxy A20 ini mampu menangkap gambar dengan jangkauan yang cukup lebar, mencapai 123 derajat.
Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy A20S vs A30S

Kekurangan Samsung Galaxy A20

  • Resolusi layar rendah, hanya HD+
    Kekurangan yang pertama pada smartphone Samsung Galaxy A20 ini yaitu resolusi layar hp ini masih HD+, jika Full HD+ pasti akan lebih menarik.
  • Performa kurang tangguh
    Meski berada di atas Galaxy A10, namun sayangnya processor yang digunakan masih sama. Samsung Galaxy A20 ditenagai processor octa core Exynos 7884. Untuk diajak main game tidak bisa di setingan tinggi.
  • Kamera ultra wide angle tidak didukung autofokus
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada smartphone ini yairu kamera ultra wide angel nya tidak auto fokus sehingga membutuhkan usaha untuk mendapatkan fokus pada objek.

Realme 5 vs Samsung Galaxy A20

Spesifikasi Realme 5Samsung Galaxy A20
PerformaSnapdragon 665 Samsung Exynos 7 Octa
Storage 32 GB 32 GB
Kamera 12+8+2+2 MP 13 MP + 5 MP
Baterai 5000 mAh 4000 mAh
Ram 4 GB 3 GB

Performa mesin
Untuk dapur pacu yang dimiliki Samsung Galaxy A20s tetap bisa memainkan game-game populer saat ini. Namun dengan kualitas grafis yang direndahkan.

Sedangkan, Realme 5 sendiri bisa memainkan PUBG Mobile dengan kualitas medium dan frame rate tinggi. Kalau Call of Duty Mobile bukan masalah untuk dua smartphone ini.

Dari segi layar
Sangat disayangkan Samsung Galaxy A20 tidak memakai layar AMOLED seperti Galaxy A20. Smartphone Samsung ini memakai layar IPS 6,5 inci beresolusi HD+.

Sedangkan Realme 5 memakai layar IPS 6,5 inci beresolusi HD+ juga. Sama-sama memakai poni mungil di bagian atas.

Meski sama-sama memiliki ukuran 6,5 inci, Realme 5 nampak lebih memanjang ke atas. Sedangkan Samsung Galaxy A20 lebih lebar ke samping.

Kamera
Kamera menjadi keunggulan dari Realme 5 dengan quad kamera 12 MP f/1.8 + 8 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 macro + 2 MP f/2.4 depth sensor.

Empat kamera yang ada memberikan kebebasan dalam menangkap foto. Dari ultrawide hingga macro, tidak ketinggalan mode Nightscape yang handal di malam hari.

Realme 5 nampak lebih megah dengan empat kamera di kelas smartphone Rp 2 jutaan, namun kamera macro 2 MP hasilnya terlalu biasa saja. Untuk kamera selfie, Realme 5 memakai 13 MP f/2.0. Sedangkan Samsung Galaxy A20s hanya dilengkapi kamera selfie 8 MP f/2.0.

Baterai
Realme 5 dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh, kapasitas yang sangat besar sehingg cukup untuk seharian lebih. Sedangkan Samsung Galaxy A20 memakai baterai 4.000 mAh. Meski lebih kecil, namun baterai ini tetap bisa dipakai seharian.

Soal charger, Samsung memberikan fast charging 15 watt dengan port USB type-C. Sedangkan Realme 5 hanya charger biasa 10 watt dengan microUSB.

Pilih Mana: Realme 5 atau Samsung Galaxy A20?

Realme 5Samsung Galaxy A20
Kelebihan- Memiliki desain yang memukau  - Dilengkapi dengan empat kamera belakang - Performa prosesor yang tangguh - Memiliki layar super AMOLED - Penggunaan baterai yang cukup hemat - Dilengkapi kamera ultrawide
Kekurangan- Tidak mendukung fast charging - Tidak menggunakan USB type-C - Kamera low-light tidak memuaskan - Resolusi layar rendah, hanya HD+ - Performa kurang tangguh - Kamera ultra wide angle tidak didukung autofokus

Kesimpulan

Beradasarkan artikel di atas mengenai Realme 5 dan Samsung Galaxy A20, dapat kita ambil kesimpulan bahwa smartphone Realme 5 sangat pas untuk kalian yang ingin membeli smartphone kencang. Juga dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar. Sedangkan Samsung Galaxy A20 cocok untuk kamu yang mencari smartphone dengan fast charging dan USB type-C di harga terjangkau. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 vs Samsung Galaxy A20

VS

Leave a Reply