ElektronikGadgets

Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Realme X?

Saat ini smartphone menjadi gadget yang sangat penting yang wajib dimiliki setiap orang. Dengan smartphone akan lebih membuat Anda mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman atau orang yang Anda cintai. Banyaknya produsen smartphone mengeluarkan berbagai tipe seperti Realme 5 Pro dan Realme X.

Realme 5 Pro dan Realme X adalah kedua smartphone yang dikeluarkan oleh smartphone Realme. Keduanya smartphone dengan tipe yang masih sangat anyar dijual dipasaran, dengan memiliki harga yang terjangkau menjadi kelebihan tersendiri.

Tetapi jika dibandingkan keduanya manakah yang lebih bagus? Artikel kami kali ini akan membahas mengenai kedua tipe smartphone tersebut agar bisa menjadi referensi untuk Anda.

Realme 5 Pro

Perusahaan Realme mengeluarkan smartphone yang cukup bagus dan mempunyai spesifikasi yang canggih. Realme 5 Pro adalah salah satu smartphone yang dikeluarkan produsen smartphone tersebut pada pertengahan Agustus lalu. Baca juga Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone 11 Pro?

Memiliki empat kamera yang kamera utamanya beresolusi 48 MP. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp. 2.000.000-an per Oktober 2019,. Realme 5 Pro dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 Watt yang bisa mengisi baterai sampai penuh secara cepat.

Realme 5 Pro sudah cukup baik dengan mendukung USB Type C. Jika Anda menginginkan smartphone baru dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang sangat bagus maka Realme 5 Pro ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Kelebihan Realme 5 Pro

  • Memiliki kualitas kamera yang baik
    Memiliki empat kamera yang kamera utamanya beresolusi 48 MP. Untuk kamera kedua, smartphone ini memakai lensa ultra-wide-angle beresolusi 8 MP. Kamera ketiganya memakai lensa makro beresolusi 2 MP. Sedangkan kamera terakhir yang beresolusi 2 MP berfungsi untuk menciptakan depth effect alias bokeh yang tergolong rapi dan tidak berlebihan.
  • Harga terjangkau
    Kelebihan dari smartphone Realme 5 Pro ini juga adalah memiliki harga yang cukup terjangkau, dengan harga terjangkau tersebut sudah pasti Anda memiliki spesifikasi yang sangat bagus.
  • Mendukung fitur fast charging
    Realme 5 Pro dilengkapi dengan teknologi VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 Watt yang bisa mengisi baterai sampai penuh secara cepat. Teknologi yang tersemat pada charger Realme 5 Pro ini amat membantu kamu yang memang cuma mempunyai sedikit waktu untuk melakukan charging ponsel.

Kekurangan Realme 5 Pro

  • Layar didesain biasa saja
    Realme 5 Pro ini memiliki desain yang biasa saja tidak ada perubahan dari desain smartphone lainnya yang dikeluarkan oleh Realme. Dan perlindungan yang tidak begitu bagus Realme 5 Pro cuma memakai Corning Gorilla Glass 3+.
  • Tidak ada lensa telephoto
    Mungkin Realme 5 Pro terdengar begitu bagus dengan membawa empat kamera utama sekaligus. Namun, cukup disayangkan lensa telephoto tidak hadir sebagai pelengkap pada bagian belakang device ini.

  • Tidak ada panel Amoled
    Tidak diberkati kecanggihan layar Amoled yang membuat tampilan layar di perangkat ini tergolong lebih cerah dan tajam dibandingkan teknologi IPS. Ini lah mengapa Realme 5 Pro tidak dihadirkan dengan teknologi sensor sidik jari di bawah layar.

Realme X

Realme X menjadi salah satu smartphone yang banyak diminati para kalangan anak muda untuk saat ini. Memiliki spesifikasi yang cukup baik dan harga yang termasuk terjangkau menjadikan kelebihan tersendiri dari smartphone ini.

Realme X dibekali dengan sensor kamera 48MP (Sony IMX 586)+ kamera sekunder 5MP. Smartphone Realme X ini juga mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya hingga 20 watt.

Realme X ini juga memiliki atau mengusung spesifikasi yang unik dan menarik sehingga menjadi kelebihan tersendiri bagi Anda yang ingin membeli smartphone Realme X ini. Tersedia pilihan Space Blue dan Polar White, dengan gradasi berdesain lengkungan S.

Jika Anda menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang cukup baik dan budget sekitar Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019, maka Realme X bisa menjadi pilihan.

Kelebihan Realme X

  • Spesifikasi layar yang baik
    Realme X menggunakan layar Amoled 6. 53 inci beresolusi 1. 080 x 2. 340 piksel atau Full HD+. Layar cantik ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Menariknya, layar ini terasa lapang tanpa terpotong poni di bagian atas karena kamera selfie pindah sudah menggunakan mekanisme pop-up.
  • Mendukung fast charging
    Mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt. Pengisian baterai ngebut ini salah satu andalan dari Oppo yang dibawa ke Realme. Ditambah, telah menggunakan port USB type-C. Selain jadi port kekinian, USB type-C juga menawarkan transfer data lebih kencang. Kelebihan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang jika ingin mencari smartphone yang fast charging.
  • Kualitas kamera yang bagus
    Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f atau 1.7+ 2 MP f atau 2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f atau 2. 0. Sensor 48 MP di smartphone ini menggunakan Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya. Kamera ini dilengkapi fitur Super Nightscape, Chroma Boost, dan 960fps slow-motion.

Kekurangan Realme X

  • Kapasitas baterai yang tidak besar
    Kekurangan yang pertama dari smartphone Realme X ini adalah bahwa smartphone ini hanya mengusung kapasitas baterai sebesar 3.765 mAh. Di harga angka 3 ini, sudah lumrah mendapatkan baterai berkapasitas 4.000 mAh.
  • Slot memori eksternal
    Memang sangat disayangkan Realme X tidak memberikan slot memori eksternal. Sehingga tidak bisa menambah media penyimpanan. Namun tenang saja, Realme X yang resmi masuk ke Indonesia versi memori internal 128 GB. Cukup untuk menyimpan foto selfie Anda.
  • Bodi masih plastik
    Di balik desainnya yang memikat mata, sebenarnya Realme X memiliki bodi yang dibalut material plastik. Meski begitu, bahan plastik yang digunakan bukan lah level murahan. Sehingga ketika dalam genggaman tetap terasa layaknya ponsel premium.

Berikut Spesifikasi Realme 5 Pro dan Realme X

SpesifikasiRealme 5 ProRealme X
Ukuran LayarMemiliki layar dengan ukuran 6.3 inci Memiliki layar Amoled 6.53
Baterai4.035 mAh 3.765 mAh
KameraKualitas kamera yang sangat bagusKualitas kamera yang sangat bagus
DesainDesain biasa sajaDesain cukup menarik
RAM 4 GB/128 GB dan 8 GB/1284 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB
Harga Rp. 2.000.000-an per Oktober 2019Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019

Realme 5 Pro vs Realme X

  • Realme 5 Pro memiliki layar dengan ukuran 6.3 inci, sedangkan untuk Realme X memakai layar Amoled 6.53 inci beresolusi 1.080 x 2.340 piksel atau Full HD+.
Realme 5 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih unggul dan lebih besar dibandingkan dengan Realme X. untuk Realme 5 Pro mengandalkan kapasitas daya sebesar 4.035 mAh yang nyaman digunakan untuk kegiatan seharian penuh. Sedangkan Realme X kapasitas baterai sebesar 3.765 mAh.
  • Segi desain mungkin akan lebih unggul desain Realme X dibandingkan dengan Realme 5 Pro, kelihatan dari bentuk awal saat Anda ingin membeli smartphone ini, akan lebih menarik perhatian untuk smartphone Realme X.
  • Realme 5 Pro memiliki empat kamera yang kamera utamanya beresolusi 48 MP. Untuk kamera kedua, smartphone ini memakai lensa ultra-wide-angle beresolusi 8 MP. Kamera ketiganya memakai lensa makro beresolusi 2 MP. Sedangkan kamera terakhir yang beresolusi 2 MP.  Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f atau 1.7+ 2 MP f atau 2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f atau 2. 0. Sensor 48 MP di smartphone ini menggunakan Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya
Dari segi harga keduanya lumayan cukup dijual dengan harga yang terjangkau untuk Realme 5 Pro dijual dengan harga sekitar Rp. 2.000.000-an per Oktober 2019, sedangkan untuk Realme X dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019.
  • Untuk kapasitas RAM dari smartphone Realme 5 Pro tersedia dengan versi 4 GB/128 GB dan 8 GB/128. Sedangkan untuk smartphone Realme X memiliki atau tersedia kapasitas RAM 4 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB.

Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Realme X?

Realme 5 ProRealme X
Kelebihan- Memiliki kualitas kamera yang baik - Harga terjangkau - Mendukung fitur fast charging - Spesifikasi layar yang baik - Mendukung fast charging - Kualitas kamera yang bagus
Kekurangan- Layar didesain biasa saja - Tidak ada lensa telephoto - Tidak ada panel Amoled - Kapasitas baterai yang tidak besar - Slot memori eksternal - Bodi masih plastik

Kesimpulan

Realme 5 Pro dan Realme X memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan keduanya juga bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Jika Anda ingin memiliki kapasitas baterai yang cukup tinggi maka Reale 5 Pro adalah pilihan yang tepat dibandingkan dengan Realme X. Soal harga juga jauh lebih murah smartphone Realme 5 Pro dengan spesifikasi yang mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5 Pro vs Realme X

VS

Leave a Reply