Smartphone

Pilih Mana: Realme 5i vs Realme 5

Realme adalah produsen smartphone yang saat ini cukup digandrungi oleh banyak orang, khususnya kaum milenial. Bukan tanpa alasan, hal ini karena Realme selalu memberikan spesifikasi dan performa yang baik dalam setiap produknya, salah duanya seperti Realme 5i dan Realme 5.

Realme 5i dan Realme 5 adalah dua smartphone yang cocok banget untuk kamu yang memiliki budget sedang-sedang saja namun menginginkan kualitas smartphone yang cukup bagus.

Kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai Realme 5i dan Realme 5 yang bisa kamu jadikan acuan saat memilih smartphone andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya!

Realme 5i vs Realme 5

Realme 5i

Realme 5i mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang mempunyai 8 inti, arsitektur 64-bit serta gelombang dasar sampai 2.0GHz, dengan kinerja yang kuat serta kontrol daya yang amat baik.

Prosesor Qualcomm 665 meningkatkan ISP (Image Signal Processor) ke Spectra 165 untuk fungsi pemotretan yang lebih canggih dan perangkat keras fotografi yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi, memberikan gambar lebih bagus dari produk pada segmen yang sama dan pengalaman gambar yang lebih baik.

Mesin AI generasi ketiga, Hexagon 686 yang merupakan peningkatan DSP, dan fungsi baru HVX membuat kinerja AI menjadi 2 kali lipat dari CPU generasi terakhir dan membawa kinerja perangkat keras AI ke tingkat yang baru. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Oppo A5S?

Kamera Realme 5i

Realme 5i mempunyai kamera utama yang mengadopsi sensor gambar 12MP dengan aperture besar f/1.8 serta area single-pixel ultra-besar 1,25μm yang menyerap cahaya dan membuat gambar lebih jernih dan lebih cerah. Selain itu, realme 5i juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat.

Kamera kedua realme 5i yaitu ultra-wide angle dengan besaran piksel 8MP, aperture f/2.25 dan bidang tampilan ultra-wide 119°, yang bisa menangkap foto 4x lebih luas.

Realme 5i mempunyai lensa super makro dengan aperture f/2.4 dan ukuran piksel tunggal 1,75μm. Dengan panjang fokus 4cm, kita bisa mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail dalam kehidupan.

Baterai Realme 5i

Realme 5i dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 5000mAh di segmennya dan mempunyai kelebihan perangkat keras yang luar biasa.

Realme 5i vs Realme 5

Selain itu, ia menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk lebih mengoptimalkan keuntungan dalam masa pakai baterai serta memungkinkan konsumen untuk memakai telepon lebih lama sebelum pengisian daya kembali.

Fitur Realme 5i

  1. Manajemen Hotspot
    Cocok untuk skenario data internet harian dengan memaksimalkan hotspot ponsel, membatasi jaringan dan kemudian lintas data perangkat yang terhubung. Sistem ini secara cerdas memantau data yang tersisa setiap hari.
  2. Dark Mode
    Realme 5i juga sudah mendukung fitur Dark Mode yang menghadirkan palet warna yang lebih gelap untuk Aplikasi serta sistem operasi.

Kelebihan Realme 5i

  • Kapasitas baterai besar
    Kapasitas baterai dari Realme 5I ini cukup besar yakni sebesar 5.000 mAh sehingga bisa kamu gunakan untuk berbagai macam aktivitas sehari-hari tanpa perlu takut kehabisan baterai.
  • Harga terjangkau
    Kamu bisa mendapatkan smartphone yang bagus ini dengan harga yang cukup ekonomis sehingga bisa dijangkau oleh siapapun. Hal inilah yang coba diusung oleh Realme agar senantiasa dicintai oleh para konsumen.
  • Kualitas kamera yang terbaik
    Bagaimana dengan kualitas kameranya? Untuk kualitas dari kamera Realme 5i memiliki kualitas yang sudah cukup baik sehingga tidak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai fitur yang ada akan membuat hasil foto tampak lebih jelas.

Kekurangan Realme 5i

  • Port charging masih micro USB
    Kekurangan yang pertama dari Realme 5i adalah bahwa smartphone yang terjangkau ini masih menggunakan port charging micro USB. Jika kamu tidak suka dengan charging micro USB, maka smartphone ini belum menjadi pilihan yang tepat.
  • Kurang cocok untuk game
    Sebenarnya smartphone Realme 5i cocok-cocok saja digunakan untuk bermain game. Namun, banyak juga yang review bahwa menggunakan smartphone Realme 5i untuk bermain game kurang cukup oke, namun tidak menjadi masalah yang cukup berarti.
  • Desain yang biasa saja
    Untuk kamu yang memilih desain smartphone terbaik, maka smartphone Realme 5i belum menjadi pilihan yang tepat, karena desain yang diusung oleh Realme 5i terbilang biasa saja.

Realme 5

Realme 5 memiliki prosesor dari Qualcomm seri Snapdragon 665 AIE. Kencenderungan pasar di Indonesia ke seri Qualcomm, dapat mengatrol potensi Realme 5. Tak seapik milih saudaranya yang memakai seri Snapdragon 710. Tetapi sudah cukup, kok.

Chipset Snapdragon 665 mempunyai kemampuan kerja octa-core (4×2.0GHz). Kartu grafisnya memakai Adreno 610. Pemakaian ponsel untuk bermain game, termasuk bisa digunakan dengan mudah.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xioami Mi A1 atau Redmi 5 Plus?

Kamera Realme 5

Realme 5 dipersenjatai 4 kamera belakang dengan komposisi 12 MP (kamera utama), 8 MP (wide angle), 2 MP (macro), dan 2 MP (portrait mode/ bokeh).

Kamera utama yang beresolusi 12 MP dengan aperture besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25μm yang mengamankan cahaya yang cukup dan membuat gambar kamu lebih jernih juga lebih cerah.

Realme 5i vs Realme 5

Kamera kedua merupakan lensa wide angle dengan resolusi 8 MP punya aperture ultra-lebar f/2.25 yang mampu menangkap objek sampai 119 derajat.

Lanjut ke kamera ketiga, yakni kamera portrait beresolusi 2MP dengan f/2.4 bukaan lensa. Kamera utama dibantu oleh fitur lensa yang mendeteksi warna hitam dan putih, menyajikan eksposur lebih tinggi, dan meningkatkan kontras pada gambar.

Kamera terakhir yaitu kamera makro dimana Realme menyematkan lensa beresolusi sama dengan kamera portrait namun mempunyai fungsi yang berbeda.

Baterai Realme 5

Segala konfigurasi tadi didukung daya baterai yang cukup mumpuni untuk sebuah ponsel kelas menengah. Sebuah baterai baterai Li-Po 5000 mAh siap dihabiskan dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya ponsel ini masih memakai port USB model 2.0.

Fitur Realme 5

  1. Sidik jari
    Pemindai sidik jari sudah menjadi fitur umum yang dapat ditemukan hampir di semua ponsel terbaru saat ini. Pada Realme 5, kemampuan sensornya termasuk baik.
  2. AI Freeze dan Content Adaptive Backlight Control
    Ditambah lagi beberapa fitur optimalisasi daya seperti AI Freeze dan Content Adaptive Backlight Control, membuat daya tahan baterai akan semakin panjang.

Kelebihan Realme 5

  • Mempunyai 4 kamera powerfull
    Salah satu keistimewaan yang dimiliki dari Smartphone Realme 5 ini adalah mempunyai Quad-Camera yang tentu saja menjadi daya tarik tertentu untuk mereka si pecinta fotografi. Dengan 4 kamera Powerfull ini nyatanya menjadi keuntungan tersendiri dari Realme 5 yang merupakan versi murah dari Realme 5 Pro.
  • Splash resistant
    Yang tidak kalah menarik dari kelebihan yang dipunyai Realme 5 yakni adalah tahan percikan. Berbagai macam perlindungan sudah diberikan terhadap smartphone-smartphone terdahulu tetapi bagaimanapun perlindungan yang diberikan tentunya tetap akan mempunyai celah.
  • Kapasitas baterai yang tahan lama
    Kelebihan lain yang akan jadi daya Tarik tersendiri pastinya yaitu daya yang bertahan lama. Dengan kapasitas baterai yang besar tentunya akan sangat membantu konsumen dalam aktivitas hariannya tanpa harus khawatir untuk kehabisan daya.

Kekurangan Realme 5

  • Pengisian daya cuma 10 watt
    Dalam perihal ini karena absennya pengisian cepat khas VOOC Flash Charge pada Smartphone ini. Untuk smartphone Realme 5 ini masih dilengkapi dengan pengisian daya 10 Watt sehingga masih akan membutuhkan waktu yang lama dalam pengisiannya.
  • Masih memakai port Micro-USB
    Satu lagi perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini. Dalam pemakaian Port Micro-USB merupakan port yang sudah dipakai oleh android sejak awal. Cuma smartphone tertentu yang tidak memakai port Micro-USB. Namun saat ini port Micro-USB juga sudah tergantikan.
  • Layar yang masih HD+
    Dulunya layar HD+ tentunya merupakan sebuah kemajuan dari teknologi yang terbarukan. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini layar HD+ sudah mempunyai pengganti. Karena beberapa Smartphone terbaru lainnya sudah dilengkapi dengan Resolusi layar FHD+
Spesifikasi Realme 5iRealme 5
ChipsetQualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver) Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPUAdreno 610 Adreno 610
Operating system Android 9.0 (Pie), planned upgrade to Android 10.0; Android 9.0 (Pie), planned upgrade to Android 10.0;
Berat 195 g 198 g
Dimensi 164.4 x 75.0 x 8.95 mm164.4 x 75.6 x 9.3 mm
Harga per Januari 2020Rp 1.799.000,-Rp 1.815.000,-

Pilih Mana: Realme 5i vs Realme 5

Realme 5iRealme 5
Kelebihan- Kapasitas baterai besar - Harga terjangkau - Kualitas kamera yang terbaik - Mempunyai 4 kamera powerfull - Splash resistant - Kapasitas baterai yang tahan lama
Kekurangan- Port charging masih micro USB - Kurang cocok untuk game - Desain yang biasa saja - Pengisian daya cuma 10 watt - Masih memakai port Micro-USB - Layar yang masih HD+

Kesimpulan

Realme 5i dan Realme 5 adalah smartphone yang ekonomis dengan spesifikasi dan performa yang bagus untuk aktivitas kamu sehari-hari. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih milihnya Realme 5i aja deh. Semoga bermanfaat ya guys!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme 5i vs Realme 5

VS

Leave a Reply