Smartphone

Pilih Mana: Realme C2 atau Redmi 7?

ompetisi smartphone dengan harga terjangkau dengan spesifikasi mumpuni semakin terasa sengit dengan hadirnya realme di Tanah Air. Jika dahulu Xiaomi melalui perangkat Redmi mereka hampir tidak mempunyai lawan di segmen ini, kini mulai muncul vendor baru yang ingin menjadi pesiang ketat Xiomi. Kali ini akan kita bahas seri dari keduanya yaitu Realme C2 atau Redmi 7. Yang akan kita bahas lebih lanjut di bagian bawah. Selamat membaca!

Realme C2

Realme merupakan pemain baru yang mengalami perkembangan cukup pesat di pasar smartphone di indonesia. Konsep produk yang menyajikan desain menarik, fitur terkini, spesifikasi mumpuni dan dibandrol dengan harga terjangkau menjadi resep kesuksesan sub brand Oppo ini dalam menarik perhatian konsumen. Salah satu segmen yang digarap pabrikan asal Tiongkok ini adalah entry-level, yakni Realme C2.

Realme C2 ialah smartphone entry level dan penerus dari C1. Perangkat ini mengisi lini terbawah dari jajaran produk vendor smartphone Tiongkok tersebut. Meski paling bawah, Realme mengklaim bahwa produknya berbeda dan menawarkan nilai tambah yang lebih dari produk kompetitor.

Sebelumnya Realme cukup menarik perhatian pasar smartphone dengan harga yang di tawarkan murah melalui seri C1. Kini mencoba mengulang kesuksesan dengan menghadirkan Realme C2 yang menawarkan desain yang lebih cantik dan fitur yang telah ditingkatkan. Banyak yang mengabarkan Realme C2 sebagai salah satu smartphone murah yang mempunyai kualitas terbaik. Baca juga Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Samsung A50?

Desain Realme C2

Desain merupakan salah satu daya jual utama Realme C2. Smartphone ini mengalami perubahan desain yang cukup banyak, jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, Realme C1. Realme C2 hadir dengan desain poni minimalis atau yang sering disebut teardrop design yang modern. Tidak hanya itu, kini Realme C2 mengadopsi gaya diamond cut milik Realme 2 pada casing belakangnya dan sukses membuatnya terlihat begitu menawan.

Yang membuatnya berbeda dari smartphone dengan harga murah kebanyakan, Realme C2 tidak mengikuti tren sekarang. Saat ini mayoritas smartphone mengusung produk keluarannya dengan finishing mengkilap dan warna metalik gradasi, sementara Realme C2 hadir dengan bodi doff.

Memang tidak memberikan kilau yang berlebih saat terkena sinar, tapi masih ada sedikit kilau dari bodinya. Ini karena finishing doff tersebut disertai partikel-partikel kilap seperti mutiara.

Hal tersebut dilengkapi dengan motif bagian belakangnya yang bergaris-garis. Disebut sebagai desain Diamond Cut, kelompok-kelompok garis tersebut terlihat seperti permukaan berlian yang memantulkan motifnya saat terkena sumber cahaya dari berbagai sisi.

Casing dan frame ponsel Realme C2 ini memang terbuat dari material plastik atau polikarbonat. Akan tetapi, desainnya yang stylish membuat Realme C2 tidak terlihat murahan. Saat digenggam, ponsel ini terasa enak dengan build quality yang kuat. Ponsel Realme C2 ini tampil dengan dimensi yang pas dan tidak terlalu besar dengan sudut sedikit bundar. Meski lengkapi baterai berkapasitas besar, dimensi Realme C2 tidak tebal dan tetap ringan.

Performa Realme C2

Performa memang bukan bagian yang diunggulkan oleh Realme C2 review kali ini. Smartphone dengan desain cantik ini mengandalkan bantuan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 MT6762 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz disandingkan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 3GB.

MediaTek P22 dipercaya untuk menjadi mesin utama penggerak di Realme C2. Ditambah pilihan kapasitas memori hingga 3GB+32GB dan chip delapan inti yang termasuk mumpuni di kelasnya. Apalagi kecepatan clock-nya mencapai 2.0GHz. Namun, performa pada smartphone Realme C2 ini bukanlah segalanya. Pun demikian, chipset tersebut sangat efisien karena dibangun menggunakan arsitektur 12nm.
Redmi 7.

Seri Redmi 7 series, Xiaomi kembali beralih menggunakan chipset Qualcomm – aspek ini merupakan salah satu kelebihan smartphone Redmi dari dulu. Serta, mendesain ulang punggung smartphone dengan balutan warna lebih menarik. Redmi 7 dibuat cukup memukau, spesifikasi menengah yang ditawarkan dibanderol harga murah.

Desain Redmi 7

Redmi 7 ikut mengangkat tampilan dari smartphone saat ini yaitu menghadirkan noth atau poni dengan model waterdrop. Layarnya menggunakan panel IPS mengusung ukuran 6,26 inci dan aspek rasio 19:9 berlapis Corning Glass 5, Redmi 7 memiliki resolusi HD+ (720 x 1520p).

Bagian belakang ada dua buah kamera, LED flash, dan keterangan AI dual camera yang tersusun secara vertikal. Lalu, ada fingerprint sensor dan keterangan Redmi by Xiaomi di bagian bawah. Meskipun seri Redmi dikabarkan sudah pisah dan dijadikan sub-brand, tapi di Tanah air Redmi masih dibawa oleh Xiaomi.

Lanjut ke bagian kanan, didapati tombol power dan volume. SIM card ada di sisi sebrangnya. Bagian atas ada jack audio 3,5mm, mikrofon, dan sensor infrared sehingga dapat mengontrol beberapa perangkat seperti TV, AC, dan lain sebagainya. Lalu, di sisi bawah ada port micro USB, speaker sebelah kanan, dan mikrofon utama sebelah kiri.
Tampilan gradasi warna Redmi 7 berhasil membantu smartphone ini tidak terlihat murah atau sangat entry level.

Berbeda sekali kesan yang didapatkan dibandingkan smartphone Xiaomi yang dahulu hanya hadir dengan warna silver atau abu-abu polos.Sisi baiknya, penggunaan material tersebut membuat Redmi 7 terasa ringan digenggaman. Tepian bodinya yang membulat cukup nyaman digenggam dan tidak licin. Berbeda dengan smartphone berlapis material kaca di bagian belakangnya sehingga menjadi mudah terlepas dari genggaman.

Performa Redmi 7

Redmi 7 dilengkapi dengan spesifikasi yang tidak bisa dibilang entry level, mungkin lebih tepatnya adalah middle-low. Smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 632 dengan GPU Adreno 506. Kapasitas RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa ditambah MicroSD hingga 512GB.

Melihat chipset yang berada di kelas menengah sebetulnya menjadi daya tarik. Harganya yang murah dipasangkan chipset bukan kelas entry level. Bahkan kapasitas baterai yang ditanamkan sebesar 4.000 mAh.

Pilih Mana: Realme C2 atau Redmi 7?

Realme C2 Redmi 7
Kelebihan - Desain Diamond Cut yang cantik - Baterai besar 4000mAh hemat daya - Layar lebar, 6,1 inci fullview HD+- Desain punggung baru dengan balutan warna menarik - Chipset Snapdragon 632 - Baterai 4.000 mAh
Kekurangan - Tidak memiliki fingerprint - Pengisian daya agak lambat- Kapasitas RAM dan memori internal kecil - Resolusi layar sebatas HD+

Kesimpulan

Dari artikel di atas sudah kita bahas mengenai Realme C2 dan Redmi 7 merupakan smartphone yang memasarkan produknya dengan harga yang terbilang cukup murah di bandingkan smartphone terbaru saat ini. Kedua smartphone juga mempunyai spesifikasi unggul di bagian masing-masing. Oleh sebab itu dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme C2 VS Redmi 7

VS

Leave a Reply