Smartphone

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

Kemampuan kinerja smartphone saat ini semakin hari semakin berkembang pesat. Jika dibandingkan dengan ponsel jadul yang umumnya cuma bisa digunakan untuk menelpon, saat ini sudah banyak smartphone yang bisa membantu aktivitas manusia sehari-hari seperti halnya Realme X2 Pro dan OnePlus 7 Pro.

Realme X2 Pro dan OnePlus 7 Pro adalah smartphone canggih yang memiliki performa yang mumpuni untuk segala macam kebutuhan kamu. Kedua smartphone ini juga mumpuni untuk kamu ajak bermain game.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua smartphone ini? Yuk simak terus artikel Selera.id ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih smartphone andalan kamu sehari-hari. Disini aja ya!

Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

Realme X2 Pro

Ponsel ini ditenagai Qualcomm Snapdragon 855 Plus SoC 7nm, yang menggabungkan delapan-core Kyro CPU dan Adreno 640 GPU. Bahkan dibandingkan Snapdragon 855 saja, ada peningkatan 5% untuk inti CPU tunggal dan peningkatan 15% untuk kinerja rendering GPU.

Lebih lanjut SoC ini mendukung Snapdragon Elite Gaming dan tampilan Quad HD+ untuk pengalaman gaming yang luar biasa dan ditingkatkan. Chip pemrosesan AI juga 3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, tangkas dan cerdas menjalankan operasi inti. Dalam hal performa, tidak diragukan lagi realme X2 Pro menawarkan performa yang ngebut.

Realme X2 Pro hadir dalam konfigurasi 12GB RAM dengan 256GB ROM. Dengan RAM LPDDR4X untuk membawa kinerja ke tingkat berikutnya, memori 256GB menerapkan teknologi UFS 3.0. Sayangnya, tidak disertakan slot micro SD. Walaupun untuk storage sebesar ini, rasanya sudah tidak perlu lagi karena amat lapang. Baca juga Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7T

Kamera Realme X2 Pro

Kamera utama realme X2 Pro memakai sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P. Sensor ini secara teknis menanamkan mekanisme binning piksel cerdas 4-in-1 Quad Bayer yang mengkombinasikan empat piksel yang berdekatan menjadi satu pixel besar 1,6μm.

Kemudian lensa ultra wide-angle 115°. Dengan bukaan f/2,2, resolusi 8MP, dan dukungan PDAF, konsumen dapat mengambil bidikan dengan bidang pandang seluas 115°, yang menghasilkan piksel berukuran 1,4μm-besar melalui binning piksel yang cerdas.

Kamera ketiga merupakan lensa potret. Di mana sistem filter warna yang baru memungkinkan lensa potret untuk mendeteksi beragam cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama untuk menangkap cahaya dengan lebih baik.

Kamera keempat merupakan telefoto dengan kemampuan hybrid optical zoom 5x. Selain itu juga mempunyai kemampuan zoom sampai 20 kali. Lensa mempunyai resolusi 13MP dengan aperture besar f/ 2, 5 dan dukungan PDAF.

Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

Kamera belakang realme X2 Pro mendukung video resolusi 4K yang sudah menjadi standar di smartphone kekinian. Namun, ponsel ini mempunyai fitur Ultra Steady yang berdasarkan algoritma UIS super anti-shake baru digabungkan dengan giroskop built-in.

Baterai Realme X2 Pro

Realme X2 Pro dilengkapi dengan baterai 4000mAh standar industri yang kuat, yang mendukung teknologi manajemen baterai AI untuk secara proaktif memprediksi aplikasi yang kurang aktif, membekukan aplikasi yang tidak aktif dengan cepat, mengurangi caching berlebih, dan mencegah aplikasi dibuka untuk penghematan daya maksimum.

Fitur Realme X2 Pro

1. In-display fingerprint
Ponsel ini makin kekinian dengan in-display fingerprint, pengenalan dan pembukaan kunci sidik jari G3.0 terbaru, yang sudah menggandakan area sensitif sentuhan dan meningkatkan intensitas sinyal sampai 40%.

2. VC liquid cooling
Bagi para gamers, ponsel ini didesain mempunyai VC liquid cooling. Sistem pendingin cair ini mencakup sampai 1393 mm persegi, atau 100% dari luas permukaan termal utamanya.

3. Tactile Linear Motor
Realme X2 Pro juga menghadirkan Tactile Linear Motor yang menambahkan daya dan perasaan bertekstur pada umpan balik getaran.

Kelebihan Realme X2 Pro

  • Teknologi layar canggih
    Tidak cuma detail jeroan yang mentereng, Realme X2 Pro juga membawa teknologi layar canggih khas flagship masa kini. Yakni panel layar Super AMOLED, kecerahan sampai 1.000 nits, fitur HDR10+ sampai refresh rate mencapai 90 Hz! Layar ini dilindungi oleh Gorilla Glass 5 produksi Corning.
  • Hadirnya sensor NFC
    NFC lagi-lagi menjadi primadona, mengingat budaya Indonesia yang sudah beralih ke era dompet digital. Pengembangan aplikasi menyangkut sensor ini juga amat santer dikabarkan.
  • Kualitas kamera lengkap dan handal
    Kelebihan yang utama dari Realme X2 Pro adalah bahwa dari sisi kamera sendiri smartphone ini memiliki spesifikasi kamera yang cukup lengkap dan terbilang handal. Tidak perlu Anda ragukan lagi soal kualitas dari kamera Realme X2 Pro.

Kekurangan Realme X2 Pro

  • Tidak tahan air
    Secara teknis, Realme tidak memberikan kepastian soal fitur tahan air dan debu pada X2 Pro. Rasanya cukup disayangkan bila perihal ini tidak ada pada ponsel yang masuk segmen unggulan.
  • Tidak ada slot microSD
    Realme X2 Pro tidak mendukung penggunaan memori eksternal. Ponsel ini memang menawarkan memori internal yang lega. Dengan kapasitas tersebut sebenarnya sudah cukup tetapi tentu alangkah lebih baik jika ponsel ini mendukung penggunaan slot microSD.
  • Tanpa edge screen
    Layar lengkung sepertinya sudah menjadi harus untuk smartphone premium masa kini. Diawali dari Samsung, Huawei dan bahkan Xiaomi sudah mengaplikasikan desain layar ini pada jajaran unggulannya. Hal ini belum diusung oleh Realme X2 Pro.

OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 855 Octa-core yang mempunyai performa cepat berkat pemakaian teknologi proses 7nm. Terlebih smartphone ini sudah dibekali RAM dengan opsi 6 GB, 8 GB, atau 12 GB dan storage internal dengan opsi 128 GB atau 256 GB. Dengan kombinasi ini sanggup membuatnya melahap game atau aplikasi berat dengan mulus tanpa lag.

OnePlus 7 Pro juga sudah memakai OxygenOS 9 yang berbasiskan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan beragam fitur menarik, mulai pemakaian kecerdasan buatan AI untuk efisiensi baterai, AI untuk manajemen software, dua-split multitasking untuk menjalankan 2 aplikasi dalam layar sekaligus, dan masih banyak lagi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo K3 atau Vivo Z1 Pro?

Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

Kamera OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro sudah dibekali dengan 3 kamera belakang yang memiliki kombinasi kamera utama 48 MP, kamera ultra- wide 16 MP, dan kamera telephoto 8 MP yang sanggup menghasilkan foto dengan bagus.

Kamera utama yang hadir pada perangkat ini sanggup menghasilkan foto dengan tajam. Sementara kamera ultra-wide miliknya sanggup menghasilkan foto area luas lengkap dengan banyak orang di dalamnya. Terakhir, kamera telephoto miliknya sanggup menghasilkan foto jarak jauh sampai 3x optical zoom.

Smartphone yang satu ini juga memakai kamera depan beresolusi 16 MP dan AI Beauty yang sanggup menghasilkan foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus.

Sementara itu, kamera depannya memakai sistem pop- up sehingga berada di bagian dalam dan akan muncul ke atas bila dipakai untuk foto selfie.

Baterai OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterainya ini ternyata mempunyai teknologi pengisian daya yang tergolong cepat. Seperti yang diungkapkan oleh beberapa review nya yang mengatakan jika pengisian dari 0% sampai 60% bisa terisi selama 30 menit saja.

Fitur OnePlus 7 Pro

1. Fingerprint
Salah satu kelebihan lain dari OnePlus 7 Pro yaitu teknologi sensor sidik jari di layar. Sensor sidik jari di layar ini mempunyai respon yang tergolong bagus. Banyak reviewer yang memuji kecepatan dan respon dari OnePlus 7 Pro ini.

2. Face Unlock
Selain fingerprint, ponsel ini juga memiliki fitur Face Unlock yang berfungsi mengizinkan wajah untuk membuka kunci.

Kelebihan OnePlus 7 Pro

  • Performa kencang
    Rasanya aneh jika menyebut OnePlus 7 Pro tidak mempunyai performa yang kencang. Bagaimana tidak, OnePlus 7 Pro dibekali dengan Snapdragon 855, chipset terbaik untuk Android saat ini. Selain itu, OnePlus 7 Pro jadi HP salah satu HP yang menggunakan penyimpanan dengan teknologi UFS 3. 0.
  • Layar bezel tipis, all-full screen
    OnePlus 7 Pro mempunyai layar 6, 67 inci. Layarnya tergolong besar. Layarnya ini mengusung QuadHD+ 1440 x 3120 pixels dan layarnya telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Yang menarik, panel layar yang dipakai HP ini yaitu Fluid AMOLED.
  • UI OxygenOS
    Salah satu karya terbaik dari HP OnePlus adalah UI Oxygen OS. UI ini sanggup menawarkan pengalaman yang menyenangkan. Seperti yang dikatakan beberapa reviewnya, UI Oxygen OS ini menawarkan Android yang apik serta bersih dan gampang untuk dipakai dan kuat.

Kekurangan OnePlus 7 Pro

  • Debu dan noda sidik jari membekas
    Debu dan noda sidik jari gampang membekas pada bodi belakang OnePlus 7 Pro dengan pemakaian bahan kaca. Untuk itu, sebaiknya konsumen smartphone ini langsung memakai case tambahan yang dalam paket penjualannya sehingga lebih aman.
  • Harga yang cukup mahal
    Kita ketahui bersama kalau pada saat pertama kali meluncurkan smartphone, OnePlus meluncurkan OnePlus One dengan harga terjangkau sebagai flagship killer. Tetapi seiring berjalannya waktu, OnePlus juga menyesuaikan dengan keadaan sehingga smartphone buatannya mempunyai harga yang terus naik.
  • Tidak ada 3,5 audio jack
    Tidak adanya slot microSD di OnePlus 7 Pro masih dapat dimaklumi. Pasalnya, OnePlus 7 Pro mempunyai penyimpanan UFS 3.0 yang kecepatannya 20x lebih cepat dari memori microSD. Tipe penyimpanan ini pula lebih cepat dari tipe penyimpanan yang ada di HP pada umumnya.
SpesifikasiRealme X2 Pro OnePlus 7 Pro
ProsesorOcta-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.41 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485)
ChipsetQualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm) Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm), GPU Adreno 640 (700 MHz)
Dimensi 161 x 75.7 x 8.7 mm 162.6 x 75.9 x 8.8 mm
Baterai 4.000 mAh 4.000 mAh
Sistem operasi Android 9.0 Pie, ColorOS 6 Android 9.0 (Pie); OxygenOS 10.0.2
Harga per Januari 2020Rp 7.800.000,-Rp 8.600.000,-

Pilih Mana: Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

Realme X2 Pro OnePlus 7 Pro
Kelebihan- Teknologi layar canggih - Hadirnya sensor NFC - Kualitas kamera lengkap dan handal - Performa kencang - Layar bezel tipis, all-full screen - UI OxygenOS
Kekurangan- Tidak tahan air - Tidak ada slot microSD - Tanpa edge screen - Debu dan noda sidik jari membekas - Harga yang cukup mahal - Tidak ada 3,5 audio jack

Kesimpulan

Realme X2 Pro dan OnePlus 7 Pro merupakan smartphone canggih yang menjadi dambaan setiap orang, khususnya kamu yang doyan bermain game. Meski harganya terbilang sedikit tinggi, namun performa yang dihasilkan tidak akan mengecewakan setiap penggunanya. Lalu yang mana pilihan kamu? Kalau Selera.id sih OnePlus 7 Pro. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme X2 Pro vs OnePlus 7 Pro

VS

Leave a Reply