ElektronikGadgetsSmartphone

Pilih Mana: Realme XT atau Realme X?

Perusahaan elektronik pada zaman saat ini berlomba-lomba mengeluarkan berbagai macam produknya dengan kualitas yang bagus. Salah satu produk elektronik yang banyak dijual oleh perusahaan elektronik adalah smartphone. Realme merupakan salah satu perusahaan smartphone yang saat ini banyak mengeluarkan tipe terbaru seperti Realme XT dan X.

Realme XT dan Realme X hampir sama saja, tetapi untuk peluncurannya memang lebih dahulu Realme X sedangkan untuk Realme XT dalam waktu dekat akan dilaunchingkan di Indonesia. Lantas bagaimana spesifikasi dari keduanya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Anda dapat menemukan jawabannya pada artikel kali ini.

Realme XT

Realme XT dijadwalkan meluncur di Tanah Air pada 23 Oktober 2019 sebagaimana diumumkan Realme Indonesia melalui situs web perusahaan. Sebelumnya, Realme XT sudah singgah di India pada September lalu.

Dengan begitu, untuk harga dan spesifikasi Realme XT setidaknya bisa diintip dari varian yang telah meluncur di sana.Diklaim sebagai smartphone terlengkap dengan harga tersebut, handphone ini menggunakan chipset snapdragon 712 dengan didukung RAM hingga sebesar 8 GB serta media penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Realme XT disebutkan merupakan smartphone awal dari pihak Realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan serta nuansa premium. Baca juga Pilih Mana: OPPO K3 atau Vivo S1?

Spesifikasi Realme XT

Desain
Realme XT tersemat notch di tepi atas layarnya bergaya teardrop. Sementara casing belakangnya glossy yang menampilkan efek hyperbola light streak. Realme XT tersedia dalam 2 varian warna, yaitu Pearl Blue dan Pearl White. Realme XT membawa layar 6.4 inci resolusi FHD+ tipe Super AMOLED. Segi perangkat lunak, Realme XT menggunakan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6.0 kaya fitur.

Kamera
Kamera utama Realme XT berkekuatan 64 MP dengan sensor 1/7 inci 0.8um piksel, disandingkan bersama lensa aperture f/1.8 dan didukung fitur laser autofocus, PDAF, dan LED Flash. Sementara kamera kedua Realme XT beresolusi 8 MP diperkuat lensa ultra-wide bukaan f/2.3 yang menawarkan field of view (FoV) 117 derajat. Kamera ketiga ponsel ini berkekuatan 2MP berfungsi sebagai kamera makro dan kamera keempat 2 MP sebagai depth sensor. Adapun untuk kamera depan berkekuatan 16 MP dan sudah didukung fitur AI.

Harga
Di Indonesia, Realme XT rencananya akan dipasarkan melalui e-commerce usai diperkenalkan pada 23 Oktober 2019. Dan akan dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000.000-an tidak jauh beda dengan harga yang di India.

Kelebihan Realme XT

  • Desain dan build quality bagus
    Realme XT memiliki desain bodi yang keren dan terlihat premium. Bodinya sendiri terbuat dari frame plastik tetapi Realme mengemas ponsel dengan dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm dan bobot 183 gram ini dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5.
Desain terlihat premium dengan balutan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya terlihat tetapi ketika digenggam di tangan juga feel genggamannya terasa premium di tangan dan tidak terlalu licin.

  • Daya tahan baterai yang bagus
    Realme XT dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Realme XT juga didukung dengan pengisian daya yang cepat. Untuk pengisian daya cepatnya, Realme XT didukung pengisian daya cepat VOOC 3.0 fast charging 20W. Dengan teknologi ini, Realme XT dapat mengisi baterai sampai 50% hanya dengan 30 menit saja.
  • Kualitas kamera bagus dan sidik jari yang cepat
    Kualitas kamera dari Realme XT ini tidak perlu Anda ragukan lagi, seperti yang sudah dijelaskan pada spesifikasi di atas kameranya sangat canggih. Untuk sidik jari Realme XT hadir dengan sensor sidik jari di layar performa sensor sidik jari di Realme XT memiliki respon cepat dan sempurna. Selain itu, sensor pengenalan wajah di smartphone ini juga tergolong bagus.

Kekurangan Realme XT

  • ColorOS yang memberatkan
    Realme XT masih menggunakan antarmuka ColorOS. ColorOS yang dijalankan adalah ColorOS 6.0.1 yang berbasis Android 9 Pie. Menurut Techradar, ColorOS di smartphone ini memberatkan sistem karena terlalu banyak perubahan dibandingkan stock Android.
  • Tidak ada NFC
    Dengan harga yang dijual cukup tinggi dari seri lainnya, sayangnya belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.
  • Sektor kamera lain kurang memuaskan
    Kamera lainnya, seperti kamera ultra-wide dan kamera makro masih tergolong tidak memuaskan. Seperti kata GSMArena, Kamera ultra wide smartphone ini menghasilkan gambar dengan detail yang kurang impresif. Tidak hanya itu, dynamic range yang dihasilkan terbatas.

Realme X

Realme X sudah lebih dulu muncul, Realme X menjadi salah satu smartphone yang banyak diminati para kalangan anak muda untuk saat ini. Memiliki spesifikasi yang cukup baik dan harga yang termasuk terjangkau menjadikan kelebihan tersendiri dari smartphone ini.

Dimana tipe Realme X ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, salah satunya desain yang cantik, dan memiliki layar yang super AMOLED. Dan juga pilihan warna yang cukup cantik yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Spesifikasi Realme X

Desain
Realme X memakai layar AMOLED 6.53 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel atau Full HD+. Layar cantik ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Soal warna, sub-brand Oppo ini tak perlu diragukan lagi. Tersedia beberapa pilihan Space Blue dan Polar White, dengan gradasi berdesain lengkungan S.

Kamera
Realme X mengandalkan dual kamera 48 MP f atau 1.7+ 2 MP f atau 2.4 depth sensor. Ditambah kamera selfie 16 MP f atau 2. 0. Sensor 48 MP di smartphone ini menggunakan Sony IMX 586 yang terkenal kualitasnya. Kamera ini dilengkapi fitur Super Nightscape, Chroma Boost, dan 960fps slow-motion.

Harga
Di Indonesia, Realme X dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000.000-an. Dengan harga sedemikian smartphone kualitas yang sangat baik dan tangguh akan Anda dapatkan.

Kelebihan Realme X

  • Mendukung fast charging
    Mengandalkan fast charging VOOC 3.0 yang dapat mengisi daya 20 watt. Pengisian baterai ngebut ini salah satu andalan dari Oppo yang dibawa ke Realme. Ditambah, telah menggunakan port USB type-C. Selain jadi port kekinian, USB type-C juga menawarkan transfer data lebih kencang.
  • Spesifikasi layar yang baik
    Realme X menggunakan layar Amoled 6. 53 inci beresolusi 1. 080 x 2. 340 piksel atau Full HD+. Layar cantik ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Menariknya, layar ini terasa lapang tanpa terpotong poni di bagian atas karena kamera selfie pindah sudah menggunakan mekanisme pop-up.
  • Kamera dan dapur pacu yang sangat bagus
    Soal kamera dari Realme X sebenarnya memiliki kualitas kamera yang sangat bagus seperti yang sudah dijelaskan pada bagian atas. Dapur pacu dari Realme X ini juga memiliki dapur pacu yang sangat tinggi mengandalkan Qualcomm Snapdragon 710, Realme X menghasilkan nilai AnTuTu Benchmark 164.301.

Kekurangan Realme X

  • Kapasitas baterai yang tidak terlalu besar
    Dengan harga yang dijual di angka 3 jutaan seharusnya baterai yang diusung sudah bisa ke angka 4.000 mAh. Namun, Realme X hanya mengusung baterai kapasitas baterai sebesar 3.765 mAh. Sehingga hal ini tidak tahan seharian penuh.
  • Slot memori eksternal
    Memang sangat disayangkan Realme X tidak memberikan slot memori eksternal. Sehingga tidak bisa menambah media penyimpanan. Namun tenang saja, Realme X yang resmi masuk ke Indonesia versi memori internal 128 GB. Cukup untuk menyimpan foto selfie Anda.
  • Bodi masih plastik
    Di balik desainnya yang memikat mata, sebenarnya Realme X memiliki bodi yang dibalut material plastik. Meski begitu, bahan plastik yang digunakan bukan lah level murahan. Sehingga ketika dalam genggaman tetap terasa layaknya ponsel premium.
KeteranganRealme XTRealme X
LayarLayar 6.4 inci Layar 6.53 inci
Baterai4.000 mAh 3.765 mAh.
KameraKamera yang sangat bagusKamera yang sangat bagus
DesainDesain yang cukup cantikDesain yang cukup cantik
HargaRp. 3.000.000-an per Oktober 2019 Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019

Pilih Mana: Realme XT atau Realme X?

Realme XTRealme X
Kelebihan- Desain dan build quality bagus - Daya tahan baterai yang bagus - Kualitas kamera bagus dan sidik jari yang cepat - Mendukung fast charging - Spesifikasi layar yang baik - Kamera dan dapur pacu yang sangat bagus
Kekurangan- ColorOS yang memberatkan - Tidak ada NFC - Sektor kamera lain kurang memuaskan - Kapasitas baterai yang tidak terlalu besar - Slot memori eksternal - Bodi masih plastik

Kesimpulan

Realme XT dan Realme X keduanya tipe smartphone yang saat ini banyak menjadi pilihan bagi anak muda, dengan memiliki kelebihan dan kekurangan yang ada. Untuk baterai Realme XT memang baterai jauh lebih besar dibandingkan Realme X. Anda bisa pilih dari keduanya sesuai dengan selera Anda dan budget tentunya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme XT vs Realme X

VS

Leave a Reply