ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Realme XT vs Oppo A9 2020

Smartphone adalah sebuah elektronik yang menjadi salah satu kewajiban yang mungkin harus dimiliki semua orang. Dengan begitulah semua perusahaan elektronik berlomba-lomba untuk mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi terbaiknya. Tidak terkecuali Realme dan Oppo yang mengeluarkan tipe terbaik mereka yaitu Realme XT dan Oppo A9 2020.

Kedua smartphone memiliki spesifikasi terbaik dan juga menjadi banyak pilihan, apalagi bagi anak muda masa kini. Penasaran bagaimana sih spesifikasi sebenarnya dari kedua smartphone? Dan apa kelebihan juga kekurangan keduanya?

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Realme XT vs Oppo A9 2020

Realme XT

Siapa yang tidak mengenal merk smartphone Realme? Sudah pasti semua orang mengenal merk smartphone ini. Realme XT hadir di tengah pasar smartphone Indonesia yang tengah dihangatkan dengan trend smartphone kamera yang besar. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Oppo A5S?

Salah satu ponsel terbaru Realme ini memang mengandalkan kekuatan quad kamera. Realme XT menandai lompatan terbesar Realme untuk menghadirkan smartphone berkamera paling premium di tanah air ini lho!

Smartphone dari Realme XT ini juga disebutkan merupakan smartphone awal dari pihak Realme yang membawa kaca Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, yang bertujuan untuk memberikan tampilan serta nuansa premium.

Kelebihan Realme XT

Berikut kelebihan smartphone Realme XT:

  • Desain dan build quality bagus
    Realme XT memiliki desain bodi yang keren dan terlihat premium. Desain terlihat premium dengan balutan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Tidak hanya terlihat tetapi ketika digenggam di tangan juga feel genggamannya terasa premium di tangan dan tidak terlalu licin.
  • Kualitas kamera bagus dan sidik jari yang cepat
    Dan kemudian kualitas kamera dari Realme XT ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Untuk sidik jari Realme XT hadir dengan sensor sidik jari di layar performa sensor sidik jari di Realme XT memiliki respon cepat dan sempurna.
  • Baterai yang tahan seharian
    Kelebihan lainnya selain kamera yang bagus dan kualitas yang baik. Realme XT juga memiliki kelebihan dengan hadirnya akan daya tahan baterai yang bisa tahan seharian jika Anda menggunakan smartphone dalam keadaan normal saja.

Kekurangan Realme XT

Berikut kekurangan smartphone Realme XT:

  • Tidak ada NFC
    Dengan harga yang dijual cukup tinggi dari seri lainnya, sayangnya smartphone Realme XT ini belum dilengkapi dengan fitur NFC yang bisa digunakan untuk transfer data, melakukan pembayaran, hingga menghubungkan perangkat.
  • Kamera ultra wide tidak memuaskan
    Meski memang kelebihan dari Realme XT mempunyai kamera yang kualitas terbaik, namun di beberapa bagian seperti kamera ultra wide tidak memuaskan. Pada dasarnya, kamera ultra wide dapat menghasilkan gambar yang detail, sayangnya, hal itu tidak tampak pada Realme XT.

Realme XT vs Oppo A9 2020

  • Adanya colorOS yang memberatkan
    Dan kekurangan lainnya Realme XT sendiri masih menggunakan colorOS 6.0.1 dengan basis Android 9 Pie. Ternyata ColorOS ini masih memberatkan sistem yang disebabkan banyaknya perubahan dibandingkan stock Android Smartprix.

Oppo A9 2020

Perusahaan smartphone asal Tiongkok ini merupakan Oppo tidak akan pernah salah mengeluarkan produk smartphone, dan kali ini Oppo kembali mengeluarkan perangkat terbarunya yaitu Oppo A9 2020. Kinerja Oppo A9 2020 dipastikan lebih mulus dibanding model di seri Oppo A sebelumnya.

Smartphone Oppo A9 2020 ini memiliki kualitas terbaik dan memiliki spesifikasi yang sangat bagus. Dan juga Oppo A9 2020 dibekali dengan fitur-fitur terkini. Harga yang dijual cukup tinggi jika melihat dari segi kualitasnya worth it deh!

Kelebihan Oppo A9 2020

Berikut kelebihan smartphone Oppo A9 2020:

  • Kualitas kamera yang bagus
    Setelah Anda mengetahui spesifikasi kamera dari smartphone Oppo A9 2020 ini Anda akan mengetahui jika smartphone ini memiliki kualitas kamera yang sudah sangat cukup bagus. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki hobi selfie dan foto-foto.
  • Cocok untuk bermain game
    Mengapa smartphone ini cocok untuk bermain game?Oppo A9 2020 juga dilengkapi fitur Touch Boost dan Frame Boost. Fitur Frame Boost sendiri berfungsi untuk meminimalisir latensi dan lag akibat sinyal yang lemah, sedangkan Touch Boost untuk meningkatkan sensitivitas respons sentuhan layar saat bermain.
  • Kapasitas baterai besar
    Dari akses multimedia, gaming, hingga kamera dapat ditunjang dengan adanya kapasitas baterai yang besar Li-Po sebesar 5.000 mAh. Baterai ini juga dibekali dengan fitur Reverse Charging untuk penghematan dan alur baterai yang fleksibel.
Lihat juga:  Pilih Mana: Infinix Hot 7 Pro atau Asus Zenfone Max Pro M1?

Kekurangan Oppo A9 2020

Berikut kekurangan smartphone Oppo A9 2020:

  • Tanpa fitur NFC
    Kembali menjadi idola serta diharapkan hadir, rupanya Oppo A9 2020 masih belum membawa fitur NFC. Memang tidak menjadi suatu kewajiban menghadirkan fitur tersebut, di samping harganya yang mahal. Namun, suatu smartphone akan lebih berfungsi dengan kehadiran fitur NFC.
  • Harga yang cukup tinggi
    Kekurangan lainnya dari Oppo A9 2020 adalah, bahwa Oppo A9 2020 memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, disisi harga yang tinggi dimana Oppo A9 2020 memang memiliki spesifikasi terbaik walaupun ada beberapa kekurangannya.

Realme XT vs Oppo A9 2020

  • Tidak ada fitur VOOC
    Pada Oppo A9 2020 yaitu, fitur VOOC yang menjadi andalan Oppo dalam berbagai macam perangkat andalannya tampaknya tidak hadir pada perangkat ini. Padahal fitur ini akan sangat membantu saat mengisi daya ke baterai Oppo A9 2020 yang sangat besar itu.
KeteranganRealme XT Oppo A9 2020
MerkRealme Oppo
TipeRealme XT Oppo A9 2020
Kisaran HargaRp. 4 jutaan Rp. 4 jutaan

Spesifikasi Realme XT vs Oppo A9 2020

1. Desain
Realme XT tersemat notch di tepi atas layarnya bergaya teardrop. Sementara casing belakangnya glossy yang menampilkan efek hyperbola light streak. Untuk desain dari Oppo A9 2020 ini juga cukup terlihat elegan, membuat mata Anda akan tertuju dengan pilihan warna dari smartphone ini warna-warna yang cantik.

2. Layar
Untuk di sisi layar kedua smartphone memiliki ukuran layar yang cukup berbeda, lihat ukurannya di bawah ini.

Realme XT membawa layar 6.4 inci resolusi FHD+ tipe Super AMOLED. Oppo A9 2020 hadir menawarkan layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan ayar yang digunakan adalah panel IPS.

3. Kamera
Realme XT hadir dengan empat sensor kamera utama dengan sensor terbesar adalah 64 MP. Sensor lainnya terdapat 8 MP lensa ultra wide dengan bukaan f/2.3 , 2 MP lensa makro f/2.4 dan lensa. Oppo A9 2020 Untuk kamera depan smartphone ini memiliki konfigurasi 16 MP, kamera belakang dengan konfigurasi 48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP + 2 MP depth sensor.

4. Baterai
Baterai juga menjadi salah satu hal atau spesifikasi penting untuk sebuah smartphone . Dimana keduanya ini memiliki kapasitas baterai yang berbeda jauh.

Realme XT baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dan Oppo A9 2020 memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

5. Harga
Dari sisi harga keduanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda, Realme XT dan Oppo A9 2020 memiliki harga kisaran 4 jutaan dijual di pasaran.

Pilih Mana: Realme XT vs Oppo A9 2020

Realme XTOppo A9 2020
Kelebihan- Desain dan build quality bagus - Kualitas kamera bagus dan sidik jari yang cepat - Baterai yang tahan seharian - Kualitas kamera yang bagus - Cocok untuk bermain game - Kapasitas baterai besar
Kekurangan- Tidak ada NFC - Kamera ultra wide tidak memuaskan - Adanya colorOS yang memberatkan - Tanpa fitur NFC - Harga yang cukup tinggi - Tidak ada fitur VOOC

Kesimpulan

Kedua smartphone Realme XT dan Oppo A9 2020 memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah kami jelaskan di atas, Anda bisa memilih keduanya sesuai dengan kebutuhan kamu saja. Jika ingin memiliki kapasitas baterai besar dan cocok bermain game Oppo A9 2020 bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Realme XT vs Oppo A9 2020

VS

Leave a Reply