LayananLifestyleTrends

Pilih Mana: RedDoorz atau Airy Rooms?

Tempat penginapan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan kala kita keluar kota, berlibur dan berbagai aktivitas lainnya. Tingkat kenyamanan, kebersihan, kelayakan semua harus memenuhi standar sebuah tempat yang layak untuk ditinggali. Susah untuk mencari tempat yang seperti itu? Kamu sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada RedDoorz dan Airy Rooms.

RedDoorz dan Airy Rooms merupakan layanan yang mempermudah buat kamu ketika mencari sebuah tempat penginapan yang bisa kamu dapatkan melalui App store atau Play store. Harga yang ditawarkan oleh kedua layanan ini juga sangat murah. Cocok banget buat kamu memiliki budget pas-pasan.

Selain harga yang ditawarkan murah, beberapa fasilitas juga disematkan oleh RedDoorz dan Airy Rooms. Penasaran apa saja detail tersebut?  Dan bagaimana cara booking dari kedua layanan ini? Selera punya jawabannya. Simak terus guys!

RedDoorz

RedDoorz merupakan jaringan penginapan budget online terbesar di Indonesia. Berfokus pada perkembangan penginapan dan distribusi penjualan secara online, RedDoorz akan memilih properti yang berpotensi untuk bekerja sama secara langsung serta terikat komitmen dengan brand RedDoorz.

RedDoorz selalu meningkatkan kualitas penginapan secara permanen untuk penuhi standar utama dan kelengkapan fasilitas. RedDoorz juga bertanggung jawab untuk membantu penjualan kamar secara online dan offline, termasuk penjualan skala besar seperti corporate sales program.

RedDoorz tidak sama dengan Online Travel Agent (OTA) atau jasa Hotel Aggregator. RedDoorz juga mengontrol ketersediaan dan kelengkapan fasilitas yang dipunyai penginapan setiap harinya, selayaknya jaringan Hotel dalam bentuk Digital (Asset Light Hotel Chain).

Dengan begitu, RedDoorz juga menjalin ikatan yang akrab dengan seluruh partner termasuk pemilik penginapan, Online Travel Agent (OTA) dan Hotel Aggregator.

Membantu penjualan kamar RedDoorz, OTA dan Hotel Aggregator jadi salah satu bagian partner yang turut berkembang dan tidak bisa terpisahkan dari kinerja keseluruhan RedDoorz. Baca juga Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

Cara booking RedDoorz

  1. Buka aplikasi mobile RedDoorz, kemudian kamu akan melihat tampilan aplikasi RedDoorz. Klik/ sentuh icon logo RedDoorz ataupun logo ‘search‘ untuk mulai masuk dan melakukan pencarian. Setelah itu, tampilan yang muncul merupakan kotak pencarian properti RedDoorz. Isi kotak tersebut sesuai dengan preferensi perjalanan liburan kamu.
  2. Setelah menyesuaikan kota, tanggal, dan jumlah kamar, tampilan aplikasi RedDoorz akan menunjukan berbagai properti yang sesuai dengan preferensi kamu. Dalam tahap ini, pilih kamar yang tersedia dengan sistem scroll dan disana juga tersedia harga yang mesti dibayarkan.
  3. Setelah memilih kamar yang kamu inginkan, detail mengenai properti RedDoorz pilihan kamu akan timbul di layar smartphone. Baca baik-baik mengenai fasilitas yang RedDoorz sediakan serta informasi lain yang bisa membantu kamu dalam memastikan pesanan.
  4. Cek kembali detail pemesanan kamu dalam tahap ini. Mulai dari tanggal menginap, jumlah kamar, sampai total harga yang mesti kamu bayar. Dan bila sudah yakin dengan opsi kamu, isi kelengkapan data dalam tampilan ini supaya pemesanan kamu bisa tercatat di sistem RedDoorz.
  5. Pilih metode pembayaran yang tersedia sesuai keinginan kamu. Sekedar informasi, RedDoorz mempunyai berbagai metode pembayaran, mulai dari bank transfer, Mandiri click pay, credit card, pembayaran tunai melalui alfamart, pembayaran melalui kredivo serta doku wallet.
  6. Tunjukan bukti konfirmasi pembayaran kamu kepada hotel agar bisa diproses lebih lanjut, dan kamu sudah bisa menginap di hotel pilihan kamu.

Kelebihan RedDoorz

  • Jaminan akomodasi yang baik
    RedDoorz selalu memberi jaminan di tiap akomodasi, berupa adanya Wi-Fi gratis, televisi satelit, air mineral, linen serta kamar mandi yang bersih, dan adanya perlengkapan mandi.
  • RedDoorz bekerja sama dengan berbagai Online Travel Agent
    RedDoorz bekerja sama dengan berbagai OTA lokal maupun internasional seperti Booking.com, Agoda, Expedia, PegiPegi, Ctrip, Goibibo dan juga Airbnb. Channel penjualan dibuka sebanyak mungkin supaya penjualan kamar jadi lebih maksimal serta opsi lebih banyak tersedia untuk para pengunjung.
  • Harga murah
    Inilah yang merupakan keunggulan utama dari RedDoorz yaitu harga penginapan yang ditawarkan murah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp100-500 ribuan tergantung dengan penginapan tersebut.

Kekurangan RedDoorz

  • Lokasi penginapan tidak benar-benar sesuai
    Beberapa hotel yang ditawarkan RedDoorz tidak menyertakan lokasi yang benar-benar sesuai. Jadi, bila kamu tidak beruntung, ada usaha lebih yang mesti kamu keluarkan untuk menemukan alamat yang tepat.
  • Tidak terdapat review dari beberapa pengunjung sebelumnya
    RedDoorz juga tidak menampilkan review pengunjung sebelumnya, sehingga membuat bingung dalam menentukan opsi penginapan.
  • Harga yang ditampilkan di situs belum harga final
    Lalu kekurangan terakhir dari RedDoorz yaitu harga yang ditampilkan di situs belum harga final. Harga asli akan tertera saat akan melakukan pembayaran.

Airy Rooms

Airy Rooms merupakan jaringan penginapan budget virtual yang berbasis teknologi, di mana dalam hal ini Airy Rooms mengelola ribuan kamar dari ratusan mitra-mitra hotel terbaik di seluruh Indonesia secara terpadu.

Mengklaim sebagai hotel budget, seluruh kamar hotel yang ditawarkan Airy Rooms dipatok dengan tarif yang jelas amat terjangkau untuk seluruh kalangan dengan rentang harga di bawah pada umumnya.

Bagi kamu yang mencari kenyamanan saat menginap, Airy Rooms memberikan 7 jaminan kenyamanan di setiap kamarnya. 7 jaminan itu adalah tempat tidur yang bersih dan nyaman, AC, shower air panas, TV layar datar, WiFi gratis, perlengkapan mandi dan air minum gratis. Kamu jadi bisa liburan dengan tenang serta menikmati fasilitas yang lengkap.

Kamu bisa memilih 3 kategori penginapan yang membedakan harga dan fasilitas hotel, yakni Airy Eco, Airy Standard, dan Airy Premier. Harga paling terjangkau dapat kamu miliki mulai dari Rp 150 ribu saja.

Cara booking Airy Rooms

  1. Di halaman utama website Airy atau Aplikasi Airy, pilih ‘Kamar’, dan masukkan destinasi yang kamu tuju. Kamu bisa memasukkan nama kota, landmark, sampai wilayah yang menjadi tujuan kamu. Setelah itu pilih tanggal check-in, dan durasi menginap yang kamu inginkan.
  2. Setelah klik ‘Cari’, kamu akan disuguhkan tampilan daftar kamar pilihan Airy Rooms yang tersedia di destinasi yang kamu masukkan pada form pencarian. Pada daftar kamar yang tersedia, Airy juga memberikan informasi properti tersebut secara detail, termasuk alamat, peta lokasi, landmark atau destinasi wisata yang dekat dengan properti tersebut, harga, pilihan tipe kamar, fasilitas kamar serta penginapan.
  3. Bila sudah yakin dengan opsi kamar, segera konfirmasi pemesanan dengan mengisi data diri tamu yang akan menginap. Kamu bisa mengisi langsung data secara manual pada form atau kamu bisa membuat akun Airy terlebih dahulu untuk mempermudah pemesanan berikutnya dan juga memperoleh info promo menarik dari Airy.
  4. Setelah mengkonfirmasi pemesanan, kamu akan langsung diarahkan ke halaman pembayaran. Airy menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih sendiri, mulai dari bank transfer, kartu kredit, sampai tunai melalui Indomaret.
  5. Ketika kamu sampai di hotel yang sudah kamu pesan, tunjukkan e-voucher yang kamu terima pada email atau aplikasi Airy. Bila kamu memesan kamar Airy berlabel Syariah dan kamu menginap dengan lawan jenis, maka kamu juga mesti menyiapkan dokumen tambahan seperti buku nikah atau kartu keluarga untuk bisa check in ke hotel tersebut.

Kelebihan Airy Rooms

  • Promo setiap bulannya
    Untuk berlibur dengan harga yang lebih hemat, Airy Rooms mengadakan promo setiap bulannya, loh! Mulai dari promo untuk nasabah bank tertentu sampai promo dengan potongan harga sampai 80%. Kamu cukup follow akun media sosial Airy Rooms untuk memperoleh info dan promo terbaru.
  • Souvenir dari Airy Rooms
    Airy Rooms memberikan beberapa fasilitas tambahan di setiap kamarnya, seperti bantal, pouch perlengkapan mandi serta kotak snack. Buat kamu yang menginginkan “oleh-oleh” kecil dari liburanmu, kamu bisa membawa pulang pouch perlengkapan mandi Airy Rooms beserta isinya.
  • Camilan dan air minum gratis setiap hari
    Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa kamu akan memperoleh camilan dan juga air minum gratis di setiap kamar Airy Rooms. Bila kamu menginap lebih dari satu malam, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan camilan saat bersantai di kamar, sebab Airy Rooms akan memberikan camilan dan air minum gratis yang baru setiap harinya selama kamu menginap.

Kekurangan Airy Rooms

  • Bantal Airy Rooms tidak boleh dibawa pulang
    Setiap kita menginap dengan layanan Airy Rooms akan tersedia bantal berwarna biru dengan tulisan Airy yang lucu. Namun sayangnya bantal tersebut tidak boleh dibawa pulang oleh pengunjung.
  • Fasilitas Wifi Hotspot yang ada di hotel tidak mencapai kamar yang ditempati
    Airy Rooms memang menyediakan berbagai fasilitas salah satunya yaitu fasilitas Wifi. Namun dari beberapa review para pemakai Airy Rooms, mereka mengklaim bahwa wifi dari hotel yang mereka tempati tidak mencapai kamar yang ditempati.
  • Metode pembayaran belum lengkap
    Dan kekurangan yang dimiliki oleh Airy Rooms adalah metode pembayaran yang belum lengkap. Hal ini juga dijelaskan dari beberapa pengguna Airy Rooms yang mengeluhkan metode pembayaran via bank secara online yang masih belum lengkap.
KeteranganRedDoorz Airy Rooms
Asal NegaraSingapuraIndonesia
Tahun BerdiriTahun 2015Tahun 2015
SektorHotelHotel

Pilih Mana: RedDoorz atau Airy Rooms?

RedDoorz Airy Rooms
Kelebihan- Jaminan akomodasi yang baik - RedDoorz bekerja sama dengan berbagai Online Travel Agent - Harga murah - Promo setiap bulannya - Souvenir dari Airy Rooms - Camilan dan air minum gratis setiap hari
Kekurangan- Lokasi penginapan tidak benar-benar sesuai - Tidak terdapat review dari beberapa pengunjung sebelumnya - Harga yang ditampilkan di situs belum harga final - Bantal Airy Rooms tidak boleh dibawa pulang - Fasilitas Wifi Hotspot yang ada di hotel tidak mencapai kamar yang ditempati - Metode pembayaran belum lengkap

Kesimpulan

RedDoorz dan Airy Rooms adalah layanan yang mempermudah kita dalam mencari sebuah tempat penginapan dengan harga yang terjangkau. Beberapa fasilitas yang disematkan juga cukup menarik dan banyak untuk para pengunjungnya. Namun saya merekomendasikan Airy Rooms untuk layanan penginapan kamu karena lebih mudah proses bookingnya, dan memiliki banyak fasilitas menarik didalamnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

RedDoorz vs Airy Rooms

VS

Leave a Reply