Pilih Mana: Redmi 3 atau Redmi 4A?

Loading...

Melanjutkan kesuksesan dari Xiaomi Redmi 3 di pasar smartphone Indonesia, dan akhirnya Xiaomi secara resmi memperkenalkan perangkut besutannya bernama Xiaomi Redmi 4A. Meskipun bersaudara, ternyata kedua perangkat Xiaomi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itulah mengapa kami sangat tertarik untuk membahas bagus mana Redmi 3 vs Redmi 4A? Di tengah-tengah berbagai perangkat terbaru yang semakin mumpuni dari Xiaomi, ini pilihan terbaik diantara keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Redmi 3 dan Redmi 4A
– Kelebihan & kekurangan Redmi 3 dan Redmi 4A
– Harga terbaik Redmi 3 dan Redmi 4A

Redmi 3
Redmi 3 mengusung layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan teknologi layar IPS LCD. Desain dan layar yang dimiliki oleh Redmi 3 tampak bagus dan elegan berkat balutan full metal. Selain itu kamera yang dimilikinya beresoli 13 MP pada bagian belakang dan resolusi 5 MP pada bagian depan.

Kelebihan Redmi 3 yang bisa Anda ketahui:

1. Performa yang lebih baik
Redmi 3 mempunyai performa yang lebih baik dari Redmi 4A yang masih berprosesor Qualcomm Snapdragon 425. Prosesor yang digunakan oleh Redmi 3 ialah Qualcomm Snapdragon 616 Octa core berkecepatan 1,5 GHz yang dipadukan RAM 2 GB.

2. Baterai besar & tahan lama
Untuk mendukung performa dari dapur pacu yang dimilikinya, Redmi 3 sudah menyokong baterai berkapasitas besar sekaligus baterai yang lebih tahan lama dibandingkan dengan baterai Redmi 4A. Redmi 3 memiliki daya baterai besar berkapasitas 4100 mAh sementara Redmi 4A masih berkutat pada kapasitas baterai 3120 mAh saja.

Kekurangan Redmi 3 yang bisa Anda ketahui:

1. MIUI dan OS jadul
Keduanya telah dibekali dukungan dua kartu SIM, namun pada sistem operasinya terlihat bahwa Redmi 3 masih menggunakan Android 5.1 Lollipop dan MIUI 7. Sehingga dengan demikian MIUI dan OS yang dimiliki Redmi 3 tergolong jadul sekalipun MIUI-nya bisa ditingkatkan menjadi MIUI 8.

Loading...

2. Bobotnya lebih berat
Perangkat Redmi 3 memiliki ukuran dimensi 139,3 x 69,4 x 8,5 mm dengan bobot yang akan terasa sedikit lebih berat dibandingkan dengan bobot yang dimiliki Redmi 4A. Bobot pada Redmi 3 sendiri mencapai 144 gram sementara Redmi 4A hanya 131 gram saja.

Redmi 4A
Redmi 4A nampaknya belum bisa move on karena dikutip dari MetroTvnews.com, masih mengusung ukuran layar, panel, resolusi dan resolusi kamera (baik itu kamera depan maupun kamera belakang) yang sama dengan Redmi 3.

Kelebihan Redmi 4A yang bisa Anda ketahui:

1. Tingkatan MIUI & OS lebih baik
Redmi 4A mendukung perangkatnya dengan menggunakan tampilan MIUI 8 yang berbasis sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Seperti yang kita ketahui, saat ini sistem operasi sudah OS Android Orea. Namun OS Marshmallow yang dimiliki Redmi 4A tergolong lebih baik dibandingkan OS Lollipop yang ada pada Redmi 4A.

2. Bobot lebih ringan
Bobot juga menjadi kelebihan pada Redmi 4A, sekaligus pembeda di antara kedua ponsel ini. Bobot yang dimiliki Redmi 4A tergolong lebih ringan yakni hanya 131 gram, sedangkan pada Redmi 3 tergolong agak sedikit lebih berat dengan total bobot 144 gram.

Kekurangan Redmi 4A yang bisa Anda ketahui:

1. Kalah dikelas performa
Xiaomi mendukung dapur pacu untuk Redmi 4A hanya bermodalkan Qualcomm Snapdragon 425 Quad core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB dan dua pilihan penyimpanan internal yakni 16 GB atau 32 GB. Sehingga dengan demikian Redmi 4A kalah dikelas performa yang ia miliki.

2. Harga sedikit lebih mahal
Walaupun Redmi 3 dan Redmi 4A mengusung ukuran layar, resolusi dan panel berteknologi sama. Namun, jika membandingkan harga maka Redmi 4A tergolong sedikit lebih mahal dari banderol harga yang dimiliki Redmi 3. Meskipun selisih harganya hanya dikisaran Rp 100 – Rp 300 ribu saja.

Pilih Mana: Redmi 3 atau Redmi 4A?

Redmi 3Redmi 4A
Perilisan– Januari 2016 – November 2016
OS– Masih Lollipop– Sudah Marshmallow
Interface– MIUI 7 yang bisa diupgrade ke MIUI 8– Sudah MIUI 8
Kapasitas baterai– 4100 mAh– Hanya 3120 mAh

Kesimpulan
Jika ditarik kesimpulan, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila dilihat dari segi baterai, performa dan harga maka Redmi 3 pemenangnya. Akan tetapi jika dilihat dari sistem operasi dan MIUI yang lebih baik maka Redmi 4A bisa jadi pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redmi 3 vs Redmi 4A

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *