Pilih Mana: Redmi 4A atau Redmi 5A?

Loading...

Brand handphone Xiaomi saat ini tengah memiliki banyak penggemarnya. Wajar saja, sebab Xiaomi mengeluarkan banyak produk dengan spesifikasi cukup baik namun dengan harga yang sangat terjangkau. Contoh dari dua produk tersebut yaitu Redmi 4A dan Redmi 5A. Manakah yang lebih baik dari dua tipe handphone tersebut? Redmi 4A atau Redmi 5A?

Redmi 4A dan Redmi 5A merupakan dua jenis handphone yang harganya bisa dikatakan sangat terjangkau. Dua jenis handphone ini juga memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Namun, Redmi 5A memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Redmi 4A.

Redmi 4A

Redmi 4A merupakan salah satu tipe handphone yang dirilis oleh Xiaomi, Redmi 4A memiliki bentuk yang menarik daya tahan baterai yang cukup tahan lama namun dengan harga yang relatif terjangkau. Redmi 4A telah memiliki gyro sensor dan dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Baca juga Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor View 20?

Kelebihan Redmi 4A

Berikut beberapa kelebihan Redmi 4A yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Kapasitas Baterai yang Lebih Besar
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Redmi 4A adalah memiliki kapasitas baterai yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Redmi 5A. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh handphone ini yakni 3.120 mAh, kapasitas ini terbilang lebih besar daripada Redmi 5A yang memiliki kapasitas baterai 3.000 mAh.

Telah Memiliki Gyro Sensor
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Redmi 4A adalah, handphone jenis ini telah memiliki gyro sensor. Dengan adanya gyro sensor, Anda akan lebih nyaman saat bermain game ataupun menikmati konten video 360 yang saat ini sedang banyak tersebar luas. Gyro sensor ini sayangnya belum terdapat pada Redmi 5A yang merupakan keluaran lebih baru daripada Redmi 4a.

Memiliki Kualitas Kamera yang Setara
Salah satu daya tarik handphone dari Xiaomi adalah kualitas kamera yang diberikan. Jika melihat Redmi 4A, kualitas kamera yang diberikan setara atau sama saja dengan Redmi 5A. Redmi 4A memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera bagian depan 5 MP. Meskipun Redmi 4A lebih lawas daripada Redmi 5A, namun kualitas kamera yang diberikan tetap sama.

Kekurangan Redmi 4A

Berikut beberapa kekurangan Redmi 4A yang perlu Anda ketahui:

Harga Relatif Lebih Mahal
Salah satu kekurangan Redmi 4A adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Redmi 5A. Redmi 4A hadir terlebih dahulu dan telah mematok harga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Kemudian, muncul Redmi 5A dengan spesifikasi hampir setara namun dengan harga yang lebih terjangkau.

OS yang Digunakan Belum Update
Karena hadir lebih dahulu, OS yang digunakan atau OS yang dibawa oleh Redmi 4A merupakan OS yang belum update atau lawas. Redmi 4A membawa OS Android versi Marshmallow 6.0.1 yang juga dilengkapi tampilan antarmuka yang lebih lawas, MIUI 8.

Loading...

Belum Dilengkapi PDAF
Kekurangan lain yang dimiliki Redmi 4A adalah pada kameranya belum dilengkapi PDAF. Meskipun memiliki mega pixel yang sama dengan Redmi 5A, namun kamera belakangnya belum mampu mengunci objek foto secara akurat dan lebih cepat. Hal ini berbeda dengan Redmi 5A yang kameranya telah dilengkapi PDAF (phase detection autocofocus).

Kelebihan Redmi 4AKekurangan Redmi 4A
- Memiliki kapasitas baterai yang lebih besar - Harga relatif lebih mahal
- Telah memiliki gyro sensor- OS yang digunakan belum update
- Memiliki kualitas kamera yang setara- Belum dilengkapi PDAF

Redmi 5A

Redmi 5A merupakan tipe handphone yang dirilis oleh Xiaomi setelah merilis Redmi 4A. Redmi 5A hadir dengan teknologi yang lebih maju dan dengan harga yang lebih terjangkau. Karena itulah, handphone tipe ini banyak digemari. Spesifikasi lebih lengkap mengenai Redmi 5A dapat Anda akses di Mi.com. 

Kelebihan Redmi 5A

Berikut beberapa kelebihan Redmi 5A yang perlu Anda ketahui:

Telah Menggunakan OS yang Lebih Baru
Redmi 5A dan Redmi 4A sebenarnya sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 425. Dengan chipset Snapdragon tersebut, mampu menghasilkan kecepatan hingga 1.4 GHz serta dikombinasikan dengan Adreno 308 mampu menghasilkan kecepatan hingga 1.4 GHz serta dikombinasikan dengan Adreno 308. Namun kedua handphone besutan Xiaomi ini membawa OS yang berbeda. Redmi 4A hanya mendukung OS 6.0.1 Marshmallow, sedangkan Redmi 5A telah menggunakan versi 7.1.2 Nougat.

Harga Lebih Terjangkau
Kelebihan lain yang dimiliki Redmi 5A adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan pendahulunya, yakni Redmi 4A. Handphone yang dikeluarkan lebih baru dari Redmi 4A ini mampu menggaet pelanggan dengan harga yang sangat fantastis dan dengan spesifikasi yang lebih baru dari Redmi 4A.

Memiliki Kamera dengan Kualitas yang Baik
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Redmi adalah memiliki kamera dengan kualitas yang baik meski dengan harga yang lebih murah. Bahkan Kamera belakang Redmi 5A telah dilengkapi phase detection autocofocus (PDAF), sehingga bisa mengunci objek foto secara lebih cepat dan akurat. Berbeda dengan Redmi 4A yang hanya punya fitur autofocus biasa.

Kekurangan Redmi 5A

Berikut beberapa kekurangan Redmi 5A yang perlu Anda ketahui:

Belum Memiliki Gyro Sensor
Salah satu kekurangan Redmi 5A adalah tidak adanya gyro sensor. Padahal, gyro sensor ini telah dilengkapi pada handphone keluaran sebelumnya, yakni Redmi 4A. Tanpa adanya gyro sensor ini Anda akan kesulitan dalam bermain game karena perlu menggerakkan jari terus menerus. Padahal dengan gyro sensor Anda dapat menggerakkan handphone Anda saja.

Kapasitas Baterai Lebih Kecil
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Redmi 5A adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Redmi 4A. Kapasitas baterai yang dimilikinya ini, yakni 3.000 mAh. Meskipun begitu, dengan sistem Android yang lebih baru seharusnya Redmi 5A mampu lebih hemat dalam penggunaan baterai.

Memiliki Speaker yang Kurang Mumpuni
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Redmi 5A adalah memiliki speaker yang kurang mumpuni. Dengan demikian Anda perlu menggunakan speaker eksternal untuk mendukung Anda yang menyukai aktivitas mendengar musik. Hal ini sama saja dengan kualitas speaker yang dimiliki Redmi 4A.

Kelebihan Redmi 5AKekurangan Redmi 5A
- Telah menggunakan OS yang lebih baru- Belum memiliki gyro sensor
- Harga lebih terjangkau- Kapasitas baterai lebih kecil
- Memiliki kamera dengan kualitas yang baik- Memiliki speaker yang kurang mumpuni

Pilih Mana: Redmi 4A atau Redmi 5A?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Redmi 4A dan Redmi 5A. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Redmi 4ARedmi 5A
- Harga relatif lebih mahal - Harga lebih terjangkau
- Memiliki gyro sensor- Belum memiliki gyro sensor
- Kapasitas baterai 3.120 mAh- Kapasitas baterai 3.000 mAh

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Redmi 4A dan Redmi 5A di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis handphone ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika Anda memiliki kebutuhan gaming, maka Redmi 4A karena memiliki gyro sensor yang dapat mendukung aktivitas tersebut. Tapi jika Anda ingin teknologi yang lebih update dan harga lebih terjangkau, Anda dapat memilih Redmi 5A.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redmi 4A vs Redmi 5A

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *