Smartphone

Pilih Mana: Redmi 8 atau Redmi 8A?

Redmi merupakan merk smartphone yang saat ini cukup terkenal dikalangan banyak orang, khususnya remaja. Redmi juga dikenal dengan smartphone berkualitas tinggi dengan harga yang ekonomis, salah satunya seperti Redmi 8 dan Redmi 8A.

Redmi 8 dan Redmi 8A merupakan smartphone yang cukup mumpuni di kelasnya. Beberapa fitur menarik tersedia di dalam spesifikasi kedua smartphone ini. Warna yang tersedia pun menarik perhatian para penggemar Redmi ini.

Penasaran dengan detail dari Redmi 8 dan Redmi 8A ini? Temukan jawabannya pada artikel Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam memilih smartphone andalan kamu. Stay tune!

Redmi 8

Mi 8 mempunyai layar IPS dengan ukuran 6.26 inchi FHD+ (1080 x 2280p) dengan rasio 19:9 (notch) dan kepadatan piksel 403 ppi density. Visibilitas layar tergolong baik, konsumen bisa melihat konten dengan jelas baik di kondisi terang maupun gelap.

Untuk dapur pacunya, perangkat ini memakai SoC AIE Snapdragon 660 dengan clock speed penuh 2. 2 GHz. Tidak seperti beberapa brand lain yang menurunkan clock speed di angka 2. 0 GHz untuk menjaga kestabilan suhu dan efisiensi daya, di Mi 8 Lite, Xiaomi memberikan performa penuh.

Di sisi memori, Redmi 8 mempunyai varian RAM dengan kapasitas 4GB dan internal storage 64 GB. pemakai masih bisa menambahkan memori melalui slot MicroSD yang tersedia, tetapi dengan slot hybrid bersama SIMCard 2. Baca juga Pilih Mana: Oppo K3 atau Realme X?

Kamera Redmi 8

Smartphone ini mengusung kamera utama dual sensor 12MP+5MP dengan sensor Sony IMX 363, piksel berukuran 1,4 micron dan aperture F/1.9, yang juga dibekali dengan teknologi Dual Pixel AutoFocus, fitur-fitur Fotografi AI seperti AI Studio Lighting, AI Scene Detection, AI Portrait Mode, AI Dynamic Bokeh dan AI Adjustable Bokeh.

Sedangkan pada kamera depan dilengkapi dengan single sensor kamera 24MP Sony IMX 576 dengan teknologi Super Pixel 1. 8 Micron 4-in-1. Fitur yang tersedia di kamera depan antara lain HDR AI Portrait Mode AI Beautify dan AI Video Beautify.

Baterai Redmi 8

Mi 8 ditenagai dengan baterai berkapasitas 3.350 mAh yang juga sudah mendukung pengisian cepat Quick Charge 3.0. Hanya saja, pada paket penjualan cuma memakai adaptor charger standar dengan output 5V/2A.

Fitur Redmi 8

  1. Sensor fingerprint
    Sensor fingerprint sendiri didesain yang berfungsi untuk membuka lockscreen yang berada di bagian belakang ponsel.
  2. Fast charging
    Dengan fitur fast charging ini membuat Redmi 8 menjadi dambaan setiap orang mengingat saat ini kebutuhan bermain handphone sangatlah tinggi.

Kelebihan Redmi 8

  • Kualitas layar super
    Xiaomi Mi 8 sudah memakai Super AMOLED display, jadi kamu pasti akan puas mantengin layar sebesar 6,21 inchi ini, Toppers. Dengan panel produksi Samsung ini, kontras warna dari layarnya pun tidak usah kamu ragukan lagi.
  • Kamera ciamik dengan telephoto
    Selayaknya smartphone flagship, Xiaomi Mi 8 ditunjang dengan kamera ganda berkualitas ciamik. Fitur kamera handphone kelas atas ada semua di ponsel ini, mulai dari optical image stabilization (OIS) dan dual pixel phase detection autofocus (PDAF).
  • Build quality solid
    Terbuat dengan material yang solid, ponsel andalan dari Xiaomi ini tidak perlu kamu ragukan lagi ketahanannya. Bagian depan dan belakang dibuat dari kaca generasi terbaru ciptaan Corning.

Kekurangan Redmi 8

  • Tidak terdapat audio jack
    Misalnya, saat bermain game, rasanya akan merepotkan karena kamu tidak bisa memakai headset ketika sembari melakukan charging. Atau kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli headset wireless.
  • Tanpa slot kartu MicroSD
    Sepertinya Xiaomi berasumsi jika sudah mempunyai kapasitas memori yang luas, tidak perlu lagi memberikan slot untuk MicroSD sebagai kapasitas tambahan. Nyatanya sayang sekali jika tidak ada slot untuk MicroSD. Karena bisa saja terdapat orang hanya mempunyai budget untuk membeli yang 64 GB, kalau seandainya slot ini ada, ia pun tidak perlu khawatir memorinya akan penuh.
  • Belum support Wireless Charging
    Xiaomi juga tidak memberikan fitur wireless charging di dalam Xiaomi Mi 8. Sebagai smartphone flagship, tidak adanya fitur ini memberikan kesan yang kurang berkualitas.

Redmi 8A

Redmi 8A masih memakai dapur pacu kelas entry-level dengan chipset Snapdragon 439 yang disandingkan bersama RAM 2GB atau 3GB untuk mendongkrak performanya. Ponsel ini menawarkan slot microSD dedicated sampai 512GB untuk menemani penyimpanan internal 32GB.

Hal menarik lainnya hadirnya kaca pelindung Gorilla Glass 5 yang melapisi layar Redmi 8A berdiagonal 6,22 inchi resolusi HD+. Panel handphone ini masih ternoda notch sebagai area untuk meletakkan kamera selfie bergaya water drop display. Adapun aspek rasio layarnya 19:9.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A37 vs Oppo A39

Redmi 8A ini memiliki dimensi sebesar 156,3 x 75,4 x 9,4 mm dan berat yang mencapai 188 gram. Sistem operasi pada smartphone ini juga memakai Android 9 Pie.

Kamera Redmi 8A

Redmi 8A terjadi lompatan signifikan pada sektor fotografi, yang memakai sensor berukuran lebih besar, walaupun masih mengusung kuantitas kamera tunggal.

Handphone ini mengandalkan kamera utama berkekuatan 12MP dengan sensor Sony IMX363 berukuran 1/2.55 inci 1.4um piksel, lensa bukaan f/1.8, dan dilengkapi fitur PDAF. Adapun kamera depan berkekuatan 8MP yang disandingkan bersama lensa aperture f/2.0 untuk mengakomodir kebutuhan selfie.

Baterai Redmi 8A

Redmi 8A sendiri memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh dengan dibantu dengan fitur fast charging yang membuat pengisian baterai jadi lebih cepat.

Fitur Redmi 8A

  1. IR port
    Fitur pertama yakni 3. 5mm headphone jack, P2i splash proof rating dan IR port supaya kamu bisa memakai Redmi 8A untuk berinteraksi dengan perangkat lain seperti TV, AC, dsb melalui sinar infrared.
  2. Face Unlock
    Sama seperti Redmi 8, Redmi 8A memakai Face Unlock untuk membuka handphone saat kondisi sedang terkunci

Kelebihan Redmi 8A

  • Kamera mumpuni
    Redmi 8A juga dilengkapi dengan kamera utama 12 MP. Perangkat ini juga telah memakai sensor kamera buatan Sony, yaitu IMX363, yang biasa hadir di perangkat menengah premium seperti Zenfone 5Z, Xiaomi Mi MIX 3, Poco F1 dan lain sebagainya.
  • Kapasitas baterai besar
    Baterai dengan kapasitas yang besar juga jadi salah satu kelebihan yang bisa dipertimbangkan. Buat kamu yang mempunyai aktivitas yang memiliki mobilitas tinggi, Redmi 8A sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.
  • Nyaman digenggam dan tahan air
    Redmi 8A juga dibuat dengan lebih aman dengan Wave Grip Design agar tidak licin dan perlindungan Splash-proof by P2i untuk tahan percikan air.

Kekurangan Redmi 8A

  • Tidak ada sensor jari
    Perangkat ini belum memakai sensor pemindai sidik jari. Sementara itu di rentang harga yang ditawarkan, sebagian perangkat entri pun sudah menawarkan fitur keamanan biometrik tersebut.
  • Kinerja masih standar
    Perangkat ini masih menawarkan kinerja yang biasa saja. Sementara itu, bila kamu mau lebih teliti lagi, ada sebagian perangkat yang dijual dengan kisaran harga yang sama atau sedikit lebih tinggi menawarkan kinerja yang lebih mumpuni.
  • Bezel bawah layar tebal
    Dari sebagian generasi sebelumnya, bezel bawah memang selalu terlihat lebih tebal dibanding para kompetitornya. Dan walaupun sudah mengalami penipisan bezel, namun bezel bawah layar Redmi 8A masih terlihat tebal.
SpesifikasiRedmi 8Redmi 8A
OSAndroid 8 (Oreo)Android 9.0 (Pie), MIUI 9
CPUQualcomm Snapdragon 845Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm) Octa-core
Kecepatan CPU 2.8GHz 2x1.95 GHz Cortex-A53 & 6x1.45 GHz Cortex A53
Baterai3.400 mAh5.000 mAh
Dimensi154.9 x 74.8 x 7.6 mm156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Berat175 g 188 g
ResolusiFHD+ 2248 x 1080 pixels 720 x 1520 pixels
Harga per Oktober 2019Rp 2.475.000-an Rp. 1.500.000-an

Pilih Mana: Redmi 8 atau Redmi 8A?

Redmi 8Redmi 8A
Kelebihan- Kualitas layar super - Kamera ciamik dengan telephoto - Build quality solid - Kamera mumpuni - Kapasitas baterai besar - Nyaman digenggam dan tahan air
Kekurangan- Tidak terdapat audio jack - Tanpa slot kartu MicroSD - Belum support Wireless Charging - Tidak ada sensor jari - Kinerja masih standar - Bezel bawah layar tebal

Kesimpulan

Redmi 8 dan Redmi 8A menjadi smartphone yang cukup diandalkan beberapa remaja untuk aktivitas mereka sehari-hari. Layar yang lebar membuat penggunanya makin betah dengan handphone besutan Redmi ini. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan pilihan smartphone kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redmi 8 vs Redmi 8A

VS

Leave a Reply