Smartphone

Pilih Mana: Redmi Note 5 atau Zenfone Max Pro M1?

Semakin hari perkembangan teknologi smartphone semakin maju, banyak jenis produk smartphone yang saat ini berkembang di masyarakat. Dua di antaranya yaitu Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro. Manakah smartphone yang memiliki kemampuan lebih baik? Redmi Note 5 atau Zenfone Max Pro M1?

Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1 merupakan dua produk smartphone yang kerap dibandingkan. Meskipun hampir mirip, kedua smartphone ini memiliki banyak sekali perbedaan. Informasi lebih lengkap mengenai perbedaan kedua smartphone tersebut dapat Anda simak pada artikel ini hingga selesai.

Redmi Note 5

Redmi Note 5 merupakan salah satu produk yang dikeluarkan oleh brand smartphone Xiaomi. Redmi Note 5 dirilis pada Februari 2018. Smartphone besutan Xiaomi ini memiliki banyak varian warna seperti hitam, champagne gold, rose gold, dan biru laut. Baca juga Pilih Mana: Redmi 4A vs Redmi 5A?

Kelebihan Redmi Note 5

Berikut beberapa kelebihan Redmi Note 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Display Modern dan Full View

Salah satu kelebihan Redmi Note 5 adalah memiliki display modern dan full view. Dengan memiliki desain dan tampilan seperti ini, smartphone Redmi Note 5 ini tampak lebih elegan dan modern. Redmi Note 5 ini juga telah memiliki desain full view sehingga menambah kesan elegan.

  • Memiliki Kamera yang Mumpuni

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Redmi Note 5 adalah memiliki kamera yang telah mumpuni. Kualitas kamera yang dimiliki oleh Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1 sama-sama tangguh. Xiaomi Redmi Note 5 dibekali dengan dua kamera belakang 12 MP + 5 MP dan kamera depan beresolusi 13 MP. Jika Anda sangat mengutamakan kualitas kamera, maka keduanya dapat menjadi pilihan.

  • Harga Lebih Terjangkau untuk Varian RAM 4GB

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Redmi Note 5 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau untuk varian RAM 4GB jika dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Karena itulah, jika Anda ingin ingin membeli smartphone dengan RAM 4 GB, maka Redmi Note 5 lebih terjangkau untuk Anda miliki.

Kekurangan Redmi Note 5

Berikut beberapa kekurangan Redmi Note 5 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Salah satu kekurangan Redmi Note 5 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1. Baterai yang dimiliki Redmi Note 5 hanya memiliki kapasitas sebesar 4.000 mAh. Sedangkan Zenfone Max Pro M1 memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan demikian daya tahan baterai Redmi Note 5 lebih singkat daripada Zenfone Max Pro M1.

  • Varian RAM Lebih Sedikit

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Redmi Note 5 adalah memiliki varian RAM yang lebih sedikit daripada Zenfone Max Pro M1. Smartphone yang dirilis pada 2016 ini hanya memiliki varian 3 GB dan 4 GB. Smartphone ini belum menyediakan varian 6 GB. Karena itulah, jika Anda memerlukan smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 6 GB maka Redmi Note 5 belum bisa memenuhi kebutuhan Anda.

  • Harga Lebih Mahal untuk Varian 3 GB

Kekurangan lain yang dimiliki Redmi Note 5 adalah harga yang dibanderol untuk varian 3 GB lebih mahal dibandingkan dengan Zenfone Max Pro M1 dengan varian yang sama. Jika Anda membutuhkan smartphone yang mumpuni dengan RAM 3 GB maka Redmi Note 5 terbilang cukup mahal dan Anda bisa memilih Zenfone Pro Max M1 dengan harga yang lebih terjangkau dan performa mumpuni.

Kelebihan Redmi Note 5Kekurangan Redmi Note 5
- Display modern dan full view- Kapasitas baterai lebih kecil
- Memiliki kamera yang mumpuni- Varian RAM lebih sedikit
- Harga lebih terjangkau untuk varian RAM 4GB- Harga lebih mahal untuk varian 3 GB

Zenfone Max Pro M1

Zenfone Max Pro M1 merupakan salah satu produk yang dirilis oleh brand Asus pada Mei 2018. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang sangat baik dan memiliki dua varian warna yakni hitam dan abu-abu. Spesifikasi lebih lengkap dapat Anda akses di Kompas.com. 

Kelebihan Zenfone Max Pro M1

Berikut beberapa kelebihan Zenfone Max Pro M1 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Salah satu kelebihan Zenfone Max Pro M1 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Redmi Note 5. Zenfone Max Pro M1 memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Sedangkan Redmi Note 5 memiliki memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 4.000 mAh. Dengan demikian dapat kita lihat bahwa kapasitas baterai Zenfone Max Pro M1 lebih besar sehingga daya tahan dalam pemakaian lebih lama.

  • Varian RAM Lebih Banyak

Kelebihan lain yang dimiliki Zenfone Max Pro M1 adalah memiliki varian RAM lebih banyak daripada Redmi Note 5. Zenfone Max Pro M1 memiliki varian mulai dari RAM 3 GB, 4 GB dan 6 GB. Sedangkan Redmi Note 5 hanya memiliki dua varian RAM saja, yakni 3 GB dan 4 GB. Jika Anda merupakan pengguna yang sangat ingin memiliki smartphone dengan RAM yang lebih besar maka Zenfone Max Pro M1 sangat tepat untuk menjadi pilihan Anda.

  • Memiliki Kamera yang Mumpuni

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1 adalah memiliki memiliki kamera yang sangat mumpuni. Jika dibandingkan dengan Redmi Note 5, kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera dengan kualitas yang tangguh. Zenfone Max Pro M1 dilengkapi dua kamera belakang 16 MP + 5 MP untuk varian RAM 6 GB dan 13 MP + 5 MP untuk varian RAM 3 GB atau 4 GB. Sedangkan kamera depan beresolusi 16 MP untuk varian RAM 6 GB dan 8 MP untuk RAM 3 dan 4 GB.

Kekurangan Zenfone Max Pro M1

Berikut beberapa kekurangan Zenfone Max Pro M1 yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Memiliki Pelindung Corning Gorilla Glass

Salah satu kekurangan Zenfone Max Pro M1 adalah tidak adanya pelindung layar pada smartphone ini. Zanfone Max Pro M1 belum dilindungi dengan Corning Gorilla Glass sehingga lebih mudah tergores dan rusak apabila terkena benda tajam pada permukaannya. Meskipun begitu, smartphone ini telah disematkan kaca pelindung tipis pada bagian atas layarnya.

  • Tidak Ada Earphone

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1 adalah tidak ada earphone yang akan Anda dapatkan ketika membeli perangkat ini. Hal ini tentu berbeda dengan sebagian besar merek yang telah melengkapi earphone pada perangkatnya. Dengan demikian, jika Anda membeli smartphone ini Anda perlu membeli earphone secara terpisah.

  • Pengisian Daya Baterai Lama

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Zenfone Max Pro M1 ini adalah membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian daya baterai. Untuk mencapai 100% Anda memerlukan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena baterai smartphone ini tahan lama dan Anda dapat melakukan aktivitas seharian tanpa melakukan pengisian baterai.

Kelebihan Zenfone Max Pro M1Kekurangan Zenfone Max Pro M1
- Kapasitas baterai lebih besar- Tidak memiliki pelindung corning gorilla glass
- Varian RAM lebih banyak- Tidak ada earphone
- Memiliki kamera yang mumpuni- Pengisian daya baterai lama

Pilih Mana: Redmi Note 5 atau Zenfone Max Pro M1?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Redmi Note 5Zenfone Max Pro M1
- Varian RAM lebih sedikit- Varian RAM lebih banyak
- Kapasitas baterai lebih kecil- Kapasitas baterai lebih besar
- Harga lebih terjangkau untuk varian RAM 4 GB- Harga lebih mahal untuk varian RAM 4 GB

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1 dapat disimpulkan bahwa Zenfone Max Pro M1 memiliki spesifikasi dan hardware yang lebih baik dan memiliki variasi RAM yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Redmi Note 5. Karena itulah, bisa disimpulkan bahwa Zenfone Max Pro M1 lebih unggul daripada Redmi Note 5.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redmi Note 5 vs Zenfone Max Pro M1

VS

Leave a Reply