Kesehatan

Pilih Mana: Redoxon atau Enervon C?

Daya tahan tubuh harus dijaga, tak hanya dengan makanan yang bergizi, dibutuhkan juga asupan vitamin yang membantu mencukupi nutrisi di tubuh. Vitamin merupakan nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh untuk menunjang kinerja tubuh.  Baca Juga: 10 Merk Vitamin C Terbaik 2022

Umumnya, vitamin berasal dari makanan, buah dan sayur-sayuran atau aktivitas berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu memproduksi vitamin D pada tubuh. Jika vitamin di dalam tubuh tidak tercukup akan menyebabkan beberapa gejala penyakit.

Seiring berjalannya waktu, vitamin sekarang dikemas dalam bentuk suplemen yang dapat dikonsumsi setiap hari. Dua diantara suplemen vitamin C yang paling diminati adalah Redoxon dan Enervon C. Meskipun sama-sama mengandung vitamin C, kedua suplemen ini memiliki perbedaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Vitamin Redoxon

Redoxon merupakan vitamin yang berperan dalam menjaga imunitas setiap hari. Redoxon bekerja secara alami selama 24/7 untuk melawan virus dan bakteri. Vitamin ini mengandung Zinc, Vitamin C dan Vitamin D yang berguna sebagai dasar bagi sistem imunitas tubuh.

Redoxon hadir dengan pengalaman lebih dari 80 tahun dan menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia dan hingga sekarang terus membantu menjaga sistem pertahanan tubuh agar tetap prima.

Kelebihan Vitamin Redoxon

Sebagai pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia, tentunya Redoxon memiliki segudang kelebihan yang ditawarkan bagi konsumennya.

1.  Lebih Populer

Tentunya kelebihan utama dari Redoxon adalah popularitas yang dimilikinya, berdiri sejak tahun 1934 menjadikan suplemen ini lebih banyak dikenal oleh masyarakat luar. Redoxon juga mengklaim bahwa mereka menjadi pelopor suplemen vitamin C pertama di dunia.

2.  Mudah Dijumpai

Karena popularitas yang dimilikinya, suplemen ini mudah dijumpai di segala toko atau pasar swalayan. Suplemen ini juga termasuk obat bebas yang berarti dapat dibeli tanpa harus menggunakan resep dokter.

3.  Tersedia Varian Anak

Dengan pengalaman 80 tahun Redoxon menyadari bahwa suplemen vitamin C juga dibutuhkan oleh anak, hal ini menyebabkan Redoxon mengeluarkan varian Redoxon Kids untuk dikonsumsi oleh anak-anak usia diatas 6 tahun.

Kekurangan Vitamin Redoxon

Meski memiliki pengalaman selama lebih dari 80 tahun, tak menjadikan Redoxon terhindar dari kekurangan. Berikut kekurangan dari Redoxon.

1.  Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Redoxon tergolong obat yang berkategori C untuk ibu hamil, studi menunjukan bahwa terdapat efek samping terhadap janin. Selain itu juga vitamin C dapat terserap ke dalam ASI, hal ini menunjukan Redoxon tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

2.  Menyebabkan Keracunan Aluminium

Redoxon dapat menyebabkan keracunan aluminium jika digunakan bersamaan dengan obat yang mengandung aluminium, seperti sukralfat atau antasida. Redoxon juga tidak boleh diminum oleh penderita penyakit ginjal, karena dapat meningkatkan potensi keracunan.

Tentang Vitamin Enervon C

Vitamin ini merupakan suplemen yang berfungsi untuk membantu daya tahan tubuh, tidak hanya kandungan vitamin C saja tapi suplemen ini mengandung vitamin B kompleks juga. Selain menjaga daya tahan tubuh Enervon C biasanya digunakan juga untuk membantu mengatasi kekurangan vitamin dan mempercepat pemulihan.

Meskipun dijual dengan cara bebas, hendaknya konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini, khususnya jika mempunyai kondisi kesehatan khusus.

Kelebihan Vitamin Enervon C

1.  Memiliki Beberapa Varian

Kelebihan utama dari Enervon C ini adalah tersedianya berbagai varian dari vitamin ini, seperti Enervon C multivitamin, Enervon C multivitamin effervescent, Enervon C plus yang dikhususkan untuk anak-anak dan enervon active. Tentunya dengan berbagai varian ini dapat memudahkan dalam memilih vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh.

Lihat juga:  11 Obat Kumur Terbaik 2022

2.  Dapat Mengobati Kekurangan Vitamin

Seperti yang diketahui bahwa Enervon C ini tidak hanya mengandung vitamin C saja tetapi juga mengandung vitamin B kompleks, sehingga untuk yang mengalami gejala kekurangan vitamin B dapat mengkonsumsi vitamin ini.

3.  Tersedia Dalam Bentuk Sirup

Kelebihan lainnya adalah vitamin ini tersedia dalam bentuk sirup, vitamin yang berbentuk sirup ini memang dikhususkan untuk anak-anak. Sehingga memudahkan orang tua dalam memberikan vitamin ini kepada anak-anak dikarenakan berbentuk sirup dan manis.

4.  Aman Diminum Sehari-hari

Beberapa vitamin c ada yang tidak dianjurkan untuk diminum setiap hari tetapi Enervon C ini aman jika diminum tiap hari dikarenakan mengandung vitamin c dan b komplek yang mudah larut di dalam air.

Vitamin C yang larut di dalam air tidak akan menimbulkan tumpukan vitamin di dalam tubuh dikarenakan zat-zat ini akan keluar melalui urin, sehingga akan aman jika diminum setiap hari.

5.  Memiliki Kandungan Antioksidan

Kandungan vitamin C di dalam Enervon C ini juga memiliki andil sebagai antioksidan yang merupakan kandungan penting untuk menjaga sel tubuh rusak akibat dari radikal bebas. Selain itu vitamin c di dalam Enervon C ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah penuaan dini, menangkal virus dan bakteri serta risiko penyakit jantung.

Kekurangan Enervon C

1.  Menyebabkan alergi

Untuk konsumsi jangka panjang dari Enervon C ini akan menimbulkan reaksi alergi jika diminum oleh orang yang memiliki alergi terhadap kandungan yang ada di dalam vitamin ini.

2.  Mengandung Pemanis Buatan

Jika menderita penyakit fenilketonuria dianjurkan tidak minum vitamin ini dikarenakan Enervon C mengandung pemanis buatan aspartame yang tidak baik untuk penderita fenilketonuria.

3.  Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Untuk ibu yang sedang hamil, program hamil atau sedang menyusui tidak dianjurkan minum Enervon C dikarenakan akan berpotensi mengalami cacat pada saraf tulang belakang jika terpapar asam folat. Asam folat  ini merupakan salah satu jenis vitamin B yang terdapat pada enervon-c.

Pilih Mana: Redoxon atau Enervon C?

Keterangan Redoxon Enervon C
Kelebihan - Lebih Populer - Mudah Dijumpai - Tersedia Varian Anak- Memiliki Beberapa Varian - Dapat Mengobati Kekurangan Vitamin - Tersedia Dalam Bentuk Sirup - Aman Diminum Sehari-hari - Memiliki Kandungan Antioksidan
Kekurangan - Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil - Menyebabkan Keracunan Aluminium- Menyebabkan alergi - Mengandung Pemanis Buatan - Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Suplemen merupakan zat yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh, suplemen diolah secara mekanik yang biasanya berbentuk pil, tablet, sirup maupun kapsul. Redoxon dan Enervon C merupakan suplemen yang baik bagi tubuh.

Terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki oleh kedua suplemen ini, mereka tetap memberikan manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara benar dan rutin. Tetap konsultasikan dengan dokter apabila Anda memiliki alergi atau penyakit kronis sebelum mengkonsumsi suplemen ini. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Redoxon atau Enervon C

VS